Beauty & Skincare

Rekomendasi Eye Primer Terbaik, Mata Cantik Memesona

07 Jul 2021|Nurul Rafiqua
Rekomendasi Eye Primer Terbaik, Mata Cantik MemesonaEye primer berfungsi juga sebagai base eyeshadow

Eye primer merupakan salah satu komponen penting dalam menyempurnakan riasan mata yang paripurna. Eye primer diperlukan sebagai “dasar" sebelum mengaplikasikan eyeshadow. Namun tak hanya itu, ternyata eye primer juga memiliki banyak kegunaan.

Fungsi eye primer

Hampir mirip dengan face primer yang digunakan pada wajah. eye primer memiliki fungsi untuk menyamarkan warna kusam serta noda atau lingkaran hitam khusus di area mata. Selain itu, produk ini juga dapat lebih menghidupkan warna eyeshadow, dan mempertahankan warna riasan mata agar tetap cetar dan tidak mudah luntur.

Tips memilih eye primer sebagai base eyeshadow

Untuk menentukan eye primer mana yang paling baik, pastikan kamu memeriksa kandungan yang ada pada produk tersebut terlebih dahulu.

Eye primer dengan kandungan silikon dapat membantu mengisi kerutan, lipatan kulit mata, dan memberikan intensitas warna yang lebih banyak. Hanya saja produk dengan kandungan silikon dapat menutup jalur bernapas kulit sehingga tidak baik untuk digunakan terlalu sering. Gunakanlah pada acara-acara tertentu saja untuk menyempurnakan makeup kamu.

Jika memiliki kulit yang sensitif maka hindari produk base eyeshadow yang mengandung silikon, paraben, ftalat dan zat kimia aktif lain yang dapat memicu alergi. Pilihlah eye prime dengan bahan alami dan organik agar tidak menimbulkan alergi.

Di samping itu, jangan lupa untuk memilih shade eye primer yang sesuai dengan warna kulitmu. Satu tips dalam memilih eye primer, sebaiknya kamu memilih shade yang memiliki kecerahan satu tingkat di atas warna kulitmu.

Selain itu, eye base umumnya terdiri dari beberapa macam tone warna. Di antaranya yaitu krem (beige), bening, merah muda, dan oranye. Dari beberapa warna tersebut kamu bisa menggunakannya sesuai dengan masalah kulit yang dialami. Jika area mata terlihat kusam maka eye primer warna krem (beige) dapat membantu menutupinya hingga pada tingkatan tertentu.

Sedangkan warna merah muda efektif dalam menyamarkan kusam yang berwarna kebiruan di sekitar mata. Warna ini akan memberikan efek putih dan kesan transparan pada mata. Terakhir eye primer warna oranye ampuh untuk mengatasi kulit kusam kecokelatan dan membuat kulit mata tampak lebih sehat.

Rekomendasi eye primer yang bagus

Ada banyak merk eye primer yang dijual di pasaran. Beberapa merek eye primer terbaik versi SehatQ berasal dari merek NYX, Makeover, Wardah, Maybelline dan Revlon. Penasaran dengan kelebihan dari kelima produk tadi? Simak ulasan berikut.

1

NYX Proof It Waterproof Eyeshadow Primer

NYX Proof It Waterproof Eyeshadow PrimerNYX Proof It Waterproof Eyeshadow Primer

NYX Proof It Waterproof Eyeshadow Primer wajib masuk ke dalam wishlist kamu. Produk ini memiliki keunggulan tahan air sehingga cocok untuk digunakan pada kelopak mata yang berminyak. Dengan eye primer ini, eyeshadow dan eyeliner yang menempel di kelopak mata dapat lebih menyala dan tahan lama.

Ketika digunakan, teksturnya terasa seperti gel losion yang gampang dibaurkan menggunakan aplikator bawaannya. Warnanya terlihat nude ke arah transparan, mudah meresap tanpa meninggalkan warna ketika menyentuh kelopak mata.  

Dari segi kemasan, NYX Eyeshadow Primer ini dikemas dalam tube kecil yang mirip dengan bentuk lip cream-nya. Packagingnya yang imut, membuat produk ini sangat travel friendly alias mudah dibawa kemana-mana.

Sayangnya, meski expired date yang tercantum pada kemasan produk memiliki rentang waktu yang panjang, NYX Proof It Waterproof Eyeshadow Primer ini tidak bisa disimpan terlalu lama setelah dibuka. Pasalnya, cairan eye primer di dalamnya jadi mudah mengental. Oleh karena itu, pastikan untuk menutup rapat tutupnya setelah selesai menggunakannya, ya.

Produk berukuran 7 gram ini bisa didapatkan seharga Rp110.000.

2

Make Over Powerstay Eyeshadow Primer

Make Over Powerstay Eyeshadow PrimerMake Over Powerstay Eyeshadow Primer

Make Over Powerstay Eyeshadow Primer menggunakan teknologi polimer silicon yang dapat membantu mengisi kerutan pada area mata. Produk ini akan menghasilkan tampilan akhir yang terlihat matte. Sehingga membuat area mata tampak lebih halus dan juga dapat mencegah terjadinya creasing atau munculnya retakan.

Tekstur dari eyeshadow primer ini berupa krim cair yang cukup cair. Jadi, saat diaplikasikan di kelopak mata, membutuhkan beberapa waktu untuk meresap. Setelah meresap, tunggu beberapa detik hingga mengering sebelum menggunakan eyeshadow.

Selain itu, meski bukan berjenis waterproof, Makeover Powerstay Eyeshadow Primer mampu menahan riasan mata kamu agar tetap cantik hingga 8 jam. Tentu saja selama mata tidak terpapar air.

Biasanya, eyeshadow yang tidak begitu pigmented saja terlihat lebih keluar warnanya setelah kelopak mata dilapisi primer dari Make Over ini. Mata jadi terlihat lebih memesona. Sayangnya, untuk penggunaan eyeliner, produk ini kurang bisa menahan sebaik pada eyeshadow.

Makeover Powerstay Eyeshadow Primer dilengkapi dengan aplikator yang lembut sehingga memudahkan pengaplikasiannya. Meski begitu, penggunaannya lebih mudah ketika dikombinasikan dengan jari untuk hasil yang lebih merata.

Dikemas dalam tube transparan dengan tutup berwarna hitam, Makeover Powerstay Eyeshadow Primer dijual seharga Rp84.000 untuk ukuran 7 gram.

3

Wardah Double Function Kit

Eye Primer WardahEye Primer Wardah

Wardah menjawab kebutuhan wanita Indonesia yang membutuhkan concealer kit  dengan harga terjangkau. Eye base merk Wardah ini memiliki fungsi ganda, yakni dapat diaplikasikan pada mata sekaligus menjadi concealer yang bermanfaat dalam menyamarkan noda dan warna kulit yang tidak merata.

Dikemas dengan wadah yang mirip dengan wadah eyeshadow membuatnya tampak compact. Di dalamnya terdapat tiga shade warna yaitu krem (light concealer), cokelat (dark concealer) dan putih.

Gunakan Eye base wardah warna krem untuk mencerahkan daerah sekitar mata dan hidung, cokelat untuk menyamarkan noda hitam atau membuat contour wajah dan base putih untuk mempertahankan warna eyeshadow.

Satu hal yang sering dikeluhkan dari eyebase ini adalah teksturnya yang cukup tricky. Beberapa orang yang lebih nyaman menggunakan jari dalam penggunaan eye primer merasa tekstur produk ini agak keras untuk diambil dari tempatnya. Namun, Wardah eyebase ini juga sudah dilengkapi kuas mini yang bisa memudahkan pengaplikasiannya.

Eyebase wardah mudah di dapatkan di konter Wardah yang tersebar di seluruh Indonesia dengan harga Rp45.000.

4

Maybelline Master Prime Long Lasting Eyeshadow Primer

Maybelline Master Prime Long Lasting Eyeshadow PrimerMaybelline Master Prime Long Lasting Eyeshadow Primer

Maybelline Master Prime Long Lasting Eyeshadow Primer adalah salah satu produk yang wajib ada dalam perlengkapan riasan mata kamu. Produk ini meratakan tekstur kelopak mata untuk tampilan eyeshadow yang lebih optimal.

Eyeshadow Primer ini sangat cocok digunakan untuk kamu yang memiliki banyak lipatan pada matanya. Selain itu, produk ini juga aman digunakan oleh pemilik kulit sensitif dan pengguna lensa mata karena kandungannya yang mild.

Maybelline Master Prime Long Lasting Eyeshadow Primer memiliki tekstur yang creamy hampir seperti whipped. Hadir dalam tiga varian warna yaitu prime smooth, prime matte, dan prime illuminate. Ketiga warna ini akan memberikan tampilan matte yang segar pada mata kamu.

Dikemas dengan tube yang simple dan berukuran mini membuat produk ini sangat handy. Eyeshadow Primer Maybelline ini juga dilengkapi dengan aplikator yang lembut sehingga dapat memudahkan pengaplikasiannya.

Maybelline Master Prime Long Lasting Eyeshadow Primer dapat dibeli dengan harga  Rp110.000.

5

Revlon Color Stay Eyeshadow Primer

Revlon Color Stay Eyeshadow PrimerRevlon Color Stay Eyeshadow Primer

Brand kosmetik ternama Revlon juga turut merilis produk eye base yang dapat memberikan perlindungan ekstra hingga 24 jam. Revlon Color Stay Eyeshadow Primer ini diformulasikan dengan kandungan crease proof dan smudge proof sehingga aman digunakan seharian tanpa perlu khawatir eyeshadow luntur atau belepotan.

Tambahan kandungan shea butter di dalamnya tak hanya menjadikan cream ini sangat lembut namun juga dapat menutrisi kulit kelopak mata. Teksturnya yang creamy dan ringan akan membuat tampilan riasan mata kamu semakin flawless.

Selain itu, Revlon Color Stay Eyeshadow Primer juga memiliki warna yang universal sehingga cocok digunakan oleh jenis warna kulit apapun. Pastinya produk ini memberikan hasil akhir yang intens untuk eyeshadow kamu. Jika memiliki kantung mata yang gelap, Revlon ColorStay Eyeshadow Primer pun dapat mencerahkannya dengan instan.

Produk ini juga cocok untuk digunakan pemilik kulit berminyak, karena cream primer ini sangat mudah membaur dan mengering. Oleh sebab itu, hasil akhir yang ditampilkan dari produk ini lebih ke arah dewy dibanding matte. Beberapa jenis eyeshadow dengan hasil matte mungkin akan kurang cocok jika digunakan Bersama produk ini.

Dari segi kemasan, Revlon ColorStay Eyeshadow Primer memiliki packaging yang sangat elegan. Dengan tube warna hitam legam dan tutup transparan, produk ini dikemas dengan ujung tube yang mengerucut tanpa tambahan aplikator.

Revlon Color Stay Eyeshadow Primer dibandrol seharga Rp125.000.

Kulit Dan KecantikanProduk Kecantikan
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter