Lifestyle

10 Permen Pelega Tenggorokan Terbaik yang Ampuh Usir Rasa Kering dan Gatal

Permen pelega tenggorokan sering kali kamu gunakan sebagai cara meredakan radang tenggorokanPermen pelega tenggorokan hadir dalam berbagai varian rasa, termasuk lemon

Permen pelega tenggorokan atau lozenges mungkin sering kali kamu gunakan sebagai salah satu cara untuk meredakan radang tenggorokan, serta kondisi tenggorokan yang terasa kering, perih, dan gatal.

Tenggorokan kering, perih, dan gatal bisa saja muncul tiba-tiba sesaat setelah kamu mengonsumsi makanan pedas atau makanan berminyak.

Umumnya, permen pereda tenggorokan mengandung bahan aktif mirip obat yang bisa mengusir gejala radang tenggorokan serta rasa tidak nyaman akibat tenggorokan kering, perih, dan gatal.

Bingung cari merek permen pelega tenggorokan terbaik? Yuk, simak beberapa rekomendasinya berikut ini.

Apa saja kandungan bahan aktif dalam permen radang tenggorokan?

Berbagai jenis permen radang tenggorokan di pasaran memiliki kandungan berbeda-beda.

Biasanya, kandungan bahan aktif dalam permen radang tenggorokan gatal, seperti:

1. Mentol

Salah satu kandungan bahan aktif yang terdapat dalam permen radang tenggorokan adalah mentol.

Mentol merupakan komponen dari minyak peppermint yang memberi efek dingin dan sejuk pada radang tenggorokan secara sementara.

Setiap butir permen pelega tenggorokan biasanya mengandung 1-15 miligram mentol.

Selain diambil secara alami melalui minyak peppermint, eucalyptus, atau minyak mint lainnya, mentol juga bisa dibuat versi sintetisnya.

2. Amylmetacresol-dibenal

Amylmetacresol-dibenal menjadi kandungan bahan aktif  berikutnya yang ditemukan pada produk permen radang tenggorokan.

Amylmetacresol-dibenal pada permen lozenges biasanya masih dalam dosis yang rendah untuk membunuh bakteri penyebab radang tenggorokan.

Sebuah studi yang dimuat dalam International Journal of Clinical Practice membuktikan bahwa permen lozenges yang mengandung amylmetacresol-dibenal menjadi obat yang aman untuk mengatasi radang tenggorokan.

3. Dequadin lozenges

Dequadin lozenges juga menjadi kandungan bahan aktif yang sering ditemukan pada permen pelega tenggorokan.

Dequadin lozenges merupakan antiseptik yang bisa menghilangkan bakteri dan jamur penyebab berbagai masalah infeksi ringan pada mulut dan tenggorokan.

Dequadin lozenges juga mampu melumasi dan menyejukkan bagian mulut atau tenggorokan yang sakit sehingga menimbulkan rasa nyaman.

4. Benzocaine

Beberapa produk permen pelega tenggorokan lainnya menggunakan sejenis analgesik bernama benzocaine sebagai salah satu bahan aktifnya.

Benzocaine berfungsi mematikan rasa di permukaan kulit yang lembut dan lembap, seperti di mulut dan tenggorokan. Dengan demikian, rasa sakit di tenggorokan akan berkurang.

Rekomendasi permen pelega tenggorokan yang bisa dicoba

Ada berbagai merek permen radang tenggorokan yang bisa kamu temukan di mana saja.

Berikut adalah rekomendasi permen pelega tenggorokan pilihan SehatQ.

1

Fisherman’s Friend

Salah satu permen pelega tenggorokan yang sudah sangat akrab di telinga adalah Fisherman’s FriendFisherman's Friend (Sumber: Toko SehatQ)Cek Sekarang

Salah satu permen pelega tenggorokan yang sudah sangat akrab di telinga adalah Fisherman’s Friend.

Desain permen radang tenggorokan bergambar kapal ini bisa kita temukan di mana saja, baik di minimarket, hypermarket, hingga toko online sekalipun.

Menariknya, Fisherman’s Friend tidak hanya meredakan masalah tenggorokan yang kita alami dengan ampuh.

Tapi, lidah kita juga akan dimanjakan dengan rasanya yang segar, seperti mint, citrus, cherry, blackcurrant, raspberry, lemon, dan lainnya.

Kamu bisa memilih sesuai selera yang diinginkan. Favorit SehatQ jatuh pada varian rasa lemon dan blackcurrant.

Bagi kamu yang sedang membatasi konsumsi gula, permen radang tenggorokan Fisherman’s Friend ini bisa jadi pilihan karena hadir dengan kandungan tanpa gula atau sugar free.

Fisherman’s Friend mudah disimpan karena dilengkapi dengan penutup zip lock yang aman.

Kamu bisa mendapatkannya mulai dari Rp14.000 (1 sachet isi 30 butir).

2

Strepsils 

Strepsils adalah permen pelega tenggorokan yang terkenalStrepsils (Sumber: Toko SehatQ)Cek Sekarang

Siapa yang tak kenal permen Strepsils pelega tenggorokan?

Strepsils merupakan permen lozenges yang sangat mudah kita temukan di berbagai minimarket, hypermarket, drug store, dan toko online seharga Rp8.000 (1 sachet isi 6 butir).

Sebenarnya, Strepsils merupakan tablet isap yang mengandung bahan antiseptik berupa amylmetacresol-dibenal untuk meredakan tenggorokan.

Selain itu, pernapasan juga terasa lega berkat kandungan mentol dan minyak eucalyptus di dalamnya.

Tak hanya radang tenggorokan, keluhan seperti bau mulut dan lesi mulut (luka pada rongga mulut) yang kita alami bisa diatasi dengan Strepsils.

Tablet hisap Strepsils memiliki banyak varian. Mulai dari Strepsils original, rasa mentol, rasa mentol dan vanila, rasa lemon dan madu, Strepsils bebas gula rasa lemon, dan Strepsils vitamin C rasa jeruk.

Nah, salah satu favorit SehatQ adalah Strepsils vitamin C rasa jeruk.

3

Wood’s Peppermint Lozenges

permen pelega tenggorokan dengan nama Wood's Peppermint Lozenges bisa jadi pilihanWood’s Peppermint Lozenges (Sumber: Toko SehatQ)Cek Sekarang

Wood’s mungkin sering kali dikenal sebagai merek obat batuk.

Namun, Wood’s juga punya permen pelega tenggorokan dengan nama Wood's Peppermint Lozenges.

Berisi 6 butir dalam 1 sachet, Wood’s Lozenges bisa melegakan tenggorokan dan menghilangkan bau tidak sedap pada mulut kita.

Permen radang tenggorokan mengandung peppermint dan mentol ini bisa melegakan tenggorokan gatal sekaligus membunuh kuman membandel.

Buat kamu yang mengalami nyeri tenggorokan akibat flu dan batuk, konsumsi makanan berminyak atau pedas, tenggorokan terasa kering dan gatal, serta hidung terasa tersumbat, coba isap permen pereda tenggorokan ini.

Kamu bisa membeli Wood’s Lozenges di sejumlah minimarket, hypermarket, dan sejumlah toko online terpercaya mulai dari Rp4.500 dengan memilih varian rasa sesuai selera.

Selain original, berbagai varian rasa Wood's Lozenges adalah blackcurrant, cherry, orange, dan honey lemon.

Menurut SehatQ, Wood’s Peppermint Lozenges original terasa sangat pedas. Hal ini bisa jadi karena kandungan mentol yang kuat di dalamnya. 

Untuk kamu yang tidak suka dengan rasa mentol terlalu kuat, bisa memilih Wood’s Peppermint Lozenges dengan aneka rasa buah agar tidak terlalu pedas di lidah.

4

Ricola Mountain Mint

Ricola Mountain Mint merupakan rekomendasi permen pelega tenggorokanRicola Mountain Mint (Sumber: Toko SehatQ)Cek Sekarang

Ricola Mountain Mint merupakan rekomendasi permen pelega tenggorokan yang diklaim mengandalkan 13 jenis herbal dari Swiss.

Permen pereda tenggorokan ini bisa mencegah radang tenggorokan, meredakan tenggorokan kering atau gatal, melegakan pernapasan, serta membuat napasmu lebih segar.

Tak hanya dari ekstrak herbal, kesegaran alami dari permen lozenges Ricola juga berasal dari daun mint murni yang bisa memberi efek sejuk pada mulut atau tenggorokanmu.

Kelebihan lainnya, Ricola Mountain Mint tidak mengandung gula atau berlabel sugar free.

Kemasan Ricola berbentuk kotak kecil yang mudah disimpan dan dibawa ke mana saja.

Kamu hanya perlu merogoh kocek kurang lebih Rp24.620 untuk memilikinya.

Namun, perlu diketahui bahwa penderita hipersensitif, anak-anak berusia di bawah 6 tahun, ibu hamil dan menyusui, serta penderita fenilketonuria atau cacat bawaan tidak dianjurkan mengonsumsi permen pereda tenggorokan ini.

Kamu pun tidak disarankan untuk mengisapnya secara berlebihan karena memiliki efek laksatif (pencahar).

5

Tolak Angin Herbal Peppermint Lozenges

Tolak Angin Herbal Peppermint Lozenges adalah varian permen pelega tenggorokanTolak Angin Herbal Peppermint Lozenges (Sumber: Toko SehatQ)Cek Sekarang

Tahukah kamu kalau Tolak Angin juga merilis varian permen pelega tenggorokan dalam varian Tolak Angin Herbal Peppermint Lozenges?

Tak hanya mampu mencegah kamu masuk angin akibat perjalanan jauh, Tolak Angin Herbal Peppermint Lozenges adalah permen pereda tenggorokan yang bisa menghangatkan tenggorokan.

Tolak Angin Herbal Peppermint Lozenges mengandung bahan herbal alami, seperti jahe, madu, daun mint, buah cadas, kapulaga, dan daun cengkeh.

Kandungan alami tersebut diketahui ampuh untuk meningkatkan vitalitas tubuh, melegakan pernapasan, meredakan mual, dan cocok dikonsumsi saat kamu melakukan perjalanan jauh.

Kandungan mint dalam permen lozenges ini bekerja efektif untuk menyegarkan napasmu. Jadi, kamu nggak perlu khawatir bau mulut saat berbicara.

Tapi, perlu diingat kalau kamu tidak disarankan mengisap permen Tolak Angin secara berlebihan.

Selalu perhatikan aturan mengonsumsi yang tertera pada kemasan, ya.

Dengan harga kurang lebih Rp1.900 kamu bisa mendapatkan 1 sachet berisi 5 butir permen.

Bila dibandingkan permen pereda tenggorokan lainnya, harga Tolak Angin Herbal Peppermint Lozenges cenderung lebih murah, bukan?

6

Pagoda Pastiles

Pagoda Pastiles adalah permen pelega tenggorokan terbuat dari kandungan ekstrak mint dan akar manisPagoda Pastiles (Sumber: Toko SehatQ)Cek Sekarang

Siapa yang tak kenal permen pelega tenggorokan Pagoda Pastiles?

Pagoda Pastiles terbuat dari kandungan ekstrak mint dan akar manis.

Daun mint berfungsi memberikan kesegaran pada rongga mulut sehingga napas dan tenggorokan jadi terasa lebih sejuk dan wangi.

Sedangkan, akar manis bisa mengatasi rasa gatal dan kering di tenggorokanmu, bahkan ampuh meredakan suara kamu yang serak karena batuk.

Nggak cuma bisa melegakan tenggorokan gatal dan kering, permen isap ini bisa kamu konsumsi setelah makan agar napas kembali segar. Kamu pun jadi lebih percaya diri saat bicara.

Kemasan permen ini mudah dibawa ke mana saja dan tidak mudah tumpah.

Sebab, dikemas dalam pot ringan dengan lubang kecil untuk mengeluarkan butiran permen berwarna hitam.

Pagoda Pastiles bisa ditemui di mana saja, seperti di minimarket, hypermarket, drug store, dan sejumlah toko online terpercaya mulai dari harga Rp5.000 dengan berbagai varian rasa menarik, seperti mint (original), stroberi, jeruk, apel, kopi, lemon, dan anggur

7

Konidin Lozenges Mint 

Konidin Lozenges Mint adalah permen pelega tenggorokan di IndonesiaKonidin Lozenges Mint (Sumber: Toko SehatQ)Cek Sekarang

Konidin juga menjadi produsen permen pelega tenggorokan di Indonesia. Salah satunya, varian Konidin Lozenges Mint.

Konidin Lozenges Mint bisa membantu meredakan gangguan ringan pada tenggorokan, rongga mulut, sekaligus menyegarkan pernapasanmu.

Selain itu, Konidin Lozenges Mint mengandung perasa herbal alami dan mentol yang berfungsi untuk mengatasi bau mulut tidak sedap, bahkan gatal di tenggorokan.

Kamu bisa mengonsumsinya sesuai kebutuhan, terutama saat kamu mengalami gangguan tenggorokan, seperti gejala batuk atau gejala radang tenggorokan.

Jika kamu merasakan bau mulut, tak ada salahnya untuk mengisap permen ini untuk merasakan sensasi segar di mulutmu.

Kamu bisa menemukannya di minimarket, hypermarket, drug store, dan sejumlah toko online terpercaya dengan merogoh kocek kurang lebih Rp2.900 (1 sachet isi 6 butir).

8

Konidin Lozenges Strong Merah

Konidin Lozenges Strong Merah bisa jadi rekomendasi permen pelega tenggorokan lainnyaKonidin Lozenges Strong Merah (Sumber: Toko SehatQ)Cek Sekarang

Kalau Konidin varian sebelumnya kurang ampuh meredakan tenggorokan kering dan gatal yang kamu alami, mungkin Konidin Lozenges Strong Merah bisa jadi rekomendasi lainnya.

Permen pelega tenggorokan ini mengandung minyak peppermint yang dipadukan dengan mentol sehingga bekerja lebih cepat dan efektif untuk melegakan tenggorokan, menyegarkan pernapasan, sekaligus menyehatkan rongga mulutmu.

Konidin Lozenges Strong Merah juga mengandung ekstrak akar manis yang diketahui dapat memproduksi lendir sehat untuk menyehatkan pernapasan sehingga kamu bisa bernapas lebih lega.

Selain itu, permen ini juga mengandung minyak adas manis yang bekerja efektif untuk meredakan gejala batuk, radang tenggorokan, hingga asma.

Dengan 1 sachet isi 6 butir, kamu bisa membelinya di minimarket, hypermarket, drug store, dan sejumlah toko online terpercaya dengan merogoh kocek kurang lebih Rp2.900.

9

Imboost Lozenges

Imboost juga merilis permen pelega tenggorokan dengan kandungan bahan alamiImboost Lozenges

Imboost memang dikenal sebagai produsen multivitamin kesehatan.

Kini, Imboost juga merilis permen pelega tenggorokan dengan kandungan bahan alami yang bermanfaat.

Imboost Lozenges menggabungkan campuran ekstrak herbal echinacea yang menenangkan dengan tambahan jahe merah murni sehingga ampuh melegakan tenggorokanmu yang terasa gatal dan kering.

Ada berbagai varian rasa Imboost Lozenges yang bisa kamu pilih, seperti apple mint, jahe mint, cherry mint.

Berisi 5 tablet hisap, Imboost Lozenges dijual dengan harga mulai dari Rp6.000.

10

Hexos Lozenges

Hexos Lozenges permen pelega tenggorokan di Indonesia yang tidak hanya menyegarkan pernapasanHexos Lozenges (Sumber: Toko SehatQ)

Hexos memang sudah menjadi salah satu pionir permen penyejuk mulut di Indonesia.

Kini, hadir Hexos Lozenges permen pelega tenggorokan di Indonesia yang tidak hanya menyegarkan pernapasan, melainkan juga meredakan radang tenggorokan.

Ada berbagai rasa permen Hexos yang bisa kamu pilih, seperti mint, extra mint, lemon mint, barley mint, clove mint, yang khusus ditujukan sebagai permen radang tenggorokan.

Kamu bisa membelinya dengan merogoh kocek sekitar Rp5.000.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Radang TenggorokanSakit TenggorokanBau MulutGangguan PernapasanPenyakit Tenggorokan

Toko SehatQ. https://toko.sehatq.com/
Diakses pada 9 Maret 2021

Strepsils. https://www.strepsils.co.uk/
Diakses pada 9 Maret 2021

Net Doctor. https://www.netdoctor.co.uk/medicines/mouth-teeth/a6534/dequadin-lozenges-dequalinium/
Diakses pada 9 Maret 2021

Healthline. https://www.healthline.com/health/can-you-overdose-on-cough-drops#treatment
Diakses pada 9 Maret 2021

Medical News Today. https://www.medicalnewstoday.com/articles/321509#allergic-reactions
Diakses pada 9 Maret 2021

International Journal of Clinical Practice. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/28869700/
Diakses pada 9 Maret 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter