Lifestyle

10 Rekomendasi Hand sanitizer yang Aman dan Efektif Membasmi Kuman

24 Feb 2021|Nurul Rafiqua
10 rekomendasi Hand sanitizer yang aman beserta mereknyaHand sanitizer yang bagus harus mengandung alkohol dengan kadar 60% ke atas.

Semenjak pandemi Covid-19 merebak, hand sanitizer sudah menjadi barang esensial yang wajib ada. Namun, seperti apakah hand sanitizer yang bagus untuk dipilih? Merek antiseptik mana yang direkomendasikan? Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

Cara memilih hand sanitizer yang bagus

Tidak semua antiseptik tangan diciptakan sama. Ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan sebelum memilihnya, antara lain:

  • Kandungan dan kadar alkohol

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) menyarankan untuk memilih pembersih tangan yang mengandung alkohol, setidaknya dengan kadar 60%.

Konsentrasi alkohol yang berkisar antara 60-95% terbukti lebih efektif dalam membunuh kuman dibandingkan yang memiliki konsentrasi lebih rendah atau hand sanitizer berbasis non-alkohol. 

Meski begitu, terdapat sejumlah penelitian terbaru yang mengemukakan bahwa hand sanitizer antimikroba bebas alkohol juga dapat bekerja efektif dalam menangkis bakteri dan virus corona.

  • Jenis alkohol

Jenis alkohol yang direkomendasikan oleh CDC adalah etanol, etil alkohol, isopropanol, atau 2-propanol. Hindari produk antiseptik yang mengandung alkohol berjenis methanol karena bersifat toksik (beracun) jika terserap melalui kulit atau tidak sengaja tertelan.

  • Keamanan

Pastikan hand sanitizer yang kamu pilih sudah terdaftar di BPOM untuk menjamin keamanan produk tersebut. Beberapa produk hand sanitizer mungkin belum mencantumkan tanggal kedaluwarsa. Meski demikian, perhatikan tanggal produksi di kemasannya, ya! Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) menyarankan penggunaan hand sanitizer tidak lebih dari 3 tahun setelah tanggal produksi.

Nah, setelah mengetahui kriteria antiseptik tangan yang bagus, yuk, cari tahu merek hand sanitizer yang bisa dipilih!

 

1

VITAFLOW Multi Purpose Sanitizer

Rekomendasi hand sanitizer: VITAFLOW Multi Purpose SanitizerVITAFLOW Multi Purpose Sanitizer 100 mlCek Sekarang

Vitaflow Multi Purpose Sanitizer merupakan sanitizer multifungsi berbasis air (non alkohol) yang efektif membunuh bakteri dan virus. Vitaflow memiliki kandungan Hypochlorous acid (HOCl) yang terbukti berperan sebagai komponen yang bekerja untuk melawan bakteri.

Jika kamu sedang hamil atau memiliki bayi, Vitaflow sangat cocok jadi pilihan. Produk ini aman untuk digunakan berbagai kalangan karena terbuat dari bahan natural, bebas pengawet dan tidak mengandung pewangi yang dapat memicu iritasi atau alergi.

Produk hand sanitizer Vitaflow merupakan jenis antiseptik yang tidak perlu dibilas dengan air. Sayangnya, kemasan Vitaflow ini berbentuk pump, padahal untuk teksturnya yang cair lebih cocok menggunakan botol spray.

Hal yang paling SehatQ suka dari Vitaflow MultiPurpose Sanitizer ini adalah kegunaannya yang multifungsi. Produk ini bisa digunakan pada area lain selain tangan, misalnya pada tissue kering, mainan, alat makan, furnitur, dudukan toilet dan berbagai gadget.

Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan harga Rp83.520 dalam kemasan 100 mL.

2

Softies Hand Sanitizer 60 mL

Rekomendasi hand sanitizer: Softies Hand sanitizer 60 mLSofties Hand sanitizer 60 mLCek Sekarang

Softies Hand sanitizer adalah pembersih tangan berbentuk gel, dibuat dengan formula anti bacterial dengan kadar kandungan alkohol 70% yang efektif membasmi kuman hingga 99.9%. Produk ini memiliki wangi yang lembut, sehingga ketika kita memakainya, bau alkohol hanya samar tercium. Selain itu, tekstur gelnya tidak akan membuat tangan lengket dan mudah kering ketika diaplikasikan. Akan tetapi beberapa orang mungkin dapat merasakan tangan yang kering setelah penggunaan produk ini, mungkin karena tidak ada pelembab di dalamnya.

Softies Hand sanitizer bisa kamu dapatkan dengan harga Rp11.500 untuk kemasan 60 ml.

3

Handy Clean Liquid Hand Sanitizer

Rekomendasi hand sanitizer: Handy Clean Liquid Hand sanitizerHandy Clean Liquid Hand sanitizerCek Sekarang

Sebelum merek baru bermunculan, Handy Clean yang diproduksi PT.Kalbe ini sudah menjadi merk antiseptik yang akrab digunakan oleh masyarakat. Formulanya yang mengandung alkohol 70% dan chlorhexidine digluconate (CHG) mampu membunuh kuman secara cepat tanpa air dan sabun.

Teksturnya tidak lengkat di tangan dan tidak membuat tangan kering, berkat kandungan Aloe Vera dan vitamin E. Selain lembut di tangan, produk ini juga memiliki aroma lavender yang menyegarkan.

Handy Clean Liquid Hand sanitizer juga tersedia dalam kemasan dengan volume besar dari 500 mL hingga 1 L, cocok untuk kamu gunakan sehari-hari di rumah atau kantor.

Produk ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp72.250 dalam kemasan 500 mL.

4

Mineral Botanica Hand Gel Sanitizer

Rekomendasi hand sanitizer: Mineral Botanica Hand Gel SanitizerMineral Botanica Hand Gel SanitizerCek Sekarang

Hand sanitizer merek mineral botanica ini merupakan antiseptik berbentuk gel, serta mengandung alkohol 70% yang berguna untuk membunuh dan menghambat pertumbuhan mikroorganisme.

Mineral Botanica Hand Gel Sanitizer telah dilengkapi aloe vera dan olive oil. Jadi selain bisa mencegah iritasi akibat pemakaian alkohol, hand sanitizer ini dapat melembabkan kulit kamu.

Satu hal yang paling menonjol dari produk ini adalah kemasannya yang menarik. Sanitizer dari Mineral Botanica ini dikemas dalam kemasan tube yang simple tapi tetap stylish dan juga handy, serta mudah dibawa bepergian.

Mineral Botanica Hand Gel Sanitizer dapat kamu beli dengan harga Rp28.000

5

Biore Guard Hand Sanitizer Spray Antiseptik Ganda

Rekomendasi hand sanitizer: Biore Guard Hand sanitizer Spray Antiseptik GandaBiore Guard Hand sanitizer Spray Antiseptik GandaCek Sekarang

Pembersih tangan dari Biore ini dinamakan Biore Guard Hand sanitizer Spray Antiseptik Ganda bukan tanpa alasan, karena produk ini mengandung Double Antiseptic Agent berupa alkohol dan benzalconium chloride.

SehatQ sih paling suka dengan semprotan yang dihasilkan dari kemasan produk ini, benar-benar halus dan sekali pencet saja sudah bisa diaplikasikan ke banyak area. Ketika disemprotkan ke tangan, rasanya tidak lengket dan mudah kering.

Sesuai klaimnya, Biore hand sanitizer ini memang dibuat dengan teknologi mist spray dari Jepang. Kemasannya juga mudah diarahkan dan dilengkapi dengan knop pengaman sehingga aman digunakan seluruh anggota keluarga termasuk anak-anak.

Kamu bisa mendapatkan Biore Guard Hand sanitizer Spray Antiseptik Ganda di harga Rp62.352

6

OH MY ORANGE Hand Sanitizer Spray

Rekomendasi hand sanitizer: OH MY ORANGE Hand sanitizer SprayOH MY ORANGE Hand sanitizer SprayCek Sekarang

OH MY ORANGE adalah hang sanitizer berbentuk spray dengan aroma jeruk alami yang sangat menyegarkan. Kandungan alkohol 70% di dalamnya dapat melindungi penggunanya dari diri kuman penyebab penyakit. Produk ini mengandung ekstrak minyak jeruk alami yang tidak berminyak, tapi tetap dapat melembapkan kulit.

OH MY ORANGE Hand sanitizer Spray dapat kamu beli dengan harga Rp44.000

7

BETADINE Hand Sanitizer Manuka Honey

Rekomendasi hand sanitizer: BETADINE Hand sanitizer Manuka HoneyBETADINE Hand sanitizer Manuka Honey (sumber: my.betadine.com)Cek Sekarang

Betadine memang merek yang terkenal dengan antiseptiknya. Saat ini, Betadine juga mengeluarkan hand sanitizer dengan aroma unik dari madu manuka. Produk ini diklaim bebas dari bahan kimia yang tidak diinginkan seperti Sodium Lauryl Sulfate, Triclosan atau Parabens. Hand sanitizer keluaran Betadine ini juga telah teruji secara dermatologis dapat menghilangkan kuman dan infeksi.

Formulanya juga ramah bagi kulit karena dapat menjaga keseimbangan pH dan mempertahankan kelembapan di dalam kulit. Teksturnya tidak lengket dan sangat mudah meresap.

Produk ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp22.000

8

JF Derma Protect Hand Sanitizer Gel

Rekomendasi hand sanitizer: JF Derma Protect Hand sanitizer GelJF Derma Protect Hand sanitizer GelCek Sekarang

JF Derma Protect Hand sanitizer Gel diformulasikan khusus oleh dermatologist, dan mampu memberikan perlindungan setiap saat dari kuman maupun bakteri tanpa harus dibilas. Kandungan alkohol dalam produk ini mencapai kadar 96%. Walau memiliki kadar alkohol yang tinggi, produk ini juga mengandung ekstra pelembap alami sehingga tidak akan menyebabkan kulit kering. Tesktur gelnya terasa lembut, tidak lengket, dan cepat kering.

Kamu bisa membeli JF Derma Protect Hand sanitizer Gel dengan harga Rp14.200

9

Pure Kids Antiseptic Hand Sanitizer

Rekomendasi hand sanitizer: Pure Kids Antiseptic Hand sanitizerPure Kids Antiseptic Hand sanitizerCek Sekarang

Pure Kids Pure Kids Antiseptic adalah hand sanitizer untuk anak-anak, dengan pilihan aroma stroberi dan lemon yang menyegarkan. Kandungan alkohol dengan kadar 83.33% membuat produk ini efektif membasmi bakteri dan virus.

Tak perlu khawatir tangan anak akan kering, karena Pure Kids Antiseptik juga mengandung aloe vera yang dapat melembabkan kulit.

Pure Kids Antiseptic Hand sanitizer dapat kamu beli dengan harga Rp9.902

10

Klarens Hand Sanitizer Calming Musk

Rekomendasi hand sanitizer: Klarens Hand sanitizer Calming MuskKlarens Hand sanitizer Calming MuskCek Sekarang

Klarens Hand sanitizer Spray adalah pembersih kulit yang mengandung alkohol 70%, efektif dalam membersihkan tangan dari kuman dan bakteri. Di samping itu, antiseptik ini juga dilengkapi dengan vitamin E dan castor oil untuk melembapkan kulit. Ketika disemprotkan rasanya tidak lengket dan aroma calming musk-nya bikin tenang dan tahan lama terciumnya.

Kamu bisa membeli Klarens Hand sanitizer Calming Musk dengan harga Rp24.321

AlkoholAntiseptikCuci Tangan

NCBI. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7315945/#bib52
Diakses pada 23 Februari 2021

CDC. https://www.cdc.gov/coronavirus/2019-ncov/prevent-getting-sick/hand-sanitizer.html#:~:text=Choose%20hand%20sanitizers%20with%20at,%2C%20or%202%2Dpropanol).
Diakses pada 23 Februari 2021

Kementrian Kesehatan RI. http://www.pusat3.litbang.kemkes.go.id/news-349-apa-yang-harus--ketahui-terkait-hand-sanitizers-.html
Diakses pada 23 Februari 2021

NCBI. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/9706236/
Diakses pada 23 Februari 2021

Sciencedirect. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0195670120305478
Diakses pada 23 Februari 2021

FDA. https://www.fda.gov/drugs/information-drug-class/qa-consumers-hand-sanitizers-and-covid-19
Diakses pada 23 Februari 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email