Makan Sehat

Rekomendasi Air Fryer Terbaik untuk Menggoreng Makanan Tanpa Minyak

14 May 2021|Bayu Galih Permana
Memilih air fryer terbaik harus mempertimbangkan banyak halAir fryer lebih sehat dari penggorengan biasa karena bisa menggoreng tanpa minyak

Air fryer tengah menjadi alat masak yang diminati oleh banyak orang. Alat masak ini dinilai lebih sehat dari penggorengan biasa karena kamu bisa merasakan sensasi menikmati makanan yang digoreng tanpa harus pusing memikirkan kandungan minyak di dalamnya.

Cara kerja air fryer adalah dengan mengalirkan udara panas yang ada di sekitar makanan untuk memasak dan menciptakan sensasi renyah layaknya gorengan. Hal tersebut tentunya membuat makanan yang dimasak menjadi lebih rendah kalori dan lemak dibandingkan dengan diolah memakai teknik menggoreng biasa.

Manfaat memasak menggunakan air fryer

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, penggunaan minyak bisa diminimalkan jika kamu memasak dengan menggunakan air fryer. Hal tersebut membuat alat masak ini menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan.

Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari memasak menggunakan air fryer, antara lain:

  • Membantu menurunkan berat badan

Makanan yang digoreng menggunakan minyak dan penggorengan biasa cenderung punya kandungan kalori dan lemak lebih tinggi. Menggoreng menggunakan air fryer meminimalisir hal tersebut, sehingga asupan kalori dan lemak yang masuk ke dalam tubuh bisa dipangkas.

  • Lebih aman digunakan daripada deep fried

Dibanding penggorengan biasa, alat masak ini tentunya lebih aman untuk digunakan. Kamu tak perlu khawatir akan terkena cipratan minyak ketika menggoreng makanan. Risiko minyak tumpah ketika memasak pun juga bisa dihindari.

  • Penurunan risiko terpapar akrilamida

Air fryer mengurangi risiko paparan akrilamida. Akrilamida sendiri adalah zat beracun yang terbentuk ketika makanan digoreng dengan minyak atau panas tinggi. Menurut penelitian, senyawa ini dikaitkan dengan peningkatan risiko perkembangan beberapa jenis kanker, mulai dari payudara, esophagus, hingga ovarium.

  • Mengurangi risiko penyakit akibat konsumsi makanan yang digoreng atau berminyak

Makanan yang digoreng menggunakan minyak dan panas tinggi meningkatkan risiko penyakit. Risiko penyakit tersebut dapat diminimalkan ketika kamu memasak memakai air fryer karena tidak perlu menggoreng menggunakan minyak.

Meski punya banyak keunggulan dibandingkan penggorengan biasa, bukan berarti alat masak ini tidak memiliki kekurangan. Kelemahan air fryer dibanding penggorengan biasa antara lain waktu menggoreng yang lebih lama. Selain itu, jumlah makanan yang bisa digoreng pun lebih sedikit karena kapasitasnya terbatas.

Rekomendasi air fryer  yang berkualitas

1

Mito DigiFry AF 1

Air fryer terbaik untuk menggoreng makanan tanpa minyakMito DigiFry AF 1 (Sumber foto: Mito)

Mito DigiFry AF 1 adalah salah satu air fryer terbaik di kelasnya. Berkapasitas 4 liter, alat masak ini membantu mengurangi kadar lemak makanan hingga 90 persen. Makanan yang dihasilkan pun akan terasa renyah di luar namun lembut pada bagian dalam.

Selain itu, penggunaan Mito DigiFry AF 1 juga tidak membuat tagihan listrik bulanan jadi jebol. Air fryer ini memiliki watt paling kecil dengan kebutuhan daya sebesar 650 watt dan bisa memasak sampai suhu maksimal mencapai 200 derajat Celcius. Air fryer terbaik di kelasnya ini dijual dengan harga mulai Rp999.000.

2

Air Fryer Philips HD 9218

Air fryer terbaik untuk menggoreng makanan tanpa minyakAir Fryer Philips HD 9218 (Sumber foto: Philips)

Alat penggorengan tanpa minyak dari Philips ini menggunakan Rapid Air Technology, sehingga memungkinkan untuk menciptakan makanan yang renyah pada bagian luar namun tetap lembut di dalam. Air Fryer Philips HD 9218 diklaim dapat mengurangi kadar lemak makanan mencapai 80 persen dibandingkan penggorengan biasa.

Untuk menggunakannya, Air Fryer Philips HD 9218 butuh daya sebesar 1.425 watt. Produk air fryer dari Philips ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp1.400.000.

3

Air Fryer Oxone OX-277

Air fryer terbaik untuk menggoreng makanan tanpa minyakAir Fryer Oxone OX-277 (Sumber Foto: Oxone Indonesia)

Dilengkapi dengan pemanggang yang berputar, Oxone OX-277 dapat memasak lebih merata dibanding air fryer biasa. Kelemahan air fryer biasa yaitu kamu perlu membolak-balik makanan tiap hitungan waktu tertentu untuk mendapatkan kematangan yang merata.

Kamu juga bisa melihat wujud makanan yang tengah digoreng menggunakan udara karena mempunyai wadah penggorengan tembus pandang. Butuh daya mencapai 1.200 watt untuk menggunakannya, alat ini bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp1.500.000.

4

Air Fryer Mini Oxone

Air fryer terbaik untuk menggoreng makanan tanpa minyakAir Fryer Mini Oxone (Sumber foto: Oxone World)

Air Fryer Mini Oxone dilengkapi dengan teknologi Rapid Air Circulate System, yang diklaim bisa menggoreng makanan dengan lebih cepat tetapi tetap hemat listrik. Panas yang dihasilkan alat masak ini terbilang tinggi, yaitu mencapai 280 derajat dengan kebutuhan daya sebesar 1.000 watt.

Air fryer ini juga dilengkapi dengan filter penyaring asap dan bau, sehingga terasa lebih nyaman untuk dipakai memasak. Jika kamu berkeinginan untuk membelinya, Air Fryer Mini Oxone dijual dengan harga mulai Rp1.500.000.

5

Air Fryer Strogen Lumino

Air fryer terbaik untuk menggoreng makanan tanpa minyakAir Fryer Strogen Lumino (Sumber foto: Strogen)

Disematkan Rapid Air Technology di dalamnya, alat ini diklaim dapat mengurangi 85 persen lemak ketika memasak. Kapasitas yang bisa ditampung oleh Air Fryer Strogen Lumino pun terbilang besar, yaitu mencapai 4,2 liter.

Selain menggoreng, air fryer ini juga dilengkapi fitur yang bisa mempertahankan suhu makanan setelah memasak. Air Fryer Strogen Lumino bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp1.200.000.

6

Air Fryer Strogen Compact

Air fryer terbaik untuk menggoreng makanan tanpa minyakAir Fryer Strogen Compact (Sumber foto: Strogen)

Strogen Compact merupakan salah satu air fryer terbaik dengan harga yang sangat terjangkau. Membutuhkan daya sebesar 1.000 watt, alat ini bisa menghasilkan panas mencapai 200 derajat Celcius. Namun, kapasitasnya terbilang cukup kecil karena hanya 1,8 liter saja.

Air Fryer Strogen Compact dijual mulai Rp700,000 saja. Meski murah, fitur-fitur yang ditawarkan air fryer ini tidak kalah dengan produk-produk dengan harga yang lebih mahal.

7

Air Fryer Russell Hobbs Brooklyn

Air fryer terbaik untuk menggoreng makanan tanpa minyakAir Fryer Russell Hobbs Brooklyn (Sumber foto Russell Hobbs)

Russell Hobbs Brooklyn adalah air fryer dengan kapasitas besar, yaitu mencapai 5 liter. Selain punya kapasitas yang besar, alat ini diklaim dapat  memasak 80 persen lebih cepat dibanding produk sekelasnya.

Air Fryer Russell Hobbs Brooklyn memerlukan daya sebesar 1.350-1.650 watt untuk digunakan. Untuk mendapatkan air fryer dengan sejumlah fitur unggulan ini, kamu perlu merogoh kocek cukup dalam, yaitu mulai Rp3.999.000.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Makanan SehatMakanan DietMakanan Tidak Sehat

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/324849
Diakses pada 14 Mei 2021

WebMD. https://www.webmd.com/food-recipes/air-fryers
Diakses pada 14 Mei 2021

Strogen. https://strogen.net/products/
Diakses pada 14 Mei 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter