Lifestyle

7 Rekomendasi Humidifier Terbaik untuk Ruangan

26 May 2021|Nina Hertiwi Putri
Humidifier terbaik ada banyak merek, antara lain Boneco, Sharp, dan CraneHumidifier terbaik adalah yang mudah dibersihkan dan bisa diatur tingkat kelembapan

Humidifier adalah alat untuk menambah kelembapan (humidity) ruangan. Alat ini biasanya berguna untuk mencegah iritasi, kulit kering, mimisan, hidung tersumbat, hingga tenggorokan kering. Ada beberapa jenis humidifier terbaik yang bisa kamu pilih.

Meski manfaatnya beragam, penggunaan humidifier secara berlebihan atau dengan cara yang salah, justru bisa memicu gangguan kesehatan. Oleh karena itu, sebelum memilih, pastikan kamu mengetahui terlebih dahulu cara menggunakan humidifier yang benar.

Cara menggunakan humidifier yang benar

Sebelum memasang humidifier, perhatikan beberapa hal berikut ini.

• Atur kelembapan dengan baik

Jangan buat ruangan terlalu lembap. Soalnya kalau kelewat lembap, bakteri dan lumut justru cepat tumbuh. Ini akan membuat risiko munculnya penyakit seperti asma dan alergi meningkat.

Untuk mencegah ruangan menjadi terlalu lembap, pastikan kamu sesekali membuka pintu atau jendela agar aliran udara di dalam ruangan bisa berlangsung dengan baik.

• Isi humidifier dengan air mineral

Air yang diisikan ke humidifier akan disemprotkan kembali ke udara. Jadi, pastikan kamu menggunakan air yang bersih dan steril, seperti air mineral dibandingkan dengan air mentah.

Dengan begitu, risiko adanya partikel berbahaya yang ikut menyebar di udara akan berkurang.

• Jaga kebersihan alat dengan baik

Setelah selesai menggunkan humidifier, bersihkan alat ini dengan baik. Ganti air dan filter secara berkala. Sebab, jika terus-menerus dibiarkan, air yang ada di dalam alat bisa mengandung bakteri, jamur, maupun partikel berbahaya lain yang dapat memicu penyakit.

Setelah humidifier dibersihkan, pastikan alat tersebut sudah benar-benar kering sebelum menggunakannya kembali.

• Pilih humidifier yang khusus untuk anak

Tidak semua humidifier memiliki fitur yang sama, sehingga kalau kamu memutuskan untuk memasangnya di kamar anak, pastikan pilih jenis yang sesuai.

Jenis humidifier yang memanaskan air dan menyemprotkan kehangatan di udara sebaiknya tidak digunakan di kamar anak. Soalnya, suhu hangat berisiko menimbulkan kerusakan di kulit bayi yang masih sensitif.

Sebaliknya, jika yang digunakan adalah humidifier yang mengeluarkan udara dingin, pastikan kamu rutin membersihkannya sebab air yang ada di dalam alat lebih berisiko terkontaminasi.

Rekomendasi humidifier terbaik

Nah, setelah mengetahui cara menggunakan humidifier yang baik, kamu bisa mulai memilih jenis yang paling cocok untuk dibeli. Berikut ini beberapa rekomendasinya.

1

Belli To Baby Humidifier WFL 02

Merek humidifier terbaik adalah Belli To Baby Humidifier WFL 02Belli To Baby Humidifier WFL 02 aman untuk kamar bayiCek Sekarang

Humidifier dari Belli to Baby adalah jenis yang mengeluarkan percikan air dingin untuk membuat udara di sekitar lebih lembap. Dilengkapi dengan fitur hemat listrik dan ramah lingkungan, humidifier ini cocok untuk digunakan di kamar bayi dan anak.

Belli To Baby Humidifier juga sekaligus bisa menstabilkan kelembapan di udara dan mengurangi polusi akibat asap rokok dan udara yang kotor, sehingga cocok untuk orang yang punya alergi.

Harga: Rp1.750.000

2

Belli To Baby Humidifier WF 208

Merek humidifier terbaik adalah Belli To Baby Humidifier WF 208Belli To Baby Humidifier WF 208 bisa menyaring udara dari polusiCek Sekarang

Dengan bentuk yang menarik, humidifier Belli To Baby jenis ini tidak hanya bisa dijadikan sebagai pelembap tapi juga sekaligus hiasan yang mempercantik ruangan.

Selain dengan air, kamu juga bisa mengisi humidifier ini dengan campuran essential oils yang sesuai dengan kebutuhan sehingga bisa memberikan manfaat ekstra selain menyaring udara dari polusi.

Harga: Rp1.100.000

3

Boneco Ultrasonic Humidifer S250

Merek humidifier terbaik adalah Boneco Ultrasonic Humidifer S250Boneco Ultrasonic Humidifer S250 memiliki fitur otomatis (sumber foto: boneco.com)

Boneco Ultrasonic Humidifier S250 ideal untuk digunakan sebagai pelembap ruangan keluarga karena mampu menyemprotkan embun higienis ke udara, sehingga aman untuk anak-anak.

Humidifier ini juga dilengkapi dengan fitur otomatis yang akan mengatur tingkat kelembapan sesuai dengan yang kamu inginkan. Ini bisa mencegah ruangan menjadi terlalu lembap, sehingga risiko munculnya gangguan kesehatan bisa berkurang.

Kamu juga bisa menteskan essential oils, sehingga udara tidak hanya lembap, tapi juga harum dan memberikan efek menenangkan.

Harga: mulai dari Rp2.900.000

4

Crane Personal Humidifier

Merek humidifier terbaik adalah Crane Personal HumidifierCrane Personal Humidifier bisa digunakan hingga 8 jam (sumber foto: crane-usa.com)

Humidifier personal dari Crane cocok untuk digunakan di ruangan kecil atau di meja kerja dan bisa berperan sekaligus sebagai diffuser untuk aroma terapi. Alat ini cocok untuk kamu yang sering berada di ruangan ber-AC dan memiliki kulit yang kering, bibir pecah-pecah, sering mimisan, dan mengalami tenggorokan gatal karena kering.

Humdifier ini bisa memberikan kelembapan hingga delapan jam lamanya, sehingga cocok dinyalakan sepanjang malam dan membuat tidur menjadi lebih nyaman dan nyenyak.

Harga: mulai dari Rp 500.000

5

Duux Tag White Humidifier

Merek humidifier terbaik adalah Duux Tag White HumidifierDuux Tag White Humidifier tidak mengeluarkan suara sehingga nyaman dipakai malam hari (sumber foto: duux.com)

Menggunakan Duux Tag White Humidifier bisa membantu meningkatkan kelembapan pada kadar yang tepat sehingga mata perih, sakit kepala, atau rasa lelah bisa berkurang.

Humidifier ini dilengkapi dengan teknologi khusus yang membuatnya senyap saat bekerja, sehingga tidak akan mengganggu fokus saat berkegiatan maupun saat tidur.

Karena embun yang dikeluarkan adalah embun dingin, Duux Tag White Humidifier aman digunakan meski di rumah ada anak-anak dan binatang peliharaan.

Harga: mulai dari Rp 1.750.000

6

Dr. Brown's Ultrasonic Cool Mist Humidifier

Merek humidifier terbaik adalah Dr. Brown Ultrasonic Cool Mist HumidifierDr. Brown's Ultrasonic Cool Mist Humidifier cocok untuk bayi (sumber foto: drbrowns.id)

Dr. Brown Ultrasonic Cool Mist Humidifier cocok digunakan di kamar bayi, terutama yang memiliki pendingin ruangan. AC bisa membuat kulit bayi kering dan mudah terserang batuk dan pilek akibat udara yang terlalu kering.

Jadi dengan menjaga ruangan tetap lembap di kadar tertentu, kamu bisa membantu mencegah gangguan tersebut.

Humidifier ini tidak menghasilkan suara yang besar, sehingga tidak akan mengganggu tidur bayi. Dilengkapi denga fitur otomatis, alat ini akan mati dengan sendirinya ketika kadar kelembapan yang diinginkan sudah tercapai.

Harga: mulai dari Rp990.000

7

Sharp Air Purifier With Humidifying Function

Merek humidifier terbaik adalah Sharp Air Purifier With Humidifying FunctionSharp Air Purifier With Humidifying Function bisa membersihkan sekaligus melembapkan udara (sumber foto: id.sharp)

Air purifier yang juga memiliki fungsi melembapkan dari Sharp ini mampu membersihkan udara sekaligus menjaga kelembapannya. Jadi, kamu bisa menghirup udara yang ideal dan mengurangi risiko sakit karena udara kotor atau kering.

Alat ini memiliki sistem otomatis yang akan menjaga kelembapan tetap berada di angka yang ideal yaitu 60%, sehingga bisa menekan pertumbuhan bakteri, jamur, dan hal berbahaya lain.

Harga: mulai dari Rp2.550.000

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Saluran PernapasanOksigenPolusi Udara

Dr Browns. http://drbrowns.id/ultrasonic-cool-mist-humidifier/
Diakses pada 26 Mei 2021

Duux. https://duux.com/en/product/tag-humidifier-white/
Diakses pada 26 Mei 2021

Crane. https://crane-usa.com/product/white-personal-humidifier-diffuser/
Diakses pada 26 Mei 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter