Mom & Baby

10 Rekomendasi Botol Susu Bayi dan Cara Memilihnya

09 Mar 2021|Nina Hertiwi Putri
Rekomendasi botol susu bayi terbaik bisa terbuat dari kaca, plastik, maupun silikonRekomendasi botol susu bayi bisa dipilih berdasarkan bahan botol dan dotnya

Saat memilih botol susu untuk bayi, orang tua perlu tahu jenis yang paling tepat. Sebab, setiap botol susu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Ada orang tua yang lebih suka dengan botol plastik, tapi ada juga yang lebih memilih botol dari kaca.

Tak hanya bahan botol, bentuk dotnya pun dapat berpengaruh pada cara Si Kecil mendapatkan susunya.
Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat memilih botol susu bayi dan rekomendasinya.

Cara memilih botol susu bayi

Saat memilih botol susu untuk bayi, kamu biasanya akan dihadapkan dengan dua macam pilihan, yaitu botol yang terbuat dari kaca dan yang terbuat dari plastik. Lantas, mana yang paling baik? Ini perbandingannya.

• Botol susu dari kaca

  • Kelebihan: bisa tahan lebih lama (lebih awet), dan bisa disterilkan tanpa harus khawatir rusak karena panas, sehingga kerap dianggap lebih steril.
  • Kekurangan: lebih berat untuk digenggam bayi dan bisa pecah jika jatuh.

• Botol susu dari plastik

  • Kelebihan: ringan untuk dipegang, tidak mudah rusak saat jatuh.
  • Kekurangan: sulit disterilkan dengan panas dan mudah rusak oleh kondisi lain (selain karena jatuh).

Selain memilih tipe botol yang akan digunakan, orang tua juga perlu memperhatikan bentuk dotnya. Dot bayi biasanya terbuat dari karet atau silikon.

Kini, bentuk dot yang ada pada botol susu bayi sudah sangat beragam dan sebagian besar sudah mengikuti bentuk dari puting payudara sehingga bayi bisa menyusu dengan lebih baik dan diharapkan tidak bingung puting saat kembali menyusu secara langsung.

Untuk mengetahui tipe dot bayi yang paling cocok dengan Si Kecil, orang tua biasanya harus mencoba beberapa tipe hingga menemukan bentuk yang bisa membuat anak paling nyaman.

Setiap anak bisa memiliki preferensi yang berbeda-beda, jadi jangan heran kalau jenis dot yang dipilih Si Kecil berbeda dari bayi-bayi sepantarannya.

Perhatikan juga ukuran dotnya. Sebab seiring bertambahnya usia, biasanya bayi perlu penyesuaian ukuran yang berbeda.

Rekomendasi botol susu bayi

Setelah mengetahui hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam membeli botol susu untuk bayi, berikut ini beberapa rekomendasi yang bisa kamu pilih.

1

Vitaflow

Rekomendasi botol susu bayi Vitaflow botol susu bayi multifungsiVitaflow botol susu bayi multifungsiCek Sekarang

Vitaflow botol susu bayi tersedia dalam berbagai ukuran dan desain yang bisa disesuaikan dengan kondisi Si Kecil.

Botol susu ini pun bisa berperan multifungsi, karena selain dapat menjadi media menyusui buah hati, botol Vitaflow juga dapat digunakan untuk menyimpan atau menampung ASI perah serta disatukan dengan breast pump berbagai merek yang memiliki leher standar.

Terbuat dari polypropelene (PP) yang bebas dari BPA, botol susu dari Vitaflow dapat dipanaskan hingga suhu 120 derajat celcius. Selain itu, botol ini juga dapat disimpan di freezer saat digunakan untuk menampung ASI perah.

Harga: Rp40.000 untuk 1 botol ukuran 140 ml size S

2

ChuChu Nursing Bottle Wide Type

Rekomendasi botol susu bayi ChuChu Nursing Bottle Wide TypeChuChu botol susu bayi dengan leher lebarCek Sekarang

ChuChu botol susu tipe lebar, memiliki bentuk botol dan dot sesuai payudara ibu. Oleh karena itu, saat menyusu, bayi akan mendapatkan kenyamanan ekstra.

Botol ini terbuat dari Super Premium Medical Grade PPSU Material yang tahan hingga suhu 180 derajat Celcius dan dapat digunakan selama 2 tahun selama kondisi botol masih baik.

ChuChu botol susu cocok untuk semua usia dari bayi yang baru lahir hingga anak-anak karena teknologi antikolik dan antisedaknya membuat air susu hanya keluar saat anak melakukan gerakan menyedot, dan susu akan tetap berada di dalam botol jika gerakan tersebut berhenti.

Dotnya terbuat dari High Quality Soft Silicone yang tidak mudah sobek dan tidak membuat area rongga mulut Si Kecil terasa sakit.

Harga: Rp195.000 untuk ukuran 165 ml

3

ChuChu Nursing Bottle Slim Type

Rekomendasi botol susu bayi ChuChu Nursing Bottle Slim TypeChuChu botol susu bayi cocok untuk anak yang rewel dan aktifCek Sekarang

Jika Si Kecil lebih nyaman menggunakan botol susu yang ukurannya kecil, ChuChu Nursing Bottle juga tersedia dalam tipe Slim. Botol ini dinilai cocok untuk digunakan pada buah hati yang masih suka rewel dan lebih mudah dibawa saat bepergian.

Masih dibuat dari Super Premium Medical Grade PPSU Material, botol ini juga tahan dipanaskan hingga suhu 180 derajat Celcius. Desainnya yang dibuat secara khusus membuat susu yang ada di dalam botol tidak mudah tumpah meski botol berbalik.

Harga: Rp145.000 untuk ukuran 150 ml

4

Pigeon Botol Susu Kaca

Rekomendasi botol susu bayi Pigeon Botol Susu KacaPigeon botol susu kaca tahan suhu panas saat disterilkanCek Sekarang

Botol susu kaca dari Pigeon aman untuk bayi karena tidak mengandung BPA dan menggunakan tinta food grade. Terbuat dari bahan kaca Brosillicate, botol susu ini tahan untuk disteriliasasi pada suhu panas hingga 120 derajat Celcius.

Dot peristaltic slim neck yang jadi satu paket dengan botolnya dibuat dari karet silikon lembut dan elastis serta sama-sama tahan panas hingga 120 derajat Celcius sehingga tidak rusak saat harus disterilisasi.

Harga: Rp130.000 untuk 1 botol ukuran 120 ml

5

Huki Baby Botol Susu

Rekomendasi botol susu bayi Huki Baby Botol SusuHuki Baby Botol Susu cocok untuk bayi 3-6 bulanCek Sekarang

Huki baby botol susu diperuntukkan untuk bayi usia 3-6 bulan dengan bentuk yang bundar dan mudah dicuci. Material propilen yang menjadi bahan dasar pembuatannya, terbukti tahan panas sehingga mudah untuk disterilkan dan tidak akan mudah rusak saat jatuh.

Agar aman untuk digunakan Si Kecil, botol susu dari HUKI Baby juga bebas BPA.
Dotnya yang berbentuk orthodentik terbuat dari silikon lembut sehingga nyaman untuk disedot bayi.

Harga: Rp 22.000 untuk 1 botol ukuran 120 ml

6

Sweety Baby Glass Bottle

Rekomendasi botol susu bayi Sweety Baby Glass BottleBotol susu bayi Sweety baby glass bottle mudah dibersihkanCek Sekarang

Sweety Baby Glass Bottle yang memiliki leher lebar, sehingga membuat botol ini menjadi lebih mudah dibersihkan dan mempermudah saat menyiapkan susu.

Meski terbuat dari kaca, namun botol susu ini dilapisi juga dengan pelindung karet silicon sehingga memiliki kelebihan ganda yaitu tidak mudah rusak dan pecah apabila terjatuh serta tahan panas, membuatnya mudah untuk disterilkan.

Dilengkapi dengan anticolic technology, risiko udara masuk ke dalam botol dan menyebabkan bayi tersedak pun akan berkurang.

Harga: Rp90.000 untuk 1 botol ukuran 150 ml

7

MAM Anticolic Bottle

Rekomendasi botol susu bayi MAM Anticolic BottleMAM anticolic bottle bisa digunakan oleh bayi baru lahirCek Sekarang

MAM anticolic bottle adalah botol susu yang dapat digunakan oleh bayi berusia 0 bulan ke atas. Botol ini juga bebas BPA, sehingga aman digunakan bayi segala usia.

Desainnya yang dibuat sedemikian rupa, memungkinkan buah hati bisa minum dengan kecepatannya sendiri. Hal ini membuat risiko bayi mengalami kembung dan gumoh setelah minum susu, bisa berkurang.

Dotnya berbahan silikon yang lembut sehingga terasa nyaman di mulut bayi. Dilengkapi tutup yang bentuknya disesuaikan dengan bentuk dot, membuat risiko dot cepat kotor dan mudah tumpah menjadi lebih kecil.

Harga: Rp107.000 untuk 1 botol ukuran 260 ml

8

MAM Trainer Cup Spout Plus Teat

Rekomendasi botol susu bayi MAM Trainer Cup Spout Plus TeatMAM trainer cup bisa untuk latihan minum sendiriCek Sekarang

Untuk Si Kecil yang sedang belajar menggenggam dan minum sendiri, MAM Trainer Cup bisa menjadi pilihan yang cocok. Botol susu ini dapat digunakan untuk bayi berusia 4-6 bulan dan pegangannya didesain khusus agar lebih mudah digenggam oleh tangan mungil bayi.

Kamu bisa melepas dan memasang pegangan di trainer cup ini dengan berbagai botol MAM. Botol ini dirancang agar antitumpah, karena seperti yang kita tahu, bayi di usia ini sedang aktif-aktifnya.

Orang tua juga tidak perlu khawatir karena botol susu ini terbuat dari bahan yang aman dan bebas BPA.

Harga: Rp109.000 untuk 1 botol ukuran 220 ml

9

Philips Avent Bottle Natural

Rekomendasi botol susu bayi Philips Avent Bottle NaturalPhilips Avent Bottle Natural bentuknya menyesuaikan payudara asli (sumber foto: instagram @philips.avent.indonesia)

Philips Avent Bottle Natural adalah botol susu yang dapat digunakan untuk bayi segala usia, bahkan untuk bayi yang baru lahir. Dotnya yang berbentuk seperti payudara asli, membuat proses menyusu akan terasa alami bagi bayi.

Tingkat aliran susu yang keluar juga bisa disesuaikan dengan usia pertumbuhan bayi.
Dengan tutup antikolik dan bentuknya yang dirancang khusus bisa mencegah terjadinya kebocoran saat menyusu.

Harga: Rp110.000 untuk 1 botol ukuran 260 ml

10

Comotomo

Rekomendasi botol susu bayi comotomoBotol susu bayi comotomo dibuat dari medical grade silicon (sumber foto: instagram @comotomo_id)

Comotomo adalah botol susu bayi yang keseluruhannya terbuat dari bahan medical grade silicon tahan panas hingga suhu 180 derajat Celcius. Lekukan botol dan dotnya yang menyerupai payudara membuat bayi lebih mudah menyesuaikan diri sehingga tidak bingung puting.

Teknologi antikoliknya membuat bayi bisa menyusu tanpa harus menelan banyak udara, sehingga Si Kecil tidak mudah kembung dan sakit perut.

Karena konsistesinya yang elastis dan lembut, botol ini aman untuk dipegang sendiri oleh bayi dan tidak mudah rusak meski terjatuh.

Harga: Rp280.000 untuk 1 botol ukuran 150 ml

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Bayi & MenyusuiAsi EksklusifSusuAsi PerahSusu Formula

WebMD. https://www.webmd.com/parenting/baby/choosing-a-bottle#1
Diakses pada 9 Maret 2021

Toko SehatQ. toko.sehatq.com
Diakses pada 9 Maret 2021

Philips. https://www.philips.co.id/id/c-m-mo/dot-botol-bayi
Diakses pada 9 Maret 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter