Gym & Sport

Bikin Licin dan Awet, Ini Rekomendasi Pelumas Rantai Sepeda Terbaik

14 Sep 2021|Ade Irawan
Pelumas rantai sepedaRantai sepeda perlu dilumasi dengan oli supaya tidak berkarat

Memiliki sepeda tentunya harus tahu juga cara merawatnya. Bagian penting yang perlu dirawat dengan baik adalah rantai sepeda. Kamu perlu selalu melumurinya dengan pelumas rantai sepeda supaya tetap bekerja dengan baik.

Pelumas rantai sepeda ini juga perlu disesuaikan dengan tipe sepeda dan medan saat kamu mengendarainya. Ada pelumas rantai kering yang cocok untuk perjalanan jauh dengan kecepatan tinggi. Namun, pelumas ini tidak tahan dengan air. Jadi, kamu perlu melumasinya lagi setelah kehujanan atau melewati medan yang basah.

Di sisi lain, pelumas rantai sepeda basah sangat cocok untuk berkendara di tengah guyuran hujan. Kamu pun tidak perlu khawatir saat melewati genangan air yang membuat seluruh sepeda basah. Pelumas rantai sepeda basah juga cocok untuk kamu yang tidak punya banyak waktu untuk merawat sepeda.

Ada pula pelumas rantai jenis lilin yang biasanya digunakan oleh mereka yang suka dengan kecepatan kala menggowes. Pelumas jenis lilin ini juga punya kelebihan yaitu tidak membuat kotor saat diaplikasikan. Sayangnya, kamu perlu lebih sering melumasinya.

Rekomendasi pelumas rantai sepeda terbaik

Apa pun pelumas rantai sepeda yang kamu pilih, kamu tetap harus rutin merawat sepeda. Berikut sederet pelumas rantai sepeda terbaik yang bisa kamu pilih:

1

B-Chain OffRoad Lube

Pelumas rantai sepeda B-ChainPelumas sepeda ampuh yang bikin licin

Pelumas rantai sepeda sepeda ini cocok untuk sepeda yang sering dipakai. Pengaplikasian pelumas rantai ini juga sangat mudah. Kamu cukup menyemprotkan pelumas ini di rantai bahkan sampai ke bagian dalamnya. Namun, harus hati-hati saat menyemprotkannya dan jangan sampai kena bagian rem. Pelumas rantai ini bisa membuat rantai sangat licin dan tidak gigit. Harga oli rantai sepeda ini sekitar Rp50-Rp60 ribu.

2

BLUB Dry Lube

Pelumas rantai sepeda BLUBPelumas sepeda kering yang tahan lama

Pastikan kamu mencuci bersih sepeda sebelum mengaplikasikan pelumas rantai ini. BLUB Dry Lube adalah pelumas kering teflon yang bisa mengurangi gesekan pada rantai. Pelumas ini punya kemampuan menjaga rantai dari debu, pasir, dan kotoran untuk menempel di rantai. Jadi, rantai sepeda kamu tetap bersih setelah dipakai. Harga pelumas BLUB Dry Lube ini sekitar Rp200-Rp290 ribu.

3

Finish Line Dry Bike Lubricant

Pelumas rantai sepeda Finish LinePelumas sepeda kering yang bisa hindari aus dan korosi

Masih dari pelumas kering. Kamu bisa mendapatkan pelumas rantai terbaik dari Finish Line. Brand yang satu ini sudah sangat populer di kalangan pecinta sepeda karena kualitas yang sudah teruji. Minyak rantai sepeda ini mampu mencegah keausan, karat, dan korosi. Karena ini pelumas kering, rantai sepeda kamu juga akan terlindung dari debu. Harga pelumas dari Finish Line ini sekitar Rp150-Rp170 ribu.

4

White Lightning Epic Ride

Pelumas rantai sepeda Epic RidePelumas basah yang bisa diandalkan saat turun hujan

PIlihan pelumas rantai sepeda yang lain datang dari White Lightning Epic Ride. Produk yang satu ini merupakan jenis pelumas basah yang mampu menjaga kerja rantai supaya tidak keset. Kamu bisa mengaplikasikan pelumas ini setiap kali ingin menggowes. Tenang, tidak perlu menunggu pelumas kering untuk bisa menggunakan sepedanya. Harga pelumas rantai sepeda ini sekitar Rp70-Rp75 ribu.

5

Cylion Chain Lube

Pelumas rantai sepeda Cylion ChainPelumas rantai sepeda yang mudah digunakan

Untuk pemilik mountain bike, pelumas rantai sepeda ini bisa dijadikan pilihan. Pasalnya, pelumas yang satu ini memang diformulasikan untuk sepeda yang digunakan dalam medan yang ekstrem. Bentuk pelumasnya yang berbentuk gerigi memudahkan kamu untuk mengaplikasikannya ke rantai sepeda. Harga pelumas rantai sepeda ini sekitar Rp90-Rp100 ribu.

6

Rexco 25 High Performance Chain Lube

Pelumas rantai sepeda Rexco 25Lumasi rantai sampai bagian tersulit

Kamu yang sering menggunakan sepeda dengan kecepatan yang tinggi tentunya perlu lebih sering melumasi rantainya. Rexco 25 High Performance Chain Lube bisa kamu coba untuk diaplikasikan di rantai sepeda. Formulanya bisa membuat kerja rantai lebih halus dan menghilangkan bunyi derit. Produk ini pun dilengkapi dengan pipa kecil yang memudahkan kamu menjangkau bagian rantai yang sulit. Pelumas rantai sepeda ini bisa didapatkan dengan harga Rp40-Rp45 ribu.

7

C3 Ceramic Wet Chain Lube

Pelumas rantai sepeda C3Melindungi rantai sepeda dari gesekan

Pelumas dengan lapisan keramik punya kelebihan dan daya tahan yang lebih baik. Salah satu pelumas yang punya formula tersebut adalah pelumas rantai sepeda dari C3. Pelumas rantai sepeda yang satu ini mampu melindungi rantai dari keausan karena gesekan yang terus-menerus. Kemasannya pun berbentuk seperti pipet yang memudahkan kamu untuk menggunakannya. Cukup teteskan chain lube untuk sepeda ini di bagian rantai dan rasakan bedanya. Pelumas ini dibanderol dengan harga Rp200-Rp290 ribu.

OlahragaTips Bersepeda
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter