Mom & Baby

Lebih Praktis Dibanding Manual, Ini Pompa ASI Elektrik Favorit Ibu Menyusui

29 Apr 2021|Bayu Galih Permana
Rekomendasi pompa ASI terbaik yang bagus untuk ibu menyusuiPompa ASI elektrik lebih cepat dan efektif untuk memompa ASI dibanding manual

Memiliki pompa ASI perlu menjadi pertimbangan bagi para ibu menyusui yang masih bekerja dan tidak bisa menyusui bayi secara langsung (direct breastfeeding). Busui bisa memilih pompa ASI elektrik maupun manual.

Dengan adanya pompa ASI, ibu menyusui tak perlu lagi khawatir untuk memberikan asupan makanan kepada buah hati meski keduanya terpisah jarak.

Saat pompa ASI pertama kali muncul, ibu menyusui harus memompa ASI secara manual untuk kemudian dimasukkan ke botol. Seiring perkembangan teknologi, sudah banyak produsen alat kebutuhan bayi yang memproduksi pompa ASI elektrik.

Kelebihan pompa ASI elektrik dibanding manual

Dibanding pompa ASI manual, pompa ASI elektrik punya beberapa keunggulan. Alat ini dapat bekerja secara efisien dibandingkan pompa manual. Keunggulan pompa ASI elektrik yang bisa busui peroleh, antara lain:

  • Mudah dibersihkan dan disterilkan
  • Tidak perlu banyak usaha untuk mengeluarkan ASI
  • Dapat memompa ASI dengan lebih cepat dan efektif
  • Beberapa produk pompa ASI memiliki alat pemompa ganda sehingga dapat memompa kedua payudara secara bersamaan

Cara menggunakan pompa ASI elektrik

Pompa ASI elektrik memang lebih praktis dibanding pompa ASI manual. Meski begitu, penting bagi ibu menyusui untuk paham mengenai cara menggunakan pompa ASI elektrik yang benar agar aman dan nyaman saat proses memerah ASI.

Cara menggunakan pompa ASI elektrik adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan busui dalam keadaan yang rileks supaya suplai ASI dapat keluar dengan lancar
  2. Baca petunjuk penggunaan dengan saksama untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan
  3. Hindari membeli pompa ASI bekas karena berpotensi terkontaminasi virus dan bakteri dari pengguna sebelumnya
  4. Gunakan pompa dengan ukuran alat hisap yang tepat karena jika terlalu kecil, puting akan terasa sakit dan nyeri ketika proses pemompaan
  5. Cuci tangan sampai bersih sebelum memasang alat
  6. Lakukan pemompaan dengan memasang alat hisap di salah satu atau kedua payudara
  7. Atur kecepatan agar proses pemerahan berjalan dengan nyaman
  8. Setelah aliran ASI melambat dan payudara tidak terasa penuh, matikan pompa
  9. Tuang ASI ke dalam botol yang telah disiapkan sebelumnya, tulis tanggal pemompaan, dan masukkan ke lemari es
  10. Bersihkan alat pompa dengan benar, pastikan tidak ada sisa ASI yang tertinggal 

Rekomendasi pompa ASI elektrik terbaik di tahun 2021

 

1

MOOIMOM

Pompa ASI elektrik yang bagus untuk ibu menyusuiMOOIMOM (Sumber foto: MOOIMOM)Cek Sekarang

MOOIMOM merupakan salah satu alat pompa ASI elektrik yang bagus karena terbuat dari bahan silikon food grade. Memiliki desain yang lebar, besar, dan luas, terdapat 25 metode pilihan pemompaan yang dapat disesuaikan dengan tingkat sensitivitas payudara masing-masing ibu menyusui.

Pompa ASI elektrik MOOIMOM bekerja dengan frekuensi suara rendah sehingga tak perlu khawatir si Kecil akan bangun akibat proses pemompaan. Alat ini bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp1.390.000.

2

Spectra S1 Plus

Pompa ASI elektrik yang bagus untuk ibu menyusuiSpectra S1 Plus (Sumber foto: spectra-baby.com.au)

Pompa ASI elektrik Spectra S1 Plus bisa digunakan untuk pemompaan tunggal atau ganda. Punya berat yang ringan, alat ini dapat mudah dibawa bepergian. Kamu pun dapat memakai baterai sebagai sumber daya jika kesulitan mencari colokan listrik.

Busui juga bisa menyesuaikan tingkat kekuatan pemompaan sesuai dengan kenyamanan sendiri. Untuk mendapatkan pompa ASI elektrik Spectra S1 Plus, alat ini umumnya dijual dengan harga mulai dari Rp3.000.000.

3

Medela Freestyle Flex

Pompa ASI elektrik yang bagus untuk ibu menyusuiMedela Freestyle Flex (Sumber foto: Medela)

Medela Symphony adalah produk pompa ASI elektrik yang bagus dan praktis karena mudah dibawa bepergian. Pompa yang digunakan pun terbuat dari bahan yang nyaman untuk puting dan payudara.

Dilengkapi dengan pompa ganda, busui bisa memompa ASI lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat. Jika berkeinginan untuk membeli alat ini, kamu cukup merogoh kocek mulai dari Rp5.000.000.

4

Pigeon Breast Pump Electric Pro

Pompa ASI elektrik yang bagus untuk ibu menyusuiPigeon Breast Pump Electric Pro (Sumber foto: Pigeon)

Pigeon Breast Pump Electric Pro dapat membantu memompa ASI secara efektif dalam waktu yang lebih singkat. Menariknya, busui dapat langsung memasukkan ASI ke dalam botol bayi secara langsung tanpa harus menggunakan botol pompa.

Alat ini memiliki 2 mode hisap, pemijatan dan pemerahan, yang bisa disesuaikan kebutuhan dan kenyamanan masing-masing ibu menyusui. Pigeon Breast Pump Electric Pro bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp1.900.000.

5

Pigeon GoMini

Pompa ASI elektrik yang bagus untuk ibu menyusuiPigeon GoMini (Sumber foto: Pigeon)

Pompa ASI elektrik Pigeon GoMini mempunyai desain yang ringkas sehingga dapat mudah digenggam maupun dimasukkan ke dalam tas saat sedang bepergian. Alat ini memiliki dua mode penghisapan, stimulasi atau pemijatan dan ekspresi atau pemerahan.

Proses pengisian daya pompa ASI ini pun sangat praktis, kamu dapat memakai powerbank sebagai sumbernya. Pigeon GoMini adalah pompa ASI elektrik murah karena bisa diperoleh dengan merogoh kocek mulai dari Rp800.000 saja.

6

Philips Avent Comfort

Pompa ASI elektrik yang bagus untuk ibu menyusuiPhilips Avent Comfort (Sumber foto: Philips)

Philips Avent Comfort memungkinkan ASI untuk mengalir langsung dari payudara ke botol tanpa perlu memindahkannya dari botol pompa. Alat ini punya 3 metode pemompaan, yang dapat disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing ibu menyusui.

Bobotnya yang ringan pun membuat alat pompa ASI elektrik ini mudah untuk dibawa bepergian, apalagi Philips Avent Comfort sudah menyertakan tas khusus dalam paket pembelian. Pompa ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau, yaitu mulai dari Rp1.800.000.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Produksi AsiCara Menyimpan AsiIbu Menyusui

Healthline. https://www.healthline.com/health/pregnancy/best-breast-pump
Diakses pada 30 April 2021

Parenting FirstCry. https://parenting.firstcry.com/articles/electric-breast-pumps-pros-cons-and-tips-to-use/
Diakses pada 30 April 2021

Pigeon. http://www.pigeon.co.id/products/product/based-on-categories/mother-care/breast-pump/breast-pump-electric-pro
Diakses pada 30 April 2021

Pigeon. http://www.pigeon.co.id/products/product/based-on-categories/mother-care/breast-pump/breast-pump-go-mini
Diakses pada 30 April 2021

Medela. https://www.medela.com/breastfeeding/products/breast-pumps/freestyle-flex
Diakses pada 30 April 2021

Philips. https://www.philips.co.id/id/c-p/SCF334_02/avent-pompa-asi-pompa-asi-listrik-ganda-comfort?origin=7_700000001738983_71700000037544062_58700004168944921_43700034423999463&gclid=CjwKCAjwj6SEBhAOEiwAvFRuKKAEeR-V_iMc_Gk6p8qSHDtHF7EWBoztDvpJCxMpWLlYKdbZ7dZKehoCi5MQAvD_BwE&gclsrc=aw.ds
Diakses pada 30 April 2021

Toko SehatQ. https://toko.sehatq.com/produk/mooimom-hands-free-wireless-electric-breast-pump-pompa-asi-elektrik-wireless
Diakses pada 30 April 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter