Lifestyle

Mulut Lebih Bersih dengan Rekomendasi Alat Pembersih Lidah Terbaik Ini

18 Sep 2021|Nurul Rafiqua
10 Alat Pembersih Lidah Terbaik, Mulut Lebih Sehat Bebas Bau MulutAlat pembersih lidah dapat membersihkan lidah lebih efektif dari sikat gigi

Menggosok gigi dan flossing menggunakan benang gigi termasuk cara yang efektif untuk menjaga kebersihan mulut. Akan tetapi, mulut yang merupakan tempat berkumpulnya bakteri ini ternyata memerlukan perawatan lebih dari itu. Salah satunya adalah dengan membersihkan lidah menggunakan alat pembersih lidah.

Apa itu alat pembersih lidah?

Produk pembersih lidah yang beredar di pasaran umumnya hadir dalam tipe tongue scraper yang berbentuk seperti pengeruk. Alat ini dapat membersihkan lidah hingga ke sela-sela terkecilnya.

Lidah yang digunakan untuk makan, berbicara dan kegiatan lainnya ini bisa menjadi rumah bagi jutaan bakteri. Bakteri-bakteri tersebut dapat menghasilkan senyawa sulfur volatil (VSC) yang menyebabkan bau mulut. Untuk alasan itulah alat pembersih lidah dicipatakan. 

Fungsi dan manfaat alat pembersih lidah meliputi:

  • Mulut menjadi lebih bersih

Alat pembersih lidah dapat bekerja lebih baik untuk membersihkan celah-celah kecil di permukaan lidah dibanding sikat gigi biasa.

  • Nafas lebih segar

Sisa makanan yang mungkin tertinggal di sela-sela lidah dapat terangkat lebih mudah dengan alat pembersih lidah. Menurut suatu penelitian, tongue scraper dapat mengurangi jumlah VSC yang menyebabkan bau mulut hingga 75%, sedangkan sikat gigi biasa hanya mampu membersihkan sebanyak 45%.

  • Meningkatkan kemampuan indera pengecap

Sel-sel mati dan sisa-sisa makanan yang melapisi lidah setelah makan dapat menyumbat indera pengecap, bahkan meninggalkan rasa logam di mulut. Diungkapkan dalam studi yang diterbitkan oleh Journal of Clinical Periodontology, membersihkan bakteri di lidah dengan pembersih lidah terbukti dapat meningkatkan kemampuan sensasi rasa pada lidah.

Tips Menggunakan alat pembersih lidah

Pastikan cara penggunaan alat pembersih lidah sudah tepat, agar memberikan hasil yang terbaik. Berikut tips dalam menggunakan alat pembersih lidah.

  • Pilih alat pembersih lidah yang terbuat dari logam atau plastik.
  • Pastikan alat pembersih lidah menempel pada bagian dalam lidah, gunakan cermin untuk melihat area lidah.
  • Tekan dan tarik alat pembersih lidah dari bagian dalam keluar. Atur tekanan terhadap lidah agar tidak muncul perasaan ingin muntah.
  • Setelah digunakan pada lidah, celupkan alat ke dalam air hangat untuk membuang kotoran yang menempel. 
  • Ulangi gerakan 2-5 kali, lalu bersihkan mulut dengan berkumur menggunakan air.
  • Cuci alat pembersih lidah dengan air mengalir agar tetap terjaga kebersihannya, kemudian simpan ditempat yang kering.

Rekomendasi alat pembersih lidah terbaik

Setelah mengetahui sedikit info tentang alat pembersih lidah. Tertarik untuk mulai menggunakan pembersih lidah yang bagus? Yuk, simak review berikut.

1

Formula Pembersih Lidah

Rekomendasi Alat Pembersih Lidah: Formula pembersih lidahFormula pembersih lidah (sumber: formula.id)

Formula, salah satu merek perawatan mulut yang sudah terkenal akan sikat giginya yang bagus, ternyata mengeluarkan produk pembersih lidah yang sama bagusya. 

Alat pembersih lidah ini dibuat dari plastik berkualitas dan dilengkapi dengan teknologi anti bakteri. 

Gagangnya yang memiliki ukuran besar dan tebal, membuat produk ini sangat kokoh dan tidak mudah patah. Pembersih lidah dari Formula ini tentunya sangat mudah ditemukan di swalayan atau supermarket terdekat.

Harga produk: Rp9.500

2

Trisa Tongue Cleaner

Rekomendasi Alat Pembersih Lidah: Trisa Tongue CleanerTrisa Tongue Cleaner (sumber: trisa.ch)

Salah satu produk pembersih lidah yang cocok bagi pemilik lidah yang sensitif adalah Trisa tongue cleaner. Produk ini dilengkapi dengan fungsi sensitive clean dengan sisi berbahan karet yang dapat memberikan sensasi memijat di lidah. 

Alat ini dapat dengan efektif menghilangkan bakteri di permukaan lidah yang dapat menyebabkan bau mulut dan gangguan pencernaan. Tongue scraper ini memiliki ukuran sebesar 24,5 x 7x 1,1 cm, ukuran yang pas untuk digenggam.

Harga produk: Rp90.000

3

Genkent Tongue Cleaner Stainless Steel

Rekomendasi Alat Pembersih Lidah: Genkent Tongue Cleaner Stainless SteelGenkent Tongue Cleaner Stainless Steel

Alat pembersih lidah dari Genkent ini adalah Tongue Cleaner yang dibuat dari Stainless Steel anti karat. Bahannya yang kokoh menjadikan alat pembersih lidah ini sangat kuat, dan tahan lama dibandingkan dengan pembersih lidah yang berbahan plastik.

Perawatannya pun cenderung mudah, cukup dibersihkan menggunakan air mendidih atau cairan anti bakteri pembersih stainless. 

Alat ini memiliki kelebihan lain, yakni bagian pengikis lidahnya dapat diatur sesuai kebutuhan. Tidak hanya itu, bentuk gagangnya pun ramping sehingga memudahkan kita ketika menggenggam produk ini.

Harga produk: Rp65.000

4

Tongue Cleaner BK114

Rekomendasi Alat Pembersih Lidah: Tongue cleaner BK114Tongue cleaner BK114

Tongue cleaner BK114 merupakan salah satu alat pembersih lidah untuk digunakan pada anak-anak, bahkan bayi. Produk ini didesain seperti lollipop dengan panjang 12 cm. Modelnya terlihat sangat cute. Anak-anak pasti suka sehingga mereka tidak akan menolaknya.

Ditambah lagi ukurannya yang kecil akan membuat anak nyaman saat alat ini berada di dalam mulutnya. Meski pasar utamanya adalah untuk bayi, Tongue cleaner BK114 juga bisa digunakan oleh orang dewasa.

Harga produk: Rp15.000

5

MAM Oral Care Rabbit

Rekomendasi Alat Pembersih Lidah: MAM Oral Care RabbitMAM Oral Care Rabbit (sumber: mambaby.com)

MAM Oral Care Rabbit adalah pembersih lidah berbentuk kelinci yang juga dapat digunakan untuk membersihkan langit-langit mulut & gusi secara lembut. Produk ini bahkan dapat menjangkau ke area belakang gigi.

Alat pembersih lidah ini juga bisa digunakan oleh seluruh anggota keluarga. Ukuran gagangnya yang panjang mudah digunakan untuk semua ukuran tangan, termasuk anak-anak. Soft micro fibernya yang sangat lembut membuat alat ini juga dapat digunakan pada bayi. 

MAM Oral Care Rabbit dapat disterilisasi dengan merebusnya di air mendidih, ataupun menggunakan microwave. Produk ini tersedia dalam dua varian warna yaitu biru dan merah muda.

Harga produk: Rp113.999

6

Nuby Oral Care Set 

Rekomendasi Alat Pembersih Lidah: Nuby Oral Care SetNuby Oral Care Set (sumber: nuby.com)

Nuby Oral Care adalah alat yang dapat membersihkan lidah dan gusi anak. Dalam satu kemasannya, terdapat empat produk untuk tahapan yang berbeda. Pada setiap tahapannya, bahan dan fitur akan disesuaikan dengan kebutuhan usia.

Misalnya, untuk bayi yang belum tumbuh gigi, alat tersebut dibuat full dari silikon yang dapat mencegah mulut iritasi atau terluka. Sedangkan untuk bayi yang baru tumbuh gigi alat ini disertai dengan bulu bulu sikat yang halus.

Harga produk: Rp89.000

7

Pierrot Tongue Cleaner

Rekomendasi Alat Pembersih Lidah: Pierrot Tongue CleanerPierrot Tongue Cleaner (sumber: pierrot.es)

Alat pembersih lidah dari Pierrot ini memiliki bulu karet yang lembut namun tetap mampu membersihkan kotoran pada lidah dengan baik. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan fitur scraper band untuk mengikis bakteri penyebab bau mulut.

Kelebihannya yang paling menonjol adalah gagangnya yang ergonomis sehingga sangat nyaman ketika dipegang. Alat ini juga dilengkapi dengan fitur anti slip yang membuat produk ini tidak mudah tergelincir ketika dipegang tangan yang basah. 

Harga Produk: Rp55.000

8

UNNISO Tongue Scraper

Rekomendasi Alat Pembersih Lidah: UNNISO Tongue ScraperUNNISO Tongue Scraper (sumber: unniso official)

Pembersih lidah Unniso didesain khusus agar dapat membersihkan permukaan lidah dari kotoran, kuman, dan sisa makanan di dalam mulut. Produk ini terbuat dari bahan  PP + TPR (rubber)  sehingga aman dan lembut ketika digunakan di mulut. Selain itu dengan ukuran panjang 17.5 cm siapapun dapat menggenggamnya dengan mudah.

Harga produk: Rp11.999

9

Piyo Piyo Tongue Brush Cleanser

Rekomendasi Alat Pembersih Lidah: Piyo Piyo Tongue Brush CleanserPiyo Piyo Tongue Brush Cleanser (sumber: piyopiyousa.com)

Piyo Piyo Tongue Brush Cleanser merupakan pembersih lidah untuk bayi. Alat ini dapat membantu membersihkan sisa-sisa ASI yang menempel di permukaan lidah bayi agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan pada mulut. 

Bentuknya yang simple dengan perpaduan warna yang cerah, membuat produk ini terlihat menarik untuk anak. Selain itu, bahan silikonnya yang lembut tidak akan membuat lidah bayi terluka. 

Harga produk: Rp57.000

10

Dr. Smith Tongue Cleaner

Rekomendasi Alat Pembersih Lidah: Dr. Smith Tongue CleanerDr. Smith Tongue Cleaner

Rekomendasi terakhir datang dari pembersih lidah merek Dr. Smith yang memiliki gagang panjang dan dapat menjangkau hingga bagian pangkal lidah. Produk ini dapat membersihkan lidah dengan sangat baik. 

Selain itu, alat pembersih lidah ini juga dilengkapi oleh fitur anti slip pada bagian gagangnya agar tidak terasa licin ketika digunakan. Dr. Smith Tongue Cleaner dibuat dari bahan karet yang nyaman dan empuk sehingga cocok untuk lidah yang sensitif.

Harga produk: Rp20.000

Kesehatan GigiBau Mulut

Journal of Periodontology. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15341360/
Diakses pada 9 September 2021

Journal of Clinical Periodontology https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/15191584/
Diakses pada 9 September 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email