Makan Sehat

7 Rekomendasi Cream Cheese yang Lezat dan Lembut

24 Jun 2021|Dina Rahmawati
Cream cheese dapat menjadi olesan roti atau bahan membuat kueCream cheese terbuat dari susu segar dan krim

Krim keju atau cream cheese adalah keju lembut berwarna putih dengan rasa yang ringan. Krim keju yang terbuat dari campuran susu sapi dan krim ini biasanya digunakan untuk membuat kue, isian biskuit atau cake, hingga olesan roti. 

Cream cheese umumnya tinggi lemak, rendah protein maupun karbohidrat. Namun, krim keju ini merupakan sumber vitamin A yang baik dan mengandung riboflavin. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah atau membeli produk cream cheese yang dijual di pasaran.

Cara membuat cream cheese

Membuat cream cheese sendiri tidak sulit, kok! Kamu hanya perlu menyiapkan bahan, yaitu 2 cangkir krim kental, 2 cangkir susu, 3 sdm air lemon, dan garam secukupnya. Ikuti langkah-langkah berikut:

  • Didihkan susu dan krim dalam panci dengan api sedang.
  • Tuang 1 sdm air lemon sambil terus diaduk. Lakukan sebanyak 3 kali dengan jeda waktu 1 menit.
  • Terus aduk hingga terbentuk gumpalan-gumpalan (dadih). Lalu, matikan api dan tutup selama 5 menit.
  • Saring gumpalan susu sampai tetesan airnya habis. Selanjutnya, masukkan gumpalan ke dalam blender.
  • Tambahkan garam dan haluskan hingga teksturnya sangat lembut.
  • Masukkan cream cheese ke dalam wadah tertutup dan simpan.

Sementara, jika kamu tidak ingin repot membuatnya sendiri, terdapat berbagai merek cream cheese berkualitas yang bisa kamu pilih.

Rekomendasi cream cheese

Mulai dari cream cheese murah hingga premium, berikut adalah sejumlah rekomendasi yang bisa kamu pertimbangkan.

1

Philadelphia Original Cream Cheese

Philadelphia Original Cream Cheese memiliki tekstur yang lembutPhiladelphia Original Cream Cheese teksturnya lembut dan ringan (sumber foto: myfoodandfamily.com)

Philadelphia Original Cream Cheese terbuat dari campuran susu sapi segar dan krim asli. Cream cheese ini tidak mengandung perasa, pewarna, ataupun pengawet buatan sehingga cita rasanya terjaga dengan baik.Teksturnya pun sangat lembut dan ringan.

Kamu bisa mengoleskan Philadelphia Cream Cheese pada roti panggang atau menjadikannya campuran dalam creamy pasta.

Harga cream cheese ini tidak mahal, kamu bisa membelinya dengan mengeluarkan uang sekitar Rp169.000 untuk ukuran 340 gram.

2

Kraft Cream Cheese Spread

Kraft Cream Cheese Spread cocok dijadikan olesan rotiKraft Cream Cheese Spread cocok untuk isian roti atau bahan isian kue (sumber foto: mealswithkraft.com)

Kraft Cream Cheese Spread memiliki tekstur yang sangat creamy bahkan bisa meleleh di mulut. Selain tinggi lemak, cream cheese Kraft ini juga mengandung cukup banyak protein dan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. 

Kraft Cream Cheese Spread cocok dijadikan olesan roti, bahan isian kue, campuran salad, dan yogurt. Selain itu, kemasannya berupa botol plastik sehingga tidak mudah pecah.

Harga cream cheese Kraft cukup ramah di kantong. Untuk mendapatkannya dalam bentuk kemasan 430 gram, kamu harus menyiapkan budget sekitar Rp110.000.

3

Elle & Vire Original American Cream Cheese

Elle & Vire Original American Cream Cheese terbuat dari susu sapi yang telah dipasteurisasiElle & Vire Original American Cream Cheese memiliki rasa yang gurih (sumber foto: elle-et-vire.com)

Elle & Vire Original American Cream Cheese terbuat dari susu sapi yang telah dipasteurisasi, krim, garam, dan guar gum. Kandungan lemak cream cheese Ele Vire ini mencapai 34 persen dan ada pula kandungan protein sekitar 5,2 gram.

Selain teksturnya yang lembut, rasa Elle & Vire Original American Cream Cheese diklaim gurih dan lezat. Kamu bisa menggunakannya sebagai pelengkap hidangan panas ataupun dingin, seperti cheesecake atau es krim. 

Cream cheese Elle Vire ukuran 1,36 kg dibanderol dengan harga Rp204.300.

4

Anchor Cream Cheese

Anchor Cream Cheese terbuat dari susu murni yang telah dipasteurisasiAnchor Cream Cheese dihasilkan dari susu murni (sumber foto: anchorfoodprofessionals.com)

Anchor Cream Cheese memiliki rasa yang gurih dan manis. Cream cheese Anchor ini dihasilkan dari susu murni yang telah melewati proses pasteurisasi, garam, dan kultur stabilizer yang aman untuk dikonsumsi.

Selain rasanya lezat dan bersertifikasi halal, Anchor cream cheese dapat memberi tekstur yang cantik pada berbagai hidangan tanpa berantakan, lho!

Jika kamu tertarik mencoba cream cheese Anchor ini, siapkan uang sekitar Rp105.000 untuk ukuran 1 kg.

5

Yummy Cream Cheese Neufchatel

Yummy Cream Cheese Neufchatel terbuat dari bahan baku berkualitasYummy Cream Cheese Neufchatel tidak mengandung pengawet (sumber foto: yummydairy.com)

Yummy Cream Cheese Neufchatel adalah cream cheese murah tapi tidak murahan. Krim keju ini terbuat dari bahan baku berkualitas dan memiliki rasa gurih alami tanpa pengawet ataupun perasa tambahan. 

Tekstur dan konsistensinya juga tidak encer sehingga bisa digunakan sebagai campuran membuat cheesecake, pastry, dan berbagai makanan lainnya.

Soal harga kamu tidak perlu risau karena Yummy Cream Cheese Neufchatel cukup terjangkau, yaitu Rp45.000 untuk ukuran 250 gram.

6

Kiri Cream Cheese

Kiri Cream Cheese memiliki rasa yang lembut dan manisKiri Cream Cheese rasanya lembut dan manis (sumber foto: sukandadjaya.com)

Kiri Cream Cheese terbuat dari susu sapi segar yang mengandung vitamin dan kalsium penting.

Cream cheese ini memiliki rasa yang lembut dan manis sehingga dapat disukai anak-anak. Kamu bahkan juga dapat mencampurnya ke dalam MPASI si kecil.

Nah, Kiri Cream Cheese memiliki harga yang ramah di kantong. Cream cheese murah ini dibanderol dengan harga Rp32.500 saja per pack yang berisi enam cubes.

7

Milkana Cream Cheese

Milkana Cream Cheese tekstur dan rasa gurihnya pasMilkana Cream Cheese memiliki rasa gurih yang pas (sumber foto: sukandadjaya.com)

Cream cheese murah dan berkualitas selanjutnya adalah Milkana Cream Cheese. Krim keju ini memiliki tekstur dan rasa gurih yang pas sehingga bisa dijadikan topping berbagai makanan atau diolah sesuai kebutuhanmu. 

Namun, Milkana Cream Cheese dianggap paling cocok digunakan untuk membuat cheesecake. Harga cream cheese serbaguna ini juga terjangkau, yaitu sekitar Rp52.000 untuk ukuran 227 gram. Tertarik mencobanya?

Makanan SehatCamilan SehatSusu

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/is-cream-cheese-healthy-nutrition-benefits-and-downsides
Diakses pada 24 Juni 2021

Kompas. https://www.kompas.com/food/read/2020/09/01/100900675/cara-bikin-cream-cheese-sendiri-cukup-pakai-4-bahan-
Diakses pada 24 Juni 2021

My Food and Family. https://www.myfoodandfamily.com/brands/philadelphia/product/00021000616886/philadelphia-plain-cream-cheese-spread-12-oz-tub
Diakses pada 24 Juni 2021

Meals with Kraft. https://mealswithkraft.com/our-products
Diakses pada 24 Juni 2021

Elle et Vire. https://www.elle-et-vire.com/uploads/recip/product_translation/88/608ffa1789767_ft-cc-us-30-lbshd.pdf
Diakses pada 24 Juni 2021

Anchor Food Professionals. https://www.anchorfoodprofessionals.com/id/en/our-products/cream-cheese/anchor-cream-cheese-traditional-style.html
Diakses pada 24 Juni 2021

Yummy Dairy. https://www.yummydairy.com/product/detail/31/cream-cheese-neufchatel
Diakses pada 24 Juni 2021

Sukanda Djaya. https://sukandadjaya.com/product/kiri-cream-cheese-portion/
Diakses pada 24 Juni 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter