Beauty & Skincare

Rekomendasi Bedak untuk Kulit Berminyak Lengkap dengan Tips Memilihnya

Ada berbagai macam merek bedak untuk kulit berminyak yang bisa dipilihBedak untuk kulit berminyak harus memiliki formula bebas minyak dan noncomedogenic

Pemilik kulit berminyak mungkin kerap mengalami kesulitan saat memilih bedak untuk kulit berminyak. Padahal, penggunaan bedak yang tepat bisa membantu mengurangi tampilan minyak di wajah.

Jika sampai salah memilih bedak untuk wajah berminyak, wajah bisa tampak semakin mengilap, bahkan rentan menimbulkan jerawat. Lantas, bagaimana cara memilih bedak yang bagus untuk kulit berminyak?

Adakah rekomendasi bedak untuk kulit berminyak yang bisa dipilih? Yuk, baca selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Cara memilih bedak yang cocok untuk kulit berminyak

Memilih bedak yang cocok untuk kulit berminyak bisa dibilang gampang-gampang susah. Apakah kamu juga mengalami masalah ini?

Ya, kulit berminyak biasanya memiliki produksi minyak alami atau sebum berlebih sehingga membuat tampilan wajah tampak berkilau.

Maka dari itu, pemilik kulit berminyak perlu menghindari kandungan bahan aktif tertentu dalam produk riasan wajah yang rentan menimbulkan jerawat.

Berikut adalah cara memilih bedak yang tepat untuk kulit berminyak.

1. Pilih formula bebas minyak dan noncomedogenic

Salah satu cara memilih bedak yang cocok untuk kulit berminyak adalah pilih formula bebas minyak (oil-free) dan noncomedogenic pada label kemasannya.

Itu artinya, bedak tersebut tidak menimbulkan kilap pada wajah sekaligus tidak rentan menyumbat pori-pori.

Dengan demikian, kemunculan jerawat yang rentan dialami kulit berminyak bisa dicegah.

2. Cari bedak yang memberikan tampilan matte

Bedak yang memberikan tampilan matte akan menampilkan kesan wajah yang bersih dan bebas dari minyak.

Jenis bedak ini mampu mengendalikan produksi minyak berlebih untuk sementara waktu.

Sebaiknya, hindari bedak yang membuat tampilan wajah tampak berkilau atau bercahaya.

Pasalnya, bedak tersebut justru membuat kulit kamu jadi semakin berminyak.

3. Gunakan bedak tabur

Pemilihan bedak yang digunakan tentunya memiliki peran yang besar dalam memberikan tampilan riasan wajah yang sempurna. Ada dua jenis bedak yang bisa beredar di pasaran, yakni bedak tabur dan bedak padat.

Pada dasarnya, kedua bedak ini berfungsi untuk mengunci foundation yang telah digunakan sebelumnya agar tampilan make up lebih tahan lama.

Namun, bagi pemilik kulit berminyak mungkin akan lebih cocok menggunakan bedak tabur. Pasalnya, bedak tabur memiliki tekstur yang lebih halus dibandingkan bedak padat.

Bedak tabur bekerja lebih baik dalam menyerap minyak yang ada di wajah sehingga bisa lebih mudah menyatu dengan garis-garis halus dan kerutan di wajah. Sedangkan, bedak padat memiliki lebih banyak minyak yang terkandung di dalamnya.

Bila digunakan pada kulit berminyak, tampilan wajah akan semakin berminyak atau mengilap. Selain itu, tampilan wajah kamu bisa terlihat lebih cakey.

Meski demikian, bedak padat dapat bekerja lebih baik untuk menyembunyikan noda serta membantu meratakan warna kulit yang tidak merata.

4. Perhatikan kandungan bahan aktif di dalamnya

Beberapa produk make up untuk kulit berminyak, termasuk bedak, umumnya mengandung bahan aktif yang mampu mencegah munculnya iritasi kulit dan jerawat. Misalnya, asam salisilathyaluronic acid, mineral, dan sulfur. 

Jika kamu sedang menggunakan obat asam salisilat untuk jerawat dalam rutinitas harian perawatan kulit berminyak, hindari penggunaan bedak untuk kulit berminyak atau produk make up lain yang juga mengandung bahan aktif ini. 

Cara menggunakan bedak tabur untuk kulit berminyak

Setelah mengetahui tips memilih bedak yang bagus untuk kulit berminyak maka kamu perlu menggunakan produk make up ini dengan tepat. 

Ya, jangan sampai sudah memilih bedak yang cocok untuk kulit berminyak, tetapi salah menggunakannya sehingga masalah kulit berminyak semakin parah, bahkan menimbulkan jerawat.

Adapun cara menggunakan bedak tabur untuk kulit berminyak adalah sebagai berikut 

1. Selalu gunakan primer wajah terlebih dahulu

Cara membuat bedak untuk wajah berminyak tahan lama di kulit, harus didahului dengan penggunaan primer. Primer make up dirancang khusus dengan mengombinasikan manfaat skincare dan kosmetik. 

Dengan demikian, fungsi primer adalah membantu melembapkan kulit sekaligus membuat hasil make up menjadi sempurna dan tahan lama. 

Pada wajah berminyak, penggunaan primer dapat mengendalikan produksi minyak sekaligus membuat hasil akhir make up menjadi matte.

Kamu  bisa menggunakan primer pada area wajah, terutama pada area T-zone, seperti dahi, hidung, dan dagu, sebelum menggunakan foundationconcealer, dan bedak untuk wajah berminyak.

2. Pakai kuas atau spons make up

Saat menggunakan bedak tabur untuk kulit berminyak, selalu gunakan kuas atau spons khusus bedak. Pastikan kamu tidak mengaplikasikannya secara berlebihan atau terlalu tebal.

Bila perlu, kamu  cukup menaburkan bedak pada area wajah yang produksi minyaknya berlebih, seperti area T wajah.

Penggunaan bedak tabur untuk kulit berminyak yang berlebihan atau terlalu tebal bisa menyebabkan butiran bubuk bedak menempel di spons dan membuat tampilan wajah tampak cakey

Selain terlihat tidak indah secara estetika, memulas bedak tebal-tebal justru akan memaksa pori-pori mengeluarkan lebih banyak minyak ke permukaan wajah. Akibatnya, wajah akan semakin berkilau.

Rekomendasi bedak untuk kulit berminyak

Ada berbagai rekomendasi bedak untuk kulit berminyak di pasaran. Kalau kamu belum menemukan produk yang cocok, berikut kami pilihkan rekomendasi bedak untuk kulit berminyak terbaik yang bisa jadi pilihan.

1

Marcks Bedak Creme

Marcks Bedak Creme adalah pilihan bedak untuk kulit berminyakMarcks Bedak Creme 40 grCek Sekarang

Siapa yang tidak kenal dengan bedak Marcks? Ya, bedak legendaris yang jadi produk kesayangan banyak wanita Indonesia ini ternyata baik digunakan oleh kulit berminyak, bahkan kulit berjerawat.

Bedak Marcks untuk kulit berminyak memiliki bubuk halus dengan formula ringan yang tidak hanya membantu menyempurnakan tampilan make up kamu sehari-hari.

Namun, juga dapat mengontrol produksi minyak berlebih di wajah dan mencegah timbulnya jerawat.

Kandungan bahan aktif dalam bedak Marcks untuk kulit berminyak baik untuk mendukung kesehatan kulitmu. Sebut saja, asam salisilat, zinc stearate, pati jagung, titanium dioxide, dan zinc oxide.

Dengan demikian, kulit wajah bisa lebih sehat, serta bebas minyak dan jerawat.

Kamu bisa mendapatkan Marcks Bedak Creme di sejumlah minimarket, hypermarket, hingga toko online terpercaya mulai dari Rp13.410,00 (ukuran 40 gram).

2

Pixy UVW Loose Powder

Bedak untuk kulit berminyak dari Pixy UVW Loose Powder ada tiga warnaPixy UVW Loose Powder (Sumber: Pixy Cosmetics)

Cari bedak yang bagus untuk kulit berminyak merek lokal lainnya? Bedak tabur Pixy UVW Loose Powder mungkin bisa jadi pilihan.

Formula bedak yang ringan dan lembut membuat bedak ini mampu menyerap produksi minyak berlebih pada wajah secara efektif. Tak hanya itu, kulit wajah tampak lebih halus alami.

Kandungan minyak jojoba di dalamnya juga dapat membantu menjaga kelembapan kulit. Dengan demikian, kulit kamu bisa terasa lembap, segar, dan bebas kilap.

Bedak Pixy untuk kulit berminyak ini tersedia dalam 3 varian warna berbeda yang bisa kamu pilih, yakni ivory, natural beige, dan yellow beige.

Kamu bisa mendapatkan bedak tabur Pixy UVW Loose Powder ini mulai dari Rp31.000,00 di sejumlah minimarket, hypermarket, atau toko online terpercaya.

3

Wardah Everyday BB Shine Free Loose Powder

Wardah juga merilis bedak untuk kulit berminyak dalam seri Wardah Everyday BB Shine Free Loose PowderWardah Everyday BB Shine Free Loose Powder (Sumber: Wardah Beauty)

Sebagai salah satu merek kecantikan terkemuka di Indonesia, Wardah juga merilis bedak tabur untuk kulit berminyak dalam seri Wardah Everyday BB Shine Free Loose Powder.

Sesuai namanya, bedak yang bagus untuk kulit berminyak ini mampu mengendalikan produksi minyak berlebih di wajah berkat kandungan oil absorber di dalamnya yang mengandung jutaan micropores. Wajahmu pun bisa jadi tampak halus, lembut, dan segar.

Pori-pori wajahmu juga diklaim bisa mengecil bila menggunakan Wardah Everyday BB Shine Free Loose Powder secara rutin.

Bentuk kemasannya yang kecil cukup memudahkan kamu untuk membawanya ke mana pun.

Dapatkan bedak Wardah Everyday BB Shine Free Loose Powder di sejumlah hypermarket dan toko online terpercaya mulai dari Rp58.000,00.

4

YOU Crystal Loose Setting Powder 

Bedak untuk kulit berminyak merek lokal lainnya adalah YOU Crystal Loose Setting PowderYOU Crystal Loose Setting Powder (Sumber: YOU Make Ups)

Bedak untuk kulit berminyak merek lokal lainnya adalah YOU Crystal Loose Setting Powder.

Bedak tabur dengan hasil matte ini mampu menyerap minyak berlebih di wajahmu sehingga riasan bisa tahan sepanjang hari.

Kandungan ekstrak licorice di dalamnya dipercaya dapat mencegah pigmentasi dan menjaga kulit tetap lembut.

Kamu bisa menggunakan bedak yang bagus untuk kulit berminyak ini ke seluruh area wajah menggunakan puff, sponge, atau kuas bedak.

Menariknya, kamu bisa menggunakan bedak YOU untuk kulit berminyak ini setelah atau tanpa foundation sama sekali.

Dapatkan YOU Crystal Loose Setting Powder di hypermarket atau toko online terpercaya dengan harga sekitar Rp69.000,00.

5

Innisfree 'No Sebum' Mineral Powder

Salah satu rekomendasi bedak untuk kulit berminyak adalah Innisfree 'No Sebum Mineral Powder'Innisfree 'No Sebum' Mineral Powder (Sumber: Innisfree)

Salah satu rekomendasi bedak untuk kulit berminyak adalah Innisfree 'No Sebum Mineral Powder'.

Dari namanya saja sudah jelas tergambarkan bahwa bedak ini mampu mengontrol sebum atau minyak alami pada kulit. Jadi, sangat cocok digunakan buat kamu yang berkulit berminyak ataupun berjerawat.

Innisfree ‘No Sebum’ Mineral Powder dibuat dengan formula double oil-control. Komposisi mineral alami yang dikombinasikan dengan mint membuat kulit lebih sehat dan bebas minyak sepanjang hari.

Dari segi tekstur, serbuk bedak berwarna putih ini sangat halus dan ringan saat dipulaskan ke kulit wajah.

Meski begitu, ia mampu menahan minyak setara dengan kertas minyak yang biasa digunakan untuk menyerap minyak berlebih pada muka sekaligus menyamarkan pori-pori dengan baik.

Produk ini hadir dalam kemasan berukuran 5 gram di dalam compact terpisah dari penutup, serta dilengkapi puff yang lembut.

Tertarik mencobanya? Kamu bisa memperoleh bedak untuk kulit berminyak dari brand asal Korea Innisfree melalui toko offline dan sejumlah toko online mulai dari Rp90.000 (ukuran 5 gram)

6

Make Over 'Silky Smooth Translucent Powder'

Bedak untuk kulit berminyak dari Make Over bisa memberikan hasil yang halus dan natural.Make Over 'Silky Smooth Translucent Powder' (Sumber: Make Over)

Bedak Make Over untuk kulit berminyak ini memberikan hasil yang halus dan natural.

Teksturnya yang powdery atau bubuk mampu menjaga kulitmu yang berminyak agar tetap matte serta menyerap kelebihan minyak di wajah.

Kandungan pelembap dalam Make Over ‘Silky Smooth Translucent Powder’ pun bisa melembapkan dan menjaga hidrasi kulit dengan baik.

Di samping itu, high performance particle powder-nya tidak menyumbat pori-pori walaupun bisa menahan produksi sebum dengan level yang maksimal.

Untuk memperoleh manfaat yang optimal, gunakan bedak Make Over untuk kulit berminyak menggunakan kuas khusus bedak.

Make Over Silky Smooth Translucent Powder tersedia dalam 5 varian warna, yaitu porcelain, rosy, champagne, toffee, dan snow.

Make Over 'Silky Smooth Translucent Powder' bisa didapat dengan harga sekitar Rp120.000,00.

7

Maybelline 'Fit Me Matte + Poreless Powder'

Maybelline 'Fit Me Matte + Poreless Powder' merupakan bedak untuk kulit beminyak yang favoritMaybelline 'Fit Me Matte + Poreless Powder' (Sumber: Maybelline Indonesia)

Maybelline 'Fit Me Matte + Poreless Powder' merupakan seri favorit para penggemar make up.

Bedaknya selalu mendapatkan review yang baik dari para penggiat kecantikan luar dan dalam negeri.

Selain hasilnya yang matte di wajah, bedak yang cocok untuk kulit berminyak ini bisa membuat wajah halus dengan efek tanpa pori-pori yang diklaim bertahan selama 16 jam.

Maybelline 'Fit Me Matte + Poreless Powder' dijual sekitar Rp159.000,00.

8

Nars Soft Velvet Loose Powder 

Nars Soft Velvet Loose Powder merupakan bedak untuk kulit berminyak yang tahan lamaNars Soft Velvet Loose Powder (Sumber: Nars Cosmetics)

Nars Soft Velvet Loose Powder merupakan bedak untuk kulit berminyak yang tak hanya berfungsi untuk ‘mengunci’ foundation agar tahan lama. Sebab, wajah juga terasa tidak berminyak dan anti kilap setelah menggunakannya.

Selain itu, tampilan pori-pori besar dan kerutan halus pun bisa diminimalisir dengan Nars Soft Velvet Loose Powder.

Bedak yang cocok untuk kulit berminyak ini bisa didapatkan lewat toko online terpercaya dengan harga sekitar Rp500.000,00.

9

NYX Mineral Finishing Powder

Salah satu bedak yang cocok untuk kulit berminyak adalah terbuat dari mineralNYX Mineral Finishing Powder (Sumber: NYX Cosmetics)

Salah satu bedak yang cocok untuk kulit berminyak adalah terbuat dari mineral.

Sebab, kandungan mineral disebut mampu mencegah minyak di wajah sehingga memberikan tampilan yang alami di wajah.

Kamu bisa memperoleh NYX Mineral Finishing Powder di gerai resminya dengan harga sekitar Rp200.000,00.

Makeup Untuk Kulit BerminyakMakeupKulit BerminyakKulit Dan KecantikanProduk Kecantikan

How Stuff Works. https://lifestyle.howstuffworks.com/style/makeup/face/loose-powder-vs-pressed1.htm
Diakses pada 14 April 2021

American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/skin-care-basics/oily-skin
Diakses pada 31 Agustus 2021

American Academy of Dermatology. https://www.aad.org/makeup
Diakses pada 31 Agustus 2021

WebMD. https://www.webmd.com/beauty/features/oily-skin-how-to-make-makeup-last
Diakses pada 31 Agustus 2021

Style Craze. https://www.stylecraze.com/articles/compact-which-one-to-use/#gref
Diakses pada 31 Agustus 2021

Style Caster. https://stylecaster.com/beauty/loose-or-pressed-powder/
Diakses pada 31 Agustus 2021

Everyday Health. https://www.everydayhealth.com/products/reviews/best-makeup-oily-acne-prone-skin/
Diakses pada 31 Agustus 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email