Gym & Sport

Rekomendasi Botol Minum Sepeda Terbaik untuk Gowes Anti Haus

19 May 2021|Nurul Rafiqua
Rekomendasi Botol Minum Sepeda untuk Gowes Anti HausBotol minum sepeda didesain khusus dengan beberapa fitur yang dapat menambah kenyamanan saat bersepeda

Botol minum sepeda mungkin adalah salah satu gear bersepeda yang sering dianggap tidak begitu esensial. Padahal kebutuhan asupan air selama bersepeda harus senantiasa dijaga agar terhindar dari dehidrasi. Salah satu upaya untuk mewujudkannya adalah dengan siap sedia air minum dalam botol minum sepeda.

Lantas, apa bedanya botol minum sepeda dengan botol minum biasa? Botol minum sepeda yang didesain khusus untuk sepeda biasanya menawarkan beberapa fitur yang dapat menambah kenyamanan saat bersepeda. Misalnya, botol minum sepeda memiliki bentuk yang sesuai untuk ditempelkan pada sepeda dengan berat yang jauh lebih ringan, mulut botol yang lebih praktis untuk mengucurkan air, hingga memiliki kemampuan untuk menjaga air tetap dingin.

Tips memilih botol minum sepeda yang bagus

Sebelum membeli botol minum sepeda, ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan, antara lain:

  • Bahan botol minum sepeda

Pilih bahan botol minum yang aman, misalnya botol minum yang terbuat dari bahan poliester, polikarbonat, polietilena, polipropilena, besi (stainless steel) atau alumunium.

  • Label BPA-Free pada botol minum plastik

Tanda BPA-Free pada botol minum menandakan bahwa botol bebas dari kandungan BPA atau Bisphenol A (BPA). Senyawa kimia adalah salah satu bahan yang dipakai dalam membuat botol plastik. Fungsinya adalah untuk membuat botol tidak mudah rusak saat terjatuh juga membuat tampilan botol terlihat lebih jernih. Sayangnya, ketika terkena panas BPA dapat akan memuai dan berisiko terhadap kesehatan tubuh.

  • Mudah dibersihkan

Sebisa mungkin pilih botol minum yang diameternya cukup lebar agar botol dapat dengan mudah dibersihkan sampai ke dasarnya.

Setelah mengetahui fungsi dan tips memilih botol sepeda yang bagus, tertarik untuk membelinya? Sebagai rekomendasi botol minum sepeda yang bagus, berikut SehatQ rangkumkan daftarnya.

1

Botol Sepeda Pacific

Rekomendasi Botol Sepeda terbaik: botol minum PacificBotol Sepeda Pacific (sumber: pacific-bike.com)

Botol minum Pacific ini adalah botol minum berbahan dasar stainless steel dan PVC. Botol ini memiliki desain yang simpel tapi elegan. Botol ini juga dilengkapi dengan tutup anti debu sehingga kamu tidak usah khawatir bakal kemasukan debu ketika minum dengan menggunakan botol ini. Botol minum sepeda ini juga terasa nyaman digenggam saat bersepeda, jadi tidak akan mengganggu performa kamu saat gowes. Satu hal yang disayangkan, pilihan warna dari botol minum ini tidak banyak, hanya tersedia warna merah dan hitam saja.

Harga produk : Mulai dari Rp 39.000

2

Botol Sepeda Polygon Alpines 550 ml

Rekomendasi Botol Sepeda terbaik: Botol Sepeda Polygon Alpines 550 mlBotol Sepeda Polygon Alpines 550 ml

Botol minum Polygon Alpines 550 ini hadir dengan warna putih transparan yang memanjakan mata sehingga tidak saja akan menjaga hidrasi kamu saat bersepeda, tapi menambah kesan stylish saat kamu melekatkannya pada sepeda. Meski berbahan dasar plastik, tapi botol ini akan selalu menjaga kesegaran air yang kamu bawa karena sudah dipastikan kandungannya 100% BPA Free. Botol minum ini juga cukup ringan, bobotnya hanya 81 gr sehingga cocok banget buat dibawa kemanapun, termasuk saat kamu bersepeda.

Harga produk : Mulai dari Rp 17.000

3

Botol Minum New B

Rekomendasi Botol Sepeda terbaik: Botol Minum New BBotol Minum New B

Botol minum New B ini didesain dengan warna yang transparan, jadinya kamu bisa melihat kapasitas air di dalamnya dengan lebih jelas. Selain sudah dipastikan BPA Free, botol minum ini juga memiliki kelebihan tersendiri di bagian fitur spray nozzle. Komponen dari botol ini memungkinkan kamu bisa dengan mudah meminum air berkat semprotan yang dihasilkan oleh nozzle tersebut. Jika hari sedang panas-panasnya ketika bersepeda, kamu juga dapat menyemprotkan air ke wajah dengan nozzle ini sehingga sensasi segar bisa langsung terasa.

Harga produk : Mulai dari Rp 35.000

4

Botol Minum Giant

Rekomendasi Botol Sepeda terbaik: Botol Minum GiantBotol Minum Giant

Untuk kamu yang suka bersepeda jarak jauh dan dengan durasi bersepeda yang panjang, seperti bersepeda ke luar kota atau ke pegunungan, botol minum Giant bisa menjadi pilihan yang tepat. Pasalnya, botol minum Giant ini memiliki kapasitas hingga 750 ml, lebih banyak menampung air dibandingkan botol minum lainnya.

Selain itu, botol minum Giant ini memiliki teknologi easy squeeze yang memudahkan kamu untuk minum air hanya dengan menekan bagian badan botol. Produk ini juga aman kamu gunakan karena botol minum ini dijamin BPA Free. Meski daya tampung air di dalamnya besar, namun bentuknya tetap compact dengan kebanyakan sepeda, baik itu road bike maupun mountain bike.

Harga produk : Mulai dari Rp 20.000

5

Botol Minum CamelBak

Rekomendasi Botol Sepeda terbaik: Botol Minum CamelBakBotol Minum CamelBak

Untuk kamu yang suka minum air dingin saat bersepeda, Tim SehatQ punya rekomendasinya, yakni botol minum CamelBak. Fitur insulasi dari botol minum ini mampu menjaga suhu air tetap dingin meski sudah didiamkan lama atau suhu di luar sedang panas.

Selain itu, botol minum CamelBak ini juga dilengkapi dengan tutup botol anti bocor, jadi tak perlu khawatir jika ingin dimasukkan ke tas atau saku belakang baju sepeda. Botol minum ini juga punya sudah punya  fitur easy squeeze, minum jadi lebih mudah. Di samping itu, botol minum CamelBak ini dilengkapi dengan fitur jet valve, yakni fitur yang dapat membuat aliran air yang kamu minum akan terkontrol sedemikian rupa, jadinya air tidak akan luber saat kamu minum.

Harga produk : Mulai dari Rp 110.000

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email