Makan Sehat

Rekomendasi Beras Hitam yang Kaya Serat dan Antioksidan

23 Feb 2021|Bayu Galih Permana
Beras hitam merupakan jenis beras yang punya antioksidan dan serat tinggi.Beras hitam kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung.

Kebanyakan orang selama ini lebih memilih untuk mengonsumsi beras putih dan beras merah sebagai sumber karbohidrat. Beras hitam kerap dianaktirikan karena memiliki tampilan warna yang kurang menggugah selera.

Di balik tampilan yang mungkin aneh untuk sebagian orang, beras hitam ternyata mempunyai sejumlah keunggulan dibandingkan jenis beras lain. Dibanding beras putih, merah, dan cokelat, beras hitam lebih kaya akan kandungan serat dan protein.

Dalam 100 gram beras hitam, kamu bisa mendapatkan asupan nutrisi seperti 4,9 gram serat, 8,5 gram protein, dan 3,5 miligram zat besi. Tidak hanya itu, jenis beras ini juga mengandung berbagai macam antioksidan seperti flavonoid, antosianin, asam fenolik, serta tokoferol.

Kandungan nutrisi dan antioksidan yang terdapat di dalamnya membuat beras hitam baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Konsumsi beras jenis ini secara rutin bisa membantu mengurangi risiko kamu terkena diabetes, mengendalikan kolesterol, memperlancar pencernaan, dan menurunkan berat badan.

Berikut ini 7 produk beras hitam yang direkomendasikan oleh SehatQ:

Rekomendasi beras hitam menurut SehatQ:

1

Beras hitam Botanik

Beras hitam organik yang baik untuk kesehatanBeras hitam BotanikCek Sekarang

Beras hitam Botanik ditanam dan dirawat dengan cara organik. Beras ini diproduksi oleh para petani di Lombok Kulon, Bondowoso dan ditanam dengan menggunakan pupuk kandang atau olahan alami, bukan pupuk maupun pestisida kimia.

Produk ini dijual dalam kemasan 1 kilogram. Untuk mendapatkan beras yang telah bersertifikasi internasional ini, kamu cukup merogoh kocek mulai dari Rp35.000.

2

Beras hitam Mlatiharjo

Beras hitam organik yang baik untuk kesehatanBeras hitam MlatiharjoCek Sekarang

Beras yang diproduksi oleh KSU Citra Kinaraya ini dibudidayakan secara organik. Itu artinya, beras hitam Mlatiharjo tidak terkontaminasi oleh pestisida berbahan kimia. Selain itu, petani juga mengairi tanaman padi dengan air yang steril.

Beras hitam Mlatiharjo tersedia dalam kemasan 1 kilogram. kamu cukup mengeluarkan uang mulai dari Rp28.000 untuk bisa merasakan manfaat kesehatan dari konsumsi jenis beras ini.

3

Beras hitam Sidomulyo "RHT"

Beras hitam organik yang baik untuk kesehatanBeras hitam Sidomulyp "RHT"Cek Sekarang

Beras hitam Sidomulyo “RHT” adalah produk beras yang diolah para petani di lereng Gunung Merapi. Diproduksi secara organik, beras ini tidak memakai pestisida berbahan kimia dalam perawatannya. Selain itu, pengairan dilakukan menggunakan air jernih dari pegunungan yang mengandung humus vulkanik.

Produk ini tersedia dalam kemasan 2 kilogram. kamu dapat membeli beras hitam Sidomulyo “RHT” dengan harga terjangkau, yaitu mulai dari Rp64.000.

4

Beras hitam Seblang Banyuwangi

Beras hitam organik yang baik untuk kesehatanBeras hitam Seblang BanyuwangiCek Sekarang

Produk beras organik ini berasal dari varietas khusus yang hanya ada di Banyuwangi. Beras hitam Seblang Banyuwangi sendiri telah melewati tahap pengujian Laboratorium Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan Fakultas Institut Pertanian Bogor.

Beras hitam yang telah dipasarkan di pasar lokal dan internasional ini dijual dalam kemasan 1 kilogram. kamu bisa mendapatkan produk ini dengan harga mulai dari Rp35.000.

5

Beras hitam OCJ

Beras hitam organik yang baik untuk kesehatanBeras hitam OCJCek Sekarang

Beras hitam OCJ merupakan produk yang telah mendapatkan sertifikasi organik. Itu artinya, para petani tidak menggunakan pupuk atau pestisida berbahan kimia ketika menanam dan merawat tanaman padi. Proses budidayanya dilakukan dengan cara alami, khususnya saat membasmi hama dan serangga.

Produk ini tersedia dalam kemasan 1 kilogram. Untuk merasakan khasiatnya bagi kesehatan, kamu bisa membeli beras hitam OCJ dengan harga mulai dari Rp38.000.

6

Beras hitam Dua Tani

Beras hitam organik yang baik untuk kesehatanBeras hitam Dua TaniCek Sekarang

Dua Tani adalah produk beras premium yang termasuk jenis long-grain.  Konsumsi beras ini dapat membantu mengontrol kadar gula darah, mencegah kanker  serta menjaga kesehatan jantung.

Tanpa menggunakan pewangi dan pengawet, beras hitam Dua Tani tersedia dalam kemasan 1 kilogram. kamu bisa mendapatkan produk ini dengan merogoh kocek mulai dari Rp37.000.

7

Beras hitam Cempo Ireng

Beras hitam organik yang baik untuk kesehatanBeras hitam Cempo Ireng (Bukalapak/Empy Wempy)

Beras hitam Cempo Ireng dibudidayakan oleh para petani di Sleman, Yogyakarta. Produk ini ditanam dan dirawat dengan cara alami. Sama seperti beras hitam lain, konsumsi beras hitam ini dapat membantu memperlancar pencernaan, mengontrol berat badan, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Produk ini tersedia di pasaran dalam kemasan 5 kilogram. kamu bisa membeli beras hitam Cempo Ireng dengan harga mulai dari Rp96.000.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Makanan SehatMakanan DietSeratAntioksidan

Toko SehatQ. https://toko.sehatq.com/
Diakses pada 23 Februari 2021

Bappeda Banyuwangi. https://bappeda.banyuwangikab.go.id/ebook/wp-content/uploads/flipbook/27/files/basic-html/page37.html
Diakses pada 23 Februari 2021

Litbang Pertanian. http://www.litbang.pertanian.go.id/artikel/238/pdf/Mengenal%20Beras%20Hitam%20dari%20Bantul.pdf
Diakses pada 23 Februari 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter