Lifestyle

Kamu Cantengan? Tenang, Atasi dengan Obat Cantengan di Apotek Ini

20 Jul 2021|Rhandy Verizarie
obat cantengan di apotekObat cantengan di apotek ada yang memerlukan resep dokter, ada juga yang tidak

Salah satu hal yang mungkin paling ‘menjengkelkan’ adalah cantengan. Rasa sakit yang ditimbulkan tentu akan sangat mengganggu kamu, bukan? Nah, untungnya kondisi ini dapat diatasi dengan sejumlah obat cantengan di apotek.

Apa saja rekomendasi obat kuku cantengan yang bisa kamu gunakan sebagai cara mengobati cantengan? Simak informasinya berikut ini! 

Penyebab cantengan

Cantengan adalah kondisi ketika sudut jari tangan maupun kaki—umumnya dialami kuku jempol kaki—membengkak dan memerah. Hal ini dikarenakan kuku tumbuh ke dalam dan menusuk kulit jari.

Lantas, apa sih yang menjadi penyebab cantengan di jari atau jempol kamu? Ternyata, ada sejumlah faktor yang membuat kamu harus mengalami kondisi ini, yaitu:

  • Kuku tidak dipotong secara lurus
  • Kuku dipotong terlalu pendek
  • Kuku kaki patah
  • Kuku kaki membentur benda tumpul

Selain itu, adanya infeksi jamur yang membuat kuku menebal juga bisa meningkatkan risiko cantengan, lho. 

Walaupun cantengan bukanlah masalah serius, tetap saja rasa sakit yang ditimbulkannya bisa sangat mengganggu. Tidak hanya itu, kondisi juga dapat memicu terjadinya infeksi. Itu sebabnya, kamu harus segera mengobatinya sebelum cantengan bertambah parah

Rekomendasi obat cantengan di apotek

Sebenarnya, cantengan bisa sembuh dengan sendirinya tanpa harus menggunakan obat-obatan. Namun, ada sejumlah obat cantengan di apotek yang bisa kamu gunakan agar cantengan bisa sembuh lebih cepat.

Berikut ini rekomendasi obat cantengan jempol kaki maupun tangan yang efektif atasi cantengan dengan cepat:

1

EMTRIX

EMTRIX

EMTRIX adalah obat cantengan di apotek yang masuk ke dalam kategori obat bebas. Artinya, kamu dapat menggunakan obat ini tanpa perlu resep dokter. 

EMTRIX yang berupa gel berwarna bening ini mengandung lactic, propylene glycol, sodium hydroxid acid, dan urea. Kandungan-kandungan tersebut disebut efektif mengatasi masalah kulit, termasuk cantengan ini.

Selain itu, obat cantengan jempol kaki dapat mencegah infeksi jamur maupun bakteri. 

 

Harga EMTRIX: Mulai dari Rp180.000

2

Sagestam

Sagestam

Kalau kamu mencari obat kuku cantengan dengan harga murah namun tetap efektif, Sagestam bisa menjadi pilihan. Namun, obat ini hanya bisa kamu gunakan setelah mendapat resep dari dokter. 

Obat salep ini dapat kamu gunakan pada pagi maupun malam hari. Namun, kamu tetap perlu berhati-hati dan sebaiknya lindungi jempol kaki yang cantengan dengan perban atau semacamnya untuk mencegah gesekan maupun benturan.

 

Harga Sagestam: Mulai dari Rp13.000

3

Salep 2-4

Salep 2-4

Salep 2-4 adalah obat cantengan di apotek dengan kandungan sulfur dan acid. Obat ini berguna apabila cantengan yang kamu alami sudah sampai terinfeksi bakteri. 

Kamu bisa menggunakan salep 2-4 pada pagi dan malam hari. Oleskan pada area kuku yang mengalami cantengan, kemudian diamkan sampai kering. Lakukan secara rutin sampai cantengan benar-benar sembuh.

Namun, perlu diperhatikan bahwasanya obat ini memiliki efek samping seperti kulit kering atau bahkan iritasi. Segera hentikan penggunaan obat apabila kamu mengalami gejala efek samping tersebut.

 

Harga obat Salep 2-4: Mulai dari Rp10.000

4

Salep 88

Salep 88

Kamu mungkin lebih mengenal salep 88 sebagai obat oles untuk mengatasi infeksi jamur di kulit. Namun, salep ini juga bisa digunakan sebagai cara mengobati cantengan, terlebih jika cantengan berkaitan dengan infeksi jamur. 

Obat cantengan di apotik ini mengandung salisilat, sulfur, dan asam benzoate sehingga memang cukup efektif dalam membasmi jamur atau bahkan bakteri.

Oleskan salep secukupnya pada jari yang cantengan di pagi dan sore hari. Lakukan setiap hari sampai cantengan sembuh.

 

Harga salep 88: Mulai dari Rp9.000

5

Garamycin

Garamycin

Rekomendasi obat cantengan di apotek yang terakhir adalah Garamycin. Salep ini sebenarnya tidak hanya dapat mengobati cantengan, tapi juga sejumlah masalah kulit lainnya yang disebabkan oleh infeksi bakteri. 

Obat oles ini termasuk ke dalam kategori obat keras. Jadi, kamu memerlukan resep dari dokter apabila ingin menggunakannya. 

Dosis pemakaian obat kuku cantengan ini tergantung dari tingkat keparahan cantengan yang kamu alami. Namun biasanya, dokter akan menyarankan kamu untuk mengoleskan obat ke jempol yang cantengan sebanyak 3-4 kali sehari.

Pastikan untuk menggunakan obat cantengan jempol kaki ini sesuai dengan anjuran dokter, ya.


Harga Garamycin: Mulai dari Rp295.000

Perawatan KulitMasalah KulitCantengan
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter