Gym & Sport

Perkuat Otot Bahu dan Lengan dengan 5 Rekomendasi Alat Pull Up Ini

04 Oct 2021|Bayu Galih Permana
Alat pull up berkualitas kurangi risiko cedera saat latihanLatihan dengan alat pull up bantu perkuat otot

Pull up merupakan salah satu jenis latihan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Jenis latihan ini dapat membantu melatih persendian, meningkatkan stamina, hingga memperkuat otot lengan, bahu, maupun punggung.

Untuk mendapatkan manfaat tersebut, pastikan kamu memahami cara melakukan latihan ini dengan benar. Selain itu, pastikan juga menggunakan alat pull up atau pull up bar berkualitas, sehingga risiko cedera bisa dicegah.

Cara melakukan latihan pull up dengan benar

Manfaat pull up untuk tubuh memang sangat beragam, namun semuanya baru bisa diperoleh jika kamu melakukannya dengan benar. Jika dilakukan secara sembarangan, bukan manfaat yang akan didapatkan, melainkan cedera.

Berikut ini cara melakukan latihan pull up dengan benar:

  1. Pastikan alat untuk pull up dipasang pada ketinggian yang tepat (tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu pendek).
  2. Berdiri di bawah tiang pull up dengan posisi kaki selebar bahu.
  3. Lompat dan genggam pull up bar dengan posisi telapak tangan menghadap ke depan.
  4. Rentangkan tangan di alat pull up, kemudian tekuk lutut dan silangkan pergelangan kaki untuk menjaga keseimbangan tubuh.
  5. Tarik napas dalam, lalu angkat tubuh hingga posisi dagu setara dengan pull up bar.
  6. Pertahankan posisi selama beberapa saat, kemudian turun secara perlahan sambil menghembuskan napas. Pastikan kamu turun hingga posisi siku lurus sepenuhnya.
  7. Ulangi gerakan tersebut sebanyak yang diinginkan. Jaga agar kaki tidak menyentuh lantai saat mengulang gerakan.

Rekomendasi alat pull up untuk perkuat otot 

1

Potence Wall Mounting Pull Up Bar

Rekomendasi alat pull up yang bagusPotence Wall Mounting Pull Up Bar (Sumber foto: Potence)

Potence Wall Mounting Pull Up Bar merupakan alat pull up yang dipasang di tembok. Alat untuk pull up ini menggunakan bahan besi yang kokoh dan kuat. Selain itu, pemakaian grip foam juga membuat genggaman saat latihan jadi lebih nyaman dan tidak mudah slip.

Bisa menahan beban hingga 150 kg, pastikan tembok yang digunakan untuk memasang alat ini benar-benar kuat, sehingga tidak rubuh atau lepas ketika dipakai latihan. Alat pull up di tembok dari Potence ini dijual dengan harga mulai Rp200.000.

2

Kettler Pull Up Bar

Rekomendasi alat pull up yang bagusKettler Pull Up Bar (Sumber foto: Kettler)

Jika kamu tidak ingin merusak tembok rumah hanya untuk memasang alat pull up, produk dari Kettler ini bisa dijadikan pilihan. Kettler Pull Up Bar adalah alat bantu pull up yang dapat kamu pasang di kusen pintu.

Dapat dipakai untuk kusen pintu berukuran 64 hingga 96 cm, tiang pull up ini mampu menahan beban hingga 100 kg. Kamu bisa membeli Kettler Pull Up Bar dengan harga mulai Rp180.000.

3

Svarga Premium Pull Up Bar

Rekomendasi alat pull up yang bagusSvarga Premium Pull Up Bar (Sumber foto: Svarga Yoga)

Svarga Premium Pull Up Bar merupakan tiang pull up baja yang bisa dipasang dengan mudah pada kusen pintu. Alat ini dilengkapi dengan pegangan busa di sepanjang tiangnya, sehingga kamu dapat menjalani latihan dengan nyaman.

Alat pull up di pintu dari Svarga ini bisa direntangkan di kusen pintu dengan jarak 85 hingga 130 cm. Harga tiang pull up ini dibanderol mulai Rp255.000. Kamu juga bisa membeli ukuran 65-100 cm untuk harga yang lebih terjangkau.

4

Svarga Wall Mounted Pull Up Bar

Rekomendasi alat pull up yang bagusSvarga Wall Mounted Pull Up Bar (Sumber foto: Svarga Yoga)

Alat pull up di tembok ini menggunakan bahan baja, sehingga kualitasnya tidak perlu diragukan lagi. Lebih aman dibanding pull up bar yang dipasang di kusen pintu, Svarga Wall Mounted Pull Up Bar dapat menahan beban hingga 250 kg.

Untuk memasangnya, pastikan alat untuk pull up ini dipasang pada tembok yang kokoh. Harga alat pull up dari Svarga ini dijual mulai Rp1.000.000.

5

SFIDN FITS Pull Up Bar

Rekomendasi alat pull up yang bagusSFIDN FITS Pull Up Bar (Sumber foto: SFIDN FITS)

SFIDN FITS Pull Up Bar merupakan salah satu tiang pull up besi yang praktis, karena dapat dipasang pada kusen pintu. Bisa menahan beban hingga 150 kg, alat ini juga dilengkapi busa anti-slip, sehingga tetap nyaman saat digenggam.

Alat pull up dari SFIDN FITS ini tersedia dalam dua ukuran, 62-100 cm dan 80-130 cm, yang dapat disesuaikan dengan jarak kusen pintu masing-masing. Harga pull up bar ini dibanderol mulai Rp198.000.

OlahragaLatihan Fisik

Very Well Fit. https://www.verywellfit.com/pullup-bar-exercises-for-upper-body-strength-3120735
Diakses pada 4 Oktober 2021

Svarga. https://therepublicofsvarga.com/
Diakses pada 4 Oktober 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email