Gym & Sport

Gemar Main Bulu Tangkis, Berikut Merek Raket Badminton Terbaik yang Bisa Kamu Pilih

05 May 2021|Ade Irawan
Pilihan raket badminton terbaik untuk menggeluti hobiLebih andal di lapangan dengan raket badminton terbaik

Sebagai negara bulu tangkis, olahraga yang satu ini tentunya sangat populer di Indonesia. Kamu bisa dengan mudah menemukan lapangan bulu tangkis di setiap perumahan, perkampungan, hingga gelanggang olahraga. Hal ini pun membuat raket badminton jadi alat olahraga yang banyak dicari juga.

Raket badminton menjadi perlengkapan yang paling penting saat beraksi di atas lapangan. Permainan kamu akan sedikit-banyak terpengaruh dari raket yang digunakan.

Untuk itu, kamu perlu memilih raket badminton terbaik yang sesuai dengan gaya permainanmu. Simak cara memilih raket badminton di bawah ini.

Cara memilih raket badminton terbaik

Tidak semua raket badminton cocok digunakan oleh semua orang. Tentunya ada pertimbangan sebelum membeli raket badminton terbaik. Simak cara memilih raket badminton yang cocok di bawah ini:

1. Melihat kelenturannya

Kelenturan raket badminton juga akan memengaruhi pukulan kamu. Ada tiga jenis kelenturan yang bisa kamu pilih, yaitu medium, stiff, dan extra stiff. Pilihan medium cocok untuk para pemain bertahan yang terbiasa menerima smash keras. Semakin kokoh raket, semakin agresif juga permainan.

2. Memilih grip yang cocok

Grip atau pegangan raket juga perlu diperhatikan saat memilih raket. Pegangan ini harus disesuaikan dengan telapak tangan kamu. Inilah ukuran grip raket badminton:

  • G2 (4 inci)
  • G3 (3,75 inci)
  • G4 (3,5 inci)
  • G5 (3,35 inci)

3. Memerhatikan titik keseimbangan raket

Titik keseimbangan raket berfungsi untuk memberikan dorongan saat memukul shuttlecock. Kamu dapat memilih raket yang terasa berat, namun bisa menciptakan daya yang lebih besar saat memukul. Untuk para pemain cepat, tentunya kamu perlu memilih raket dengan titik keseimbangan yang lebih kecil.

Rekomendasi merek raket badminton terbaik

Merek raket badminton di pasaran pun sangat banyak dan beragam. Berikut beberapa rekomendasi raket badminton yang bisa kamu pilih untuk menggeluti hobi bulu tangkis.

1

Raket Badminton Yonex

Yonex merupakan raket badminton terbaikRaket Yonex merupakan pilihan banyak atlet profesional

Merek yang satu ini sudah puluhan tahun dipercaya oleh atlet badminton internasional. Produsen peralatan olahraga asal Jepang ini membawa teknologi terbaik dalam sebuah raket badminton. Kamu akan memiliki kontrol yang baik untuk kecepatan shuttlecock yang diharapkan.

Raket Yonex punya bobot yang ringan dengan grip yang kuat. Setiap pukulan yang dilakukan tidak akan membuat tenaga kamu terkuras saat melakukan pukulan keras dan juga menyilang.

Pilihan raket Yonex pun cukup beragam. Kamu bisa mendapatkan raket biasa untuk digunakan saat memulai hobi. Ada juga raket Yonex pro untuk yang sudah mulai serius menjalani hobi badminton.

2

Raket Badminton Flypower

Raket badminton terbaik asal IndonesiaFlypower pilihan raket badminton asli Indonesia

Salah satu produk dalam negeri ini juga pantas untuk diperhitungkan. Merek Flypower merupakan besutan legenda badminton Indonesia, Hariyanto Arbi. Flypower didirikan pada 2002 dan sudah ambil bagian dalam berbagai ajang badminton internasional hingga sekarang.

Lini produk raket Flypower juga banyak dan bervariasi. Sebagian besar raket menggunakan bahan grafit ringan yang akan membantu para atlet saat menggunakannya. Untuk urusan harga, raket Flypower punya banderol harga mulai dari Rp250 ribu—Rp3 juta.

3

Raket Badminton Lining

Raket badminton Li Ning jadi pilihan untuk memulai hobiLi Ning pun lini produk badminton yang cukup lengkap

Lining merupakan merek perlengkapan olahraga yang memiliki banyak lini produk, salah satunya badminton. Raket badminton Li Ning juga menggunakan bahan carbon graphite yang ringan. Namun, setiap raketnya bisa menciptakan pukulan keras karena bahannya yang solid.

Raket Li Ning juga menggunakan teknologi aerotec beam system dan dynamic optimum frame. Dengan dua fitur ini, raket Lining bisa digunakan untuk melakukan smash keras di lapangan. Raket dari Li Ning dibanderol mulai dari harga Rp300 ribuan. Namun, ada juga raket yang memiliki harga hingga Rp14 jutaan.

4

Raket Badminton Mizuno

Raket badminton Mizuno dengan beragam fiturRaket Mizuno cukup cakap untuk menunjang skill kamu

Salah satu merek asal Jepang yang tidak kalah dari Yonex adalah Mizuno. Brand ini juga memiliki lini raket badminton terbaik yang dirancang untuk para atlet pro. Fitur aerobox frame akan memberikan ayunan tangan yang lebih natural untuk sebuah pukulan.

Mizuno juga menggunakan grafit ringan yang tidak akan menambah bobot saat berada di lapangan. Kamu tetap bisa lebih santai saat memainkan rally panjang. Kamu pun bisa mendapatkan raket badminton untuk smash keras dari Mizuno.

5

Raket Badminton Pro Ace

Raket badminton terbaik dari Pro Ace untuk tampil apik di lapanganRaket badminton Pro Ace terkenal dengan bobot yang sangat ringan

Brand perlengkapan olahraga asal Inggris ini sudah cukup lama hadir di dunia badminton. Pro Ace merupakan salah satu raket yang terkenal dengan bobotnya yang ringan. Desainnya juga sudah melalui berbagai penelitian untuk membantu para atlet tampil lebih baik di atas lapangan.

Harga raket badminton Pro Ace pun masih tergolong terjangkau. Kamu bisa mendapatkan satu paket lengkap (raket dan tasnya) dengan harga mulai dari Rp300 ribuan. Untuk tahap yang lebih profesional, Pro Ace pun menyediakan lini produk raket badminton dengan teknologi yang lebih canggih lagi.

6

Raket Badminton Victor

Raket bademinton terbaik yang sudah hadir di banyak ajang internasionalVictor merupakan merek raket badminton yang sudah sangat populer

Victor sudah mendukung para atlet terbaik dalam ajang internasional. Sebut saja pasangan ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan dan Hendra Setiawan. Selain itu, tim badminton Denmark pun menggunakan berbagai lini produk dari Victor untuk bertandingan di kejuaraan.

Dalam raket Victor, terdapat serat karbon pyrofil yang ringan. Serat ini pun mampu meredam getaran saat melakukan pukulan keras. Selain itu, ada pula teknologi aero-sword yang sangat efisien mengurangi hambatan udara saat memukul.

Raket Victor tergolong kelas premium. Berbagai produk terbarunya hadir dengan kisaran harga Rp500 ribu—Rp3 juta.

7

Raket Badminton Wilson

Raket badminton terbaik dengan bahan yang solid dari WilsonWilson punya lini produk raket badminton yang wajib diperhitungkan

Wilson sebenarnya lebih populer dalam dunia tenis. Namun, raket badminton Wilson juga tak kalah saing dengan berbagai merek papan atas lainnya. Produsen olahraga asal Amerika Serikat ini juga menghadirkan raket ringan yang dibuat dari modulus carbon fiber yang sangat kuat.

Raket Wilson juga sangat beragam, mulai dari produk untuk para pemula hingga atlet pro. Kamu tinggal memilih raket Wilson yang sesuai dengan kebutuhan.

OlahragaTips OlahragaLatihan Fisik
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter