Makan Sehat

Pilihan Kecap Ikan Halal yang Enak dan Berkualitas

14 Oct 2021|Ade Irawan
Kecap ikan yang enakKecap ikan bisa berikan rasa gurih, asin, dan nikmat ke setiap jenis masakan

Kecap bisa jadi pembeda rasa masakan yang dihasilkan. Jika bosan dengan kecap biasa, mungkin saatnya kamu mencoba kecap ikan untuk masakanmu. Kecap ikan terbaik punya rasa gurih dan aroma ikan yang menggugah selera.

Kecap ikan sendiri terbuat dari ikan teri yang difermentasikan dengan menggunakan air garam. Proses ini biasanya berlangsung 6-24 bulan. Beda durasi fermentasi tentunya akan membedakan juga rasa serta aroma dari kecap ikan.

Bumbu masakan ini bisa digunakan untuk membuat tumisan dengan rasa asin dan gurih ekstra. Di samping itu, kamu pun bisa memanfaatkan kecap ikan untuk membuat gorengan lezat sebagai camilan sore. Asal kamu tahu, menggunakan kecap ikan untuk membuat nasi goreng saja sudah membuat kamu seolah-olah koki di restoran mahal.

Rekomendasi kecap ikan halal

Saat ini pun, sudah banyak pilihan kecap ikan di pasaran. Kamu bisa bereksplorasi untuk membuat masakan Indonesia, Jepang, Cina, hingga Thailand. Berikut pilihan kecap ikan yang bisa kamu gunakan di rumah:

1

Kecap Ikan Cap Ikan Merah Djoe Hoa

Kecap ikan djoe hoaKecap ikan yang diproses dengan baik untuk jaga kualitas

Merek kecap ikan yang satu ini diproduksi sejak tahun 40-an. Beberapa restoran pun menggunakan kecap ikan Djoe Hoa untuk salah satu bumbu wajibnya. Produk ini dibuat dari fermentasi ikan dan garam yang didiamkan dalam proses yang panjang.

Rasa kecap ini pun sangat kuat dan bisa dipakai ke dalam berbagai jenis masakan. Tentunya, rasa yang dihasilkan cocok dengan lidah orang Indonesia. Harga kecap ikan ini sekitar Rp10-Rp33 ribu dan terseia dalam ukuran 140 ml serta 620 ml.

2

Kecap Ikan KAF

Kecap ikan kafKecap ikan yang bisa ditambahkan ke semua jenis masakan

Rasa kecap ikan dari KAF punya cita rasa yang sangat gurih. Kamu bisa menambahkannya ke dalam berbagai jenis masakan, mulai dari soto hingga gorengan. Dengan kecap ikan ini, kamu tidak perlu menambahkan bumbu penyedap lagi ke dalam masakan.

Produk asal Thailand ini tidak menggunakan pengawet berbahaya. Kecap ikan ini pun sangat mudah didapatkan di berbagai supermarket. Harganya sangat terjangkau sekitar Rp20-Rp27 ribu untuk ukuran 200 ml.

3

Kecap Ikan Narcissus Fish Gravy

Kecap ikan narcissusKecap ikan terbaik untuk segala jenis chinese food

Kecap ikan ini biasanya digunakan dalam hidangan chinese food. Aroma yang dihasilkan sangat kuat untuk memicu rasa lapar di perut. Kamu pun bisa menggunakan kecap ikan ini sebagai minyak untuk menumis atau menggoreng.

Rasanya asin dan gurihnya pun sangat terasa. Tentunya bisa membantu mengeluarkan rasa masakan yang kamu buat. Harga kecap ikan ini sekitar Rp30-Rp35 ribu untuk kemasan botol 750 ml.

4

Kecap Ikan Squid Brand Fish Sauce

Kecap ikan squid brandKecap ikan yang difermentasi selama 18 bulan

Pembeda kecap ikan ini dengan produk lain adalah durasi proses fermentasinya. Kecap ikan ini dihasilkan lewat fermentasi selama 18 bulan. Rasa dan aromanya tentu saja sangat khas. Di samping itu pun, kandungan protein di dalamnya juga sangat tinggi.

Cobalah untuk membuat tumisan kangkung dengan menggunakan bawang, cabe rawit merah, cuka, dan gula jawa. Harga kecap ikan ini sekitar Rp27-Rp45 ribu. Produk ini hadir dalam kemasan 300 ml dan 725 ml.

5

Kecap Ikan Finna King Lobster Fish Sauce

Kecap ikan finnaPilihan untuk membuat masakan Vietnam di rumah

Produk ini paling cocok untuk membuat masakan khas Vietnam. Makanan berbahan daging pun bisa dibuat menjadi lebih gurih dengan menambahkannya saat diolah. Pasalnya, rasa kecap ikan ini sedikit berbeda dengan merek kebanyakan.

Finna King Lobster menggunakan ikan teri, garam, dan gula dengan takaran yang tepat. Kamu bisa mendapatkan produk kecap ikan ini dengan harga sekitar Rp27-Rp30 ribu. Produk ini pun mudah didapatkan di toko online.

6

Kecap Ikan Tiparos Fish Sauce

Kecap ikan tiparosKecap ikan tanpa bahan pengawet

Tiparos Fish Sauce merupakan salah satu pilihan kecap ikan yang aman dikonsumsi. Produk yang satu ini tidak menggunakan bahan pengawet berbahaya yang membahayakan tubuh. Bukan hanya aman, kecap ikan ini pun punya rasa yang lezat.

Rasa gurih dan asin dari kecap ikan cocok untuk dibuat acar atau asinan. Harga kecap ikan dari Tiparos juga cukup terjangkau, hanya sekitar Rp18-Rp20 ribu untuk kemasan 300 ml.

7

Kecap Ikan Chung Jung Won

Kecap ikan koreaTambahkan kecap ikan ini ke dalam menu Korea di rumah

Pecinta masakan Korea tentunya wajib mencicipi kecap ikan merek Chung Jung Won. Kecap ikan ini memiliki cita rasa gurih dan sedikit manis di lidah. Tentunya cocok untuk jenis makanan rebusan Korea yang sehat.

Coba juga tambahkan kecap ikan ini untuk membuat kimchi. Dijamin rasanya akan semakin enak. Kecap ikan ini dibanderol dengan harga Rp28-Rp33 untuk kemasan 500 ml.

Makanan Sehat
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter