Gym & Sport

Rekomendasi Cross Trainer Terbaik untuk Olahraga di Rumah

14 Jun 2021|Rhandy Verizarie
cross trainer terbaikCross trainer memiliki sejumlah kegunaan, antara lain untuk membantu menurunkan berat badan dan membentuk otot

Buat kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan atau membentuk otot, salah satu alat olahraga yang bisa digunakan adalah cross trainer. Alat ini memungkinkan kamu untuk menggerakkan tangan dan kaki sekaligus. Hal ini tentu cukup membantu dalam membakar lemak dan kalori.

Ada banyak merek cross trainer yang dijual di pasaran, seperti iReborn, OB FIT, hingga Kettler. Nah, agar tidak bingung, berikut ini informasi mengenai cara memilih sekaligus rekomendasi cross trainer terbaik untuk kamu!

Cara memilih cross trainer 

Dalam menentukan cross trainer, ada sejumlah tips yang perlu kamu ketahui. Tips-tips ini bertujuan agar kamu tidak salah beli alat sehingga penggunaannya jadi optimal dan manfaatnya terasa.

Berikut tips memilih cross trainer terbaik:

1. Pilih sesuai dengan kebutuhan

Pilihlah alat sesuai dengan kebutuhan kamu, apakah ingin menurunkan berat badan, atau membentuk otot-otot tubuh?

  • Untuk menurunkan berat badan

Jika tujuan kamu ingin menurunkan berat badan, pilihlah cross trainer yang dilengkapi pengukur kalori yang terbakar selama latihan berlangsung.

Kamu bisa mengatur target kalori yang harus terbuang dalam satu sesi latihan. Setelah itu, kamu tinggal menggunakan alat hingga target per sesi tercapai. 

  • Untuk membentuk otot

Kamu bisa menggunakan alat yang memiliki fitur penyesuaian beban apabila tujuannya ingin membentuk otot

Pada dasarnya, ada 2 tipe beban pada alat ini, yaitu berdasarkan perubahan kemiringan atau penambahan beban itu sendiri. Ada baiknya jika alat yang hendak kamu beli memiliki keduanya.

Selain itu, pastikan alat juga memiliki rem elektrik atau rem magnetik untuk menambah beban. Dengan begitu, kamu bisa melakukan latihan dari tingkat ringan hingga berat.

2. Pilih yang memiliki pengukur detak jantung

Tips memilih cross trainer selanjutnya adalah usahakan alat juga dilengkapi dengan pengukur detak jantung. 

Ini berguna agar kamu bisa tahu batasan saat berlatih, terutama pada lansia yang jantungnya rentan mengalami masalah apabila terlalu diforsir.

Pasalnya, memforsir kerja jantung dapat menyebabkan serangan jantung yang tidak terduga. Itu sebabnya, fitur ini sangat penting untuk menjaga ritme olahraga kamu. 

3. Pilih yang fleksibel

Kamu juga sebaiknya memilih alat yang bisa diatur posisi, jarak, dan ketinggian pedalnya. Ini bertujuan agar alat sesuai dengan postur tubuh kamu sehingga kamu nyaman dalam menggunakannya.

4. Pilih yang ukurannya tidak memakan banyak tempat

Selanjutnya, pastikan kamu memilih cross trainer yang memiliki ukuran compact dan tidak terlalu memakan banyak tempat di dalam rumah. Apalagi jika space rumahmu terbatas.

Pastikan Anda memberikan jarak dengan benda-benda lain di sekitar. Pasalnya, alat ini digunakan dengan cara mengayunkannya ke depan dan ke belakang. Jadi, pasti akan memakan ruang yang lebih besar dari ukuran benda itu sendiri.

Rekomendasi cross trainer terbaik

Nah, berikut ini ada rekomendasi cross trainer terbaik yang bisa kamu pilih:

1

iReborn Rio Air Elliptical

cross trainer terbaik

iReborn Rio Air Elliptical memiliki desain yang simpel dan tidak memakan banyak ruang di dalam rumah. Alat ini tidak memiliki fitur tension control dan hanya memanfaatkan tekanan angin.

Artinya, semakin cepat kamu mengayuh, semakin besar bebannya. iReborn Rio Air Elliptical cocok untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan maupun menjaga kebugaran tubuh.

 

Harga iReborn Rio Air Elliptical: mulai dari Rp2.500.000

2

Total Health Gym Multi-Functional Bike – Elliptical Bike Crosstrainer

cross trainer terbaik

Cross trainer yang satu ini cocok untuk kamu yang lahannya terbatas, seperti di apartemen.

Pasalnya, Total Health Gym Multi-Functional Bike – Elliptical Bike Crosstrainer ini memiliki ukuran yang ramping. Selain itu, terdapat roda di bawahnya yang memudahkan kamu untuk menyimpan alat ini jika sedang tidak dipakai.

 

Harga Total Health Gym Multi-Functional Bike – Elliptical Bike Crosstrainer: mulai dari Rp2.980.000

3

Total Health Gym Big Magnetic Cross Trainer

Total Health Gym Big Magnetic Cross Trainer

Total Health Gym Big Magnetic Cross Trainer dilengkapi dengan pemberat magnetik yang memungkinkan kamu mengatur beban sesuai kemampuan.

Selain itu, pada alat juga sudah tersemat fitur pengukur detak jantung untuk menjaga ritme latihan agar tetap aman. 

 

Harga cross trainer Total Health Gym Big Magnetic: mulai dari Rp5.060.000

4

Total Health Gym Orbitrack Plat

cross trainer terbaik

Alat yang satu ini tidak hanya berfungsi sebagai cross trainer, tapi juga sepeda statis. Secara bentuk dan ukuran, Total Health Gym Orbitrack Plat cukup compact dan bisa ditempatkan pada ruang yang terbatas.

 

Harga Total Health Gym Orbitrack Plat: Mulai dari Rp2.880.000

5

OB FIT Multi-Functional Cross Trainer

cross trainer terbaik

OB FIT Multi-Functional Cross Trainer hadir dengan fitur twister. Fitur ini membuat alat tidak hanya dapat dikayuh, tapi kamu juga bisa menggunakannya untuk latihan push up dan twister. 

Fitur menarik lainnya yang dimiliki alat ini adalah radio untuk menemani kamu selama berlatih. Itu sebabnya, alat ini dibanderol dengan harga yang cukup menguras kantong. 

 

Harga OB FIT Multi-Functional Cross Trainer: mulai dari Rp9.400.000

6

OB FIT New Elliptical Cross Trainer with Seat

cross trainer terbaik

Alat yang satu ini dilengkapi dengan fitur tension adjustment. Tersedia 8 level tegangan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

OB FIT New Elliptical Cross Trainer memiliki desain yang cukup simpel dengan ukuran yang bisa dibilang tidak terlalu besar. Terdapat roda di bagian bawah yang memudahkan kamu untuk memindahkannya jika sedang tidak dipakai. 

Ketinggian kursinya juga bisa diatur sehingga alat ini bisa dipakai oleh seluruh anggota keluarga. Sementara itu, fitur-fitur standar seperti pengukur kalori dan detak jantung juga tersedia.

 

Harga OB FIT New Elliptical: mulai dari Rp12.300.000

7

Kettler Rivo 2

cross trainer terbaik

Cross trainer Kettler Rivo 2 dilengkapi fitur untuk merekam setiap latihan Anda, mulai dari jarak hingga perputaran pedal rata-rata per menit.

Hal ini tentu berguna agar kamu bisa mengetahui sudah sampai sejauh mana latihan yang dilakukan. 

 

Harga cross trainer Kettler Rivo 2: mulai dari Rp11.250.000

8

Kettler Cross Trainer Ecocross M

cross trainer terbaik

Kettler Ecocross M memiliki fitur-fitur yang dapat membantu kamu untuk memantau latihan yang dilakukan setiap hari. 

Selain itu, cross trainer terbaik ini juga dilengkapi phone holder sehingga kamu bisa berolahraga sambil menonton video sehingga latihan tidak membosankan.

 

Harga Kettler Ecocross M: mulai dari Rp8.325.000

9

Kettler Skylon 2

cross trainer terbaik

Kettler Skylon 2 tidak hanya dilengkapi dengan fitur penghitung kalori, detak jantung, dan perekam aktivitas latihan lainnya. Alat ini juga memiliki bluetooth yang bisa kamu hubungkan dengan aplikasi di smartphone. 

Dengan begitu, kamu bisa mendapat informasi lebih detail mengenai performa latihan. Melalui aplikasi tersebut, kamu juga dapat mengatur porsi latihan sesuai dengan kebutuhan.

Akan tetapi, ukuran cross trainer ini cukup besar sehingga sulit untuk ditempatkan di ruang yang terbatas. Selain itu, harganya juga relatif mahal.

 

Harga Kettler Skylon 2: mulai dari Rp16.950.000

10

BFIT Platinum Elliptical Bike

cross trainer terbaik

Dengan fitur flying weight, BFIT Platinum Elliptical Bike memungkinkan kamu untuk dapat mengayuh pedal secara mudah. Cocok untuk kamu yang tidak ingin melakukan latihan dengan intensitas berat.

Selain itu, alat ini juga sudah memiliki pengukur denyut nadi sehingga aman bagi kesehatan jantung.

 

Harga BFIT Platinum Elliptical Bike: mulai dari Rp8.499.000

OlahragaTips OlahragaLatihan Otot PerutMenurunkan Berat Badan
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter