News

10 Pusat Unggulan Eka Hospital untuk Keluarga

26 Jul 2021|Nina Hertiwi Putri
Eka Hospital memiliki 10 pusat unggulan untuk diabetes, jantung, tumbuh kembang anak, hingga sarafEka Hospital kini memiliki empat cabang yaitu di BSD, Pekanbaru, Bekasi, dan Cibubur (sumber foto: ekahospital.com)

Eka Hospital telah menjadi salah satu nama besar di dunia kesehatan Indonesia. Berdiri sejak tahun 2008, kini rumah sakit yang memiliki berbagai layanan unggulan ini sudah memiliki empat cabang, yaitu di BSD Tangerang, Pekanbaru, Cibubur, dan Bekasi.

Setiap tahunnya, jaringan rumah sakit ini melayani sekitar 500.000 pasien dengan berbagai keluhan, termasuk 6.000 kali operasi dan 60.000 medical check up. Tentu, ini semua bisa tercapai berkat dukungan dari pusat layanan stroke, pusat layanan diabetes, hingga pusat layanan kesehatan ibu dan anak yang dimilikinya.

Untuk menjalankan berbagai pusat layanan unggulan tersebut, Eka Hospital dibantu oleh 180 dokter spesialis dari berbagai disipilin ilmu kedokteran. Dengan fasilitas yang lengkap dan memadai, tak heran rumah sakit ini kerap jadi pilihan utama untuk mendapatkan pengobatan.

Pusat layanan unggulan Eka Hospital

Eka Hospital memiliki sepuluh pusat unggulan yang akan membantu memberikan pelayanan maksimal untuk pasien, melalui:

• Pusat Diabetes Terintegrasi

Diabetes Connection Care di Eka Hospital memberikan layanan utuh pada pasien
Layanan khusus untuk pasien diabetes tersedia di Eka Hospital

Pusat Diabetes Terintegrasi Eka Hospital adalah pusat layanan diabetes pertama di Indonesia yang terintergerasi dengan berbagai ilmu disiplin. Tidak hanya menawarkan pengobatan, layanan di Diabetes Connection Care ini juga meliputi promotif, preventif atau pencegahan, dan diagnosa yang tepat.

Dilengkapi dengan berbagai alat diagnostik terkini, Diabetes Connection Care juga dijalankan oleh tim dokter spesialis penyakit dalam berpengalaman yang juga bekerjasama dengan dokter spesialis multidisiplin seperti dokter spesialis jantung, saraf, gizi klinik, psikologi, hingga ortopedi. Jadi, pasien bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik.

Dalam menjalankan layanannya, pusat unggulan ini selalu menerapkan standar penatalaksanaan penyakit diabetes terbaru. Dengan begitu, pasien bisa mendapatkan penatalaksanaan diabetes terbaik dalam hal perbaikan gaya hidup, pemberian obat, tindakan perawatan, dan pengelolaan penyakit lainnya akibat komplikasi diabetes.

• Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah

Pusat layanan jantung dan pembuluh darah Eka Hospital
Eka Hospital menyediakan Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah

Pusat Layanan Jantung dan Pembuluh Darah Eka Hospital dijalankan oleh tim dokter spesialis jantung berpengalaman dengan fokus spesialisasi berbeda-beda, mulai dari spesialis aritmia, jantung klinis, jantung intervensi, jantung anak, bedah toraks dan kardiovaskuler, dan kardioanestesi.

Pusat layanan ini juga dilengkapi dengan berbagai alat pemeriksaan terbaru yang dapat membuat proses diagnosis maupun pengobatan berlangsung lebih efektif.

• Pusat Layanan Saraf

MRI adalah salah satu layanan di pusat unggulan saraf Eka Hospital
MRI salah satu layanan yang dimiliki pusat layanan saraf Eka Hospital

Pusat Layanan Saraf atau Neuro Center Eka Hospital merupakan pusat rujukan layanan saraf terpadu di Tangerang Selatan dan sekitarnya serta Riau dan sekitarnya.

Pusat layanan ini telah berhasil menangani berbagai kasus gangguan saraf dengan tingkat kesulitan tinggi, seperti stroke, kelainan pembuluh darah di otak, tumor otak, saraf terjepit, kelainan tulang belakang, epilepsi, hingga penyakit infeksi saraf.

Tim dokter yang dimiliki juga lengkap dan terpadu. Selain dokter spesialis saraf, Neuro Center Eka Hospital juga dijalankan oleh dokter spesialis saraf anak, fisiologi saraf, bedah saraf, hingga anestesi.

Pusat unggulan ini pun memiliki fasilitas diagnostik dan perangkat bedah saraf terkini, seperti Multi-Slice Computed Tomography Scanners (MSCT), Magnetic Resonance Imaging (MRI), Catheterization Laboratory (Cath-Lab), Intra-operative Monitoring (IOM) dan Neuroendoscopy.

• Pusat Layanan Stroke Terpadu

Eka Hospital memiliki pusat layanan stroke terpadu (PSST)
Eka Hospital memiliki Pusat Pelayanan Stroke Terpadu

Stroke adalah penyakit gangguan pembuluh darah di otak yang apabila tidak ditangani dengan baik, bisa menyebabkan kecacatan hingga kematian. Semakin cepat stroke ditangani, maka tingkat keberhasilan perawatannya pun akan semakin meningkat.

Hal ini menjadi perhatian khusus di Pusat Pelayanan Stroke Terpadu (PSST) milik Eka Hospital. Dengan adanya pusat unggulan ini, maka tim medis bisa memberikan pelayanan dengan lebih menyeluruh, mulai dari tahap pencegahan, pengobatan, hingga pemulihan.

Pelayanan di PSST Eka Hospital dijalankan oleh tim dokter berpengalaman dengan spesialisasi spesifik, seperti dokter spesialis saraf, dokter spesialis bedah saraf, intensivist, dan dokter spesialis rehabilitasi medik.

• Pusat Layanan Tumbuh Kembang Anak

Pusat tumbuh kembang anak Eka Hospital memiliki layanan untuk anak down syndrome
Eka Hospital melayani gangguan tumbuh kembang anak termasuk down syndrome

Pusat Layanan Tumbuh Kembang Anak atau Child Development Center di Eka Hospital dapat membantu orang tua mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak.

Di sini, anak akan dibantu untuk memaksimalkan perkembangan motorik, kognitif, bahasa, emosional, hingga psikososialnya.

Selain untuk anak yang mengalami keterlambatan perkembangan dan pertumbuhan, pusat unggulan ini juga dapat menangani anak-anak berkebutuhan khusus, seperti cerebral palsy, down syndrome, autisme, keterbelakangan mental, hingga kondisi kesulitan belajar (disleksia, diskalkulasia, disgrafia, dan dispraksia).

Pelayanan akan diberikan oleh tim tumbuh kembang yang terdiri dari dokter spesialis dan berbagai praktisi medis yang spesifik, seperti dokter spesialis anak, dokter spesialis saraf, dokter spesialis gizi klinik, psikiater, psikolog anak, hingga terapis untuk terapi okupasi, perilaku, dan wicara.

• Pusat Layanan Trauma Terpadu

Eka Hospital memiliki pusat layanan khusus untuk trauma dan cedera
Pusat layanan trauma dan cedera akibat kecelakaan ada di Eka Hospital Pekanbaru

Pusat Layanan Trauma Terpadu yang dimiliki oleh Eka Hospital Pekanbaru menitikberatkan pada pemberian layanan komprehensif untuk pasien dengan kondisi darurat akibat cedera atau trauma akibat kecelakaan.

Layanan yang juga disebut sebagai Trauma Center ini dapat memberikan pelayanan medis selama 24 jam dan dijalankan oleh tim dokter spesialis seperti dokter spesialis bedah umum, anestesi, bedah plastik dan rekontruksi, bedah saraf, bedah tulang, hingga spesialis kegawatdaruratan.

Trauma Center Eka Hospital menyediakan pelayanan dari tahap pra rumah sakit berupa evakuasi medis dan pelayanan dengan operator gawat darurat dan tenaga medis, hingga pelayanan terbaik di unit gawat darurat dan unit pelayanan intensif bagi pasien yang kondisinya cukup parah.

Selain itu, Pusat Layanan Trauma Terpadu Eka Hospital Pekanbaru juga didukung oleh fasilitas penunjang medis, rehabilitasi Medis, ruang operasi, fasilitas pencitraan diagnostik, laboratorium hingga bank darah.

• Unit Layanan Terpadu Bedah Akses Minimal

Laparoskopi salah satu jenis layanan di unit layanan terpadu bedah akses minimal Eka Hospital
Operasi dengan teknik invasif minimal menggunakan alat dan kamera

Teknologi di bidang kedokteran kian hari kian maju. Kini, banyak operasi atau prosedur bedah yang tadinya perlu dilakukan dengan pembukaan jaringan yang besar, bisa dilakukan dengan pembukaan jaringan yang minimal atau disebut juga sebagai invasif minimal.

Eka Hospital, dengan tim dokter berpengalaman yang terampil dan fasilitasnya yang lengkap, membuat Unit Layanan Terpadu Bedah Akses Minimal, sehingga operasi-operasi yang dijalankan bisa pulih lebih cepat dan bekas luka operasinya pun minimal.

Beberapa operasi yang bisa dilakukan dengan teknik ini antara lain operasi usus buntu, operasi turun berok, operasi tumor jinak atau ganas pada rongga perut, kehamilan ektopik, kista ovarium, bedah tulang belakang, hingga kista ginjal.

• Pusat Layanan Kesehatan Wanita dan Anak

Pusat layanan kesehatan wanita dan anak Eka Hospital untuk pemeriksaan kanker serviks
Pusat Layanan Kesehatan Wanita dan Anak menyediakan deteksi dini kanker serviks

Pusat Layanan Kesehatan Wanita dan Anak di Eka Hospital akan memberikan pelayanan yang nyaman dan eksklusif untuk berbagai kondisi, mulai dari perawatan kehamilan, persalinan, klinik laktasi, deteksi dini kanker payudara, pencegahan dan deteksi dini kanker serviks, hingga bedah plastik.

Sementara itu untuk anak, pusat unggulan ini menyediakan klinik khusus mulai dari klinik anak, klinik tumbuh kembang anak, klinik jantung anak, klinik saraf anak, hingga klinik bedah anak.

Fasilitas pusat layanan ini juga lengkap, karena selain klinik, terdapat juga ruang rawat inap khusus anak, ruang perawatan intensif anak (NICU dan PICU), hingga alat-alat terbaru untuk diagnosis berbagai kelainan anak.

• Pusat Layanan Mata Terpadu

Pusat layanan pemeriksaan mata Eka Hospital
Pemeriksaan mata dilakukan secara menyeluruh

Eye Center atau Pusat Layanan Mata Terpadu tersedia di Eka Hospital Pekanbaru, dengan pelayanan menyeluruh yang mencakup pencegahan, diagnostik, pengobatan, operasi, hingga rehabilitasi.

Tim dokter spesialis mata di Eka Hospital akan memberikan layanan dengan teknologi dan teknik terbaru untuk pasien-pasien dengan gangguan mata seperti glaukoma dan katarak, serta penyakit mata lain yang dapat dialami oleh bayi, anak-anak, hingga lansia.

Perawatan mata di pusat unggulan ini akan dilakukan menggunakan teknologi modern terbaru seperti Opthalmic USG, Opthalmic OCT (Ocular Coherence Tomography), Color Fundus Photography, Fluorescein Fundus Angiography, Perimetry Visual Field, dan Laser Photocoagulation.

• Home Health Care

Home Health Care Eka Hospital bisa untuk pasien Covid-19 yang sedang isoman
Pasien Covid-19 yang sedang isoman bisa menggunakan home healthcare dari Eka Hospital

Dengan Home Health Care dari Eka Hospital, maka pasien bisa mendapatkan kemewahan dan ketepatan perawatan di rumah sendiri. Ada berbagai layanan yang tersedia di pusat unggulan ini, seperti telemedicine, pemantauan untuk pasien Covid-19 yang harus menjalani isolasi mandiri, perawatan luka, layanan rehabilitasi, sampai screening berbagai penyakit mulai dari stroke, diabetes, hingga demam berdarah.

Dengan layanan Home Health Care, pasien juga bisa mendapatkan suntik multivitamin, perawatan kesehatan untuk lansia, pre-vaksin lansia, dan perawatan jantung sehat.

Nyaman berobat di Eka Hospital

Memiliki berbagai pusat layanan unggulan, bukan satu-satunya hal yang membuat pasien merasa nyaman berobat di Eka Hospital. Rumah sakit ini juga memiliki beberapa kelebihan lain, seperti:

• Sistem satu pasien satu kamar

Bagi pasien yang harus menjalani rawat inap di Eka Hospital, rumah sakti ini sudah menerapkan sistem satu pasien satu kamar. Jadi, pasien akan merasa lebih nyaman ketika menerima perawatan. Sistem ini juga akan mengurangi risiko terjadinya penularan antarpasien.

• Fasilitas rumah sakit yang lengkap

Rumah sakit yang baik adalah rumah sakit yang dapat mengakomodasi kebutuhan pengunjungnya, baik pasien maupun non pasien.

Di Eka Hospital, pelayanan lengkap untuk pasien seperti Instalasi Gawat Darurat, Farmasi, Radiologi, dan Laboratorium tersedia 24 jam penuh. Namun selain itu, fasilitas tambahan lain seperti ruang serbaguna, kafetaria, ruang laktasi dan arena bermain anak, hingga jaringan internet (Wi-Fi) juga tersedia di berbagai area rumah sakit.

• Penerapan rekam medis elektronik yang aman

Eka hospital telah menerapkan sistem rekam medis elektronik yang terintegerasi dengan baik dengan semua bagian rumah sakit, baik medis maupun non medis. Sehingga, data pasien bisa tersimpan dengan aman.

Dengan berbagai layanan unggulan yang ditawarkan serta fasilitas yang lengkap, Eka Hospital berkembang menjadi salah satu rumah sakit terlengkap di Indonesia. Mutu dan kualitasnya yang terjaga membuat rumah sakit ini menjadi pilihan banyak masyarakat untuk mendapatkan perawatan pencegahan maupun pengobatan berbagai penyakit.

DiabetesPenyakit JantungRumah Sakit

Eka Hospital. https://www.ekahospital.com/id/tentang-eka-hospital
Diakses pada 26 Juli 2021

Eka Hospital. https://www.ekahospital.com/id/layanan-pasien/layanan-unggulan
Diakses pada 26 Juli 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter