Lifestyle

10 Rekomendasi Masker Anak Kecil untuk Cegah Virus dan Penyakit

22 Mar 2021|Fadli Adzani
Terdapat banyak masker anak yang bisa dicoba, mulai dari Rider hingga Velvet Junior.Masker anak yang berkualitas tinggi harus menjadi prioritas orangtua agar bisa menjaga anak dari penyakit.

Di era pandemi virus corona atau Covid-19 ini, setiap orang membutuhkan masker untuk bepergian ke luar rumah. Tidak hanya orang dewasa saja, anak berusia 2 tahun ke atas pun membutuhkannya. Terdapat banyak merek masker anak yang dapat dicoba, mulai dari Rider hingga Velvet Junior.

Rekomendasi masker anak kecil yang berkualitas

Sebelum memilih masker anak kecil, kamu perlu tahu bahwa anak tidak memerlukan masker medis. Si Kecil hanya membutuhkan masker anak berbahan kain dengan ukuran yang kecil. Selain itu, carilah masker untuk anak kecil yang nyaman dipakai agar pernapasannya tak terganggu. 

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) merekomendasikan masker anak dengan bahan 100 persen katun dua lapis yang ditenun rapat.  Jika Anda masih ragu, tidak ada salahnya berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum memilih masker anak.

Berikut adalah berbagai rekomendasi produk masker anak yang sudah dikurasi oleh SehatQ.

1

Masker Anti Bakteri Anak dari Rider

masker anakMasker Anti Bakteri Anak dari Rider (Sumber: Rider)

Masker Anti Bakteri Anak dari Rider dibuat khusus untuk Si Kecil yang sudah berusia 4 tahun ke atas. Masker anak ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp350.000 untuk satu kotak berisi 50 masker.

Tersedia dalam berbagai macam warna (putih, kuning, hijau muda, dan biru muda), masker anak dari Rider ini diklaim dapat menghindari debu dan droplet, mencegah perkembangan bakteri, mudah dicuci, dan terbuat dari dua lapis kain.

Selain itu. bahan yang digunakan terasa lembut ketika digunakan. Tali yang menempel di maskernya juga dapat terpasang dengan nyaman di wajah anak.

2

Kid Mask dari Little Azta

masker anakKid Mask dari Little Azta (Sumber: Little Azta)

Seiring bertambahnya permintaan masker anak, banyak produk masker lokal menarik yang bermunculan. Kualitasnya juga tidak kalah dari masker impor, salah satunya dari Little Azta.

Kids Mask by Little Azta terbuat dari bahan katun berkualitas premium. Masker anak ini juga memiliki motif lucu yang dapat digunakan oleh anak laki-laki dan perempuan berusia 1-10 tahun.

Sebelum membelinya, kamu perlu mempertimbangkan rekomendasi World Health Organization (WHO) soal masker untuk anak usia 6-11 tahun ke atas berdasarkan faktor-faktor berikut:

  • Seberapa besar penyebaran Covid-19 di tempat tinggal
  • Kemampuan anak untuk menggunakan masker secara aman
  • Ketersediaan masker pengganti atau tempat untuk membersihkan masker kain
  • Dipantau oleh orangtua selama penggunaan maskernya.
3

Masker Kain Anak dari Elior

masker anakMasker Kain Anak dari Elior (Sumber: Elior)

Elior juga merupakan produk lokal yang mengeluarkan produk masker untuk anak. Masker anak dari Elior terbuat dari kain dua lapis dan antiair. Bagian maskernya memiliki moncong yang membuat anak jadi lebih mudah bernapas.

Bagian luar masker anak ini terbuat dari kanvas yang tahan air dan bagian dalamnya terbuat dari katun bergaris sehingga nyaman digunakan. Masker anak Elior dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp25.000.

4

Masker Premium Waterproof dari Anoba

masker anakMasker Premium Waterproof dari Anoba (Sumber: Anoba)

Masih dari produk lokal, kini ada Anoba yang memproduksi masker untuk anak kecil. Masker ini tersedia dalam pilihan motif karakter kartun yang lucu, mulai dari Elmo, Mickey Mouse, hingga dinosaurus. Tersedia juga ukuran ekstra kecil, kecil, dan besar.

Anoba mengklaim produk masker anaknya ini antiair, anti-droplet, dan dilengkapi dengan headloop sekaligus earloop yang mempermudah anak untuk menggunakannya.

Soal harga, masker ini dibanderol dengan nominal yang relatif murah, yaitu mulai dari Rp52.000-Rp72.000.

5

Masker Kain CHIBI3 dari Mizu Living

masker anakMasker Kain CHIBI3 dari Mizu Living (Sumber: MIZU Living)

Jika kamu sedang mencari masker anak yang terbuat dari 3 lapis kain berbeda, coba saja Masker Kain CHIBI3 dari MIZU Living.

Kain bagian luarnya terbuat dari blended cotton mix yang antiair sekaligus mencegah masuk dan keluarnya droplet.

Kain bagian tengahnya dirancang agar tidak menempel dengan lapisan dalam sehingga tidak bergerak. Kain bagian dalamnya berbahan lembut, mampu menyerap uap dan keringat sehingga anak jadi mudah bernapas. Harganya juga tidak mahal, yakni Rp7.500 untuk satu masker anaknya.

6

Masker Kain Anak dari MKY Clothing

masker anakMasker Kain Anak dari MKY Clothing (Sumber: MKY Clothing)

Ingin masker wajah anak yang bahannya sudah antibakteri, antialergi, dan 100 persen katun? Masker Kain Anak dari MKY Clothing jawabannya.

Masker wajah anak ini juga diklaim dapat membuat Si Kecil bernapas dengan mudah walau menggunakan maskernya. Dilengkapi dengan tali karet, masker dari MKY Clothing dapat mudah digunakan oleh Si Kecil.

Kamu tidak perlu khawatir jika maskernya kotor saat digunakan. Sebab, masker ini dapat dicuci dan digunakan kembali.

Masker wajah untuk anak SD yang bisa digunakan oleh anak berusia 2-11 tahun ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp5.800 saja.

7

Variety 5-Pack of Triple-Layer Cloth Pleated Face Masks for Kids dari Old Navy

masker anakVariety 5-Pack of Triple-Layer Cloth Pleated Face Masks for Kids dari Old Navy (Sumber: Old Navy)

Selain dikenal dengan produk pakaiannya, Old Navy juga memproduksi masker anak, yakni Variety 5-Pack of Triple-Layer Cloth Pleated Face Masks for Kids (with Ear Adjusters).

Masker dari Old Navy ini tersedia dalam berbagai macam motif yang keren dan lucu. Ditambah lagi, desainnya sudah disesuaikan dengan rekomendasi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat alias CDC untuk memastikan efektivitas dan keamanannya.

Bahannya lembut, terdiri dari tiga lapis kain katun, dan tidak membuat anak kesulitan bernapas. Kamu harus merogoh kocek mulai dari Rp57.000 untuk membawa pulang masker anak dari Old Navy ini.

8

ProtectWear - Non Medical Mask dari Velvet Junior

masker anakProtectWear - Non Medical Mask dari Velvet Junior (Sumber: Velvet Junior)

Tidak banyak masker anak yang terbuat dari bahan katun bambu. Namun, jika memang itu yang kamu cari, kamu bisa memilih produk-produk Velvet Junior.

Velvet Junior merilis masker anak kecil dengan motif-motif yang lucu. Bahan katun bambunya pun membuat anak merasa nyaman saat menggunakannya.

Keunggulan lain dari produk masker Velvet Junior ini, di antaranya:

  • Antibakteri alami
  • Tidak menyebabkan anak kesulitan bernapas
  • Bahannya lembut
  • Tidak menyebabkan alergi.

Masker anak yang sudah memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) ini dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp15.575.

9

Kids' Full-Coverage Accordion Mask dari GAP

masker anakKids' Full-Coverage Accordion Mask dari GAP (Sumber: GAP)

Sama seperti Old Navy, GAP pun sudah sangat dikenal di industri fashion. Perusahaan asal Amerika Serikat ini juga merilis masker anak yang berbahan halus dan berkualitas tinggi.

Masker anak dari GAP terbuat dari tiga lapis katun dengan motif yang bermacam-macam. Selain itu, terdapat karet yang bisa dipasang di telinga dan tidak mudah lepas.

Namun, masker GAP ini tidak boleh digunakan oleh anak berusia 4 tahun ke bawah atau mereka yang memiliki kesulitan bernapas. Selain itu, GAP juga tidak mengklaim bahwa produk masker anaknya antivirus atau antimikroba.

Soal harga, masker anak ini ternyata tidak terlalu mahal, yakni mulai dari Rp43.000.

10

UKAMask dari UKA Kids

masker anakUKAMask dari UKA Kids (Sumber: UKA Kids)

Merek lokal lainnya yang menawarkan produk masker anak adalah UKA Kids. Produk masker untuk anak kecil UKAMask menyediakan berbagai ukuran yang dapat dicoba.

Ukuran S dapat digunakan untuk anak berusia 6 tahun ke bawah, sementara ukuran M bisa dipakai oleh anak berusia 6-11 tahun.

Masker anak ini memiliki bahan dua lapis, tapi tidak memiliki bukaan di dalam maskernya. Jahitannya rapi dan motifnya pun lucu-lucu.

Hanya dengan merogoh kocek Rp 100.000, kamu sudah bisa mendapatkan 8 masker anak UKA Kids. Selain itu, kamu juga bisa membelinya satuan seharga Rp15.000.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Masker Wajah

Healthline. https://www.healthline.com/health/parenting/best-face-masks-for-kids#what-to-look-for
Diakses pada 22 Maret 2021

Rider. https://rider.co.id/en/product/rider-masker-anti-bakteri-anak-anak-diatas-4-tahun-isi-100-pcs-2/
Diakses pada 22 Maret 2021

Instagram Little Azta. https://www.instagram.com/p/CMsCo6mFZ0H/
Diakses pada 22 Maret 2021

WHO. https://www.who.int/news-room/q-a-detail/q-a-children-and-masks-related-to-covid-19
Diakses pada 22 Maret 2021

Official Tokopedia Store Elior. https://www.tokopedia.com/eliorid/masker-kain-anak-2-ply-anti-air-lucu
Diakses pada 22 Maret 2021

Official Shoppee Store Anoba. https://shopee.co.id/MASKER-PREMIUM-WATERPROOF-.-EARLOOP-HEADLOOP.-masker-couple-i.6824901.5647830821
Diakses pada 22 Maret 2021

Official Tokopedia Store MIZU Living. https://www.tokopedia.com/mizu-living/chibi3-masker-kain-anak-kids-3ply-water-repellent-non-medis-cuci-ulang
Diakses pada 22 Maret 2021

Official Shoppee Store MKY Clothing. https://shopee.co.id/MKY-Clothing-Masker-Kain-Anak-(Antibacterial-dan-Antialergic)-2-PLY-i.155964657.6023979046
Diakses pada 22 Maret 2021

Old Navy. https://oldnavy.gap.com/browse/product.do?pid=678392062&cid=1175177&pcid=1164801&vid=1&grid=pds_0_82_1
Diakses pada 22 Maret 2021

Instagram Velvet Junior. https://www.instagram.com/p/CAcCdnUhQik/
Diakses pada 22 Maret 2021

GAP. https://www.gap.com/browse/product.do?pid=654613052&cid=1158576&pcid=1157843&vid=1&grid=pds_0_80_1#pdp-page-content
Diakses pada 22 Maret 2021

Akun Instagram UKA Kids. https://www.instagram.com/p/CA9HgO1FoCI/?utm_source=ig_embed
Diakses pada 22 Maret 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter