Mom & Baby

8 Rekomendasi Mainan Bayi 1 Tahun dan Manfaatnya untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

18 Feb 2021|Fadli Adzani
Maianan bayi 1 tahun diperlukan Si Kecil untuk mengembangkan kemampuan motoriknya.Mainan bayi 1 tahun dapat membantu Si Kecil mengembangkan kemampuan motorik kasar dan halusnya.

Saat Si Kecil menginjak usia 1 tahun, biasanya ia akan mulai latihan berjalan, memegang benda-benda dengan tangannya, hingga belajar menendang bola. Kamu bisa mendukung berbagai perkembangan bayi ini dengan memberikannya mainan bayi 1 tahun.

Ada banyak merek mainan bayi 1 tahun ternama yang bisa kamu coba, seperti Hape, VTech, hingga Fisher-Price. Berikut adalah berbagai rekomendasi mainan bayi 1 tahun untuk membantu tumbuh kembang buah hatimu.

Rekomendasi mainan bayi 1 tahun yang baik untuk perkembangannya

1

Hape Pound and Tap Bench

mainan bayi 1 tahunHape Pound and Tap Bench (Sumber: Hape)

Pound and Tap Bench dari Hape merupakan mainan bayi 1 tahun yang dapat mengeluarkan berbagai suara dan dipenuhi dengan warna. Dilengkapi dengan alat musik xylophone, bayi bisa belajar untuk mengenal suara-suara alat musik yang sebelumnya belum pernah ia dengar.

Memainkan Pound and Tap Bench dari Hape juga dipercaya bisa membantu bayi mengembangkan koordinasi tangan dan matanya dan ketangkasannya. Hape Pound and Tap Bench dibanderol dengan harga mulai dari Rp324.867.

2

Fisher-Price Laugh & Learn Smart Stages Learn with Puppy Walker

mainan bayi 1 tahunFisher-Price Laugh & Learn Smart Stages Learn with Puppy Walker (Sumber: Fisher-Price)

Saat Si Kecil sudah mulai latihan jalan, ia akan membutukan mainan yang bisa dibawa keliling rumah. Salah satu mainan bayi 1 tahun yang cocok untuknya adalah Laugh & Learn Smart Stages Learn with Puppy Walker dari Fisher-Price.

Mainan ini beratnya ringan sehingga bayi tidak membutuhkan tenaga ekstra untuk mendorongnya. Selain bisa melatih keseimbangan Si Kecil, mainan bayi 1 tahun ini juga menghadirkan berbagai macam edukasi menarik, seperti angka, huruf, dan warna.

Kamu bisa membeli Laugh & Learn Smart Stages Learn with Puppy Walker dengan harga mulai dari Rp809.910.

3

VTech Drop and Go Dump Truck

mainan bayi 1 tahunVTech Drop and Go Dump Truck (Sumber: VTech)

Latih kemampuan Si Kecil untuk berjalan dan menjaga keseimbangannya dengan VTech Drop and Go Dump Truck! Mainan ini dilengkapi dengan tali yang mudah digenggam oleh bayi supaya ia bisa membawanya berkeliling rumah sambil belajar berjalan.

Uniknya, mainan ini dilengkapi dengan bebatuan warna-warni yang bisa ditaruh ke dalam tubuh mobil-mobilannya. Setelah batu-batu itu dimasukkan, mainan ini akan mengeluarkan suara unik. VTech Drop and Go Dump Truck dapat kamu beli dengan merogoh kocek sekitar Rp828.500.

4

Little Tikes First Slide

mainan bayi 1 tahunLittle Tikes First Slide (Sumber: Little Tikes)

Mendukung perkembangan motorik kasar anak adalah salah satu tantangan yang akan dirasakan oleh orangtua. Untuk mendukung kemampuan motorik kasarnya, Anda bisa membeli mainan Little Tikes First Slide.

Little Tikes First Slide merupakan perosotan yang bisa dimainkan oleh anak-anak. Ditambah lagi, terdapat panjatan yang bisa dinaiki oleh anak untuk mendukung kemampuan motorik kasarnya. Namun, anak berusia 1 tahun belum bisa memainkan perosotan sendirian.

Anda juga harus selalu menjaga tubuh Si Kecil saat ia menaiki perosotan untuk menjaga keamanannya.  Mainan bayi 1 tahun ini dibanderol dengan harga sekitar Rp2.275.000.

Perlu diingat, mainan bayi ini direkomendasikan untuk bayi yang sudah berusia 18 bulan hingga anak berusia 6 tahun.

5

Smart Shots Sports Center

mainan bayi 1 tahunSmart Shots Sports Center (Sumber: Walmart)

Ingin mengajarkan anak menggenggam bola dan melemparnya? Smart Shots Sports Center dari VTech bisa Anda coba.

Tidak hanya melempar, Smart Shots Sports Center juga bisa menyediakan dua buah bola, yakni basket dan bola sepak. Jadi, Si Kecil juga bisa belajar menendang bola. Saat bayi berhasil memasukkan bola ke gawang atau ring, mainan bayi 1 tahun ini akan mengeluarkan cahaya dan suara.

Smart Shots Sports Center dari VTech dapat Anda bawa pulang dengan harga mulai dari Rp2.169.000.

6

Musical Rhymes Book

mainan bayi 1 tahunMusical Rhymes Book (Sumber: Amazon)

Masih dari produk VTech, Musical Rhymes Book merupakan mainan bayi 1 tahun yang dapat memutar lagu yang bervariasi, tergantung tombol mana yang disentuh oleh Si Kecil.

Tidak hanya itu, mainan berwarna-warni ini juga bisa mengajarkan bayi tentang instrumen musik. Harganya juga tidak terlalu mahal, yakni mulai dari Rp748.500.

7

Fisher-Price Rock-a-Stack

mainan bayi 1 tahunFisher-Price Rock-a-Stack (Sumber: Fisher-Price)

Fisher-Price menghadirkan permainan menyusun berbentuk lingkaran berwarna-warni. Tenang saja, bahan yang digunakan untuk membuat mainan bayi 1 tahun ini aman untuk dimainkan oleh Si Kecil.

Fisher-Price Rock-a-Stack juga mudah dibersihkan dan harganya relatif murah, yakni mulai dari Rp130.000.

8

Baby Einstein Magic Touch Piano

mainan bayi 1 tahunBaby Einstein Magic Touch Piano (Sumber: Amazon)

Dengan sistem piano yang unik, Baby Einstein Magic Touch Piano akan memperkenalkan berbagai suara kepada Si Kecil. Mainan ini juga dipenuhi dengan berbagai warna yang bisa menarik perhatian bayi. Mainan bayi 1 tahun ini bisa Anda beli dengan harga mulai dari Rp 1.091.000.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Bayi & Menyusui

Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/1-year-old-developmental-milestones-289864
Diakses pada 18 Februari 2021

Babylist. https://www.babylist.com/hello-baby/best-toys-for-one-year-olds
Diakses pada 18 Februari 2021

Good Housekeeping. https://www.goodhousekeeping.com/childrens-products/toy-reviews/g5152/best-toys-for-one-year-olds/
Diakses pada 18 Februari 2021

Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/best-baby-toys-under-1-4153327
Diakses pada 18 Februari 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter