Mom & Baby

7 Rekomendasi Kursi Makan Bayi Terbaik 2021

07 Apr 2021|Nina Hertiwi Putri
Rekomendasi kursi makan bayi yang bagus 2021Rekomendasi kursi makan bayi adalah yang bisa membuat bayi nyaman
Kursi makan bayi adalah salah satu perlengkapan yang perlu disiapkan saat si Kecil sudah memasuki masa pemberian makanan pendamping ASI (MPASI).Kursi yang sering disebut juga sebagai baby chair atau high chair ini akan membantu bayi duduk tegak selama makan, sehingga mengurangi risikonya tersedak dan mempermudah proses pemberian makan pada bayi.Kursi ini biasanya akan digunakan dalam waktu lama, yaitu saat bayi mulai MPASI atau saat usia sekitar 6 bulan, sampai ia berusia sekitar 2 tahun. Oleh karena itu, kamu sebaiknya tidak sembarangan memilih kursi agar bisa awet.

Tips memilih kursi makan bayi

Saat membeli kursi makan bayi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti:

• Pilih yang mudah digunakan

Karena saat ini sudah banyak model kursi makan untuk bayi, maka kamu perlu memilih jenis yang paling sesuai dengan kebutuhan.Beberapa orang tua lebih memilih untuk membeli kursi dengan fitur yang sederhana, sedangkan sebagian lainnya lagi memilih kursi yang memiliki berbagai fungsi sekaligus.Apapun pilihanmu, pastikan bahwa fitur yang ada di kursi tersebut mudah untuk digunakan.Jadi saat membeli, cobalah lihat sulit atau tidaknya lipatan meja dibuka, sulit atau tidaknya membawa kursi dari satu tempat ke tempat lain. Begitu pula dengan ukurannya pas atau tidak dengan ukuran ruang makan di rumah.

• Perhatikan pengamannya

Memperhatikan sistem pengaman pada kursi makan bayi adalah hal penting yang tak boleh terlewatkan. Biasanya, baby chair memiliki sabuk pengaman yang perlu diikatkan ke bayi. Saat membeli, pastikan sabuk tersebut bisa dipakai dan dilepas dengan mudah.

• Pastikan nyaman saat digunakan bayi

Si Kecil biasanya akan butuh waktu lama untuk menghabiskan satu porsi makanannya. Karena itu, saat membeli kursi makan bayi, pastikan bahwa ia akan nyaman duduk berlama-lama di situ.Biasanya, high chair yang nyaman adalah yang memiliki alas atau bantalan yang empuk serta sandaran kaki. Namun kembali lagi, sesuaikan fitur tersebut dengan kenyamanan buah hatimu.

• Pilih yang mudah dibersihkan

Pilih kursi makan bayi yang mudah dibersihkan. Sebab saat makan, bayi pasti akan membuat sekelilingnya berantakan. Pastikan juga bantalan yang menempel di kursi mudah dilepas, sehingga kursi bisa dibersihkan secara menyeluruh.

Rekomendasi kursi makan bayi yang bagus dan awet

Setelah mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan saat membeli kursi makan bayi, maka kamu bisa mulai memilih-milih yang sesuai dengan kebutuhan. Berikut ini rekomendasi kursi makan bayi yang bagus.
1

IKEA Antilop High Chair

Rekomendasi kursi makan bayi IKEA Antilop High ChairIKEA Antilop High Chair mudah dilepas dan dipasang sendiri (sumber foto: ikea.com)
IKEA Antilop High Chair adalah kursi makan bayi yang mudah dipasang dan dilepas sendiri dan aman untuk diduduki Si Kecil dalam waktu yang lama. Strukturnya yang kokoh juga membuatnya awet.Kursi ini juga mudah dibawa saat berpergian dan dapat digunakan hingga berat badan anak mencapai 15 kg.Dilengkapi dengan sabuk pengaman, anak akan tetap aman saat berada di atasnya. Kursi ini juga memiliki bantalan tambahan yang dijual terpisah.Harga: Rp199.900
2

Coco Latte High Chair Quatore

Rekomendasi kursi makan bayi Coco Latte High Chair QuatoreCoco Latte High Chair Quatore bisa digunakan mulai bayi usia 0 bulan (sumber foto: instagram @cocolatterindo)
Coco Latte High Chair Quatore memiliki beragam fungsi, sehingga bisa digunakan oleh bayi mulai dari usia 0 bulan hingga 5 tahun sampai berat maksimal 30 kg. Selain sebagai kursi makan bayi, kursi ini juga dapat digunakan sebagai tempat bermain, bahkan belajar anak. Anda tinggal menyesuaikannya dengan keperluan.Dilengkapi dengan tiga posisi sandaran, kursi ini akan membuat Si Kecil betah dan nyaman saat berada di atasnya.Harga: mulai dari Rp1.650.000
3

Pliko High Chair 505

Rekomendasi kursi makan bayi Pliko High Chair 505Pliko High Chair 505 dapat digunakan hingga anak memiliki berat 18 kg (sumber foto: instagram @pliko_ind)
Pliko High Chair dapat digunakan oleh bayi mulai usia 6 bulan-3 tahun dengan berat badan maksimal 18 kg. Susunannya yang praktis, membuat kursi makan bayi ini bisa dilepas pasang dan diatur ke dalam tiga posisi berbeda.Sandaran dan alasnya bisa dicopot dan dicuci, sehingga kebersihannya dapat terjaga dengan baik. Sabuk pengaman yang langsung tersedia juga menjadikannya aman untuk bayi.Harga: mulai dari Rp750.000
4

Baby Safe Deluxe High Chair HC006

Rekomendasi kursi makan bayi Baby Safe Deluxe High Chair HC006Baby Safe Deluxe High Chair HC006 memiliki 3 setelan sandaran (sumber foto: babysafe.co.id)
Baby Safe Deluxe high chair adalah kursi makan bayi yang aman untuk anak berusia 6 bulan hingga 4 tahun dan kuat menahan berat bayi dari 8-24 kg. Kursi ini memiliki 3 setelan sandaran serta 7 setelan tinggi, sehingga orang tua bisa dengan mudah menyesuaikan dengan kondisi yang ada.Kursi makan bayi ini mudah dilipat dan memiliki roda yang dilengkapi dengan teknologi antislip, sehingga praktis dibawa sekaligus mudah disimpan.Harga: mulai dari Rp850.000
5

Baby Safe 3-in-1 High Chair HC05

Rekomendasi kursi makan bayi Baby Safe 3-in-1 High Chair HC05Baby Safe 3-in-1 High Chair HC05 memiliki banyak fungsi (sumber foto: babysafe.co.id)
Baby Safe 3-in-1 High Chair dapat digunakan dalam tiga tahap tumbuh kembang yang berbeda, yaitu saat anak berusia 6 bulan, 8 bulan, dan 12 bulan ke atas. Selain digunakan sebagai high chair, kursi ini juga dapat digunakan sebagai booster seat saat si Kecil sudah siap untuk bergabung makan bersama orang terdekat di meja makan.Setelah itu, memasuki usia 12 bulan ke atas, meja dan kursinya bisa diubah susunannya menjadi meja untuk makan, bermain, bahkan belajar.Harga: mulai dari Rp370.000
6

Chicco Chairy Booster High Chair

Rekomendasi kursi makan bayi Chicco Chairy Booster High ChairChicco Chairy Booster High Chair dapat diatur menjadi empat posisi berbeda (sumber foto: instagram @chicco.indonesia)
Chicco Chairy Booster High Chair dapat digunakan sebagai kursi makan bayi mulai dari usia 6 bulan, hingga diubah pengaturannya menjadi meja bermain dan belajar bayi mulai usia 12 bulan.Kursinya bisa diatur ke dalam empat posisi berbeda, sehingga dapat menyesuaikan dengan kenyamanan Si Kecil. Tak hanya itu, desainnya yang ringan dan mudah dilipat juga membuatnya praktis untuk dibawa ke mana-mana.Harga: Mulai dari Rp800.000
7

Kursi Makan Bayi Atria Doby High Chair

Rekomendasi Kursi Makan Bayi Atria Doby High ChairKursi Makan Bayi Atria Doby High Chair memiliki model yang praktis (sumber foto: atria.co.id)
Kursi makan bayi Atria Doby High Chair memiliki model yang praktis dan mudah dibongkar pasang serta dibersihkan. Harganya yang cukup terjangkau juga membuatnya kerap menjadi pilihan para orang tua untuk anaknya yang sudah mulai bisa duduk dan makan.Harga: mulai dari Rp330.000
Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Stroller BayiMakanan BayiPerlengkapan Bayi
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter