Oops! Keranjang belanja Anda masih kosong

Gym & Sport

Rekomendasi Sepeda Lipat Brompton, Sepeda Sultan dengan Banyak Keistimewaan

23 Jun 2021|Nurul Rafiqua
7 Rekomendasi Sepeda Lipat Brompton, Mana yang Paling Worth It?Di kalangan sepeda lipat, Brompton memiliki daya lipat yang maksimal.

Tren bersepeda kian hari makin meningkat, tanpa terkecuali jenis sepeda lipat. Di antara merek-merek sepeda lipat, yang paling santer dibicarakan penggemar sepeda adalah sepeda lipat merek Brompton.

Sepeda lipat Brompton yang digadang sebagai sepeda “sultan” ini memang terbilang mahal di kalangan sepeda lipat lainnya. Saking mahalnya, bukan lagi dilihat fungsinya sebagai alat transportasi atau sarana hobi, sepeda Brompton juga sudah dipandang sebagai simbol status sosial seseorang.

Apa yang menjadikan sepeda lipat Brompton begitu istimewa?

Lahir di kota London, Inggris, Brompton menonjol karena dapat menjawab semua kebutuhan akan sepeda lipat yang ideal bagi penggunanya. Dari segi engineering dan konstruksinya, bahan-bahan pilihan hingga kenyamanan dalam penggunaannya.

Sesuai tajuk utamanya “sepeda lipat” Brompton memiliki daya lipat yang maksimal, ukurannya jauh menjadi lebih kecil ketika dilipat, umumnya bisa mencapai ukuran 28x60x60cm. Kemudahan dan kecepatan untuk melipat sepeda ini juga lebih unggul dibanding merek lainnya. Sangat bisa diandalkan untuk dibawa ke mana saja, terlebih di area sempit seperti kereta atau bis.

Dari segi materialnya, Brompton memiliki 2 pilihan bahan untuk rangkanya yakni baja atau steel yang 30% lebih kuat dari aluminium, bahan yang biasa dipakai di sepeda merek lain. Bahan lain yang ditawarkan adalah superlight titanium yang jauh lebih ringan dan lebih fleksibel. Material yang fleksibel lebih bagus untuk menahan getaran pada sepeda, tanpa mengurangi kekuatannya. Kedua bahan tersebut telah dilengkapi anti karat untuk bagian dalam dan luarnya sehingga menjadikan sepeda Brompton tahan lama, terutama pada daerah yang lembap atau curah hujannya tinggi.

Di luar bahan dan konstruksinya, sepeda lipat Brompton dibuat secara handmade alias menggunakan tangan-tangan para ahli. Jangan lupa, sepeda ini dibuat di Inggris sana, jadi ketika kita memutuskan untuk membeli sepeda Brompton, kita juga turut membayar keahlian para ahli dengan standar bayaran Inggris. Tak heran harga sepeda lipat Brompton ini mencapai puluhan juta rupiah ketika sampai di tangan pembelinya. Terlebih, untuk tiba di Indonesia, ada biaya tambahan berupa pajak import dan ongkos kirim.

Jadi, sepeda lipat Brompton itu worth it nggak untuk dibeli? Tentu saja jika kamu punya budget-nya. Jika kamu masih merasa keberatan untuk merogoh kocek dari 15-145 juta rupiah hanya untuk commuting dari rumah ke kantor, masih banyak merek sepeda lipat lain yang menawarkan fitur yang kurang lebih sama dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Namun, apabila uang tidak jadi masalah dan kamu sudah yakin memutuskan untuk membeli sepeda lipat Brompton, berikut ini Tim SehatQ telah rangkum 5 sepeda Brompton yang bisa jadi bahan pertimbangan sebelum kamu memilih tipe yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

1

Brompton B75

Rekomendasi Sepeda Lipat Brompton: Brompton B75Brompton B75 (sumber: brompton.com)

Kalau kamu mau memulai hobi mengkoleksi sepeda lipat, maka pilihan yang paling tepat adalah pada Brompton B75. Brompton B75 adalah sepeda lipat berbahan baja edisi khusus dari Brompton. Sepeda ini hanya tersedia dalam satu pilihan warna, komponen hingga aksesorisnya. Hal ini menjadikan B75 merupakan sepeda lipat brompton paling murah jika dibandingkan tipe lainnya.

Dari segi penggunaannya, desain Brompton B75 keluaran terbaru sudah mengintegrasikan shifter dan rem sehingga menjadikan sepeda ini lebih ergonomis untuk dipakai. Chainring yang dipakai pada Brompton B75 juga dapat membuat kayuhan sepeda terasa lebih ringan pada saat menanjak. Tak hanya urusan nanjak, pilihan gear belakang dari tipe ini juga mengakomodir kebutuhan sepeda saat dibawa dalam kecepatan normal maupun ngebut.

Kekurangan dari Brompton B75 ini adalah aksesorisnya betul-betul minim untuk menekan harga jualnya. Sepeda lipat ini tidak memiliki mudguard baik di sisi depan maupun sisi belakangnya. Dengan tidak adanya mudguard, tentu saja jadi masalah karena jika digunakan di Indonesia yang sering sekali hujan. Mau tak mau kamu harus menambahkan mudguard agar kamu bisa tetap nyaman bersepeda tanpa harus terciprat lumpur maupun air hujan saat kamu bersepeda di kala hujan turun.

Sepeda ini juga tidak memiliki carrier block pada bagian depan untuk menggantung tas atau botol minum sehingga kalau kamu mau membawa tas atau botol minum, kamu harus menambahkan biaya untuk aksesoris tambahan tersebut.

Harga Brompton B75: Mulai dari Rp15.000.000

2

Brompton S3L

Rekomendasi Sepeda Lipat Brompton: Brompton S3LBrompton S3L (sumber: brompton.com)

Sepeda lipat Brompton S3L ini merupakan sepeda lipat dengan material frame steel yang terkesan sporty banget. Handle bar Brompton tipe S ini cocok untuk pesepeda yang gemar dengan sepeda balap yang sporty dengan 3 percepatan gir yang dimilikinya.

Selain itu, sepeda ini sudah dilengkapi dengan rak agar kamu bisa menyimpan berbagai barang yang kamu bawa saat bersepeda seperti tas maupun barang lainnya, jadi kamu tidak usah merogoh kocek  lagi untuk membeli rak sepeda.

Harga Brompton S3L: Mulai dari Rp20.500.000

3

Brompton H6L

Rekomendasi Sepeda Lipat Brompton: Brompton H6LBrompton H6L (sumber: brompton.com)

Untuk kamu yang tinggal di jalanan yang berbukit atau kamu suka bersepeda ke pegunungan dengan banyak lintasan aspal yang menanjak, Brompton H6L adalah sepeda  lipat yang cocok untuk kamu pilih dilengkapi dengan spesifikasi 6 percepatan gir.

6 percepatan gir yang dimiliki sepeda ini betul-betul membantu pesepeda di jalanan Kota yang berbukit dan menanjak. Kamu tidak memerlukan terlalu banyak tenaga yang berlebihan ketika mengayuh sepeda ini karena sepeda ini memang didesain secara khusus untuk lintasan pegunungan dengan banyak tanjakan.

Harga Brompton H6L: Mulai dari Rp24.500.000

4

Brompton M6R

Rekomendasi Sepeda Lipat Brompton: Brompton M6RBrompton M6R (sumber: brompton.com)

Brompton M6R adalah sepeda yang cocok buat kamu yang suka bersepeda di dalam kota, seperti untuk pergi ke kantor atau sekadar nongkrong ke mall terdekat. Berat sepeda lipat ini juga sangat ringan dengan bobot 12,2 kilogram saja sehingga bisa kamu bawa kemana-mana dengan nyaman.

Selain itu, sepeda ini dilengkapi dengan sistem pengereman rim brake. Rim brake sendiri adalah sistem pengereman sepeda dengan menggunakan lapisan velg sepeda. Dengan sistem rim brake yang dimilikinya, sepeda ini cocok digunakan untuk kecepatan tinggi pada kondisi jalan kering seperti pada jalanan yang terpadat pada kota besar pada umumnya.

Harga Brompton M6R: Mulai dari Rp35.000.000

5

Brompton M6L

Rekomendasi Sepeda Lipat Brompton: Brompton M6LBrompton M6L (sumber: brompton.com)

Brompton M6L ditujukan untuk pesepeda dengan kehidupan perkotaan. memiliki ciri khas dibagian setang nya, yaitu setang tipe M yang lebih ramping. Setang ini juga memberikan kenyamanan bagi pengendara yang menyukai posisi tegak ketika mengayuh sepedanya.

Proses pelipatan sepeda ini juga terasa sangat mulus.  Ketika dikayuh, Sepeda ini terasa lebih ergonomis dengan sistem pemindahan gigi dan sistem pengereman yang baik. Brompton M6L semakin istimewa karena telah dilengkapi dengan rangkaian 6 percepatan gigi, mudguard dan juga kit pencahayaan berupa lampu yang bisa diisi ulang dengan USB.

Meski begitu, jika dibandingkan varian Brompton lainnya, tipe M6L ini masih kurang sepadan dengan harga yang ditawarkan.

Harga Brompton M6L: Mulai dari Rp45.000.000

6

Brompton E-Bike

Rekomendasi Sepeda Lipat Brompton: Brompton E-BikeBrompton E-Bike (sumber: brompton.com)

Kalau kamu menginginkan sepeda listrik agar tidak terlalu capek dalam bersepeda, salah satu varian termahal dari Brompton ini bisa kamu pertimbangkan. Sepeda ini tidak sembarangan dibuat karena Brompton bermitra dengan Williams Advanced Engineering, perusahaan pengembang balap Formula One  dalam merancang sepeda listrik ini.

Sepeda ini diklaim mampu menempuh jarak antara 20 sampai dengan 45 mil (32 kilometer sampai dengan 72 kilometer) dengan kapasitas baterai 300Wh. Namun estimasi jarak ini pun tergantung kecepatan pengendara dan medan yang dilakuinya. Bobot sepeda ini sedikit lebih berat, yakni sebesar 17,43 kilogram karena baterainya sendiri memiliki bobot sebesar 2,9 kilogram.

Harga Brompton E-Bike: Mulai dari Rp55.000.000

7

Brompton X Chpt3 Titanium

Rekomendasi Sepeda Lipat Brompton: Brompton X Chpt3 TitaniumBrompton X Chpt3 Titanium (sumber: brompton.com)

Seri Chpt 3 dari Brompton ini merupakan produk kolaborasi dengan mantan pembalap sepeda profesional, David Millar. Hingga saat ini, Brompton X Chpt3 Titanium merupakan sepeda brompton termahal.

Dengan bahan titaniumnya, bobot sepeda lipat ini hanya berkisar 10 kilogram saja. Tentu akan lebih memudahkan kamu ketika membawa sepeda ini setelah dilipat. Sepeda ini cocok banget untuk kamu yang sering menggunakan KRL/MRT/Bus di ibukota karena seri ini lebih mudah dilipat dari seri lainnya, yakni bisa dilipat dengan waktu 10 detik saja.

Tidak hanya itu, ketika digowes, suspensi sepeda ini lebih responsif dan lebih ringan untuk dikayuh dibanding seri Brompton lainnya. Sepeda ini juga diklaim mampu dibawa mendaki meski rodanya kecil. Tidak sampai di situ, sepeda ini juga aman dan nyaman digunakan untuk gowes jarak jauh.

Harga Brompton X Chpt3 Titanium: kisaran Rp145.000.000

Tips Bersepeda
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email

Review Terkait

Suka Sepeda Lipat? Ini Rekomendasi Sepeda Lipat Mirip Brompton Terbaik!

Suka main sepeda lipat? Kamu bisa memilih salah satu dari 5 sepeda lipat mirip Brompton berikut ini! Apa sajakah itu?
13 Jul 2021|Rhandy Verizarie
Suka Sepeda Lipat? Ini Rekomendasi Sepeda Lipat Mirip Brompton Terbaik!

Hobi Bersepeda? Ini Rekomendasi Cycling Cap Terbaik untuk Kamu!

Cycling cap adalah salah satu aksesori yang wajib dimiliki pesepeda, khususnya road bike. Ini dia rekomendasi topi sepeda terbaik untuk kamu!
10 Jul 2021|Rhandy Verizarie
Hobi Bersepeda? Ini Rekomendasi Cycling Cap Terbaik untuk Kamu!

9 Rekomendasi Helm Sepeda Anak yang Berkualitas Tinggi

Saat bersepeda dengan Si Kecil, keamanan tetap harus menjadi prioritas. Gunakanlah helm sepeda anak yang berkualitas tinggi, seperti Micro Scooters Children's Deluxe Helmet hingga Btwin Kid's Cycling Helmet.
21 Jun 2021|Fadli Adzani
9 Rekomendasi Helm Sepeda Anak yang Berkualitas Tinggi

7 Rekomendasi Merek Sepeda Roda Tiga yang Bagus untuk Anak

Ingin melatih anak untuk bisa naik sepeda? Terdapat berbagai macam merek sepeda roda tiga yang bagus untuk dicoba, mulai dari Family, Fisher Price, hingga Rastar.
15 Jun 2021|Fadli Adzani
7 Rekomendasi Merek Sepeda Roda Tiga yang Bagus untuk Anak

10 Rekomendasi Merek Sepeda Statis Terbaik untuk Olahraga di Rumah

Ingin berolahraga di rumah saja? Sepertinya kamu harus coba sepeda statis! Ada banyak merek sepeda statis terbaik yang bisa dicoba, seperti Kettler hingga Berwyn.
07 Jun 2021|Fadli Adzani
10 Rekomendasi Merek Sepeda Statis Terbaik untuk Olahraga di Rumah

Diskusi Terkait di Forum