Beauty & Skincare

Rekomendasi Hand cream untuk Kulit Tangan yang Lembut dan Sehat

14 Apr 2021|Nurul Rafiqua
Hand cream atau pelembap tangan dibutuhkan secara khusus dalam perawatan kulit tanganSturktur kulit tangan berbeda dengan kulit di bagian tubuh lain

Hand cream atau pelembap tangan dibutuhkan secara khusus dalam perawatan kulit tangan. Sebab, kulit tangan memiliki struktur dan ketebalan yang berbeda dari kulit di bagian tubuh lainnya. 

Bahkan kulit di punggung tangan sangat berbeda dibanding kulit yang ada di telapak tangan. Kulit di atas tangan jauh lebih tipis dan memiliki lebih sedikit kelenjar sebaceous (kelenjar minyak). Hal ini menjadikan kulit bisa cepat kering.

Belum lagi, tak seperti bagian tubuh lain, tangan kita sepertinya paling sering digunakan. Paparan air, bahan kimia dan perubahan suhu udara adalah penyebab utama kulit tangan mudah rusak. Apalagi di masa pandemi seperti ini, kita harus sering-sering mencuci tangan baik dengan sabun maupun hand sanitizer yang mengandung alkohol.

Oleh karena itu, hand cream yang diformulasikan khusus sesuai kebutuhan kulit tangan sangat diperlukan demi menjaga tangan agar tetap sehat, tidak kering dan bebas keriput.

Umumnya krim tangan memiliki tekstur yang lebih ringan dari pelembap untuk bagian tubuh lain karena kulit tangan jauh lebih tipis dan halus. Selain itu, kandungan pada hand cream biasanya diperkaya dengan berbagai nutrisi dan zat pelindung yang baik bagi kulit tangan.

Rekomendasi hand cream yang bagus

Saat memilih pelembap tangan yang bagus bagi kulit, perhatikan kandungan hand cream dengan bahan-bahan yang memiliki manfaat berikut ini:

  • Bahan-bahan untuk melembapkan kulit tangan: petroleum jelly (sering disebut sebagai petrolatum), ceramides, dan dimethicone.
  • Bahan penghidrasi: Bahan yang disebut humektan berfungsi untuk menarik air ke dalam kulit. Contoh humektan adalah gliserin, asam hialuronat, atau urea.
  • Menambahkan kelembapan: Emolien seperti lanolin, petroleum, squalane, dan ekstrak tumbuhan serta minyak tertentu seperti cocoa dan shea butters akan meningkatkan kelembapan ekstra dan membuat lapisan pelindung pada kulit.
  • Menenangkan kulit: Lidah buaya, kedelai, dan oatmeal efektif untuk menenangkan kulit yang sensitif atau teriritasi.

Nah, setelah mengetahui fungsi dan kriteria hand cream yang bagus, apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Berikut ini rekomendasi hand cream yang bisa kamu coba, berdasarkan rangkuman SehatQ.

1

Oriflame Nourishing Hand cream with Coconut Oil

Rekomendasi Hand cream: Oriflame Nourishing Hand cream with Coconut OilOriflame Nourishing Hand cream with Coconut Oil (Sumber: oriflame.com)

Sesuai namanya, Nourishing Hand cream dari Oriflame ini adalah pelembab tangan yang juga berfungsi menutrisi kulit tangan. Hand cream ini dilengkapi dengan kandungan coconut oil yang kaya akan asam lemak esensial dan vitamin untuk mengunci kelembapan pada kulit.

Saat digunakan, hand cream Oriflame ini memiliki tekstur yang creamy namun tidak lengket. Wanginya khas aroma kelapa, tercium soft dan tidak begitu menyengat. Daya serapnya terbilang biasa saja, tidak terlalu cepat menyerap ataupun terlalu lama.

Tidak hanya di telapak dan punggung tangan, hand cream ini juga dapat digunakan di jemari hingga siku. Aplikasikan dengan pijatan ringan untuk penyerapan yang lebih baik. Setelah pemakaian, tangan memang terasa halus dan lembap.

Selain harga yang murah, hal lain yang paling SehatQ sukai yaitu, saat sudah menempel di tangan, krim tangan ini tidak mudah menjadi licin jika terkena air.

Di samping itu kemasannya cukup kokoh dengan tube yang tebal. Meski ukurannya lebih besar jika dibandingkan kemasan hand cream lain, kemasan hand cream ini menampung isi yang banyak, jadi sekali beli bisa awet sampai berbulan-bulan lho.

Harga produk: Rp39.900

2

L'Occitane Almond Delicious Hands

Rekomendasi Hand cream: L'Occitane Almond Delicious HandsL'Occitane Almond Delicious Hands (Sumber: loccitane.com)

Hand cream merek L'Occitane ini diperkaya dengan susu dan minyak almond yang dapat menutrisi dan melembutkan tangan. Selain itu, hand cream ini juga dapat membantu menghaluskan tekstur kulit.

Formula dari cream ini sangat lembut, hampir mirip seperti losion ketika disentuh, mengingatkan kita dengan tekstur kain sutra. Ketika diaplikasikan ke kulit, krimnya sangat cepat menyerap dan tidak greasy. Jika tangan terkena air, rasanya juga tidak terlalu licin namun setelahnya memang perlu reapply lagi.

Aroma yang dihadirkan dari hand cream ini adalah campuran dari wangi manis antara almond, vanilla dan sedikit musky. Meski wanginya cukup tercium, tapi tidak akan bertabrakan jika kita memakai parfum atau wewangian lainnya.

Kemasannya yang berbentuk tube kecil dari alumunium halus terasa sangat handy sehingga cocok untuk dibawa bepergian. Tersedia dalam tiga ukuran, yakni 10 ml, 30 ml dan 75 ml.

Satu kekurangannya dari hand cream ini adalah harganya yang cukup mahal dibanding hand cream lainnya. Namun tetap terasa worth it karena kita cukup memakai sedikit saja dari hand cream ini. Daya melembapkan yang dimiliki hand cream ini pasalnya terbilang sangat tinggi. Oleh sebab itu juga, hand cream ini cocok untuk digunakan bagi pemiliki kulit normal hingga kering.

Harga produk: mulai dari Rp170.000 untuk kemasan 30 ml.

3

Cocona Care Hand cream Frangipani

Rekomendasi Hand cream: Cocona Care Hand cream FrangipaniCocona Care Hand cream Frangipani (Sumber: coconacare.com )

Hand cream Frangipani adalah hand cream merek lokal dari brand Cocona Care. Hand cream ini mengandung virgin coconut oil dan ekstrak kamboja yang dapat membantu menutrisi dan menjaga kulit tangan tetap lembab bebas dari rasa kering.

Ketika digunakan, teksturnya cukup creamy dan aroma bunga kambojanya terasa kalem dan menyegarkan. Wanginya serasa membuat kita sedang spa di salon!

Kelebihan dari produk ini adalah formulanya dibuat sealami mungkin dengan tidak mencampurkan paraben, mineral oil, silikon ataupun pewarna buatan. Oleh karena itu, produk ini sangat cocok untuk digunakan pemiliki kulit sensitif.

Harga produk: Rp65.000

4

The Body Shop Shea Hand cream

Rekomendasi Hand cream: The Body Shop Shea Hand creamThe Body Shop Shea Hand cream (Sumber: thebodyshop.co.id)

Produk hand cream dari The Body Shop ini memiliki bahan utama shea butter yang berperan sebagai pelembap. Shea butter yang ada di produk ini adalah lemak alami yang diekstrak dari kacang pohon shea yang tumbuh di Ghana.

Hand cream Body Shop ini sangat cocok digunakan untuk semua jenis kulit. Di samping itu, pelembap ini juga dapat membantu mengurangi munculnya keriput pada tangan akibat penuaan. Sebab, kandungan shea butter di dalam produk ini dapat meningkatkan produksi kolagen dan mendorong pembentukan sel baru.

Produk ini bertekstur gel ringan dengan aroma nutty yang manis namun menyegarkan. Aroma yang dihasilkan memang terasa cukup kuat di awal, tapi akan memudar setelah beberapa saat.

Ukuran kemasannya yang kecil membuat hand cream ini traveling friendly. Meski kecil, produk ini cukup awet digunakan karena cukup pakai seukuran biji jagung saja, efek melembapkannya dapat bertahan selama beberapa jam.

Harga produk: Rp89.000

5

Vaseline® Hand cream + Anti Bac 2 In 1

Rekomendasi Hand cream: Vaseline® Hand cream + Anti Bac 2 In 1Vaseline® Hand cream + Anti Bac 2 In 1 (Sumber: Vaseline.com )

Jika kita biasanya mengandalkan pelembab tangan untuk melindungi kulit dari kekeringan akibat penggunaan antiseptik, Vaseline menggabungkan keduanya ke dalam satu produk. Jenis hand cream ini adalah kombinasi dari krim pelembap tangan dan antiseptik yang tidak hanya melembapkan tapi juga memberikan perlindungan 99,99% dari kuman.

Formulasi khususnya membuat tekstur dari krim ini terasa ringan dan cepat menyerap. Cuma memang sih, sensasi yang dirasakan sesudah memakainya di tangan agak terasa watery. Setelah beberapa saat, efek yang dihasilkan adalah kesan matte alih-alih creamy layaknya hand cream lainnya.

Kandungan gliserin dalam hand cream ini memberikan moisture yang pas untuk kulit kering. Selain itu, hand cream ini juga mengandung asam laktat yang memiliki sifat keratolitik. Zat ini berperan untuk melembapkan kulit dengan cara melembutkan atau melarutkan zat tanduk (keratin) yang melapisi bagian atas kulit. Jadi tidak perlu diragukan lagi khasiatnya sebagai pelembap tangan.

Kelebihan lainnya dari produk ini yaitu, dapat memberikan perlindungan terhadap kuman. Meski begitu, hand cream ini tidak bisa menjadi pengganti hand sanitizer ya. Sebab, produk ini tidak mengandung alkohol dengan kadar yang cukup jika dibandingkan produk antiseptik khusus.

Harga produk: Mulai dari Rp19.000

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Kulit Dan KecantikanProduk KecantikanCuci Tangan

Verywellhealth. https://www.verywellhealth.com/the-best-moisturizing-ingredients-for-dry-chapped-hands-2223305
Diakses pada 12 April 2021

Prevention https://www.prevention.com/beauty/skin-care/g24792635/best-hand-creams/
Diakses pada 12 April 2021

Loccitane. https://www.loccitane.com/en-us/almond-delicious-hands--29MA030A17.html
Diakses pada 12 April 2021

Oriflame. https://id.oriflame.com/products/product?code=35846
Diakses pada 12 April 2021

The Body Shop. https://www.thebodyshop.co.id/reno-shea-hand-cream-30ml-525.html\
Diakses pada 12 April 2021

Cocona Care. https://coconacare.com/products/hand-cream-frangipani
Diakses pada 12 April 2021

Vaseline. https://www.vaseline.com/id/id/products/lotions-and-moisturizers/vaseline--hand-cream---anti-bac-2-in-1.html
Diakses pada 12 April 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter