Makan Sehat

Rekomendasi Kaldu Jamur Terbaik untuk Masakan yang Lezat dan Sehat

19 May 2021|Rhandy Verizarie
kaldu jamur terbaikKaldu jamur dianggap lebih sehat daripada kaldu pada umumnya

Dewasa ini, tingkat kepedulian masyarakat terhadap gaya hidup sehat sudah semakin meningkat. Hal ini ditunjukkan oleh banyak hal, antara lain penggunaan penyedap masakan non-MSG.

Salah satu bumbu penyedap non-MSG yang cukup digandrungi adalah kaldu jamur. Penyedap jamur diklaim mampu menciptakan aroma masakan yang tak kalah lezat seperti kaldu MSG pada umumnya, namun lebih sehat.

Nah, ada banyak pilihan kaldu jamur yang bisa kamu gunakan untuk menyedapkan masakan. Apa saja itu? Yuk, simak informasinya berikut ini!

Manfaat kaldu jamur bagi kesehatan

Sebelum membahas rekomendasi kaldu jamur terbaik, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu mengenai bumbu masakan yang satu ini.

Kaldu jamur adalah bumbu masak yang terbuat dari ekstrak ragi jamur jenis Saccharomyces cerevisiae. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penyedap rasa jamur mampu menghasilkan cita rasa makanan yang tak kalah dengan kaldu MSG.

Rasa gurih dari kaldu jamur non-MSG cukup identik dengan umami yang ditemukan pada MSG. Ekstrak ragi ini diketahui membawa sejumlah manfaat kesehatan karena kandungan nutrisi di dalamnya, seperti protein, vitamin B, dan mineral.

Beberapa manfaat kaldu jamur bagi tubuh, antara lain:

  • Meningkatkan kekebalan tubuh
  • Meningkatkan metabolisme tubuh
  • Melancarkan produksi sel darah merah
  • Mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas
  • Meminimalisir risiko penyakit kronis seperti jantung, degenerasi makula, dan kanker
  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Menambah energi tubuh

Tips memilih kaldu jamur

Saat ini sudah banyak sekali produk penyedap jamur yang beredar di pasaran. Setiap produk kaldu jamur memiliki karakteristiknya masing-masing, meskipun terbuat dari bahan dasar yang sama. Hal ini termasuk adanya bumbu-bumbu tambahan yang disertakan oleh produsennya.

Nah, berikut ini beberapa tips yang perlu kamu lakukan saat hendak membeli penyedap jamur.

1. Perhatikan komposisinya

Beberapa produk penyedap jamur mengandung bahan tambahan seperti gula dan garam. Apabila sedang mengurangi konsumsi garam, hindari kaldu jamur yang kandungan garamnya tinggi.

Begitu juga dengan gula. Jika Anda adalah penderita diabetes yang notabene harus membatasi konsumsi gula, hindari memilih penyedap rasa jamur yang mengandung banyak gula.

2. Pilih kemasan sesuai kebutuhan

Penyedap jamur tersedia dalam berbagai kemasan; ada yang kemasan botol maupun sachet. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Satu hal, pastikan kemasan kaldu dalam kondisi baik. Perhatikan kemasan dengan saksama untuk mencari tahu apakah ada kerusakan atau tidak. 

3. Pilih produk yang terpercaya

Tips memilih produk kaldu jamur lainnya yang juga tidak boleh ketinggalan, yakni memilih produk yang terpercaya dan terjamin keamanannya.

Hal ini bisa diketahui dari ada atau tidaknya label sertifikasi pada kemasan produk. Ya, pastikan Anda membeli produk penyedap jamur yang sudah memiliki izin edar dan sertifikasi dari otoritas terkait seperti BPOM.

Rekomendasi kaldu jamur terbaik

Nah, berikut ini rekomendasi kaldu jamur terbaik yang bisa kamu gunakan sebagai penyedap masakan untuk menggantikan MSG.

1

Totole Kaldu Rasa Jamur

kaldu jamur terbaik

Kaldu jamur Totole adalah penyedap rasa jamur yang cukup populer. Produk ini tersedia dalam kemasan sachet ukuran 80, 200, dan 400 gram.

Salah satu keunggulan jamur ini adalah adanya kandungan antioksidan dan antibakteri. Selain itu, Totole tidak mengandung kolesterol.

Kaldu jamur Totole dijual mulai dari harga Rp23.500.

2

Izicook Bumbu Rasa Jamur

kaldu jamur terbaik

Kaldu jamur non-MSG selanjutnya datang dari Izicook. Bumbu ini terbuat dari ekstrak jamur shiitake yang ditambah dengan rempah-rempah pilihan. Tekstur dari bumbu Izicook membuatnya mudah larut ke dalam masakan.

Izicook Bumbu Rasa Jamur mampu memberikan cita rasa masakan yang gurih, seperti halnya saat kamu menggunakan MSG. 

Izicook Bumbu Rasa Jamur tersedia dalam kemasan sachet ukuran 10 gram. Kamu bisa mendapatkannya mulai dari harga Rp24.000.

3

Nafisa Kaldu Jamur

kaldu jamur terbaik

Nafisa Kaldu Jamur terbuat dari ekstrak jamur tiram yang dikombinasikan dengan rempah-rempah asli Indonesia. 

Selain bebas MSG, penyedap jamur ini juga nihil bahan pengawet. 

Kaldu jamur nafisa tersedia dalam kemasan botol plastik ukuran 80 gram. Harganya sekitar Rp28.500

4

Royco Kaldu Rasa Jamur

kaldu jamur terbaikRoyco Kaldu Rasa Jamur (sumber foto: royco.co.id)

Produsen bumbu masak Royco juga mengeluarkan produk penyedap rasa jamur. Royco Kaldu Rasa Jamur dibuat untuk menjawab kebutuhan masyarakat masa kini yang ingin beralih ke bumbu penyedap yang lebih sehat.

Kaldu Royco rasa jamur tidak mengandung bahan pengawet dan penguat rasa. Alhasil, kamu akan merasakan cita rasa jamur alami pada masakan.

Kaldu rasa jamur dari Royco tersedia dalam kemasan 40 gram dan 170 gram. Kamu bisa mendapatkannya mulai dari harga Rp6.500

5

Kaldu jamur Serambi Botani

kaldu jamur terbaik

Kaldu rasa jamur dari Serambi Botani terbuat dari ekstrak jamur dan rempah-rempah. Jika kamu ingin merasakan masakan yang lezat dan sehat, makan kaldu ini bisa jadi salah satu pilihan yang tepat.

Metode khusus yang diterapkan dalam pembuatan penyedap ini menjadikan cita rasa jamur dan rempah-rempahnya tidak lantas berkurang. 

Kaldu dari Serambi Botani ini tersedia dalam kemasan botol plastik ukuran 80 gram. Kamu bisa mendapatkannya di harga sekitar Rp36.000.

6

Kaldu jamur bubuk Pawon Ibun

kaldu jamur terbaik

Kaldu bubuk rasa jamur Pawon Ibun terbuat dari 100 persen jamur alami dan bumbu-bumbu pilihan lainnya sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat, dan tanpa MSG.

Bubuk jamur Pawon Ibun tidak mengandung garam sehingga cocok untuk Anda yang sedang mengurangi konsumsi garam. 

Tersedia dalam kemasan botol plastik ukuran 80 gram, penyedap rasa jamur ini bisa kamu dapatkan di harga sekitar Rp42.000.

7

Kaldu pelezat jamur Lemonilo 

kaldu jamur terbaik

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan merek yang satu ini. Ya, selain memproduksi mie instan, Lemonilo ternyata juga memiliki produk kaldu pelezat rasa jamur.

Penyedap jamur milik Lemonilo tidak mengandung bahan pengawet, pewarna, ataupun perasa buatan. 

Kaldu rasa jamur dari Lemonilo tersedia dalam kemasan botol plastik berukuran 80 gram dengan harga mulai dari Rp28.000

8

Umamitake Non-MSG Shiitake Mushroom Stock

kaldu jamur terbaik

Umamitake Non-MSG Shiitake Mushroom Stock adalah penyedap rasa jamur yang diproduksi oleh Bionic Farm. Kaldu ini terbuat dari ekstrak jamur shitake sehingga menghasilkan rasa gurih seperti umami pada MSG.

Umamitake non-MSG Shiitake Mushroom Stock dijual dengan harga sekitar Rp30.000. Produk ini tersedia dalam kemasan botol plastik 80 gram.

9

Maseko Kaldu Jamur non-MSG

kaldu jamur terbaik

Maseko adalah singkatan dari “masak enak tanpa risiko”. Penyedap jamur ini adalah produk dari Lingkar Organik yang biasa memproduksi makanan-makanan organik.

Maseko kaldu rasa jamur terbuat dari jamur lokal pilihan dan tanpa disertai bahan pengawet maupun perasa buatan sehingga lebih aman dan sehat untuk dikonsumsi. 

Kaldu ini tersedia  dalam kemasan botol plastik kecil dan sachet. Harganya sekitar Rp 30.000.

10

Aidan Mushsroom Stock Powder

Aidan Mushroom Stock Powder adalah kaldu jamur yang terbuat dari jamur pilihan dan diolah tanpa menggunakan bahan pengawet yang berbahaya bagi tubuh.

Selain itu, bumbu ini tidak mengandung gula dan garam. Kendati demikian, cita rasa yang dihasilkan tetap gurih, kok. 

Kamu bisa mendapatkan kaldu rasa jamur yang satu ini seharga Rp39.000 untuk kemasan botol plastik ukuran 50 gram.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Makanan SehatNutrisiZat Gizi

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/nutritional-yeast#TOC_TITLE_HDR_8 Diakses pada 5 Mei 2021

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/323245#benefits Diakses pada 5 Mei 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter