Gym & Sport

Pilihan Sepatu Gunung Terbaik yang Nyaman Digunakan untuk Mendaki

17 May 2021|Bayu Galih Permana
Penggunaan sepatu gunung terbaik dapat membantu mempermudah pendakianPemilihan sepatu gunung terbaik perlu diperhatikan untuk mengurangi risiko cedera

Naik gunung merupakan salah satu aktivitas alam yang tengah digandrungi oleh banyak orang beberapa waktu belakangan. Selain memanjakan mata, kegiatan ini juga memberikan beragam dampak positif untuk kesehatan.

Untuk memperoleh manfaat dari mendaki gunung, kamu harus mengetahui cara melakukannya dengan benar. Selain itu, peralatan yang dipakai sangat penting untuk diperhatikan, mulai dari penggunaan jaket, celana, tas, hingga sepatu gunung terbaik.

Manfaat naik gunung untuk kesehatan

Naik gunung menawarkan berbagai macam manfaat untuk kesehatan. Tak hanya fisik, aktivitas ini juga memberikan dampak positif bagi kesehatan mental. Berikut sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dari hiking:

  • Memperkuat inti tubuh
  • Mengontrol berat badan
  • Meningkatkan keseimbangan
  • Meningkatkan atau memperbaiki suasana hati
  • Menjaga tekanan darah dan kadar gula darah tetap stabil
  • Menurunkan risiko penyakit jantung karena merupakan jenis latihan kardio
  • Memperkuat otot gluteus, quadriceps, hamstring, pinggul, dan kaki bagian bawah
  • Meningkatkan kepadatan tulang karena olahraga ini membuat kamu menahan beban tubuh

Cara melakukan hiking dengan benar

Hiking bukanlah olahraga yang bisa langsung dilakukan begitu saja. Diperlukan persiapan yang matang untuk mencegah risiko terjadinya cedera saat naik gunung. Bagi kamu yang baru akan mencoba mendaki gunung, beberapa hal yang perlu diperhatikan di antaranya:

  • Mulai dengan perlahan, misalnya dengan mendaki perbukitan dengan jalanan setapak yang tidak terlalu ekstrem. Jika berhasil melewatinya dengan baik tanpa masalah, kamu bisa lanjut ke medan yang lebih berat.
  • Gunakan tongkat saat pendakian untuk membantu mengontrol keseimbangan, terlebih ketika melewati medan-medan yang berat.
  • Ajak teman yang sudah pernah naik gunung sebelumnya sehingga kamu bisa mendapat bantuan ketika mengalami cedera 
  • Pelajari medan sebelum mendaki, mulai dari cuaca hingga jalur yang harus ditempuh saat pendakian
  • Menggunakan alat-alat terbaik untuk mempermudah proses pendakian, seperti jaket, celana, tas, dan sepatu

Rekomendasi sepatu gunung terbaik untuk mendaki

Selain fisik, kamu perlu mempersiapkan perlengkapan terbaik saat mendaki gunung. Salah satu perlengkapan yang punya peran vital ketika naik gunung adalah sepatu. Penting untuk memilih sepatu gunung terbaik untuk mencegah risiko cedera, sehingga proses pendakian bisa berjalan dengan lancar.

Beberapa rekomendasi sepatu gunung terbaik untuk mendaki, antara lain:

1

Rei Blacksmith

Sepatu gunung terbaik untuk mendakiRei Blacksmith

Sepatu gunung Rei Blacksmith mempunyai model mid cut, yang dapat memberikan proteksi lebih ketika kamu melakukan pendakian. Mempunyai upper dengan bahan semi waterproof, sepatu ini dapat tahan terhadap air dengan intensitas ringan.

Sistem sol karet anti slip pada sepatu ini juga bisa membantu dalam melewati medan-medan pendakian yang terjal dan licin. Sepatu gunung Rei Blacksmith ini dijual dengan harga mulai Rp485.000.

2

Rei Valiant

Sepatu gunung terbaik untuk mendakiRei Valiant

Rei Valiant merupakan sepatu gunung waterproof karena bagian upper-nya terbuat dari bahan kulit asli. Model mid cut pada sepatu ini pun membantu memberi perlindungan ekstra pada kaki saat naik gunung.

Sepatu gunung Rei Valian dilengkapi dengan grip system rubber sole, yang bisa membuat kaki tetap pada posisi stabil dan mengurangi risiko slip saat pendakian. Untuk mendapatkan sepatu ini, kamu cukup merogoh kocek mulai Rp799.000.

3

Eiger Synapcer 1.0

Sepatu gunung terbaik untuk mendakiEiger Synapcer 1.0

Eiger Synapcer 1.0 adalah sepatu gunung model high cut dengan bahan material kulit suede di bagian atas dan karet pada outsole. Selain itu, sepatu ini memiliki insole ortholite yang empuk dan punya sistem sirkulasi udara baik.

Bahan-bahan yang disematkan dalam sepatu ini pun membuat Eiger Synapcer 1.0 ringan dan nyaman untuk digunakan mendaki. Sepatu gunung Eiger Synapcer 1.0 bisa kamu beli dengan harga mulai Rp1.049.000.

4

 Eiger Cayman Lite

Sepatu gunung terbaik untuk mendakiEiger Cayman Lite

Eiger Cayman Lite merupakan salah satu gunung waterproof. Kemampuan ini didapat berkat konstruksi gusset dengan waterproof membrane yang disematkan padanya. Selain itu, insole ortholite juga bisa kamu temukan di dalamnya, sehingga sepatu ini ringan dan nyaman untuk dipakai mendaki gunung.

Untuk bahan upper-nya, sepatu Eiger Cayman Lite menggunakan bahan kulit microfiber, yang punya kemiripan struktur dengan kulit asli, dan poly mesh. Sepatu ini dapat kamu beli dengan harga mulai Rp809.000.

5

Adidas Terrex AX3

Sepatu gunung terbaik untuk mendakiAdidas Terrex AX3

Adidas Terrex AX3 adalah sepatu gunung wanita yang dapat dipakai untuk melintasi medan pendakian berat dengan cepat. Terbuat dari bahan-bahan yang ringan, bagian sol karet luar sepatu ini membantu memberikan cengkeraman yang kokoh pada permukaan kering maupun basah sekalipun.

Produk ini juga diklaim mempunyai durabilitas yang baik sehingga aman digunakan mendaki gunung berkali-kali. Bagi kamu yang ingin memiliki sepatu ini, adidas Terrex AX3 dijual mulai dari Rp1.200.000.

6

Adidas Terrex Free Hiker Parley

Sepatu gunung terbaik untuk mendakiAdidas Terrex Free Hiker Parley

Sepatu gunung adidas Terrex Free Hiker Parley mempunyai sol karet dengan cengkraman yang kuat di segala medan. Berbahan Primeknit pada bagian atasnya, sepatu ini sangatlah ringan sehingga cocok dan nyaman digunakan dalam proses pendakian jarak jauh.

Menariknya, adidas Terrex Free Hiker Parley terbuat dari bahan limbah plastik daur ulang lautan. Untuk mendapatkan sepatu gunung dengan tampilan kasual ini, kamu hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp2.900.000.

7

Jack Wolfskin Force Striker Texapore

Sepatu gunung terbaik untuk mendakiJack Wolfskin Force Striker Texapore

Jack Wolfskin Force Striker Texapore merupakan sepatu gunung waterproof dengan bahan yang sangat ringan untuk dipakai mendaki. Oleh sebab itu, kamu tidak perlu khawatir dengan hujan yang turun saat mendaki, karena sepatu ini tetap aman dan nyaman untuk digunakan.

Selain itu, sirkulasi dalam sepatu ini cukup baik sehingga udara dapat keluar masuk dengan baik. Harga sepatu gunung Jack Wolfskin Force Striker Texapore sendiri berada pada kisaran Rp2.900.000.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
OlahragaTips Olahraga

WebMD. https://www.webmd.com/fitness-exercise/features/hiking-body-mind
Diakses pada 17 Mei 2021

Arei Outdoor Gear. https://areioutdoorgear.co.id/
Diakses pada 17 Mei 2021

Eiger. https://eigeradventure.com/
Diakses pada 17 Mei 2021

adidas. https://www.adidas.com/
Diakses pada 17 Mei 2021

Jack Wolfskin. https://www.jack-wolfskin.com/
Diakses pada 17 Mei 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter