Mom & Baby

5 Perlengkapan Tidur Bayi yang Bikin Si Kecil Lebih Nyenyak

11 Aug 2021|Nina Hertiwi Putri
Perlengkapan tidur bayi yang penting adalah kasur, seprei, dan baby monitorPerlengkapan tidur bayi salah satunya kasur yang rata tanpa bantal

Saat Si Kecil lahir ke dunia, orang tua pasti ingin membelikan semua barang yang terlihat lucu dan menggemaskan, termasuk perlengkapan tidur. Selimut, bantal, kasur, atau bahkan mungkin boneka untuk menghias tempat tidurnya seringkali bertumpuk. Padahal, hal ini tidak terlalu baik, lho.

Kebutuhan perlengkapan tidur bayi sebenarnya jauh lebih sederhana dari yang banyak orang tua kira. Bahkan, ada beberapa barang yang kerap dibeli, justru tidak disarankan untuk dipakai saat bayi tidur karena bisa meningkatkan risiko bayi mengalami sesak napas saat tidur atau mungkin mengalami sudden infant death syndrome (SIDS).

Perlengkapan tidur bayi yang penting dimiliki

Perlengkapan tidur bayi salah satunya kasur dan seprei
Perlengkapan tidur bayi yang penting adalah kasur dan selimut

Ini dia beberapa perlengkapan tidur bayi esensial yang perlu orang tua siapkan.

1. Tempat tidur

Tempat tidur tentu adalah perlengkapan tidur bayi yang paling penting untuk dimiliki. Para ahli menyarankan, bayi tidak tidur satu kasur dengan orang tuanya karena berisiko tertindih atau tertutup jalan napasnya oleh selimut, seprei, atau pakaian orang tua.

Meski begitu, bayi disarankan untuk tetap tidur di dekat orang tuanya. Jadi, jika suatu saat ia perlu disusui atau diganti popoknya, aksesnya akan lebih mudah.

Saat memilih tempat tidur dan kasur bayi, orang tua disarankan untuk mencari kasur yang rata dan tidak terlalu empuk namun padat. Tipe kasur seperti ini lebih aman untuk bayi.

2. Seprei

Seprei untuk kasur bayi juga penting dimiliki dan kamu disarankan untuk menyediakan cadangan setidaknya empat buah. Soalnya, bisa dipastikan kamu akan sering mengganti seprei itu akibat ompol ataupun kotoran-kotoran lain seperti tumpahan susu sampai bedak.

Pilih seprei yang ukurannya sesuai dan bisa dipasang dengan pas di kasur sehingga tidak menimbulkan lipatan-lipatan yang berbahaya bagi bayi. Bayi yang tidur di atas kasur dengan seprei yang banyak berlipat berisiko lebih tinggi mengalami SIDS karena seprei bisa saja menutupi jalur napasnya.

3. Selimut

Selimut juga merupakan perlengkapan tidur bayi yang penting disiapkan orang tua. Selimut akan membuat bayi nyaman saat tidur dan tidak kedinginan. Tapi ingat, beli selimut yang tipis saja.

Cara memakaikan selimut pada bayi saat tidur pun perlu diperhatikan. Selimut perlu dipasang dengan baik hingga membungkus bayi sebatas dada dan taruh tangan bayi di luar selimut untuk menjaga agar selimut tidak banyak bergeser dan lepas.

4. Perlak atau alas ompol

Perlak atau alas ompol adalah lapisan tahan air yang biasanya dipasang di atas kasur bayi untuk berjaga-jaga apabila popok bayi bocor saat tidur. Dengan begitu, kasur bayi tidak akan ikut kotor dan orang tua pun tidak perlu terlalu sering mengganti seprei setiap Si Kecil buang air.

5. Baby monitor

Monitor bayi penting dipasang kalau orang tua tidak bisa mendampingi bayi terus menerus saat ia tidur. Misalnya, kamu perlu memasak, membersihkan rumah, mandi atau bekerja saat bayi tidur. Maka dengan memasang baby monitor di dekat kasur, kamu bisa melakukan kegiatanmu sambil memantau bayi.

Perlengkapan yang tidak disarankan ada di tempat tidur bayi

Boneka sebenarnya tidak disarankan di tempat tidur bayi
Boneka sebenarnya tidak terlalu disarankan untuk bayi

Tak banyak yang tahu, barang-barang di bawah ini sebenarnya tidak terlalu disarankan untuk diletakkan di kasur bayi atau sebagai perlengkapan tidur bayi.

• Bantal

Bantal sebenarnya tidak disarankan untuk dipakai bayi yang berusia di bawah satu tahun. Soalnya, bantal bisa meningkatkan risiko bayi mengalami kesulitan bernapas apabila posisinya berubah-ubah selama bayi tidur.

• Boneka dan mainan empuk lainnya

Sama seperti bantal, boneka juga dikhawatirkan bisa menutupi jalan napas anak jika ditaruh terlalu dekat dengan posisi ia tidur. Sementara itu, mainan-mainan empuk lainnya, terutama yang memiliki tali juga sebaiknya tidak ditaruh di tempat tidur bayi karena berisiko membuat bayi tersedak atau tercekik.

• Kelambu

Kelambu sebenarnya boleh-boleh saja dipasang di tempat tidur bayi. Tapi selama kelambu terpasang, kamu harus mendampingi bayi. Sebab jika ditinggal, kelambu bisa saja membuat bayi kesulitan bernapas secara tidak sengaja.

• Duvet atau bed cover

Banyak orang tua mungkin menganggap semakin empuk tempat tidur bayi, maka ia akan semakin nyaman. Padahal kenyataannya tidak demikian. Bayi tetap akan merasa nyaman tidur di atas tempat tidur yang padat dan rata.

Justru, jika bayi tidur di atas tempat tidur yang terlalu empuk apalagi yang dialasi oleh duvet atau bed cover, risiko benda-benda tersebut menutupi jalan napas bayi bisa meningkat.

Memilih perlengkapan tidur bayi sebenarnya tidaklah sulit. Kamu hanya perlu membeli barang-barang esensial yang sebenarnya tidaklah sulit didapat dan harganya pun terjangkau. Yang terpenting adalah kamu mengetahui fungsi dan cara penggunaan masing-masing barang dengan tepat.

Menidurkan BayiTumbuh Kembang BayiPerlengkapan Bayi

NHS. https://www.nhs.uk/conditions/baby/caring-for-a-newborn/what-you-will-need-for-your-baby/
Diakses pada 26 Juni 2021

Very Well Family. https://www.verywellfamily.com/bare-necessities-basic-baby-needs-293962#bedding-and-sleep-needs
Diakses pada 26 Juni 2021

March of Dimes. https://www.marchofdimes.org/baby/safe-sleep-for-your-baby.aspx
Diakses pada 26 Juni 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter