Beauty & Skincare

10 Rekomendasi Lip Balm Terbaik untuk Bibir Lembap, Cerah, dan Sehat

Lip balm adalah produk kecantikan yang dirancang untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecahGunakan lip balm tiap malam hari dan pagi hari sebelum memulas lipstik

Bibir terasa lembap dan berwarna cerah bisa membuat penampilanmu tampak lebih segar. Akan tetapi, pola hidup dan paparan sinar matahari bisa saja menyebabkan bibir gelap dan kering. Untuk itu, kamu memerlukan lip balm atau pelembap bibir untuk mengatasi bibir kering dan gelap.

Jika kamu sedang cari lip balm yang bagus, simak cara memilih dan ragam rekomendasi produk selengkapnya dalam artikel ini.

Fungsi lip balm atau pelembap bibir

Pada dasarnya, lip balm adalah produk kecantikan yang dirancang untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah. Lip balm biasanya terbuat dari lilin, seperti lilin lebah, atau bahan lain yang serupa.

Selain itu, ada pula bahan pelembap bibir lainnya, seperti petroleum jelly, shea butter, atau lanolin, yang berfungsi untuk menahan kadar air pada permukaan kulit bibir.

Produk lip balm yang bagus diperkaya dengan kandungan lain. Misalnya SPF, antioksidan koenzim, serta ragam vitamin, seperti vitamin C dan E, untuk melindungi bibir dari paparan radikal bebas.

Beberapa produk pelembap bibir juga ada yang mengandung zat antipenuaan dan senyawa yang melembapkan kulit, seperti hyaluronic acid, atelocollagen, dan dipalmitoyl hydroxyproline.

Semua kandungan ini dapat membuat tampilan bibir tampak lebih elastis sekaligus mengurangi garis-garis halus di sekitar bibir.

Cara memilih lip balm terbaik

Untuk memperoleh manfaat lip balm secara maksimal, pastikan kamu mengetahui tips memilihnya dengan tepat sebagai berikut:

  • Pilih lip balm yang mengandung SPF minimal 30. Ini berguna untuk untuk melindungi permukaan bibir dari paparan sinar ultraviolet (UV).
  • Cari pelembap bibir yang mengandung petroleum jelly. Kandungan ini dapat melembapkan bibir dan mencegahnya kering dan pecah-pecah.
  • Batasi penggunaan lip balm yang mengandung zat pewangi atau pewarna. Sebab, beberapa bahan kimia dari zat pewangi atau pewarna mungkin berisiko membuat kulit kering, iritasi, dan alergi.
  • Hindari lip balm mengandung fenol, menthol, dan asam salisilat. Semua kandungan ini dapat membuat kulit bibirmu semakin kering.

Rekomendasi lip balm yang bagus

Mencari produk lip balm yang bagus terkadang susah-susah gampang. Namun tak perlu khawatir, berikut SehatQ berikan rekomendasi selengkapnya.

1

Nivea Original Lip Care 

Salah satu rekomendasi lip balm yang bagus adalah Nivea Original Lip CarePelembap bibir ini diyakini mampu memberi 12 jam perlindungan dari bibir keringCek Sekarang

Salah satu rekomendasi lip balm yang bagus adalah Nivea Original Lip Care. Pelembap bibir ini diyakini mampu memberi 12 jam perlindungan dari bibir kering.

Beberapa kandungan menarik pada lip balm Nivea ini, antara lain shea butter, panthenol, dan minyak almond yang dapat melembutkan bibir dan membuatnya tampak lebih sehat.

Diklaim aman untuk kulit dan bebas kandungan minyak mineral, harga lip balm Nivea dibanderol sekitar Rp23.000,00 per buah. Sangat terjangkau, bukan?

2

Sebamed Lip Balm Defense

Sebamed Lip Balm DefenseSebamed Lip Balm Defense mengandung SPF 30Cek Sekarang

Cari lip balm yang mengandung SPF? Sebamed Lip Balm Defense bisa jadi pilihannya.

Sebamed Lip Balm Defense merupakan pelembap bibir yang diformulasikan dengan SPF 30 untuk melindunginya dari kerusakan akibat sinar UV serta faktor lingkungan lainnya.

Ada pula kandungan vitamin E yang berfungsi untuk menutrisi kulit bibir agar tidak pecah-pecah, kering, ataupun mengelupas.

Menariknya lagi, Sebamed Lip Balm Defense bebas dari kandungan alkohol sehingga tidak menimbulkan iritasi pada bibir.

Kamu cukup mengeluarkan kocek seharga Rp51.500,00 untuk memperoleh manfaat lip balm ini.

3

Nivea Lip Care Soothe & Protect

Pilihan lip balm ber-SPF lainnya adalah Nivea Lip Care Soothe & ProtectNivea Lip Care Soothe & Protect mampu merawat bibir kering dan pecah-pecahCek Sekarang

Pilihan lip balm ber-SPF lainnya adalah Nivea Lip Care Soothe & Protect. Kandungan SPF 15 di dalamnya dapat melindungi bibir dari efek negatif paparan sinar matahari.

Nivea Lip Care Soothe & Protect diformulasikan dari minyak alami yang dipercaya mampu merawat bibir pecah-pecah dan kering secara intensif agar lebih lembut.

Selain itu, penggunaan Nivea lip balm ini mampu menjaga kelembapan bibir hingga 24 jam lamanya.

Tertarik menggunakan lip balm yang mengandung SPF ini? Harga Nivea Lip Care Soothe & Protect, yakni sekitar Rp20.900,00.

4

Madame Gie Color Pop Lip Balm Fruity Series

produk dari Madame Gie Color Pop Lip Balm Fruity Series bisa menjadi rekomendasi yang tepatMadame Gie Color Pop Lip Balm Fruity Series dapat mencerahkan bibir secara alamiCek Sekarang

Jika kamu sedang mencari produk lip balm berwarna, produk dari Madame Gie Color Pop Lip Balm Fruity Series bisa menjadi rekomendasi yang tepat.

Hadir dalam tekstur creamy, lip balm Madame Gie ini diyakini dapat memperbaiki masalah bibir kering dan pecah-pecah.

Adapun beberapa kandungan bahan menarik di dalamnya, yakni virgin coconut oil, beeswax, dan vitamin E.

Kandungan ekstrak buah alami yang terkandung dalam lip balm Madame Gie juga dapat memberi sensasi segar dan lembut di bibir. Dengan demikian, warna bibirmu akan tampak lebih cerah merona.

Kamu bisa memilih varian rasa, seperti yuzu lemon, pomegranate, anggur, minyak zaitun, madu, dan kurma.

Cukup mengeluarkan kocek sekitar Rp10.000,00 bila tertarik menggunakan Madame Gie Color Pop Lip Balm Fruity Series ini.

5

Inez Lip Smoothing Cream

Inez Lip Smoothing Cream merupakan pilihan lip balm yang bagusInez Lip Smoothing Cream mengandung white petrolatum dengan vitamin A dan ECek Sekarang

Brand kecantikan Inez yang dikenal dengan produk kosmetiknya ternyata memiliki lip balm yang bagus, yakni Inez Lip Smoothing Cream.

Inez Lip Smoothing Cream memiliki bahan utama berupa white petrolatum yang diperkaya dengan vitamin A dan E untuk menutrisi dan menjaga elastisitas bibir sekaligus membuatnya tampak lebih sehat dan lembap.

Hadir dengan tekstur creamy, membuat Inez Lip Smoothing Cream terasa ringan dan nyaman saat dioleskan ke kulit.

Kamu bisa menggunakannya beberapa kali dalam sehari sesuai kebutuhan. Misalnya, memakainya pada malam hari atau sebelum memulas lipstik.

Dipercaya baik untuk kulit kering dan sensitif, Inez Lip Smoothing Cream dijual dengan harga Rp51.000,00.

Berbeda dengan produk lip balm pada umumnya, Inez Lip Smoothing Cream dikemas dalam bentuk tube.

6

Dr. Bronner's Organic Peppermint Lip Balm

Dr. Bronner's Organic Peppermint Lip Balm merupakan pelembap yang berfungsi untuk menutrisi bibirDr. Bronner's Organic Peppermint Lip Balm mengandung bahan organikCek Sekarang

Dr. Bronner's Organic Peppermint Lip Balm merupakan pelembap yang berfungsi untuk menutrisi bibir agar bebas dari masalah bibir gelap dan kering.

Sesuai namanya, salah satu rekomendasi lip balm untuk bibir kering ini mengandung bahan organik yang sudah tersertifikasi oleh oleh USDA dan Fair Trade.

Adapun bahan organik yang dimaksud adalah minyak alpukat, beeswax organik, minyak jojoba organik, minyak hemp organik, minyak peppermint organik, serta tokoferol.

Berbagai kandungan bahan organik tersebut disinyalir dapat memberikan kelembapan ekstra pada bibir yang sangat kering, terkelupas, bahkan menghitam.

Kandungan minyak alpukat serta minyak jojoba di dalamnya kaya akan antioksidan sehingga efektif melindungi bibir dari paparan radikal bebas.

Sedangkan, minyak peppermint dapat memberikan kesan sejuk pada bibir. Lalu, minyak hemp dan tokoferol (vitamin E) bermanfaat untuk melembapkan bibir secara instan.

Kabar baiknya, pelembap bibir ini aman digunakan pada pemilik kulit sensitif karena bersifat cruelty free serta tidak mengandung pengawet dan pewangi buatan.

Kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp77.900,00 untuk memperoleh manfaat lip balm terbaik ini.

7

Bell Hypoallergenic Regeneration Lip Balm

Bell Hypoallergenic Regeneration Lip Balm bisa menjadi rekomendasi lip balm yang bagusBell Hypoallergenic Regeneration Lip Balm mengandung lidah buayaCek Sekarang

Untuk kamu yang kerap bermasalah dengan masalah bibir kering dan pecah-pecah, Bell Hypoallergenic Regeneration Lip Balm bisa menjadi rekomendasi lip balm yang bagus.

Diperkaya dengan kandungan lidah buaya untuk menenangkan kulit, serta filter UVB yang dapat melindungi bibir dari paparan radiasi sinar UV. Dengan demikian, bibirmu akan terlihat berkilau halus, segar, dan sehat.

Tak seperti produk lip balm untuk bibir kering pada umumnya, Bell Hypoallergenic Regeneration Lip Balm hadir dalam kemasan krayon sehingga memudahkan kamu dalam mengaplikasikannya ke seluruh permukaan bibir.

Namun, kamu perlu merogoh kocek cukup dalam jika tertarik menggunakan lip balm yang bagus satu ini. Sebab, harganya dipatok sekitar Rp165.000,00.

8

Wardah Everyday Moisture Lip Nutrition

jangan lewatkan rekomendasi lip balm terbaik dari WardahWardah Everyday Moisture Lip Nutrition mampu menutrisi sekaligus melembapkan bibir hingga 12 jam (Sumber foto: Official Wardah Beauty)

Bagi pencinta produk perawatan kulit merek lokal, jangan lewatkan rekomendasi lip balm terbaik dari Wardah.

Wardah Everyday Moisture Lip Nutrition mampu menutrisi sekaligus melembapkan bibir hingga 12 jam lamanya berkat kandungan vitamin E dan shea butter di dalamnya. Dengan begitu, bibirmu akan terasa lembut dan tampak sehat alami.

Wardah lip balm ini juga dapat melindungi bibir dari efek buruk paparan sinar matahari karena dilengkapi dengan SPF 15 PA+++.

Tekstur lip balm cukup creamy sehingga tidak lengket atau membuat bibirmu tampak berminyak. Harga lip balm Wardah Everyday Moisture Lip Nutrition dibanderol sekitar Rp27.000,00.

9

Vaseline Lip Therapy

Rekomendasi lip balm terbaik berikutnya adalah Vaseline Lip TherapyVaseline Lip Therapy Original diklaim terbuat dari 100% petroleum jelly (Sumber foto: Official Vaseline)

Rekomendasi lip balm terbaik berikutnya adalah Vaseline Lip Therapy. Produk ini dapat melembapkan dan melembutkan bibirmu dengan segera.

Kandungan petroleum jelly murni di dalamnya dipercaya mampu mengatasi bibir kering dan pecah-pecah agar lebih sehat dan berkilau.

Lip balm Vaseline hadir dalam berbagai varian yang menarik untuk dicoba. Sebut saja:

  • Vaseline Lip Therapy Original. Produk ini diklaim terbuat dari 100% petroleum jelly murni yang aman di bibir.
  • Vaseline Lip Therapy Cocoa Butter. Pelembap bibir yang diformulasikan dengan petroleum jelly, cocoa, dan shea butter.
  • Vaseline Lip Therapy Rosy. Produk lip balm beraroma mawar ini membuat bibirmu tampak lebih sehat dan berwarna merah muda alami karena membantu mengelupas sel-sel kulit mati.
  • Vaseline Lip Therapy Crème Brûlée . Produk ini membantu merawat bibir supaya tetap sehat dan menjaga kelembapannya dengan aroma crème brûlée yang menarik.
  • Vaseline Lip Therapy Aloe Vera Stick. Vaseline lip balm stick yang mengandung petroleum jelly murni dan lidah buaya. Ada kandungan SPF 11-20 untuk melindungi kulit bibir dari paparan sinar UV.
  • Vaseline Lip Therapy Gold Dust Tin. Produk ini memadukan butir-butir kilauan emas, warna peach yang cerah, dan aroma pir yang nikmat sehingga bibirmu bisa tampak berkilau.
  • Vaseline Lip Therapy Advanced Healing Tube. Lip balm Vaseline dalam bentuk tube yang terbuat dari petroleum jelly yang dimurnikan sebanyak 3 kali lipat. Produk ini dapat membantu melembapkan bibir yang kering secara lebih dalam.

Harga lip balm Vaseline sangat beragam tergantung dari varian mana yang kamu pilih. Umumnya, produk ini dijual mulai dari Rp25.000,00 hingga Rp 150.000,00.

10

Maybelline Baby Lips Loves Color 

Maybelline Baby Lips Loves Color bisa menjadi pilihan lip balm yang bagusMaybelline Baby Lips Loves Color tersedia dalam 4 pilihan warna (Sumber foto: Official Maybelline)

Bagi kamu yang ingin memiliki bibir lembap dan cerah alami, Maybelline Baby Lips Loves Color bisa menjadi pilihan lip balm yang bagus untuk memerahkan bibir.

Maybelline Baby Lips Loves Color adalah lip balm yang merawat dan melembapkan bibir dalam 4 pilihan warna.

Kandungan minyak jojoba dan vitamin E di dalamnya akan membuat bibirmu lembap lebih lama.

Fungsi vitamin E dapat meningkatkan sirkulasi dan menghasilkan sel-sel kulit baru sehingga bibir terasa lebih lembut. S

Selain melembapkan bibir, produk ini juga dapat melindungi bibir dari paparan sinar UV karena mengandung SPF 20.

Bibirmu pun akan tampak lebih sehat dan segar karena memiliki warna yang alami. Harga lip balm Maybelline New York Baby Lips cukup terjangkau dengan kisaran harga Rp41.500,00.

Kulit Dan KecantikanProduk KecantikanHiperpigmentasi BibirBibir Kering

Web MD. https://www.webmd.com/beauty/features/decoding-lip-balm
Diakses pada 15 Oktober 2021

Cleveland Clinic. https://health.clevelandclinic.org/7-signs-your-lip-balm-use-is-just-a-bad-habit/
Diakses pada 15 Oktober 2021

Vaseline. https://www.vaseline.com/us/en/products/lip-care/
Diakses pada 15 Oktober 2021

Wardah Beauty. https://www.wardahbeauty.com/id/product/make-up/everyday-moisture-lip-nutrition
Diakses pada 15 Oktober 2021

Maybelline. https://www.maybelline.co.id/lips/lip-balm/baby-lips-loves-color
Diakses pada 15 Oktober 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email