Beauty & Skincare

7 Rekomendasi Foundation untuk Kulit Kering yang Bisa Jadi Pilihan

Foundation untuk kulit kering sebaiknya memiliki efek melembapkan kulitGunakan foundation cair pada wajah menggunakan kuas khusus

Penggunaan foundation atau alas bedak memang bisa membuat kulit lebih halus, warna kulit jadi merata, dan menyamarkan berbagai kondisi kulit, seperti jerawat dan bekasnya. Namun, bagi kamu yang punya kulit kering, jangan sembarangan memilih foundation untuk kulit kering agar tidak membuat kulit semakin kering atau cakey.

Lantas, bagaimana tips memilih foundation untuk kulit kering yang tepat? Apa saja rekomendasi alas bedak untuk kulit kering yang bisa dipilih? Simak jawaban selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Tips memilih foundation terbaik untuk kulit kering yang tepat

Ada banyak jenis foundation terbaik untuk kulit kering yang dijual di pasaran. Namun, tidak semua foundation cocok digunakan oleh pemilik kulit wajah kering.

Pemilihan foundation untuk kulit kering yang salah bisa menyebabkan tampilan make up tidak merata dan tampak pecah-pecah. Alhasil, kulit wajah semakin tampak kusam dan pucat, terutama pada siang hari.

Para ahli kecantikan menyarankan pemilik kulit kering memilih alas bedak yang dapat membuat kulit wajah terlihat lembap, segar, dan bercahaya.

Pemilihan foundation terbaik untuk kulit kering yang tepat dapat membantu kamu memperoleh tampilan wajah sehat, halus, dan lembut. Berikut adalah tips memilih foundation terbaik untuk kulit kering:

  • Pilihlah foundation dengan tingkat coverage tipis hingga sedang.
  • Pilih formula krim cair, ringan, dan berbahan dasar air untuk menjaga kulit tetap terhidrasi sepanjang hari.
  • Jika kulit wajah kering masih relatif halus, gunakan BB cream yang mengandung formula melembapkan untuk mendapatkan hasil akhir alami.
  • Bila kulit wajah kamu sangat kering dan mudah berkerut, sebaiknya pilih foundation yang diperkaya dengan pelembap dan memberikan hasil akhir kulit bercahaya sepanjang hari.
  • Sebaiknya hindari jenis foundation bubuk atau berupa bedak karena dapat memperjelas tanda penuaan, seperti garis halus dan kerutan. Pilihlah foundation yang cocok untuk kulit kering bertekstur cair atau krim.
  • Jangan gunakan foundation dalam waktu yang lama, misalnya seharian, karena akan membuat kulit kamu tampak pecah-pecah dan make up tidak merata seiring waktu.

Rekomendasi foundation untuk kulit kering

Ada berbagai rekomendasi foundation untuk kulit kering di pasaran. Kalau kamu belum menemukan produk yang cocok, berikut kami pilihkan rekomendasi foundation terbaik untuk kulit kering yang bisa jadi pilihan.

1

Maybelline Fit Me Dewy Smooth Foundation

Foundation untuk kulit kering sebaiknya memberi hasil akhir dewyMaybelline Fit Me Dewy Smooth Foundation cocok untuk kulit kering (Sumber gambar: Maybelline Indonesia)

Maybelline Fit Me! Dewy Smooth Foundation merupakan seri favorit para penggemar make up.

Rangkaian produknya selalu mendapatkan review baik dari para penggiat kecantikan luar dan dalam negeri, tak terkecuali foundation terbaik untuk kulit kering.

Maybelline Fit Me! Dewy + Smooth adalah liquid foundation dengan coverage yang dapat meratakan warna kulit dan tekstur wajah sehingga cocok digunakan untuk kulit yang normal cenderung kering.

Formula yang ringan cocok untuk dipakai sehari-hari. Tahan lama dan tersedia dalam 10 shades. Gunakan secara merata pada bagian wajah dan leher menggunakan tangan atau brush.

Kamu bisa mendapatkan foundation untuk kulit kering dari Maybelline dengan hasil akhir dewy ini dengan harga Rp149.000,00.

2

Wardah Exclusive Liquid Foundation 

Wardah Exclusive Liquid Foundation bisa jadi pilihan foundation untuk kulit keringFoundation Wardah untuk kulit kering ini memiliki tekstur ringan dan lembut (Sumber gambar: Wardah Beauty)

Cari merek foundation lokal untuk kulit kering? Wardah Exclusive Liquid Foundation bisa jadi pilihannya.

Bagaimana tidak? Salah satu foundation Wardah untuk kulit kering ini memiliki tekstur ringan, lembut, dan mudah diratakan pada wajah.

Hasil akhirnya, wajah akan terlihat cantik alami. Tingkat ketahanannya diklaim cukup baik, yakni bisa sampai berjam-jam.

Formula pelembap yang terdapat di dalamnya, antara lain macadamia oil, butylene glycol, persea gratissima oil, serta simmondsia chinensis seed oil. Sifat soft focus agent-nya mampu menyamarkan garis halus dan kerutan di wajah.

Produk yang hadir dalam kemasan kaca berbentuk pump kecil ini mudah dibawa ke mana saja. Kamu bisa memilih salah satu di antara shade yang ada, seperti beige, coffee beige, sandy beige, sheer pink, serta natural dengan harga mulai dari Rp82.000,00.

3

L’Oreal Infallible Liquid Foundation

L’Oreal Infallible Liquid Foundation juga bisa jadi pilihan foundation yang bagus untuk kulit keringL’Oreal Infallible Liquid Foundation tidak membuat wajah jadi cakey (Sumber gambar: L'Oreal Paris)

L’Oreal Infallible Liquid Foundation juga bisa jadi pilihan foundation yang bagus untuk kulit kering.

L’Oreal Infallible Liquid Foundation diformulasikan khusus untuk melembapkan, menyamarkan noda, dan garis halus pada kulit wajah sehingga cocok digunakan oleh pemilik kulit kering.

Walaupun memiliki hasil akhir matte, tetapi foundation ini diklaim tidak akan membuat wajahmu tampak cakey.

Keunggulan lainnya, foundation terbaik untuk kulit kering dari L’Oreal ini memiliki tekstur cair dengan coverage sempurna, tidak menimbulkan kilap, dan tidak kering.

Kemasannya berbentuk pump yang mampu menakar jumlah foundation yang dikeluarkan.

Ada berbagai macam shade yang bisa kamu pilih, mulai dari untuk kulit terang hingga sawo matang.

Namun, perlu diketahui bahwa kekurangan foundation ini mudah teroksidasi, maka kamu sebaiknya memilih shade satu tingkat di atas dari warna kulitmu saat membelinya, ya.

Dapatkan L’Oreal Infallible Liquid Foundation mulai dari Rp167.000,00.

4

Revlon Colorstay Makeup Normal/Dry

Formula foundation untuk kulit kering dengan hasilnya dapat bertahan hingga 24 jamRevlon Colorstay Makeup Normal/Dry disebut bisa tahan selama seharian (Sumber: Revlon)

Revlon Colorstay Makeup Normal/Dry dapat menjadi pilihan foundation untuk kulit kering. Formula foundation yang cukup ringan dan hasilnya dapat bertahan hingga 24 jam.

Revlon Colorstay Makeup Normal/Dry mengandung hyaluronic acid yang berfungsi untuk menghidrasi kulit.

Foundation yang cocok untuk kulit kering ini memiliki 13 shades, mulai dari warna terang hingga gelap. Kelebihan lainnya, produk ini dapat memberikan hasil flawless walaupun memiliki tekstur ringan.

Meski mengandung SPF 20, kamu tetap perlu menggunakan tabir surya atau sunscreen sebelum menggunakan foundation agar kulit terlindungi dari paparan sinar matahari.

Revlon Colorstay Makeup Normal/Dry bisa kamu beli dengan harga mulai dari Rp116.000,00.

5

L.A. Girl Pro Coverage Illuminating Foundation

Foundation yang cocok untuk kulit kering berikutnya adalah L.A. Girl Pro Coverage Illuminating FoundationL.A. Girl Pro Coverage Illuminating Foundation memberi hasil akhir flawless dan dewy (Sumber gambar: LA Girl USA)

Foundation yang cocok untuk kulit kering berikutnya adalah L.A. Girl Pro Coverage Illuminating Foundation.

L.A. Girl Pro Coverage Illuminating Foundation memiliki formula khusus yang dipercaya bisa membuat kulit terlihat sangat halus, serta menutupi kekurangan wajah dengan maksimal.

Nantinya, kulit wajah yang kering bisa tampak flawless dan dewy. Foundation untuk kulit kering ini memiliki formula yang ringan dan tidak menyumbat pori sehingga dianggap nyaman digunakan sepanjang hari.

Tak berhenti sampai disitu, foundation ini juga diklaim bebas dari paraben dan memiliki 16 shades yang bisa kamu sesuaikan dengan warna kulitmu.

Kamu bisa mendapatkan L.A. Girl Pro Coverage Illuminating Foundation dengan harga mulai dari Rp107.000,00.

6

Innisfree My Foundation 

Innisfree juga menawarkan foundation terbaik untuk kulit keringInnisfree My Foundation menawarkan tingkat coverage dan kelembapan berbeda (Sumber gambar: Innisfree)

Kamu mungkin sudah tak asing lagi dengan merek Innisfree yang berasal dari Korea Selatan. Ya, Innisfree juga menawarkan foundation terbaik untuk kulit kering dengan pilihan lebih dari 50 shades berbeda.

Kamu bisa memilihnya sesuai dengan tingkat kelembapan dan coverage yang dibutuhkan sesuai kulitmu.

Misalnya, untuk tingkat kelembapannya sendiri, ada moisturizer tingkat 1 matte dengan hasil velvety matte, tingkat 2 semi matte dengan akhir smooth dan satin, dan tingkat 3 dengan hasil akhir radiant dan glow. Untuk rincian tingkat coverage, ada natural (1), high (3), dan full (5).

Bagi kamu yang punya kulit kering, maka penting untuk memperhatikan tingkat kelembapannya.

Pilihlah foundation untuk kulit kering dengan kadar pelembap paling tinggi, yakni tingkat 3 moisture dengan hasil glowy finish.

Innisfree My Foundation untuk kulit kering ini dijual dengan harga mulai dari Rp325.000,00.

7

The Body Shop Moisture Foundation SPF15

The Body Shop Moisture Foundation SPF15 dapat menjadi pilihan foundation untuk kulit keringThe Body Shop Moisture Foundation SPF15 memiliki konsistensi yang ringan dan nyaman di kulit (Sumber: The Body Shop Indonesia)

The Body Shop Moisture Foundation SPF15 dapat menjadi pilihan foundation untuk kulit kering.

Kandungan marula nut oil, beeswax, dan vitamin E sangat baik untuk melembapkan kulitmu sepanjang hari. Ditambah lagi dengan kandungan SPF 15 yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

The Body Shop Moisture Foundation SPF15 memiliki konsistensi yang ringan dan nyaman di kulit. Kamu bisa memilih tingkat coverage light ke medium sesuai dengan jenis kulit.

Dengan hasil akhir yang dewy, kulitmu yang kering jadi akan terlihat lebih lembap dan kenyal.

Walaupun sudah diperkaya dengan SPF, kamu tetap perlu menggunakan sunscreen sebelum memakai foundation untuk memaksimalkan perlindungan kulit dari sinar ultraviolet B (UVB).

Kamu bisa mendapatkan The Body Shop Moisture Foundation SPF15 dengan harga sekitar Rp300.000,00.

MakeupKulit Kering

Adore Beauty Australia
https://www.adorebeauty.com.au/make-up/foundation/guide/foundation-purpose
Diakses pada 22 Juli 2021

Good House Keeping. https://www.goodhousekeeping.com/beauty-products/foundation-reviews/g25561067/best-foundation-dry-skin/
Diakses pada 22 Juli 2021

Good House Keeping. https://www.goodhousekeeping.com/beauty/anti-aging/a29993947/dry-skin-on-face-treatments-causes/
Diakses pada 22 Juli 2021

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324935
Diakses pada 22 Juli 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email