Lifestyle

10 Obat Batuk Berdahak Paling Ampuh yang Wajib Ada di Rumah

Obat batuk berdahak paling ampuh mampu mengencerkan dahakObat batuk berdahak paling ampuh membantu mengencerkan dahak

Obat batuk berdahak paling ampuh idealnya mengandung bahan aktif tertentu untuk membantu mengencerkan lendir dan memudahkan pengeluaran dahak yang terasa “menyangkut” di tenggorokan.

Lantas, apa saja rekomendasi obat batuk berdahak yang bagus?

Cara mengobati batuk berdahak

Selain dengan obat, nyatanya ada banyak cara mengobati batuk berdahak yang bisa kamu lakukan di rumah. Misalnya dengan:

1. Menyalakan humidifier

Melembapkan udara dengan bantuan humidifier mampu membantu mengencerkan dahak secara alami.

Sebaiknya, pilih mode humidifier yang mengeluarkan udara bersuhu sejuk alih-alih uap hangat.

Sebab, uap hangat berisiko mengiritasi saluran napas yang dapat memperparah kondisi.

2. Rutin minum air putih hangat

Minum air putih hangat terbukti membantu mengeluarkan dahak dari tenggorokan. Air bekerja dengan cara mengencerkan serta mendorong keluar dahak yang menyumbat tenggorokan.

Selain air hangat, kamu juga bisa mencoba kuah kaldu ayam atau air perasan lemon hangat.

3. Kumur air garam

Kumur air garam bisa membersihkan lendir yang terjebak di belakang tenggorokan.

Selain itu, air garam juga membunuh kuman penyebab batuk berdahak dan melegakan sakit tenggorokan.

Cara membuat larutan air garam di rumah adalah dengan mencampurkan setengah atau 3/4 sendok teh garam dalam secangkir air hangat, lalu aduk merata.

Kumur dengan mendongakkan kepala, lalu embuskan udara dari tenggorokan. Buang air sisa berkumur.

4. Mengonsumsi obat batuk berdahak tradisional

Ada beberapa bahan alami yang sudah terkenal sejak lama sebagai obat batuk berdahak tradisional.Bahkan, bahan-bahan ini mungkin sudah ada di dapurmu.

Beberapa contoh obat batuk berdahak tradisional yang mudah didapat adalah:

  • Madu: mengurangi dahak dan batuk.
  • Nanas: mengandung bromelain yang bisa mengurangi batuk dan mempermudah dahak keluar dari tenggorokan.
  • Jahe: mengurangi batuk dan mengatasi tenggorokan tersumbat.
  • Lemon: mengurangi peradangan dan memberikan asupan vitamin C untuk melindungi tubuh dari infeksi.

Rekomendasi obat batuk berdahak paling ampuh

1

Woods Expectorant

Rekomendasi obat batuk berdahak paling ampuh: Woods ExpectorantWoods Expectorant membantu mengencerkan dahak dan menghambat produksi dahak. (Sumber: Official Website Woods)Cek Sekarang

Obat batuk Woods adalah obat batuk berdahak dalam bentuk sirup. Obat ini bekerja sebagai ekspektoran, yaitu pengencer dahak sehingga mudah keluar dari paru-paru dan tenggorokan melalui batuk.

Selain itu, obat batuk Woods Expectorant juga mengandung bahan bromhexine hCl yang bekerja sebagai mukolitik, yaitu pemecah molekul pembuat dahak.

Karena bekerja dengan 2 cara, Woods Expectorant dapat dikatakan sebagai salah satu obat batuk berdahak paling ampuh.

Cara pakai obat batuk Woods adalah 3x sehari sebanyak 5 ml untuk anak-anak usia 6-12 tahun.

Untuk dewasa dan anak di atas 12 tahun, obat bisa dikonsumsi 10 ml sebanyak 3x sehari.

Dapatkan obat batuk Woods Expectorant mulai dari Rp17.000,00.

2

Actifed Plus Expectorant

Rekomendasi obat batuk berdahak paling ampuh: Actifed Plus ExpectorantActifed Plus Expectorant mengurangi reaksi alergi penyebab batuk dan membantu mengeluarkan dahakCek Sekarang

Obat batuk Actifed Plus Expectorant ampuh untuk mengatasi batuk berdahak karena mengandung triprolidine HCl, pseudoephedrine HCl, dextromethorphan Hbr, guaifenesin, ethanol, dan sukrosa.

Triprolidine HCl bekerja sebagai antihistamin untuk mengurangi reaksi alergi, sementara dextromethorphan Hbr membantu mengurangi frekuensi batuk-batuk. 

Kandungan guaifenesinnya mampu mengencerkan dahak dan membuatnya tidak lengket sehingga lebih mudah dikeluarkan saat batuk.

Actifed adalah salah satu obat batuk berdahak yang paling ampuh. Namun, obat batuk ini tidak boleh digunakan ibu hamil dan menyusui serta anak berusia di bawah 6 tahun.

Actifed Plus Expectorant bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp55.800,00.

3

Silex Sirup

Rekomendasi obat batuk berdahak paling ampuh: Silex SirupSilex Sirup menggunakan bahan-bahan alami untuk mengencerkan dahak, mengurangi batuk, hingga melegakan tenggorokan. (Sumber: Official Website Silex)Cek Sekarang

Silex obat batuk diformulasikan khusus untuk batuk berdahak. Obat batuk berdahak ini menggunakan bahan alami, seperti Thymi herba siccum, ekstrak Primulae radix siccum, ekstrak Althaeae folium siccum, ekstrak Droserae herba siccum, ekstrak Serpylli herba siccum.

Thymi herba siccum dan Serpylli herba siccum atau ekstrak thyme berguna untuk melegakan tenggorokan dengan membuka saluran pernapasan yang menyempit.

Selain itu, kandungan ini juga bekerja sebagai antiseptik untuk menghambat pertumbuhan mikroorganisme.

Kandungan pendukung lainnya seperti Primulae radix siccum atau akar bunga primrose bekerja sebagai ekspektoran untuk mengencerkan dahak dan membuatnya tidak lengket.

Sementara itu, ekstrak Althaeae folium atau akar marshmallow berguna untuk meredakan sakit tenggorokan dan mengurangi batuk.

Kandungan ini juga membantu melapisi tenggorokan sehingga memberi sensasi lega saat terjadi iritasi.

Ekstrak Droserae herba mengurangi peradangan dan otot pada saluran pernapasan yang kaku.

Karena menggunakan berbagai kandungan alami dengan beragam cara kerja, maka obat batuk Silex merupakan salah satu obat batuk berdahak paling ampuh.

Dapatkan obat batuk Silex dengan harga mulai dari Rp66.555,00.

4

Obat Batuk Cap Ibu dan Anak

Rekomendasi obat batuk berdahak paling ampuh: Obat Batuk Cap Ibu dan AnakObat Batuk Cap Ibu dan Anak menggunakan ekstrak kulit kayu elm dan madu untuk mengencerkan dahak dan mengurangi rasa sakit pada tenggorokaCek Sekarang

Obat Batuk Cap Ibu dan Anak adalah obat batuk tradisional herbal yang cocok untuk mengatasi batuk berdahak dan melegakan sakit tenggorokan.

Produk ini menggunakan bahan aktif dari ekstrak kulit kayu elm. Elm bekerja mengurangi batuk sembari melapisi tenggorokan untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokan akibat batuk-batuk.

Obat batuk berdahak ini juga mengandalkan kandungan madu. Terbukti, madu mampu mengurangi kadar dahak, meredakan batuk, dan melegakan sakit tenggorokan.

Selain itu, obat batuk Cap Ibu Anak mengandung ekstrak akar manis (licorice), jahe, dan peppermint yang bekerja sebagai ekspektoran untuk mengencerkan dahak sehingga mudah dikeluarkan serta melegakan tenggorokan.

Karena menggunakan beragam bahan aktif yang alami, produk ini dapat dikatakan sebagai salah satu obat batuk berdahak paling ampuh.

Obat batuk ini bisa kamu peroleh dengan harga mulai dari Rp23.226,00.

5

Komix OBH

Rekomendasi obat batuk berdahak paling ampuh: Komix OBHKomix OBH menggunakan phenylephrine untuk mengurangi saluran pernapasan yang tersumbat akibat dahakCek Sekarang

Komix OBH adalah salah satu obat batuk berdahak paling ampuh yang direkomendasikan.

Sebab, obat ini mengandung guaifenesin dan ekstrak licorice yang berguna untuk mengurangi kekentalan dahak sehingga dahak pun mudah keluar bersama dengan batuk.

Selain itu, Komix obat batuk yang satu ini juga mengandung phenylephrine untuk mengurangi penyumbatan pada saluran pernapasan.

Kandungan CTM atau chlorpheniramine maleate mampu mengurangi batuk akibat reaksi alergi.

Harga obat batuk Komix OBH cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp1.543,00 untuk satu kemasan sachet sekali minum.

6

Laserin sirup

Rekomendasi obat batuk berdahak paling ampuh: Laserin sirupLaserin sirup mengurangi dahak pada tenggorokan dan melegakan mual, muntah, dan sakit perutCek Sekarang

Laserin sirup adalah obat batuk berdahak yang menggunakan bahan alami.

Selain mengatasi batuk berdahak, obat batuk Laserin juga bermanfaat untuk melegakan pernapasan dan mengurangi mual, muntah, dan sakit perut.

Kandungan utama pada obat batuk berdahak paling ampuh ini adalah tanaman patikan kebo.

Tanaman ini dipercaya untuk mengurangi tenggorokan tersumbat akibat dahak.

Selain itu, manfaat tanaman ini mengurangi otot tenggorokan yang kaku sehingga membuat kamu sulit bernapas.

Selain itu, kandungan lain yang juga mengencerkan dan mempermudah dahak keluar adalah daun mint dan licorice.

Laserin sirup dibanderol dengan harga mulai dari Rp17.850,00.

7

Siladex Mucolytic & Expectorant

Rekomendasi obat batuk berdahak paling ampuh: Siladex Mucolytic & ExpectorantSiladex Mucolytic & Expectorant bekerja ganda dengan menggunakan guaifenesin dan bromhexine sekaligus. (Sumber: Official Website Siladex)Cek Sekarang

Obat batuk Siladex diformulasikan khusus sebagai obat batuk pengencer dahak. Sebab, Siladex menggunakan dua bahan aktif sekaligus, yaitu guaifenesin dan bromhexine.

Guaifenesin bekerja sebagai ekspektoran untuk mengencerkan dahak dan membuat dahak tidak lengket. Jadi, dahak pun mudah dikeluarkan.

Selain itu, bromhexine pada Siladex membantu menghambat produksi dahak pada saluran pernapasan.

Karena kedua kandungan ini, Siladex merupakan salah satu obat batuk berdahak paling ampuh.

Keunggulan lainnya adalah produk ini tidak mengandung alkohol dan bebas gula.

Bahkan, produk ini pun tidak menguras kantong terlalu dalam, harganya hanya berkisar Rp12.064,00.

8

Prospan Sirup

Rekomendasi obat batuk berdahak paling ampuh: Prospan SirupProspan Sirup menggunakan ekstrak daun ivy untuk mengencerkan dahak dan melebarkan saluran pernapasan. (Sumber: Official Website Prospan)Cek Sekarang

Prospan sirup merupakan obat herbal yang menggunakan bahan utama Hedera helix folium atau ekstrak daun ivy yang sudah dikeringkan.

Ekstrak daun ivy kering merupakan ekspektoran yang berfungsi untuk mengencerkan dahak serta melebarkan saluran napas agar dahak mudah dikeluarkan saat batuk. Karena cara kerja ini, tenggorokan juga akan terasa lega setelah minum obat.

Sayangnya meski digadang sebagai obat batuk berdahak paling ampuh, obat batuk Prospan dibanderol dengan harga cukup mahal, yakni Rp78.750 untuk ukuran 100 ml.

9

Glyceryl Guaiacolate Tablet

Rekomendasi obat batuk berdahak paling ampuh: Glyceryl Guaiacolate TabletGlyceryl Guaiacolate Tablet mengandung guaifenesin sehingga dahak tidak lengket dan encer sehingga mudah dikeluarkan saat batukCek Sekarang

Kebanyakan obat batuk berbentuk sirup. Namun, obat batuk berdahak yang satu ini hadir dalam sediaan tablet.

Nama obat batuk berdahak yang kerap disebut sebagai obat batuk GG ini menggunakan satu kandungan aktif saja, yaitu glyceryl guaiacolate.

Sebenarnya, ini adalah jenis guaifenesin yang bekerja sebagai pengencer dahak sehingga mudah keluar saat batuk.

Jadi, bisa dikatakan bahwa ini merupakan salah satu obat batuk berdahak paling ampuh.

GG obat batuk bisa dikonsumsi anak mulai dari usia 2-6 tahun dengan dosis 1/2 sampai 1 tablet setiap 4 jam (maksimal 12 tablet sehari).

Pada anak umur 6-12 tahun, tablet bisa dikonsumsi sebanyak 6-12 tablet per hari (maksimal 12 tablet sehari).

Pada orang dewasa, obat bisa diminum sebanyak 2-4 tablet setiap 4 jam (maksimal 24 tablet sehari). Obat ini diminum setelah makan.

Dapatkan Glyceryl Guaiacolate Tablet dengan harga mulai dari Rp11.400,00.

10

Bisolvon Extra

Rekomendasi obat batuk berdahak paling ampuh: Bisolvon ExtraBisolvon Extra bekerja ganda dengan menggunakan bromhexine dan guaifenesin. (Sumber: Official Website Bisolvon)Cek Sekarang

Bisolvon Extra adalah salah satu obat batuk berdahak paling ampuh. Sebab, obat ini menggunakan dua bahan aktif sekaligus, yaitu bromhexine dan guaifenesin.

Jadi, dahak pun segera encer dan mudah dikeluarkan. Saluran pernapasan pun tidak tersumbat dan kamu pun bisa bernapas lega.

Perlu diingat, bagi penderita asam lambung, pastikan kamu sudah konsultasi terlebih dahulu dengan dokter agar penggunaanya lebih hati-hati.

Obat ini juga dilarang dikonsumsi pada ibu hamil trimester pertama.

Harga obat batuk Bisolvon Extra berkisar mulai dari Rp39.152,00.

Penyakit PernapasanBatukGangguan PernapasanSaluran PernapasanBatuk Berdahak

Healthline. https://www.healthline.com/health/cold-flu/how-to-get-rid-of-phlegm
Diakses pada 5 Juli 2021

International Journal of Pharmaceutical Science Invention. https://www.researchgate.net/publication/308369657_Cough_Suppressant_Herbal_Drugs_A_Review
Diakses pada 5 Juli 2021

The College of Family Physicians of Canada. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4264806/
Diakses pada 5 Juli 2021

Official Website Kalbe. https://www.kalbe.co.id/id/produk-detil/ArtMID/706/ArticleID/450/Woods
Diakses pada 5 Juli 2021

Patient. https://patient.info/search.asp?searchterm=expectorant&searchcoll=All
Diakses pada 5 Juli 2021

Drugbank. https://go.drugbank.com/drugs/DB00874
Diakses pada 5 Juli 2021

Web MD. https://www.webmd.com/drugs/2/drug-363/dextromethorphan-hbr-oral/details
Diakses pada 5 Juli 2021

MIMS. https://www.mims.com/indonesia/drug/info/triprolidine?mtype=generic
Diakses pada 5 Juli 2021

European Medicines Agency. https://www.ema.europa.eu/en/medicines/herbal/primulae-radix
Diakses pada 5 Juli 2021

Phytomedicine. https://doi.org/10.1078/0944-7113-00031
Diakses pada 5 Juli 2021

Farmacia. https://www.researchgate.net/publication/228474104_Phytochemical_and_pharmacological_research_on_some_extracts_obtained_from_Serpylli_herba
Diakses pada 5 Juli 2021

Drugs.com. https://www.drugs.com/otc/106469/nin-jiom-pei-pa-koa.html
Diakses pada 5 Juli 2021

Healthline. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/slippery-elm-bark
Diakses pada 5 Juli 2021

Drugbank. https://go.drugbank.com/drugs/DB01114
Diakses pada 5 Juli 2021

Drugs.com. https://www.drugs.com/mtm/phenylephrine.html
Diakses pada 5 Juli 2021

RXList. https://www.rxlist.com/euphorbia/supplements.htm
Diakses pada 5 Juli 2021

European Medicines Agency. https://www.ema.europa.eu/en/medicines/herbal/hederae-helicis-folium
Diakses pada 5 Juli 2021

Pubchem. https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/Guaifenesin
Diakses pada 5 Juli 2021

Official Website Bisolvon. https://www.bisolvon.co.id/produk/extra
Diakses pada 5 Juli 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter