Gym & Sport

Rekomendasi Kettlebell untuk Membentuk Tubuh Lebih Kuat dan Indah

10 Aug 2021|Nurul Rafiqua
12 Rekomendasi Kettlebell untuk Tubuh Lebih Kuat dan IndahBerolahraga dengan kettlebell dapat membuat kita berlatih dengan lebih efisien

Kettlebell adalah alat angkat beban berbentuk bulat dengan alas datar dan pegangan melengkung di atasnya. Umumnya, alat ini terbuat dari besi tuang (cast iron) dengan bobot yang beragam, mulai dari 2 kg hingga 50 kg.

Berbeda dengan dumbell, titik berat kettlebell tidak berada sejajar dengan tangan. Hal ini membuat kita bisa berlatih dengan lebih efisien. Misalnya saja, daya yang dikeluarkan ketika mengangkat kettlebell 4 kg akan lebih besar ketimbang saat kita mengangkat dumbell dengan berat yang sama.

Biasanya, kettlebell digunakan pada latihan untuk menurunkan berat badan, mengencangkan tubuh, melatih kebugaran, dan kesehatan kardiovaskular, kekuatan fisik serta menjaga kesehatan, mobilitas, dan fleksibilitas sendi.

Panduan memilih kettlebell yang cocok untuk setiap kebutuhan

Agar bisa berlatih dengan optimal dan mendapatkan segala manfaat kettlebell bagi kesehatan, kamu perlu memilih kettlebell yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli kettlebell:

1. Tipe kettlebell

Saat ini, kettlebell yang beredar di pasaran terdiri dari tipe competition kettlebells dan cast iron kettlebells. Competition kettlebells memiliki handle yang kecil karena dirancang untuk digunakan hanya dengan satu tangan. Ukuran serta bentuknya akan tetap sama berapapun beratnya.

Sedangkan cast iron kettlebells memiliki pegangan yang lebih lebar, jadi memungkinkan kita untuk memegangnya dengan dua tangan. Ukuran dan bentuknya juga akan ikut berubah seusai beratnya. Bagi kamu yang masih pemula, cast iron kettlebell adalah pilihan yang lebih tepat.

2. Berat dan jumlah kettlebell

  • Untuk pria: Idealnya membutuhkan 3 kettlebell dengan rentang berat 12 kg, 16 kg dan 24 kg.
  • Untuk wanita: Idealnya membutuhkan 3 kettlebell dengan rentang berat 8 kg, 12 kg dan 16 kg.

Penggunaannya berangsur dari beban paling kecil ke beban paling berat.

3. Hindari kettlebell yang memiliki spesifikasi berikut,

  • Pegangan yang terlalu tebal
  • Lebar pegangan yang terlalu sempit
  • Ujung pegangan yang tajam
  • Ada dudukan atau kaki
  • Jarak pegangan dan badannya terlalu sempit
  • Badan kettlebell berbentuk terlalu bulat sempurna
  • Pegangan yang licin

Rekomendasi kettlebell terbaik

Sebagai gambaran, berolahraga dengan latihan kettlebell selama 20 menit dapat membakar kalori hingga 400 kkal. Hal ini menjadikannya patut dijadikan investasi untuk kesehatan dan kebugaran kamu.

Sudah siap untuk berlatih dengan kettlebell? Berikut ini, SehatQ rangkum berbagai merek kettlebell yang bagus, spesial untuk kamu.

1

Kettler Kettlebell

Rekomendasi kettlebell terbaik: Kettler KettlebellKettler Kettlebell (sumber: kettler_id)

Kettler, brand alat olahraga asal Jerman ini menawarkan berbagai jenis kettlebell. Terpantau di pasaran, kettlebell dari Kettler ini memiliki rentang berat yang luas dari 4 kg hingga 16 kg.

Kettlebell dari Kettler memiliki body berlapis neoprene yang tidak akan merusak lantai. Bentuknya pun tidak sepenuhnya bulat sehingga cocok digunakan dalam berbagai jenis latihan.

Pegangan yang dimiliki dirancang ergonomis untuk memberikan kualitas ayun yang sempurna.

Harga kettlebell Kettler: berkisar dari Rp225.000 untuk kettlebell 4 kg.

2

Body Sculpture Kettlebell

Rekomendasi kettlebell terbaik: Body Sculpture KettlebellBody Sculpture Kettlebell (sumber: bodysculpture.co.uk)

Kettlebells dari merek Body Sculpture didesain dengan pegangan yang lebar demi menghasilkan gerakan yang halus dan terkontrol. Tampilan minimalis dan terlihat kokoh. Kamu bisa mendapatkan alat ini dalam berbagai warna, mulai dari oranye, biru, ungu, hijau, dan merah.

Body Sculpture Kettlbell tersedia dalam banyak pilihan beban dari 4,6,8,10 hingga 12 kg dan ideal digunakan untuk memperkuat sistem otot serta kardiovaskular.

Harga kettlebell Body Sculpture: berkisar dari Rp743.000 untuk kettlebell 12 kg.

3

Domyos Kettlebell

Rekomendasi kettlebell terbaik: Domyos KettlebellDomyos Kettlebell (sumber: domyos.co.uk)

Domyos Kettlebell dirancang fleksibel untuk dapat digunakan pada berbagai varian olahraga. Biasanya, kettlebell ini banyak diandalkan untuk latihan yang memadukan kekuatan otot dan kardio.

Hadir dalam bentuk yang simple dengan pegangan yang besar dan nyaman untuk digenggam, baik dengan satu atau dua tangan. Daya tahannya juga sudah teruji kuat, dilengkapi dengan alas berbahan karet yang senantiasa melindungi lantai dari benturan kettlebell.

Kettlebell dari merek Domyos juga memiliki range beban yang luas, dari 4 hingga 24 Kg. Sebagai tambahan, kamu bisa menyempurnakan program olahraga kamu dengan panduan yang tersedia di situs Domyos. Jadi kalau kamu seorang pemula yang baru ingin mencoba menggunakan kettlebell, merek ini tepat untuk dijadikan pilihan.

Harga kettlebell Domyos: berkisar dari Rp660.000 untuk kettlebell 16 kg.

4

iFitFun Competition Kettlebell

Rekomendasi kettlebell terbaik: iFitFun Competition KettlebelliFitFun Competition Kettlebell

Kettlebell yang berasa dari merek iFitFun berjenis competition kettlebell. Jadi, meskipun tersedia dalam berbagai berat, bentuk dan besarnya tetap seragam mengikuti kettlebell standar kompetisi. Cocok untuk kamu yang sudah terbiasa berlatih angkat beban.

Dibuat dari precission casting steel alias besi cor yang dibentuk menjadi kettlebell kuat dengan alas yang presisi. Handle dan body kettlebell yang mantap dari iFitFun ini dapat meminimalisir cedera otot dan sendi saat kita berlatih berbagai gerakan olahraga.

Harga kettlebell iFitFun Competition: berkisar dari Rp650.000 untuk kettlebell 6 kg.

5

Svarga Adjustable Kettlebell

Rekomendasi kettlebell terbaik: Svarga Adjustable KettlebellSvarga Adjustable Kettlebell (sumber: therepublicofsvarga.com)

Berbeda daengan kettlebell pada umumnya, kettlebell dari Svarga hadir dengan konsep adjustable. Jadi, pengguna dapat menyesuaikan berbagai berat body pada kettlebellnya.

Contohnya, pada kettlebell Svarga dengan berat maksimal 18 kg, kamu akan mendapatkan 7 lempengan, masing-masing memiliki beban setara 2, 5, 8, 10, 13, 15, dan 18 kg. Kamu dapat menambah atau mengurangi lempengan tersebut dengan mekanisme kunci yang sederhana.

Tak perlu khawatir soal keamanannya, karena meski bisa dilepas pasang, kettlebell ini sudah dilengkapi safety lock yang memastikan plat besi terkunci rapat. 

Adjustable Kettlebell Svarga diproduksi dari besi cor yang awet dan tahan lama. Alasnya terbuat dari sol karet yang menjamin lantai bebas dari goresan atau kerusakan saat kamu menyimpan kettlebell ini.

Dirancang dengan pegangan yang tangguh berukuran 2,5 cm, kamu bisa memegang kettlebell ini dengan nyaman. Tersedia dalam berbagai macam warna dan bentuk yang menarik, Svarga Adjustable Dumbbell ini adalah pilihan yang tepat untuk melengkapi peralatan home gym kamu.

Harga Adjustable Kettlebell Svarga: berkisar dari Rp999.000 untuk berat 18 kg.

6

Berwyn Neoprene Kettlebell

Rekomendasi kettlebell terbaik: Berwyn Neoprene KettlebellBerwyn Neoprene Kettlebell

Rekomendasi kettlebell selanjutnya datang dari merek Berwyn yang sudah terkenal akan produk perlengkapan olahraganya. Rancangannya ergonomis, sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi para pengguna.

Memiliki body yang dilapisi dengan neoprene bertekstur yang lembut namun kuat, kettlebell ini juga dilengkapi dengan pegangan yang lebar dan kokoh. Tersedia dalam berbagai warna dan berat, Berwyn Kettlebell siap membuat kamu agar tetap sehat dan bugar.

Harga kettlebell Berwyn: berkisar dari Rp419.000 untuk kettlebell 10 kg.

7

Genetix Fit Competition Kettlebell

Rekomendasi kettlebell terbaik: Genetix Fit Competition KettlebellGenetix Fit Competition Kettlebell (sumber: genetixfitness.id)

Kettlebell berjenis competition berikutnya berasal dari merek Genetix Fit. Handle-nya dilapisi dengan chrome anti karat dan material yang digunakan untuk membuat kettlebell ini berasal dari besi yang kuat dan sudah pasti tidak mudah patah.

Dikarenakan competition kettlebell memiliki ukuran diameter dan tinggi yang sama, Genetix Fit merancang kettlebellnya dengan warna yang berbeda untuk setiap berat. Dengan begitu, kamu tidak akan bingung saat membedakan berat kettlebell. Warnanya pun dibuat sesuai dengan standar internasional.

Variasi warna di kettlebell ini dilapisi cat non-toxic yang aman untuk dipegang dan bersentuhan langsung dengan kulit.

Harga Genetix Fit Competition Kettlebell: berkisar dari Rp600.000 untuk berat 8 kg.

8

Reebok Studio Kettlebell

Rekomendasi kettlebell terbaik: Reebok Studio KettlebellReebok Studio Kettlebell (sumber: Reebok.com)

Kettlebell berjenis competition berikutnya berasal dari merek Genetix Fit. Handle-nya dilapisi dengan chrome anti karat dan material yang digunakan untuk membuat kettlebell ini berasal dari besi yang kuat dan sudah pasti tidak mudah patah.

Dikarenakan competition kettlebell memiliki ukuran diameter dan tinggi yang sama, Genetix Fit merancang kettlebellnya dengan warna yang berbeda untuk setiap berat. Dengan begitu, kamu tidak akan bingung saat membedakan berat kettlebell. Warnanya pun dibuat sesuai dengan standar internasional.

Variasi warna di kettlebell ini dilapisi cat non-toxic yang aman untuk dipegang dan bersentuhan langsung dengan kulit.

Harga Genetix Fit Competition Kettlebell: berkisar dari Rp600.000 untuk berat 8 kg.

9

Edge Elite Competition Kettlebell (Hollow)

Rekomendasi kettlebell terbaik: Edge Elite Competition KettlebellEdge Elite Competition Kettlebell (sumber: edgefitnesspro.com)

Sesuai namanya, Edge Elite Competition Kettlebell ini memiliki bagian bawah yang berlubang untuk menunjukkan bagian yang hollow alias kosong. Hal tersebut ditujukan agar berat kettlebell berjenis competition ini lebih stabil.

Kettlebell dari merek Edge ini adalah salah satu kettlebell competition terbaik yang telah dilengkapi grip berdiameter 35mm. Sangat cocok bagi kamu yang sudah terbiasa menggunakan Kettlebell.

Harga Edge Elite Competition Kettlebell: berkisar dari Rp2.400.000 untuk berat 24 kg.

10

Happyfit Vinyl Kettlebell

Rekomendasi kettlebell terbaik: Happyfit Vinyl KettlebellHappyfit Vinyl Kettlebell (sumber: happyfit.co.id)

Kettlebell yang bagus berikutnya berasal dari merek lokal asli Indonesia, Happyfit. Terbuat dari besi cor berkualitas tinggi yang solid, sehingga sangat sesuai untuk menemani latihan kekuatan kamu.

Kettlebell ini dilapisi bahan vinyl yang bisa memberikan perlindungan ekstra dengan penampilan mengilap yang menarik. Tidak hanya itu, pegangan lebar dari kettlebell ini dibuat bertekstur untuk menghindari slip yang mungkin terjadi ketika tangan kamu sedang berkeringat.

Semua fitur dari kettlebell Happyfit dirancang untuk memastikan kamu mendapat pegangan yang nyaman dan aman, baik dengan satu atau dua tangan.

Harga kettlebell Happyfit: berkisar dari Rp200.000 untuk berat 4 kg.

11

Kettlebell Kings Powder Coat

Rekomendasi kettlebell terbaik: Kettlebell Kings Powder CoatKettlebell Kings Powder Coat (sumber: kettlebellkings.com)

Ketttlebell Kings Powder Coat terbuat dari besi tuang berkualitas. Kelebihan utamanya terdapat pada bagian pegangan yang dicor dari logam yang solid, sehingga dapat memberikan daya tahan lebih.

Tak berhenti sampai di situ, kettlebell ini juga dilengkapi dengan powder coating yang umumnya lebih bagus daripada kettlebell yang hanya dilapisi dengan cat. Dengan ini, kamu akan merasakan permukaan genggam yang lebih mantap dan aman sangat mengayun kettlebell.

Rentang beban yang disediakan dari Kttlebell Kings juga sangat luas, yakni dari 4 kg hingga 68 kg.

Harga Kettlebell Kings Powder Coat: berkisar dari Rp1.083.193 untuk berat 6 kg.

12

Onnit Primal Kettlebell

Rekomendasi kettlebell terbaik: Onnit Primal KettlebellOnnit Primal Kettlebell (sumber: onnit.com)

Brand kettlebell impor yang bagus lainnya berasal dari merek Onnit. Primmal Kettlebell ini sudah terkenal di kalangan para atlet dunia. Terbuat dari besi berkualitas tinggi dengan lapisan anti-lecet.

Produk ini dicor dengan metode gravity cast iron, sehingga permukaan kettlebell lebih halus dan tahan lama. Sementara bagian pegangannya memiliki powder finish yang dirancang khusus secara ergonomis untuk mengoptimalkan aktivitas fisik kamu.

Satu hal yang paling menonjol dari kettlebell merek Onnit ini adalah bentuk body-nya yang didesain menyerupai berbagai hewan primata, seperti gorilla, orangutan atau simpanse. Membuat tampilan kettlebell ini tidak membosankan dengan kesan garang yang siap memompa semangat kamu berolahraga.

Harga Onnit Primal Kettlebell: berkisar dari Rp 1.877.062 untuk berat 24 kg.

OlahragaTips OlahragaLatihan Otot PerutMenurunkan Berat BadanOtot DadaLatihan Otot DadaCara Membentuk Otot Perut

Kettlebell USA. https://www.kettlebellsusa.com/pages/frequently-asked-questions-kettlebellsusa
Diakses pada 4 Agustus 2021

Kettlebell Workouts. https://kettlebellsworkouts.com/why-does-kettlebell-training-work/
Diakses pada 4 Agustus 2021

WebMD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/a-z/kettlebell-workout
Diakses pada 4 Agustus 2021

Body Sclupture. https://www.bodysculpture.co.uk/the-kettlebell
Diakses pada 4 Agustus 2021

Genetix Fitness. https://www.genetixfitness.id/products/genetix-fit-competition-kettlebell-8kg
Diakses pada 4 Agustus 2021

Domyos. https://www.domyos.co.uk
Diakses pada 4 Agustus 2021

Reebok. https://www.reebok.com/us/studio-kettlebell-8kg/B08710.html
Diakses pada 4 Agustus 2021

Edge Fitness Pro. https://www.edgefitnesspro.com/product-page/elite-competition-kettlebell
Diakses pada 4 Agustus 2021

https://happyfit.co.id/product/vinyl-kettlebell-4kg-purple/
Diakses pada 4 Agustus 2021

Kettlebell Kings. https://www.kettlebellkings.com/powder-coat-kettlebell
Diakses pada 4 Agustus 2021

Onnit. https://www.onnit.com/primal-bells/
Diakses pada 4 Agustus 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter