Mom & Baby

Si Kecil Mulai Makan? Ini Rekomendasi Celemek Makan Bayi Terbaik

17 May 2021|Rhandy Verizarie
celemek makan bayiCelemek makan bayi menjadi perlengkapan yang perlu dimiliki untuk menunjang kegiatan makan buah hati tercinta

Selain sendok dan piring, celemek makan (bib) bayi menjadi peralatan makan bayi yang sebaiknya juga kamu miliki. Tujuannya tidak lain untuk mencegah makanan ataupun air liur mengotori baju yang sedang dikenakan oleh si kecil.

Saat ini, sudah banyak sekali berbagai macam produk celemek bayi dengan bahan dan desain yang beragam. Bingung mau beli yang mana? Berikut ini rekomendasi celemek bayi terbaik yang bisa kamu pilih!

Tips memilih celemek makan bayi

Saat hendak membeli celemek bayi, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui terlebih dahulu, yaitu:

1. Pilih jenis celemek seusai kebutuhan

Umumnya, terdapat tiga jenis celemek untuk makan bayi, yakni celemek yang bentuknya U (untuk melindungi baju dari air liur dan tumpahan makanan), berbentuk bandana (untuk bayi yang sering mengeluarkan air liur), dan bentuk bulat (untuk bayi yang aktif bergerak).

Bahkan, kini ada pula yang menyediakan berbentuk baju untuk meminimalisir tumpahan yang mengotori pakaian bayi.

Nah, pilihlah jenis bib yang kira-kira paling sesuai dengan si kecil. 

2. Perhatikan lingkar leher bayi

Untuk mendapatkan bib yang cocok, kamu juga perlu memperhatikan lingkar leher si kecil. Pastikan celemek pas dengan lingkar lehernya, tidak terlalu ketat tapi juga jangan terlalu longgar.

Terlalu ketat akan membuat bayi tidak nyaman karena tercekik. Sementara celemek yang terlalu longgar akan mudah terlepas dan tidak bisa benar-benar melindungi pakaian dari air liur maupun tumpahan makanan. 

Bahkan, leher dan dada anak pun mungkin juga dapat kotor karena makan akibat bib yang terlalu longgar.

3. Pilih bahan celemek sesuai dengan usia bayi

Usia bayi menentukan kuantitas air liur yang ia keluarkan. Pada usia 0-3 bulan, air liur yang dikeluarkan belum banyak. 

Jadi, carilah celemek yang memiliki fungsi untuk melindungi pakaian dari tumpahan susu.

Bib berbahan katun bisa jadi pilihan karena bahan ini mempunyai daya serap yang bagus sehingga mudah kering saat terkena tumpahan susu.

Untuk si kecil yang sudah berusia 4-6 bulan ke atas, kamu bisa memilih celemek makan bayi berbahan nilon, polyester, atau silikon. Bahan ini cenderung tahan air sehingga aman dari tumpahan air liur yang semakin banyak, minuman, dan makanan.

Selain itu, bib berbahan antiair juga lebih mudah dibersihkan.

Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa bahan nilon dan polyester mungkin saja dapat menimbulkan reaksi alergi kulit pada bayi yang sensitif. 

4. Pilih model bib bayi yang simpel

Model bib yang simple dan tidak terlalu banyak ornamen akan mengoptimalkan fungsinya dan tidak membuat bayi merasa terganggu saat menggunakannya. 

Rekomendasi celemek makan bayi terbaik

Berikut ini rekomendasi celemek makan (bib) bayi terbaik yang bisa kamu beli untuk buah hati tercinta:

1

Baby Safe Foldable Bib with Crumb Catcher

celemek makan bayiBaby Safe Foldable Bib with Crumb Catcher (sumber foto: babysafe.co.id)

Celemek bayi Baby Safe Foldable Bib with Crumb Catcher didesain untuk bayi yang baru mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI (MPASI). 

Material yang digunakan menjadikan ini sebagai celemek bayi waterproof alias antiair. Dengan begitu, kamu dapat membersihkannya dengan lebih mudah.

Selain itu, baby bib ini dilengkapi kantung dan mudah dilipat sehingga bisa dibawa bepergian.

Harga mulai dari Rp21.900

2

Babies First Silicone Baby BIB

celemek makan bayiBabies First Silicone Baby BIB (sumber foto: instagram @babiesfirst.id)

Celemek bayi silikon Babies First tersedia dalam berbagai motif hewan yang lucu sehingga dapat menarik perhatian si kecil.

Bahannya antiair dan aman untuk semua jenis kulit bayi. Kelebihan lainnya, pengait lehernya dapat disesuaikan dengan lingkar leher bayi.

 

Harga: Rp68.000

3

Miabelle Baby Bandana Bib Set

celemek makan bayiMiabelle Baby Bandana Bib Set

Nah, celemek makan bayi dari Miabelle Baby merupakan bib jenis bandana. Bahannya terbuat dari bahan handuk di bagian dalam, dan kaus di bagian depan. 

Bib bayi Miabelle mampu menyerap tumbahan air atau makanan dengan cepat. Celemek ini memiliki pengikat leher yang bisa disesuaikan dengan ukuran lingkar leher bayi.

 

Harga: Rp30.000

4

Lusty Bunny Baby Bib

celemek makan bayiLusty Bunny Baby Bib

Lusty Bunny Baby Lib dirancang untuk digunakan bayi usia 3-4 bulan, bahkan hingga usia 1 tahun. Bib bayi ini terbuat dari bahan katun yang mudah menyerap air. 

Selain itu, tali pengikatnya dapat diatur sesuai dengan lingkar leher buah hati kamu. Kamu juga bisa mendapatkannya dengan harga yang cukup terjangkau.

 

Harga: Rp19.040

5

Pigeon Disposable Baby Bibs

celemek makan bayiPigeon Disposable Baby Bibs (sumber foto: pigeon.co.id)

Pigeon Disposable Baby Bibs merupakan bib bayi sekali pakai. Produk ini cocok untuk digunakan saat kamu dan si kecil tengah bepergian sebab tak perlu repot-repot mencucinya.

Bahannya terbuat dari ultra-absorbent yang antibocor dan memiliki daya serap tinggi. Selain itu, pengikatnya berupa perekat sehingga lebih praktis saat dipasang maupun dilepas. 

 

Harga: Rp94.500 (isi 20 pcs)

6

Mom’s Care Scarf Bib

celemek makan bayiMom’s Care Scarf Bib

Mom’s Care Scarf Bib memiliki desain yang dapat menutupi leher secara melingkar 360 derajat. Bahannya lembut dan mudah menyerap air liur, dan tumpahan makanan maupun minuman.

 

Harga mulai dari Rp35.000

7

Cribcot Tux Slabber Bib

celemek makan bayiCribcot Tux Slabber Bib

Cribcot Tux Slabber Baby Bib memiliki desain yang unik, yakni menyerupai tuksedo sehingga sangat cocok digunakan untuk bayi laki-laki.

Celemek makan bayi ini terbuat dari bahan katun yang lembut dan mudah menyerap air. Pengaitnya berupa kancing dan ukurannya dapat disesuaikan dengan lingkar leher bayi.

 

Harga mulai dari Rp 109.900

8

IKEA KLADDIG Baby Bib

celemek makan bayiIKEA KLADDIG Baby Bib (sumber foto: ikea.co.id)

IKEA KLADDIG adalah bib bayi yang bentuknya tampak seperti baju bayi. Celemek makan ini bisa kamu pilih bila si kecil tidak nyaman dengan model biasa sehingga sering melepasnya.

Celemek bayi IKEA KLADDIG terbuat dari bahan polyester yang antiair. Produk ini cocok untuk bayi usia 6 bulan ke atas. 

Harga: Rp129.000

9

Nuby Catch All Bib

celemek makan bayiNuby Catch All Bib (sumber foto: mothercare.co.id)

Nuby Catch All Bib terbuat dari bahan polyethylene vinyl acetate (PEVA) yang antiair. Saat terkena tumpahan makanan, kamu cukup membersihkan celemek dengan tisu atau mengelapnya.

Hal ini tentu akan memudahkanmu dan tak perlu menstok terlalu banyak bib.

Harga mulai dari Rp23.700

10

BabyBjorn Soft Bib

celemek makan bayiBabyBjorn Soft Bib (sumber foto: mothercare.co.id)

Celemek makan bayi merek BabyBjorn dirancang memiliki kantung di bagian depannya yang berfungsi untuk menampung makanan yang jatuh. Bib ini adalah pilihan yang tepat untuk buah hati kamu yang baru mulai makan atau saat sesi pemberian finger food.

Bahannya terbuat dari silikon bebas BPA yang tahan terhadap air. Tali pengaitnya berbentuk mutiara dan dapat disesuaikan dengan lingkar leher bayi. 

Harga sekitar Rp199.000

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Bayi & MenyusuiIbu Dan AnakMakanan Bayi
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter