Lifestyle

Rekomendasi Penyegar Mulut agar Napas Tidak Bau

27 May 2021|Bayu Galih Permana
Penyegar mulut dapat membantu mengatasi masalah bau mulutObat kumur adalah salah satu bentuk penyegar mulut

Ketika berbicara dengan orang yang mempunyai bau mulut tak sedap, sebagian besar dari kita pasti merasa tidak nyaman dan ingin menyelesaikan obrolan sesegera mungkin. Kondisi ini bisa dipicu oleh berbagai macam faktor mulai dari efek makanan yang dikonsumsi, penyakit, hingga gaya hidup tidak sehat yang sedang mereka jalani.

Cara mengatasi bau mulut haruslah disesuaikan dengan kondisi yang mendasarinya. Beberapa orang mungkin membutuhkan perawatan jangka panjang supaya masalah ini hilang. Jika dalam keadaan mendesak, salah satu cara paling mudah dilakukan untuk menangani napas yang bau adalah dengan menggunakan penyegar mulut.

Apa saja penyebab mulut bau?

Beragam faktor dapat menjadi pemicu seseorang bernapas bau. Kondisi ini dapat disebabkan infeksi dalam mulut, makanan yang dikonsumsi, efek pengobatan, hingga gejala kondisi medis tertentu.

Berikut ini sejumlah faktor yang membuat mengalami bau mulut:

1. Makanan yang dikonsumsi

Makanan yang kamu konsumsi bisa menjadi salah satu pemicu bau mulut. Beberapa makanan yang dapat membuat napas bau saat dikonsumsi, di antaranya bawang bombai, bawang putih, pete, jengkol, dan rempah-rempah lainnya.

2. Merokok

Gaya hidup tak sehat seperti merokok bisa membuat napas bau. Selain itu, orang yang punya kebiasaan buruk ini juga lebih berisiko mengalami penyakit gusi. Penyakit gusi dapat semakin memperburuk bau napasmu.

3. Kebersihan mulut yang buruk

Menyikat gigi merupakan salah satu aktivitas yang wajib dilakukan setiap hari untuk menjaga kebersihan mulut. Ketika kamu tidak menyikat gigi, sisa makanan akan menempel pada sela-sela gigi dan memicu bau. Tak hanya itu, jarang sikat gigi juga membuat kamu lebih berisiko mengalami periodontitis.

4. Efek pengobatan

Beberapa obat secara tak langsung dapat menyebabkan bau mulut saat dikonsumsi. Kondisi ini terjadi karena konsumsi obat seringkali membuat mulut kering. Ketika mulut kering, mulut tidak dibasahi air liur. Air liur membantu membersihkan mulut dengan menyapu partikel pemicu bau tidak sedap.

5. Infeksi atau penyakit

Infeksi pada mulut, hidung, sinus, dan tenggorokan dapat membuat napas menjadi beraroma tidak sedap. Selain itu, masalah kesehatan lain seperti kanker, gangguan metabolisme, hingga refluks asam lambung kronis (GERD) juga bisa memicu kondisi serupa.

Rekomendasi penyegar mulut agar napas tidak bau

1

Betadine Mouthwash & Gargle

Penyegar mulut agar napas tidak bauBetadine Mouthwash & Gargle (Sumber foto: Betadine)Cek Sekarang

Betadine Mouthwash & Gargle adalah obat kumur antiseptik yang dapat digunakan sebagai penyegar mulut. Tak hanya membuat napas menjadi terasa lebih segar, produk ini diklaim dapat membantu meredakan beragam masalah pada mulut seperti sariawan, gusi bengkak, hingga sakit tenggorokan.

Cara pemakaiannya pun sangat mudah, kamu cukup menuang obat kumur ke tutup botol, sebelum kemudian berkumur selama 30 sampai 60 detik. Betadine Mouthwash & Gargle dibandrol dengan harga mulai Rp34.000 untuk kemasan 190 ml.

2

Enkasari Mouthwash

Penyegar mulut agar napas tidak bauEnkasari Mouthwash (Sumber foto: Kimia Farma)Cek Sekarang

Obat kumur yang bebas kandungan alkohol ini bisa membantu mengatasi aroma tidak sedap pada mulut. Kandungan sorbitol dan mentol yang terdapat dalam Enkasari Moutwash disebut dapat memberikan kesehukan pada saluran pernapasan dan rongga mulut.

Selain berfungsi sebagai pengharum nafas, Enkasari Mouthwash dapat membantu mencegah masalah pada rongga mulut seperti sakit gigi, gigi berlubang, serta sariawan. Produk ini dijual dengan harga mulai Rp8.000 untuk kemasan isi 100 ml.

3

Total Care Mouthwash

Penyegar mulut agar napas tidak bauTotal Care Mouthwash (Sumber foto: Total Care)Cek Sekarang

Total Care Mouthwash merupakan penyegar mulut bersertifikat halal yang bisa memberikan sensasi segar tahan lama. Selain itu, produk ini juga aman digunakan setiap hari karena bebas akan kandungan alkohol.

Obat kumur ini membuat napas menjadi terasa lebih segar dengan cara membasmi bakteri-bakteri yang ada dalam rongga mulut. Total Care Mouthwash bisa dibeli mulai RP16.000 untuk kemasan isi 250ml.

4

Listerine Multiprotect

Penyegar mulut agar napas tidak bauListerine Multiprotect (Sumber foto: Listerine)Cek Sekarang

Produk ini bisa digunakan sebagai penyegar nafas sekaligus mencegah bau mulut. Kandungan bahan aktif seperti mentol, metil, salisilat, timol, sodium florida, hingga eukaliptol diklaim efektif melawan kuman penyebab plak, bau mulut, dan gigi berlubang.

Cara penggunaan obat kumur ini pun praktis, kamu cukup menuangkan 10 ml cairan dalam kemasan ke tutup botol dan berkumur selama 60 detik. Harga Listerine Multiprotect dibanderol mulai Rp23.000 untuk kemasan 250 ml.

5

Frezza Spray Reguler

Penyegar mulut agar napas tidak bauFrezza Spray Reguler (Sumber foto: Konimex)Cek Sekarang

Frezza Spray Reguler adalah produk penyegar mulut yang praktis dan bisa dipakai kapan dan di mana saja. Produk ini merupakan pengharum mulut spray, sehingga praktis dimasukkan ke dalam tas dan dibawa bepergian.

Kandungan mint dan mentol dalam Frezz Spray Reguler juga disebut dapat mencegah gigi berlubang. Semprotan pengharum nafas ini bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp21.500 untuk kemasan 13 ml.

6

GoFress

Berbentuk permen lembar tipis, GoFress dapat memberikan sensasi kesegaran pada mulut sekaligus menghilangkan bau tak sedap, Permen ini bekerja sebagai penyegar nafas dengan cara membunuh kuman dan virus yang menjadi pemicunya.

Menariknya, permen ini mengandung 0 kalori sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes. Permen Gofress dapat dibeli dengan harga mulai Rp10.000 untuk kemasan isi 24 strip.

7

Fisherman’s Friend

Penyegar mulut agar napas tidak bauFisherman’s Friend (Sumber foto: Fisherman's Friend)Cek Sekarang

Fisherman’ Friend merupakan permen yang bisa dikonsumsi sebagai pengharum mulut. Kamu dapat mengonsumsi permen ini setelah makan agar terhindar dari rasa asam, amis, serta bau tidak sedap.

Bahan mentol dan minyak peppermint yang terkandung dalam permen ini juga bisa membantu mengurangi rasa tidak nyaman dan gatal pada tenggorokan. Harga Fisherman’s Friend cukup terjangkau, yaitu mulai Rp13.000 untuk kemasan 25 gram.

Bau Mulut

Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bad-breath/symptoms-causes/syc-20350922
Diakses pada 27 Mei 2021

Toko SehatQ. https://toko.sehatq.com/
Diakses pada 27 Mei 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter