Beauty & Skincare

Rekomendasi Physical Sunscreen untuk Lindungi Kulit dari Bahaya Sinar UV

24 Jul 2021|Bayu Galih Permana
Physical sunscreen pantulkan sinar matahari yang mengarah ke kulitPhysical sunscreen lindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas

Sinar matahari merupakan salah satu sumber vitamin D alami yang bisa didapatkan secara cuma-cuma. Meskipun begitu, berjemur tidak bisa dilakukan pada jam sembarangan. Untuk bisa memeroleh manfaat berjemur di bawah sinar matahari, sebaiknya lakukan sekitar jam 9 hingga 10 pagi.

Selepas jam tersebut, kamu disarankan memakai physical sunscreen atau sering juga dikenal dengan sunblock dan sunscreen mineral. Dibanding chemical sunscreen, sunblock mempunyai sejumlah keunggulan dalam melindungi kulitmu dari efek buruk sinar matahari.

Keunggulan physical sunscreen dibanding chemical sunscreen

Meski terlihat sama, physical sunblock dan chemical sunscreen punya cara kerja yang berbeda. Chemical sunscreen menyerap sinar ultraviolet (UV) dari matahari dan mengubahnya menjadi panas tubuh. Sementara itu, sunblock menempel di lapisan teratas kulit dan melindungi tubuh dengan cara memantulkan sinar matahari.

Berikut ini sejumlah keunggulan physical sunscreen dibandingkan chemical sunscreen:

  • Menjaga kelembapan kulit
  • Melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB
  • Melindungi kulit dari paparan sinar matahari dalam waktu yang lebih lama
  • Risiko iritasi lebih kecil sehingga cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif
  • Bekerja langsung setelah dioleskan ke kulit (chemical sunscreen biasanya memerlukan waktu 20-30 menit)

Terlepas dari keunggulan di atas, memakai sunblock maupun chemical sunscreen merupakan hal yang penting dilakukan, terlebih jika kamu banyak menghabiskan waktu di bawah terik sinar matahari. Untuk mendapatkan produk physical sunscreen yang sesuai untuk kondisi kulit, kamu sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum membeli produk tertentu.

Rekomendasi physical sunscreen untuk lindungi kulit dari bahaya sinar matahari

1

Solare Moisturizing Sunblock SPF 30

Physical sunscreen untuk bantu lindungi kulit dari paparan sinar matahariSolare Moisturizing Sunblock SPF 30Cek Sekarang

Solare Moisturizing Sunblock SPF 30 merupakan salah satu produk physical sunscreen yang dapat membantu melindungi kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB. Selain itu, penggunaannya juga membantu melembapkan kulit.

Tabir surya ini cocok dipakai untuk kamu yang beraktivitas di luar ruangan dengan intensitas matahari tinggi. Harga Solare Moisturizing Sunblock SPF 30 dibanderol mulai Rp54.000.

2

Pabanox Sunblock Krim

Physical sunscreen untuk bantu lindungi kulit dari paparan sinar matahariPabanox Sunblock KrimCek Sekarang

Pabanox Sunblock Cream mempunyai kandungan padimate O, oksibenzon, dan titanium dioksida yang dapat membantu menangkal pengaruh buruk sinar UVA dan UVB. Dengan begitu, risiko muncul bintik hitam, kemerahan, dan belang pada kulit dapat diminimalkan.

Selain melindungi kulit dari paparan sinar matahari, pemakaian Pabanox Sunblock Krim juga bisa membuat kulit menjadi lebih lembap. Kamu bisa mendapatkan produk ini dengan harga mulai Rp50.000.

3

Marina UV White Sunblock Hand Body Lotion

Physical sunscreen untuk bantu lindungi kulit dari paparan sinar matahariMarina UV White Sunblock Hand Body LotionCek Sekarang

Losion yang juga berfungsi sebagai sunblock ini membantu mencegah efek buruk dari sinar matahari. Kandungan yang ada di dalamnya disebut bisa melindungi kulit dari bahaya sinar UVA dan UVB tanpa menimbulkan rasa lengket pada kulit.

Marina UV White Sunblock Hand Body Lotion juga mengandung lidah buaya, vitamin B3, dan vitamin E yang bekerja untuk membuat kulit menjadi lebih cerah merata. Kamu bisa membeli physical sunscreen ini dengan harga mulai Rp27.000.

4

Natasha by dr Fredi Setywan Physical Sunblock

Physical sunscreen untuk bantu lindungi kulit dari paparan sinar matahariNatasha by dr Fredi Setywan Physical Sunblock (Sumber foto: Natasha)

Physical sunblock ini mengandung UV filter inorganic yang membantu melindungi kulit wajah dari paparan sinar ultraviolet. Sementara itu kandungan ekstrak edelweiss yang terdapat di dalamnya bekerja sebagai radikal protection factor (RPF).

Tidak hanya melindungi kulit dari efek negatif sinar matahari, penggunaannya disebut dapat membantu mencerahkan kulit. Harga Natasha by dr Fredi Setyawan Physical Sunblock dijual mulai Rp101.000.

5

Madagascar Centella AIR-FIT Physical Sun Cream

Physical sunscreen untuk bantu lindungi kulit dari paparan sinar matahariMadagascar Centella AIR-FIT Physical Sun Cream (Sumber foto: Skin1004)

Produk ini merupakan salah satu physical sunscreen untuk kulit sensitif yang aman digunakan telah melewati tes iritasi kulit. Selain bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, pemakaian juga dapat membantu mencerahkan kulit.

Madagascar Centella AIR-FIT Physical Sun Cream dapat diaplikasikan pada kulit wajah, leher, lengan, hingga kaki. Physical sunscreen ini bisa kamu bawa pulang dengan harga mulai Rp324.000.

Kesehatan Kulit

Southeastern Dermatology. https://www.drdoppelt.com/physical-vs-chemical-sunscreen/
Diakses pada 24 Juli 2021

Dermalogica. https://www.dermalogica.com/blogs/living-skin/physical-vs-chemical-sunscreen Diakses pada 24 Juli 2021

Piedmont Healthcare. https://www.piedmont.org/living-better/the-difference-between-physical-and-chemical-sunscreen
Diakses pada 24 Juli 2021

Toko SehatQ. https://toko.sehatq.com/
Diakses pada 24Juli 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email