Beauty & Skincare

11 Pilihan Skincare Lokal untuk Kulit Sehat dan Glowing

09 Sep 2021|Nurul Rafiqua
Rekomendasi Skincare Lokal Terbaik untuk Kulit Sehat dan GlowingAda banyak brand skincare lokal asli indonesia yang kualitasnya tak kalah dengan merek luar

Beberapa tahun belakangan, skincare lokal berkembang dengan sangat pesat. Diiringi dengan kualitas bahan yang bagus dan teknik marketing yang mumpuni, skincare lokal saat ini dianggap mampu bersaing dengan skincare luar.

Skincare sendiri adalah produk perawatan kulit yang mencakup seluruh tubuh. Namun, pengembangan skincare lokal saat ini dirasa lebih menitikberatkan ke perawatan seputar wajah.

Skincare dalam perawatan wajah umumnya berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan menjauhkan kulit dari segala permasalahannya seperti kulit kusam, komedo atau jerawat. Selain itu, skincare juga bisa membuat hasil makeup lebih maksimal berkat kulit yang sehat.

Tahap penggunaan skincare

Untuk kamu yang pemula dalam dunia per-skincare-an, kamu bisa mulai dari proses basic skincare, yang terdiri dari 4 tahap, yakni :     

  • Cleansing atau mencuci muka. Kebanyakan pakar menyarankan kamu untuk melakukan double cleansing. Diawali dengan menggunakan cleansing balm atau cleansing oil untuk mengangkat makeup dan kotoran, dilanjutkan dengan cuci muka dengan sabun (facial wash) untuk membersihkan sisa debu halus dan sisa sebum.
  • Exfoliating atau toning. Exfoliating berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan merangsang produksi sel kulit baru. Sementara itu, toning untuk menyiapkan kulit untuk menerima produk selanjutnya.
  • Treatment, untuk menargetkan masalah kulit secara langsung. Produk yang biasa digunakan bisa berupa serum, essence, atau eye cream.
  • Moisturizing, untuk melembapkan kulit
  • Proteksi, melindungi kulit dari paparan UV matahari dengan sunscreen atau sunblock.

Rekomendasi brand skincare lokal terbaik

Sudah siap untuk merawat wajah agar lebih glowing? Beruntungnya kita tinggal di Indonesia yang memiliki banyak pilihan skincare lokal yang bagus dan murah. Penasaran apa saja mereknya? yuk, simak ulasan berikut.

1

Skin Dewi

Rekomendasi Skincare Lokal: Skin DewiSkin Dewi (sumber: skindewi.com)

Merek skincare lokal terbaik yang marak ditemukan di pasaran saat ini adalah Skin Dewi. Brand ini termasuk salah satu produsen skincare yang mengawali konsep organik dan natural.

Dengan bahannya yang alami, menjadikan produk ini aman untuk digunakan di semua jenis kulit, bahkan untuk yang berkulit sensitif.

Skin Dewi sendiri memiliki rangkaian skincare yang lengkap, mulai dari perawatan wajah hingga perawatan tubuh. Asyiknya lagi, brand ini juga menyediakan sesi konsultasi sebelum menentukan produk mana yang cocok untuk kamu pakai. Untuk ikut sesi konsultasinya, kamu bisa langsung akses di situs resminya.

Untuk range harga dari merek Skin Dewi ada di kisaran Rp200.000 hingga Rp900.000.

2

Avoskin

Rekomendasi Skincare Lokal: AvoskinAvoskin (sumber: avoskinbeauty.com)

Semua produk Avoskin memiliki konsep green beauty. Hal ini dibuktikan dengan pemilihan bahan baku dan kemasan yang ramah lingkungan untuk setiap produknya.

Selain itu, Avoskin juga berkomitmen untuk menghadirkan produk yang bebas alkohol, SLS, pewangi buatan, pengawet buatan (paraben), silikon dan juga no animal testing.

Salah satu produk dari Avoskin yang menjadi best-seller nya adalah PHTE, Perfect Hydrating Treatment Essence. PHTE diklaim sebagai dupe salah satu essence merk impor yakni SK-II. Meskipun teksturnya sangat ringan seperti air, tapi produk ini bisa melembapkan kulitmu dengan maksimal.

Rentang harga dari produk-produk Avoskin dibanderol seharga Rp35.000 hingga Rp448.000an

3

Elshéskin

Rekomendasi Skincare Lokal: ElshéskinElshéskin (sumber: elsheskin.com)

Elsheskin merupakan salah satu produk lokal yang dikenal dengan istilah cosmeceuticals, yakni kombinasi antara dari farmasi dan kosmetik. Sederhananya, produk ini memiliki khasiat seperti obat untuk segala macam masalah kulit. Namun, brand ini tetap aman digunakan untuk jangka waktu panjang karena tidak menimbulkan ketergantungan.

Produk dari Elshéskin memiliki rangkaian skincare dasar sesuai dengan jenis kulit seperti seri untuk kulit normal, sensitif, berminyak dan kering. Sedangkan untuk best-seller dari produk ini adalah variasi serum yang tersedia sesuai dengan kebutuhan kulitmu.

Salah satu yagn menjadi favorit adalah Radiant Skin Serum untuk mencerahkan kulit dan Anti-Aging Serum yang berfungsi mengatasi tanda-tanda penuaan dini.

Produk Elshéskin bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp52.800

4

Wardah

Rekomendasi Skincare Lokal: WardahWardah (sumber: wardahbeauty.com)

Wardah adalah salah satu brand yang pertama kali mengusung konsep halal beauty dan sampai sekarang masih menguasai pasar kosmetik halal.

Varian dari merek Wardah sangat beragam. Berbagai produknya hadir untuk menjawab semua masalah kulit mulai dari jerawat, kulit kusam hingga keriput dan garis halus.

Beberapa rangkaian skincare Wardah juga punya tema sendiri seperti rangkaian White Secret yang hadir untuk mencerahkan kulit, Renew You sebagai produk antiaging yang menyasar masalah penuaan dini, Hydra Rose untuk mengatasi kulit kering. Bahkan, saat ini Wardah juga merilis seri premium, yakni Wardah Crystallure.

Produknya mudah didapat, dari mulai swalayan besar hingga ke toko kosmetik tiap daerah.

5

Somethinc

Rekomendasi Skincare Lokal: SomethincSomethinc (sumber: somethinc.com)

Somethinc merupakan brand skincare lokal yang terus naik daun meski baru bergabung di 2019 yang lalu. Banyak beauty enthusiast yang menyamakan produk Somethinc ini dengan brand impor Amerika, yakni The Ordinary.

Somethinc hadir dengan perawatan kulit yang berkonsep clean beauty, dengan formulasi terbaik, teknologi terbaru dan sudah bersertifikat halal. Dengan semua kelebihan yang dimilikinya, hebatnya lagi produk-produk Somethinc tetap terjangkau dari segi harga.

Pada awal kemunculannya, Somethinc dikenal dengan serum Niacinamide 10% + Moisture Beet Serum-nya, yang hingga kini masih menjadi produk paling laku. Serum ini bermanfaat untuk kamu yang ingin mencerahkan kulit dan memudarkan dark spot seperti flek hitam bekas jerawat.

Lebih lanjut, Somethinc baru saja mengeluarkan cleansing balm yang diklaim bisa membersihkan wajah dari makeup dengan lebih cepat, selama 20 detik saja. Cleansing balm nya mengandung sejumlah kandungan yang bermanfaat untuk kulit sehat. Di antaranya adalah antioksidan Botanical Extracts, OMEGA 3-6-9, Vitamin A & E yang dapat meluruhkan seluruh makeup dan kotoran tanpa meninggalkan residu atau menimbulkan rasa perih.

Untuk serum dari Somethinc dihargai sekitar Rp89.000 hingga Rp125.000. Sedangkan untuk cleansing balm-nya dibanderol Rp45.000 untuk ukuran 5gr dan Rp149.000 untuk ukuran 40gr.

6

Sensatia Botanicals

Rekomendasi Skincare Lokal: Sensatia BotanicalsSensatia Botanicals (sensatia.com)

Sensatia Botanicals adalah brand skincare lokal asal pulau Dewata yang mengusung konsep natural. Produknya lengkap dari mulai perawatan wajah, badan hingga essential oil. Karena berbahan dasar alami, produk dari Sensatia Botanicals ini aman untuk semua jenis kulit, bahkan aman untuk ibu hamil dan menyusui.

Ada yang unik dari produk Sensatia Botanicals ini khusunya sheet mask. Sheet mask baru dari Sensatia Botanicals ini dibuat dari serat VEOCEL yang berasal dari kayu yang diproses sedemikian rupa sehingga menghasilkan lembaran masker yang ramah lingkungan karena dapat terurai dalam waktu beberapa minggu. Jenis masker ini juga diklaim dapat mengoptimalkan penyerapan serum ke dalam kulit.

Untuk produk baru dari Sensatia Botanicals ini dibandrol sekitar Rp144.000 untuk isi 8 lembar.

7

Votre Peau

Rekomendasi Skincare Lokal: Votre PeauVotre Peau (sumber: maharisbeauty.com)

Votre Peau merupakan salah satu brand skincare lokal yang dibuat oleh seorang dokter spesialis kulit. Votre Peau sendiri merupakan salah satu sub-brand dari Maharis Beauty.

Merk Votre Peau memang seperti merek luar negeri, tepatnya merek Prancis. Hal ini dikarenakan bahan-bahan dari formulasi skincare ini memang banyak didatangkan dari negeri tersebut.

Produk pertama yang diluncurkan Votre Peau adalah Vitamin C Serum yang bisa digunakan siang ataupun malam hari. Produk ini diklaim bisa mencerahkan wajah dan menghilangkan komedo.

Akhir-akhir ini ada lagi satu produk yang menjadi best-seller dari Votre Peau, yakni Votre Peau Brightening Essence. Bahkan kedua produk ini dijual secara bundling untuk menghasilkan kulit cerah maksimal, dengan harga Rp629.000

8

Lacoco

Rekomendasi Skincare Lokal: LacocoLacoco (sumber: lacoco.co.id)

Diproduksi di line yang sama dengan Avoskin, Lacoco muncul sebagai salah satu pilihan skincare lokal yang patut diperhitungkan. Pasalnya, produk Lacoco diformulasikan dari bahan-bahan alam terbaik.

Salah satu best-seller dari Lacoco adalah Watermelon Glow Mask yang sering dibilang dupe dari Glow Recipe Watermelon Glow Sleeping Mask.

Dari segi tekstur dan kandungan utamanya memang sama. Hanya saja,Lacoco diformulasikan dengan tambahan kandungan pisang dan rumput laut. Fungsinya sebagai sleeping-mask cukup menghidrasi dan melembapkan wajah, sehingga menghindari wajah tampak kering dan kusam saat bangun tidur.

Harga dari produk ini berkisar di Rp100.000 untuk kemasan 10ml dan Rp225.000 untuk kemasan 75ml.

9

Scarlett Whitening

Rekomendasi Skincare Lokal: Scarlett WhiteningScarlett Whitening (sumber: scarlettwhitening.com)

Scralett Whitening merupakan brand skincare yang dirilis oleh aktris Felicya Angelista. Merk ini terkenal dengan rangkaian body care nya, antara lain hand body dan body wash yang bisa mencerahkan kulit.

Merek Scarlett terkenal karena wangi losionnya yang segar dan semerbak. Tapi tak hanya itu, produk dari Scarlett juga dapat memberikan efek cerah seketika pada kulit.

Hal ini disebabkan kandungan Glutathione (Mother of Antioxidant) dan Vitamin E yang memang bagus untuk merawat kulit tubuh, dapat membantu menutrisi, melembapkan, serta mencerahkan kulit tubuh secara maksimal.

Produknya sendiri dibanderol seharga Rp75.000 untuk semua varian bodycare-nya.

10

Everwhite

 

Rekomendasi Skincare Lokal: EverwhiteEverwhite (sumber: everwhite.co.id)

Everwhite merupakan salah satu skincare lokal yang memfokuskan diri pada produk whitening. Bukan hanya produk untuk perawatan luar, seperti pelembab atau masker saja, Everwhite juga menghadirkan suplemen yang bisa merawat kulit dari dalam.

Salah satu best-seller dari Everwhite adalah rangkaian Everwhite Be Bright Face Series. Seri ini adalah paket lengkap dari Everwhite yang terdiri dari facial wash, day cream, night cream dan toner.

Keunggulan dari varian ini adalah kandungannya yang terdiri dari 4 bahan terbaik yakni kefir, kolagen, serta Glutathione, dan Arbutin.

Harga dari rangkaian ini berkisar Rp300.000-an

11

Harlette Beauty

Rekomendasi Skincare Lokal: Harlette BeautyHarlette Beauty (sumber: harlettebeauty.com)

Harlette Beauty disebut sebagai brand yang lahir dari hati, karena memang brand ini tercetus dari permasalahan pribadi sang founder, Valencia Nathania, yang awalnya bermasalah dengan jerawat.

Produk Harlette Beauty dibuat dari bahan dasar oatmilk yang bisa membantu meredakan permasalah kulit acne prone.

Salah satu yang menjadi produk unggulannya adalah Oatmilk Sleeping Mask. Produk ini disebut mampu memperbaiki skin barrier agar kulit lebih sehat. Selain itu, ada juga produk yang mengandung watermelon untuk memberi hidrasi pada kulit.

Produk sleeping mask dari Harlette Beauty dapat kamu beli di kisaran Rp185.000 untuk 30gr.

Perawatan KulitProduk KecantikanKosmetik

Cosrx. https://www.cosrx.id/cosrxacademy
Diakses pada 27 Agustus 2021

Avoskin Beauty. https://www.avoskinbeauty.com/
Diakses pada 27 Agustus 2021

Elsheskin. https://www.elsheskin.com/
Diakses pada 27Agustus 2021

Wardah. https://www.wardahbeauty.com/
Diakses pada 27Agustus 2021

Somethinc. https://somethinc.com/
Diakses pada 27Agustus 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email