Gym & Sport

Rekomendasi Grip Raket Badminton Terbaik untuk Permainan Maksimal

15 Aug 2021|Rhandy Verizarie

Dalam olahraga bulutangkis, ada sejumlah komponen yang mungkin kamu butuhkan untuk menunjang permainan di atas lapangan, salah satunya grip raket. Ya, grip bulutangkis memiliki fungsi yang cukup penting untuk membuat genggaman kamu terhadap raket tetap stabil.

Simak rekomendasi grip raket badminton terbaik berikut ini, yuk!

Jenis-jenis grip raket badminton

Sebelum membeli grip bulutangkis, kamu perlu menyesuaikan jenis grip dengan karakter permainan. Secara umum, ada 3 (tiga) jenis grip yang bisa kamu pasang di raket, yaitu:

1. Overgrip

Pada dasarnya, setiap raket badminton sudah dilengkapi dengan grip. Namun, tidak semua pemain cocok dengan grip tersebut. 

Nah, di sinilah fungsi dari grip jenis overgrip. Dengan grip ini, kamu bisa menentukan tingkat ketebalan yang diinginkan. Biasanya, pemain dengan karakter permainan powerful yang mengandalkan overgrip. 

2. Replacement grip 

Replacement grip adalah jenis grip bulutangkis dengan tingkat ketebalan yang masih di bawah overgrip. Grip ini biasanya menggunakan bahan polyurethane. 

 Bahan tersebut diklaim membuat pegangan jadi terasa nyaman. 

3. Towel grip

Towel grip atau grip handuk juga merupakan grip yang cocok bagi pemain dengan karakter powerful

Grip ini terbuat dari bahan katun yang dapat menyerap keringat dengan baik. Namun, towel grip biasanya akan membuat raket jadi terasa lebih berat. 

Rekomendasi grip raket badminton terbaik

Ada banyak merek grip badminton yang beredar di pasaran. Masing-masing produk memiliki keunggulannya masing-masing yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Berikut ini beberapa rekomendasi grip raket terbaik yang bisa kamu pilih untuk menunjang permainan, baik saat latihan maupun bertanding:

1

Wilson Pro Overgrip

grip raket wilsonGrip raket Wilson juga bisa digunakan untuk raket badminton (Sumber gambar: Wilson)

Kamu mungkin lebih mengenal Wilson sebagai brand perlengkapan olahraga tenis. Faktanya, Wilson juga mengeluarkan produk untuk olahraga bulutangkis, salah satunya grip.

Wilson Pro Overgrip sedikit lebih tipis ketimbang grip asli raket badminton pada umumnya. Namun, grip ini tetap terasa nyaman dan mantap saat digenggam.


Harga grip raket Wilson Pro Overgrip: mulai dari Rp99.000

2

Head Super Comp Overgrip

grip raket head super compSelain di raket tenis, grip ini juga bisa untuk raket bulu tangkis (Sumber gambar: Amazon)

Sama seperti Wilson Pro, Head Super Comp Overgrip juga umumnya dipasang pada raket tenis. Namun, grip ini juga bisa dipasang pada raket badminton kamu.

Head Super Comp Overgrip dibuat untuk memenuhi kebutuhan pemain tingkat profesional sehingga tingkat kenyamanan dan kestabilannya sangat baik. Akan tetapi, kamu yang masih pemula juga bisa menggunakannya, kok!


Harga grip raket Head Super Comp Overgrip: mulai dari Rp79.000

3

Yonex Super Grap AC102-EX

grip raket Yonex super grapYonex Super Grap tersedia dalam berbagai pilihan warna (Sumber gambar: Yonex)

Siapa yang tak kenal merek Yonex dalam dunia bulutangkis? Tak heran jika seluruh perlengkapan badminton dimilikinya, tak terkecuali grip.

Yonex Super Grap AC102-EX adalah grip badminton yang terbuat dari bahan polyurethane. Ketebalan grip raket karet Yonex ini 0,6 mm yang artinya tidak terlalu tebal maupun tipis.

Grip ini cocok untuk kamu yang memiliki karakter permainan powerful karena mampu memberikan kestabilan genggaman.


Harga Yonex Super Grap AC102-EX: mulai dari Rp142.000

4

Yonex Wet Supergrip

grip raket merek yonexGrip raket Yonex Supergrip mampu menyerap keringat dengan baik (Sumber gambar: Yonex)

Buat kamu yang tangannya mudah berkeringat, Yonex Wet Supergrip mungkin bisa menjadi solusi untuk menjaga kestabilan saat menggenggam raket badminton

Pasalnya, grip ini terbuat dari bahan polyurethane yang dapat menyerap keringat cukup baik sehingga tidak mudah licin.


Harga Yonex Wet Supergrip: mulai dari Rp185.000

5

Yonex AC402-EX

Yonex AC402-EXGrip raket Yonex AC402 berbahan handuk (Sumber gambar: Yonex)

Nah, grip Yonex yang satu ini merupakan jenis towel sehingga juga cocok untuk kamu yang tangannya mudah sekali berkeringat. 

Selain itu, bahan handuk yang digunakan membuat grip badminton ini terasa empuk dan nyaman saat digenggam.

Harga Yonex AC402-EX cukup bervariasi tergantung kamu membeli yang gulungan atau sesuai kebutuhan. Jika membeli per kebutuhan, harganya dijual mulai dari kisaran Rp30.000.

Sementara itu, jika kamu mau membeli satu gulung sekaligus harganya mulai dari Rp200.000-an untuk grip sepanjang 1 meter.

6

Victor GR334

grip raket victorGrip raket Victor berbahan handuk dan dapat menyerap keringat dengan baik (Sumber gambar: Victor Sports)

Sama seperti Yonex AC402-EX, Victor GR334 juga merupakan grip model handuk yang terbuat dari bahan katun sehingga dapat menyerap keringat dengan baik. 

Grip ini tersedia dalam berbagai warna yang bisa kamu pilih sesuai selera.


Harga Victor GR334: Mulai dari Rp27.500

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email