Lifestyle

Rekomendasi Masker Anti Debu Terbaik untuk Proteksi Maksimal

03 Jun 2021|Rhandy Verizarie
masker anti debu terbaikMasker anti debu ada banyak macamnya

Masker anti debu sepertinya menjadi barang yang wajib kamu miliki, apalagi kalau kamu memang lebih sering beraktivitas di luar ruangan. 

Fungsinya yang tidak hanya sekedar menangkal debu tapi juga menghalau virus menjadi alasan lainnya kamu perlu memiliki masker antidebu. Apalagi, pandemi Covid-19 masih saja belum usai hingga saat ini. 

Nah, banyaknya produk masker yang beredar di pasaran mungkin bikin kamu bingung, harus pilih yang mana? Jangan khawatir, berikut ini ada rekomendasi masker pelindung debu terbaik yang bisa kamu beli!

Cara memilih masker anti debu 

Sebelum membahas rekomendasi masker anti debu dan asap terbaik, kamu perlu tahu terlebih dahulu bagaimana cara memilih masker pelindung debu agar sesuai dengan kebutuhan dan manfaatnya terasa maksimal. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat hendak membeli masker ini adalah sebagai berikut:

1. Pilih jenis masker sesuai kebutuhan

Jenis masker debu yang beredar di pasaran secara garis besar terbagi menjadi 2, yakni sekali pakai (disposable) dan bisa dipakai berulang kali (reusable). 

Untuk masker jenis reusable, biasanya kamu hanya perlu mengganti filternya saja untuk bisa digunakan kembali. Masker ini umumnya memiliki ukuran yang hampir menutupi seluruh wajah. 

Jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan, masker jenis disposable saja mungkin sudah cukup. Namun, untuk kamu yang bekerja di pabrik ataupun area yang paparan debunya tinggi, masker tipe reusable mungkin akan lebih sesuai. 

2. Pilih masker yang cocok dengan wajah

Hal selanjutnya yang perlu kamu perhatikan saat hendak membeli masker adalah bentuk dan ukurannya, pas dengan wajah atau tidak.

Ini penting agar kamu nyaman memakainya. Bukan hanya nyaman,  masker anti polusi yang pas di wajah—tidak terlalu longgar namun juga tidak terlalu ketat—juga akan memaksimalkan fungsinya dalam melindungi kamu dari debu maupun virus berbahaya. 

3. Perhatikan tipe filter masker

Filter masker antidebu terbagi menjadi 3 golongan, yaitu:

  • Golongan 1, memiliki kemampuan menyaring partikel sebesar 80%
  • Golongan 2, memiliki kemampuan menyaring partikel sebesar 95%
  • Golongan 3, memiliki kemampuan menyaring partikel di atas 99%

Alangkah baiknya jika kamu memilih masker yang filternya masuk ke dalam golongan 2, contoh masker N95. 

4. Pastikan masker berstandar SNI atau internasional

Tips memilih masker pelindung debu yang terakhir adalah sudah berstandar SNI. Lebih bagus lagi jika masker berstandar internasional.

Untuk mengetahui apakah produk masker anti debu dan asap yang hendak kamu beli sudah berstandar SNI—maupun internasional—atau belum, kamu bisa melihatnya pada kemasan pembungkus masker. 

Rekomendasi masker anti debu terbaik 

Apa saja rekomendasi masker anti debu terbaik yang bisa melindungi kamu dari debu, asap, maupun virus berbahaya? Ini dia pilihannya!

1

BasicMeds Non-Surgical Mask Earloop 3 Ply

BasicMeds Non-Surgical Mask Earloop 3 Ply adalah masker tipe disposable yang terbuat dari bahan katun halus dan tipis, sehingga tidak membuat kamu kesulitan bernapas saat menggunakannya.

Meskipun bukan masker bedah, masker ini cukup baik dalam melindungi kamu dari droplet, virus, maupun bakteri. Satu set masker terdiri dari 3 ply masker.

 

Harga: Rp3.900

2

3M Nexcare Daily Mask

masker anti debu terbaik

3M Nexcare Daily Mask terdiri dari 3 lapisan yang cukup ampuh menyaring debu, kotoran, maupun partikel-partikel kecil lainnya yang ada di sekitar kamu. 

Masker 3M Nexcare memiliki sertifikasi lolos uji Bacterial Filtration Efficiency (BFE) dengan tingkat penyaringan terhadap mikroorganisme seperti virus dan bakteri mencapai 99%.

 

Harga: mulai dari Rp20.000

3

3M Particulate Respirator 8210, N95 160 EA/Case

masker anti debu terbaik

Masker pelindung debu yang satu ini didesain khusus untuk menangkal partikel-partikel kecil, termasuk debu, dengan efektivitas penyaringan mencapai 95%.

Di dalam masker terdapat bantalan busa yang membuatnya bisa menempel secara pas di wajah kamu. Ada juga nose clip di bagian atas masker agar tidak ada celah antara hidung dan masker untuk mencegah partikel debu masuk dan terhirup.

 

Harga: mulai dari Rp114.900

4

3M Particulate Respirator 8247, R95 with Nuisance Level Organic Vapor Relief 120 EA/Case

masker anti debu terbaik

Masih dari brand 3M, kali ini ada Particulate Respirator 8247. Masker tipe R95 ini terbuat dari bahan poliester yang dikombinasikan dengan karbon. Efektivitas penyaringannya mencapai 95 persen.

Selain menyaring debu, masker ini juga dapat menghalau uap dari bahan-bahan kimia. Masker ini cocok untuk kamu yang bekerja di pabrik pembuatan bahan-bahan kimia maupun laboratorium. 

Oleh karena keampuhannya itu, masker ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal.

 

Harga: mulai dari Rp693.000

5

3M 9001 V N95 Disposable Mask with Valve Respirator

masker anti debu terbaik

Masker anti debu yang juga buatan produsen 3M ini dilengkapi dengan fitur Cool Flow Exhalation Valve. Fitur ini memungkinkan kamu untuk tetap bernapas lega kendati hidung dan mulut tertutup masker.

Itu sebabnya, masker ini bisa jadi pilihan bagi kamu yang memiliki masalah pernapasan seperti asma.

 

Harga: mulai dari Rp50.000

6

Krisbow Dust Mask Microfiber

masker anti debu terbaikKrisbow Dust Mask Microfiber (sumber foto: krisbow.com)

Masker anti debu Krisbow Dust Mask Microfiber terbuat dari bahan katun yang ringan sehingga cukup nyaman saat dikenakan. Selain itu, tali maskernya juga fleksibel dan tahan lama.

Di dalam masker terdapat filter yang terbuat dari bahan karbon. Masker ini memiliki warna hitam yang tidak mudah terlihat kotor.

 

7

SuperMask SOS Synthetic Fiber Filter

masker anti debu terbaik

SuperMask SOS Synthetic Fiber Filter diklaim dapat menangkal debu hingga yang berukuran 0,3 mikron. Sementara itu, efektivitas penyaringan secara umum dari masker pelindung debu ini mencapai 80%.

Pada masker juga terdapat lubang-lubang kecil yang berfungsi untuk memperlancar sirkulasi udara.

 

Harga: mulai dari Rp43.000

8

Xiaomi Mijia Airwear Mask

masker anti debu terbaik

Xiaomi Mijia Aiwear Mask dirancang untuk dapat menghalau debu dan partikel kecil lainnya hingga 98%.

Masker ini terbuat dari bahan yang diklaim oleh produsennya waterproof alias anti-air. Ini adalah masker tipe reusable dengan filter yang perlu kamu ganti secara berkala. 

 

Harga: mulai dari Rp247.000

9

3M Half Facepiece Reusable Respirator 6200/07025 (AAD) Medium 24 EA/Case

masker anti debu terbaik

Masker ini tidak hanya melindungi kamu dari debu, tapi juga gas beracun. Ya, 3M Half Facepiece Reusable Respirator 6200/07025 (AAD) Medium 24 EA/Case memang dibuat khusus untuk orang-orang yang bekerja di pabrik kimia, pengelasan, bahkan pemadam kebakaran.

Perlindungan masker ini memang sangat maksimal. Akan tetapi, masker memiliki bobot yang cukup berat sehingga tidak cocok untuk digunakan untuk sehari-hari. 

 

Harga: mulai dari Rp220.000

10

3M Full Facepiece Reusable Respirator 6800 Medium 4 EA/Case

masker anti debu terbaik

Ini adalah jenis masker anti debu yang memiliki efektivitas lebih tinggi lagi ketimbang sebelumnya. Pasalnya, 3M Full Full Facepiece Reusable Respirator 6800 Medium 4 EA/Case tidak hanya menutupi sebagian, tapi seluruh wajah.

Masker ini lebih cocok digunakan oleh kamu yang bekerja di industri bahan-bahan kimia, gas, dan hal-hal berkaitan lainnya. 

Kendati bisa memberikan proteksi maksimal, masker ini dijual dengan harga yang relatif mahal.

 

Harga: Rp1.250.000

Tips KesehatanMenjaga Kesehatan
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter