Beauty & Skincare

Rekomendasi Pembersih Wajah Pria untuk Kulit Muka yang Lebih Sehat

02 Jun 2021|Bayu Galih Permana
Pemilihan pembersih wajah pria harus disesuaikan dengan jenis dan kondisi kulit mukaPembersih wajah pria bantu jaga kesehatan kulit muka

Cuci muka menggunakan sabun pembersih wajah merupakan salah satu tindakan yang wajib dilakukan usai beraktivitas, tak terkecuali bagi pria maupun wanita. Sayangnya, masih banyak pria yang malas cuci muka dan acuh terhadap kesehatan wajah mereka. Akibatnya, kulit wajah pun kemudian menjadi berjerawat dan kusam karena tidak terawat.

Untuk mencegah masalah tersebut, beragam produk pembersih wajah pria bisa dengan mudah kamu beli di pasaran. Dalam memilih sabun muka terbaik untuk pria, sesuaikan dengan kondisi kulit wajah agar mendapatkan manfaat yang optimal.

Bagaimana cara memilih pembersih wajah pria yang tepat?

Sebelum membeli sabun muka pria, sejumlah hal perlu diperhatikan agar kamu bisa memperoleh manfaat yang maksimal. Jangan sampai sabun wajah pria yang kamu beli malah memperparah kondisi kulit mukamu.

Berikut tips memilih sabun muka yang bagus untuk pria:

  • Ketahui jenis kulitmu terlebih dahulu. Jika kamu mempunyai kulit kering, hindari produk dengan kandungan alkohol tinggi. Apabila kulitmu berminyak, pilih pembersih wajah pria yang memiliki tingkat pH rendah. Untuk kulit sensitif, jangan memakai sabun cuci muka dengan wewangian dan aditif berat.
  • Pahami jenis sabun muka pria yang cocok untuk kulitmu. Sabun berbentuk krim cocok untuk kulit kering, sementara gel atau busa ditujukkan bagi kamu yang mempunyai kulit berminyak.
  • Sesuaikan fungsi produk sesuai dengan kondisi kulit. Sebagai contoh, pembersih wajah pria yang bertujuan untuk mengatasi pori-pori tersumbat cocok digunakan setelah kamu berolahraga. Jika kulitmu alergi, hindari sabun cuci muka dengan bahan kimia.
  • Pilih sabun wajah pria dengan kadar pH seimbang supaya tingkat keasaman kulit tidak terlalu tinggi atau rendah.

Apabila kamu mengalami kesulitan dalam memilih produk pembersih wajah yang tepat untuk kulitmu, berkonsultasilah dengan dokter. Nantinya, dokter akan memberi rekomendasi sabun pembersih wajah pria yang sesuai dengan jenis dan kondisi kulitmu.

Rekomendasi pembersih wajah pria agar kulit muka tetap sehat

1

Garnier Men Turbolight Oil Control

Pembersih wajah pria untuk jaga kesehatan kulit mukaGarnier Men Turbolight Oil Control (Sumber foto: Garnier)Cek Sekarang

Sabun muka pria yang sudah bersertifikat halal ini membantu membersihkan wajah dari debu, kotoran, dan minyak berlebih. Garnier Men Turbolight Oil Control juga diklaim bisa membantu wajah jadi tampak lebih cerah.

Kandungan kaolin yang ada dalam produk ini dapat membantu mengangkat minyak berlebih, mengontrol produksinya, dan mengecilkan pori-pori tanpa menghilangkan minyak alami pada kulit. Untuk mendapatkan produk ini, kamu bisa membelinya dengan harga mulai Rp33.000.

2

Nivea Men White 8H Oil Clear

Pembersih wajah pria untuk jaga kesehatan kulit mukaNivea Men White 8H Oil Clear (Sumber foto: Nivea)

Nivea Men White 8H Oil Clear merupakan sabun muka pria untuk kulit berminyak dan kusam. Formula yang terkandung dalam produk ini disebut dapat membersihkan kotoran dan minyak berlebih pada wajah, mencerahkan kulit, mengecilkan pori-pori, hingga menghilangkan bintik hitam akibat debu atau kotoran.

Dari segi keamanan, produk ini sudah teruji secara dermatologi dan aman untuk kulit wajah. Nivea Men White 8H Oil Clear bisa kamu peroleh dengan harga mulai dari Rp 50.000 untuk kemasan isi dua.

3

Vaseline Men Active Bright Acne Expert

Pembersih wajah pria untuk jaga kesehatan kulit mukaVaseline Men Active Bright Acne Expert (Sumber foto: Vaseline)

Sabun muka Vaseline Men Active Bright Acne Expert mempunyai manfaat kelembapan yang membantu mengurangi bakteri penyebab jerawat. Penggunaannya pun juga tidak membuat kulitmu menjadi terlalu kering.

Selain membantu mencegah jerawat, produk ini juga membuat kulit jadi terasa lebih halus dan lembut.  Harga Vaseline Men Active Bright Acne Expert dijual mulai Rp 28.000 untuk kemasan 100 gram.

4

Sebamed Antibacterial Cleansing Foam

Pembersih wajah pria untuk jaga kesehatan kulit mukaSebamed Antibacterial Cleansing Foam (Sumber foto: Sebamed Indonesia)

Sebamed Antibacterial Cleansing Foam merupakan salah satu produk sabun muka pria untuk menghilangkan bekas jerawat. Kandungan Panthenol yang terdapat di dalamnya membantu proses regenerasi kulit dan menyembuhkan kulit rusak.

Selain itu, Sebamed Antibacterial Cleansing Foam juga mengandung montaline C40 yang diklaim dapat membunuh 100 ribu bakteri dalam waktu 5 menit. Produk ini dapat kamu beli dengan harga mulai Rp140.000.

5

Cetaphil Gentle Skin Cleanser

Pembersih wajah pria untuk jaga kesehatan kulit mukaCetaphil Gentle Skin Cleanser (Sumber foto: Cetaphil)

Produk ini diformulasikan sebagai pengganti sabun untuk kulit normal, kering, maupun berjerawat. Meski lembut, Cetaphil Gentle Skin Cleanser disebut efektif membersihkan sekaligus melembapkan kulit.

pH seimbang di dalamnya bermanfaat untuk menjaga kadar asam dan basa pada permukaan kulit. Cetaphil Gentle Skin Cleanser dijual dengan harga mulai Rp 87.000 untuk kemasan isi 125 ml.

6

Pond’s Men Dirt Fader Facial Foam

Pembersih wajah pria untuk jaga kesehatan kulit mukaPond’s Men Dirt Fader Facial Foam (Sumber foto: Pond's)

Pond’s Men Dirt Fader Facial Foam adalah produk yang membantu membersihkan wajah pria dari debu dan kotoran. Selain membersihkan, produk ini juga diklaim bisa membuat kulit muka jadi lebih cerah.

Produk dengan tema Star Wars ini memang diformulasikan khusus untuk pria. Pond’s Men Dirt Fader Facial Foam dijual dengan harga mulai Rp30.000 untuk kemasan 100 gram.

7

Men’s Biore Non Scrub Facial Foam Oil Buster Acne Action

Pembersih wajah pria untuk jaga kesehatan kulit mukaMen’s Biore Non Scrub Facial Foam Oil Buster Acne Action (Sumber foto: KAO)

Sabun muka pria dalam bentuk busa ini dilengkapi dengan formula antibacterial yang berguna untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Kandungan natural white clay yang ada di dalamnya juga dikenal bisa membantu menyerap kelebihan minyak pada wajah.

Men’s Biore Non Scrub Facial Foam Oil Buster Acne Action juga dilengkapi dengan teknologi terkini dari jepang yang dapat mengangkat kotoran, keringat, dan minyak berlebih pada kulit tanpa mengagnggu kelembapannya.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Perawatan Wajah

Westlake Dermatology. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bad-breath/symptoms-causes/syc-20350922
Diakses pada 2 Juni 2021

Vaseline. https://www.vaseline.com/id/id/products/face-care/vaseline--men-active-bright-acne-expert-gel-wash.html
Diakses pada 2 Juni 2021

Sebamed Indoneisia. https://sebamedindonesia.com/product/clear-face-antibacterial-cleansing-foam/
Diakses pada 2 Juni 2021

Cetaphil. https://www.cetaphil.co.id/article/mengungkap-keunggulan-cetaphil-gentle-skin-cleanser
Diakses pada 2 Juni 2021

Ponds. https://www.ponds.com/id/pria/produk/rangkaian/white-boost/face-wash.html
Diakses pada 2 Juni 2021

KAO. https://www.kao.com/id/id/products/mensbiore/mbi_nonscrub_acne_00/
Diakses pada 2 Juni 2021

Toko SehatQ. https://toko.sehatq.com/
Diakses pada 2 Juni 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter