Lifestyle

Rekomendasi Alat Tes Gula Darah yang Akurat dan Tips Memilihnya

08 Jun 2021|Nina Hertiwi Putri
Alat tes gula darah yang bagus antara lain GlucoDr dan FamilyDrAlat tes gula darah yang bagus bisa mengukur dengan akurat dan awet

Memiliki alat tes gula darah sendiri di rumah, terutama bagi para pengidap diabetes, akan sangat membantu untuk mengontrol kadar gula darah dan mencegahnya naik berlebihan. Dengan mengukurnya secara teratur, kamu bisa mendapatkan gambaran soal kondisi kesehatan yang lebih menyeluruh.

Kadar gula darah sangat bisa naik turun, tergantung dari makanan yang dikonsumsi, aktivitas fisik yang dilakukan, tingkat stres, hingga obat yang sedang diminum. Jadi kalau kamu hanya mengukurnya sesekali, bisa saja hasilnya kurang menggambarkan kondisi kesahatanmu secara menyeluruh.

Jika kamu atau keluarga ada yang sudah didiagnosis menderita diabetes atau gula darah tinggi, maka memiliki alat cek gula darah yang bagus dan akurat sangat diperlukan.

Tips memilih alat cek gula darah terbaik

Alat tes gula darah disebut sebagai glucometer atau glucose meter dan saat ini sudah sangat banyak jenis yang tersedia di pasaran. Lantas, bagaimana cara mengetahui mana yang paling bagus? Ini tips memilihnya.

• Pilih yang mudah digunakan dan disimpan

Dari sekian banyak alat tes gula darah yang tersedia, sebagian bisa lebih mudah digunakan dibandingkan dengan yang lainnya. Jadi, saat kamu memilih pastikan sudah memahami cara pakainya.

Perhatikan cara memasang strip, jenis strip yang digunakan, jumlah sampel darah yang dibutuhkan untuk tes, hingga cara membersihkannya.

• Ketahui fitur-fitur tambahan yang dibutuhkan

Alat tes gula darah ada yang dibuat dengan beberapa fitur tambahan yang mungkin kamu butuhkan, seperti audio yang akan menyebutkan hasil pengukuran, hingga layar yang lebih lebar sehingga lebih mudah dilihat.

Beberapa juga dibuat dengan fitur bisa menyimpan hasil pengukuran yang lebih lengkap karena menyertakan waktu rinci pengukuran dan rentang kadar gula darah dalam jangka waktu tertentu.

Sebagian lainnya ada yang bisa dihubungkan ke aplikasi khusus di ponsel pintar.

• Sesuaikan dengan budget

Terakhir, tentu kamu perlu memilih yang sesuai dengan budget yang sudah disediakan. Alat tes gula darah dengan fitur yang lebih sederhana biasanya harganya akan lebih murah, namun jika itu sudah memenuhi kebutuhan, maka tentu tidak ada salahnya untuk memilih alat tersebut.

Rekomendasi alat tes gula darah dan harganya

Setelah mengetahui tips memilihnya, kini saatnya kamu melihat beberapa rekomendasi alat tes gula darah yang bisa dipilih.

1

GlucoDr AGM-4000

Rekomendasi alat tes gula darah yang bagus salah satunya GlucoDr AGM-4000GlucoDr AGM-4000 bisa menyimpan hingga 500 hasil pengukuranCek Sekarang

GlucoDr AGM-4000 adalah alat tes gula darah yang memiliki fitur cukup lengkap dan mudah digunakan. Alat ini bisa menyimpan hingga 500 hasil pengukuran dari lima orang berbeda.

Selain itu, sampel yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil juga tidak banyak, hanya 0,5 mikroliter. Rentang pengukurannya luas, yaitu dari 10 hingga 900 mg/dL. Sehingga kondisi gula darah yang terlalu tinggi atau rendah bisa terdeteksi dengan baik.

Alat ini dijual sekaligus dengan strip pengukurannya, sehingga kamu tidak perlu membelinya secara terpisah.

Harga: Rp660.000

2

FamilyDr Blood Glucose Monitor ABM-513S

Rekomendasi alat tes gula darah yang bagus salah satunya FamilyDr Blood Glucose Monitor ABM-513SFamilyDr Blood Glucose Monitor ABM-513S bisa disambungkan ke aplikasiCek Sekarang

Alat tes gula darah yang satu ini memiliki fitur bluetooth sehingga bisa disambungkan ke perangkat ponsel pintar. Alat ini bisa terhubung langsung dengan aplikasi sehingga kamu bisa melihat hasilnya dengan catatan yang lebih lengkap.

Alat ini memiliki rentang pengukuran yang cukup luas yaitu 20-600 mg/dL dengan waktu pengukuran hanya 5 detik. Dengan memori yang dapat menyimpan hingga 500 pengukuran, kamu bisa dengan mudah melihat grafik nilai gula darah dalam jangka waktu tertentu.

Harga: Rp550.000

3

Sinocare Safe AQ Voice

Rekomendasi alat tes gula darah yang bagus salah satunya Sinocare Safe AQ VoiceSinocare Safe AQ Voice punya fitur voice reminderCek Sekarang

Sinocare Safe AQ Voice dilengkapi dengan fitur voice reminder yang akan membacakan hasil pengukuran secara jelas. Fitur ini berguna untuk pasien yang kesulitan membaca tulisan di layar akibat gangguan penglihatan ataupun penyebab lainnya.

Hasil pemeriksaan akan keluar 10 detik setelah pemeriksaan. Alat ini bisa menyimpan 10 hasil pemeriksaan dan baterainya tahan digunakan hingga 1.000 kali pemakaian.

Fitur strip ejectornya memungkinkan orang yang mengukur bisa dengan mudah melepas strip tanpa terkena darah yang ada di atas strip.

Harga: Rp327.000

4

Easy Touch Device

Rekomendasi alat tes gula darah yang bagus salah satunya Easy Touch DeviceEasy Touch Device adalah alat tes gula darah sekaligus kolesterol dan asam uratCek Sekarang

Easy touch device adalah alat yang bisa mengukur gula darah sekaligus kolesterol dan asam urat. Stripnya ada tiga jenis, tergantung dari pemeriksaan apa yang ingin kamu lakukan dan semuanya terjual terpisah.

Alat sangat membantu untuk mengetahui kondisi tubuh secara lebih menyeluruh, tak hanya gula darah saja.
Untuk menggunakannya, kamu perlu memasang chip di belakang alat yang warnanya sudah disesuaikan dengan fungsi sesuai keinginan.

Harga: Rp185.000 (belum termasuk strip)

5

Benecheck Plus 3 in 1

Rekomendasi alat tes gula darah yang bagus salah satunya Benecheck Plus 3 in 1Benecheck Plus 3 in 1 tahan digunakan hingga 1.000 kali pemakaianCek Sekarang

Benecheck Plus 3 in 1 adalah alat yang bisa mengukur kadar gula darah, asam urat, dan kolesterol sekaligus. Alat ini baik untuk memantau kondisi kesehatan karena bisa menyimpan 460 hasil pengukuran dan baterainya tahan hingga 1.000 kali pemakaian.

Hasil tes akan keluar 1 detik setelah pengukuran dan jarum disposable yang terdapat sebagai bagian dari alat ini membuat pengambilan sampel darah sangat praktis dan tidak sakit.

Harga: Rp370.000

6

Accu-Chek Active Device

Rekomendasi alat tes gula darah yang bagus salah satunya Accu-Chek Active DeviceAccu-Chek Active Device bisa mengukur gula darah hanya dalam 5 detikCek Sekarang

Alat tes gula darah selanjutnya adalah Accu-Check Active Device yang memiliki fitur dan tampilan yang modern. Hasil pengukuran akan keluar dalam lima detik setelah pengukuran.

Alat ini hanya bisa digunakan untuk mengukur sampel darah yang diteteskan ke strip dari merek yang sama. Jadi kalau kamu memiliki strip pengukur gula darah selain Accu-Check, maka tidak bisa dipakai ke dalam alat ini.

Harga: Rp840.000

7

Nesco Kit Multi Check

Rekomendasi alat tes gula darah yang bagus salah satunya Nesco Kit Multi CheckNesco Kit Multi Check punya multifungsiCek Sekarang

Nesco Kit bisa digunakan untuk mengukur gula darah sekaligus asam urat dan kolesterol di rumah dengan mudah.

Dalam satu tas alat, dilengkapi dengan buku panduan yang jelas, chip yang dipakai sesuai kebutuhan, dan lanchet alias jarum pengambil sampel darah. Jadi, alat ini memang mudah disimpan dan dibawa berpergian.

Harga: Rp281.300

DiabetesGula DarahDiabetes Melitus Tipe 1Diabetes Melitus Tipe 2

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/diabetes/in-depth/blood-glucose-meter/art-20046335
Diakses pada 4 Juni 2021

SehatQ. toko.sehatq.com
Diakses pada 4 Juni 2021

 

 

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter