Gym & Sport

Perlengkapan Kiper Futsal yang Wajib Dipakai Saat Bertanding

15 Sep 2021|Ade Irawan
Perlengkapan kiper futsal wajibJaga performa di lapangan dengan segala perlengkapan kiper futsal wajib

Kiper dalam futsal merupakan posisi yang spesial karena punya tanggung jawab besar. Posisi ini pun terbilang lebih sulit dibanding saat kamu menjadi penjaga gawang dalam sepak bola. Karena itu, perlengkapan kiper futsal yang mesti dipakai juga perlu diperhatikan.

Biarpun gawang yang dipakai lebih kecil, kiper futsal bisa dibilang merupakan tembok terakhir pertahanan. Mereka harus siap menerima tendangan keras dari para pemain lawan. Tak jarang, kiper futsal juga harus beradu fisik secara langsung saat duel satu lawan satu dengan pemain lain.

Peralatan kiper futsal akan menjaga dari cedera pada anggota tubuh penting. Sebut saja siku, lutut, dan tulang kering. Bukan hanya itu, jari-jemari kiper futsal juga perlu dijaga dari cedera supaya bisa bertanding hingga akhir.

Perlengkapan kiper futsal yang penting dipakai

Perlengkapan yang dipakai kiper sebenarnya serupa dengan pemain lainnya. Namun, ada beberapa tambahan untuk melindungi bagian-bagian tertentu. Berikut perlengkapan kiper futsal yang wajib dipakai saat bertanding:

1

Jersey

Baju kiper futsalJersey kiper futsal harus berbeda dengan pemain lainnya

Mulai dari bagian paling esensial. Jersey futsal tentunya disesuaikan dengan warna tim. Namun, kiper punya warna dan motif yang sedikit berbeda. Perlengkapan kiper futsal yang satu ini juga digunakan untuk memberikan tanda kepada official pertandingan bahwa pemain yang menggunakan jersey tersebut adalah kiper.

Satu paket dengan baju, celana kiper juga perlu disesuaikan. Beberapa celana kiper memiliki bantalan tipis di sisi sampingnya. Busa tersebut untuk melindungi bagian paha kiper saat harus melakukan atraksi melompat.

2

Finger tape

Finger tape kiper futsalCegah cedera jari saat main futsal dengan finger tape

Peralatan kiper futsal yang satu ini bisa dibilang sangat penting. Finger tape akan menjaga jari kiper supaya tidak cedera saat menepis atau menangkap bola. Pasalnya, kiper futsal tidak menggunakan sarung tangan layaknya penjaga gawang sepak bola. Finger tape biasanya diaplikasikan pada buku jari hingga terkunci.

3

Elbow pad

Elbow pad kiper futsalLindungi sikut saat menahan serangan lawan

Masih di bagian tangan. Elbow pad akan menjaga siku tangan kiper dari cedera. Perlindungan ini berfungsi saat kiper futsal harus berjibaku menahan bola sulit yang mengharuskan dia melompat. Elbow pad juga bisa menjaga siku tangan dari benturan fisik saat pertandingan futsal.

4

Knee pad

Knee pad kiper futsalHindari lutut lecet akibat jatuh di lapangan futsal

Kiper futsal juga disarankan untuk menggunakan knee pad atau pelindung lutut saat bertanding. Dibanding pemain lain, lutut kiper jadi paling rentan cedera saat menjaga gawang. Pasalnya, kiper harus menurunkan badan secara tiba-tiba untuk menahan bola datar dari lawan. Pelindung lutut kiper futsal ini juga menjaga benturan dengan pemain lawan.

5

Shin guard

Shin guard kiper futsalLindungi tulang kering dari tubrukan dengan pemain lawan

Sebenarnya, perlengkapan kiper futsal yang satu ini juga wajib dipakai oleh seluruh pemain. Namun, kiper perlu memakainya setiap saat dan memilih shin guard terbaik. Ada kalanya, kiper futsal harus menghalau serangan dengan menjulurkan kakinya ke arah musuh. Dengan menggunakan shin guard, tulang kering kiper akan lebih terjaga dan risiko cedera pun semakin kecil.

6

Kaus kaki

Kaus kaki kiper futsalGunakan kaus kaki yang lebih panjang dan lebih tebal saat jadi kiper futsal

Kiper futsal juga perlu memerhatikan penggunaan kaus kaki saat bertanding. Pasalnya, posisi kiper harus melakukan lebih banyak gerakan untuk menepis bola. Tidak jarang gerakan yang dilakukan mengharuskan kiper bergesekan langsung dengan lapangan. Kiper futsal sebaiknya memilih kaus kaki yang lebih panjang dan tebal untuk menghindari kaki dari lecet.

7

Sepatu futsal

Sepatu kiper futsalPilih sepatu yang ringan untuk memudahkan pergerakan di lapangan

Pemilihan sepatu futsal juga perlu diperhatikan. Biarpun fungsinya sama-sama untuk menendang, sepatu futsal untuk kiper perlu dipilih yang sedikit ringan. Dengan begitu, gerakan kiper futsal pun akan lebih lincah.

Olahraga
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email