Beauty & Skincare

10 Moisturizer untuk Kulit Berminyak yang Mencerahkan, Menghidrasi, dan Cegah Jerawat

Moisturizer untuk kulit berminyak bantu kontrol minyak berlebihMoisturizer untuk kulit berminyak berguna untuk mengontrol minyak berlebih

Banyak anggapan bahwa kulit berminyak tidak memerlukan pelembap karena ditakutkan malah jadi tambah berminyak. Padahal, moisturizer tetap dibutuhkan untuk merawat kulit berminyak.

Sebum atau minyak alami kulit memang berfungsi untuk menjaga kelembapan kulit kita.

Namun, produksi minyak berlebih pada kulit justru rentan menimbulkan masalah kulit seperti komedo dan jerawat.

Bahkan, ada pula kemungkinan kulit berminyak mengalami dehidrasi.

Untuk itu, kamu perlu pelembab yang bagus untuk mengontrol sebum agar wajah tidak berjerawat sekaligus tetap menghidrasi kulit.

Baca terus untuk cari tahu rekomendasi moisturizer terbaik untuk kulit berminyak.

Tips memilih moisturizer untuk kulit berminyak

Agar mengontrol sekaligus menghidrasi kulit dengan optimal, kamu perlu mencari pelembab untuk kulit berminyak yang cocok.

Lalu, bagaimana cara menemukan moisturizer yang tepat?

1. Pilih tekstur yang ringan

Kulit berminyak cenderung terasa lebih “gerah” dan lengket. Agar sensasi tersebut berkurang, sebaiknya pilih moisturizer dengan tekstur gel atau lotion ringan.

Hindari moisturizer yang memiliki tekstur pekat seperti cream.

2. Cari produk dengan label noncomedogenic

Moisturizer untuk kulit berminyak sebaiknya menggunakan bahan yang tidak menimbulkan komedo.

Sebab, kulit berminyak pada dasarnya lebih rentan mengalami komedo akibat sebum yang menyumbat di pori-pori.

Untuk itu, pastikan kamu menemukan tanda noncomedogenic pada kemasan produk.

2. Pilih produk berbahan dasar air

Hindari pelembap yang mengandung minyak, parafin, atau cocoa butter karena justru membuat kulit semakin berminyak. Bahkan, bahan ini mampu memicu komedo.

Moisturizer dengan dasar air merupakan pilihan yang tepat untuk si kulit berminyak yang membutuhkan hidrasi.

3. Cari komposisi yang mengandung turunan silicone

Menurut penelitian dari Indian Journal of Dermatology, rekomendasi moisturizer yang bagus untuk kulit berminyak adalah yang mengandung bahan turunan silicone.Bahan yang mengandung silicone biasanya berbahan dasar air.

Contohnya adalah dimethicone, salah satu bahan turunan silicone. Dimethicone mampu membuat kulit kamu terlihat matte (tidak berkilau karena minyak).

Selain itu, bahan ini juga dikategorikan sebagai non-comedogenic. Artinya, dimethicone tidak menyumbat pori dan menimbulkan komedo.

Rekomendasi moisturizer untuk kulit berminyak

1

Neutrogena Hydro Boost Water Gel

Rekomendasi moisturizer untuk kulit berminyak: Neutrogena Hydro Boost Water GelNeutrogena Hydro Boost Water Gel menjaga hidrasi kulit hingga 72 jam. (Sumber: Official Website Neutrogena)Cek Sekarang

Neutrogena Hydro Boost Water Gel adalah pelembap berbahan dasar air yang diperkaya dengan Kandungan hyaluronic acid.

Hyaluronic acid-nya mampu menjaga hidrasi kulit hingga 72 jam. Selain lembap, efek hidrasi dari produk ini juga membuat kulit tampak kencang, kenyal, dan lembut tanpa menghadirkan efek berkilap karena pelembab untuk kulit berminyak ini juga mengandung dimethicone.

Sayangnya, produk ini mengandung pewangi sehingga tidak cocok untuk kulit yang sensitif.

Harga Neutrogena Hydro Boost Water Gel berkisar mulai dari Rp215.000,00.

2

Azarine Easy White Light Moist Day Cream

Rekomendasi moisturizer untuk kulit berminyak: Azarine Easy White Light Moist Day CreamAzarine Easy White Light Moist Day Cream mengandung niacinamide untuk kontrol minyak. (Sumber: Official Website Azarine)Cek Sekarang

Meski namanya "cream", tekstur pelembap ini ringan dan terasa seperti air sehingga cocok untuk kulit berminyak yang membutuhkan hidrasi tanpa takut merasa lengket atau gerah.

Azarine Easy White Light Moist Day Cream juga mengandung niacinamide yang mampu mengontrol minyak pada kulit sekaligus mencerahkan.

Moisturizer untuk kulit berminyak ini cocok untuk digunakan pada siang hari karena mengandung SPF 25 yang melindungi kulitmu paparan sinar UV.

Namun, kadarnya tidak cukup tinggi untuk melindungi kulitmu secara total. Oleh karena itu, kamu tetap perlu menggunakan sunscreen ber-SPF minimal 30 sebanyak 2 jari.

Harga Azarine Easy White Light Moist Day Cream dibanderol mulai dari Rp22.000,00.

3

ElsheSkin Daily Protection For Oily Skin

Rekomendasi moisturizer untuk kulit berminyak: ElsheSkin Daily Protection For Oily SkinElsheSkin Daily Protection For Oily Skin mengandung sulfur yang bagus untuk jerawatCek Sekarang

ElsheSkin Daily Protection For Oily Skin adalah pelembab untuk kulit berminyak yang cocok digunakan untuk siang hari karena mengandung sunscreen dengan SPF 30.

Moisturizer untuk kulit berminyak ini juga berbahan dasar air sehingga ringan dan nyaman dipakai tanpa merasa gerah.

Menariknya lagi, ElsheSkin Daily Protection For Oily Skin juga mengandung sulfur yang cocok untuk mengatasi kemunculan jerawat maupun komedo akibat minyak berlebih.

Sulfur mampu “membuka” sumbatan pori-pori dan melawan bakteri penyebab jerawat.

Dapatkan ElsheSkin Daily Protection For Oily Skin dengan harga mulai dari Rp93.000,00.

4

Wardah Lightening Day Gel

Rekomendasi moisturizer untuk kulit berminyak: Wardah Lightening Day GelWardah Lightening Day Gel teksturnya ringan dan kurangi kilap di wajah. (Sumber: Official Website Wardah)

Sesuai dengan namanya, pelembap dari Wardah ini memiliki tekstur gel yang watery (encer) sehingga mudah dibaurkan dan cepat menyerap.

Kulitmu juga akan terasa lebih segar setelah memakai pelembap yang satu ini.

Pelembab Wardah untuk kulit berminyak ini juga diformulasikan dengan niacinamide yang mampu mengontrol sebum sekaligus mencerahkan kulit, dan dimethicone untuk mengurangi kilap di wajah.

Wardah Lightening Day Gel juga cocok dipakai di siang hari karena mengandung SPF 30 PA+++.

Sayangnya, produk ini mengandung parfum yang bisa jadi mengiritiasi pemilik kulit sensitif.

Wardah Lightening Day Gel dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp44.000,00.

5

Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Cream

Rekomendasi moisturizer untuk kulit berminyak: Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing CreamHada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Cream mengandung dua hyaluronic acid untuk menghidrasi kulitmu

Pelembab untuk kulit berminyak ini diformulasikan dengan glycerin dan dua jenis hyaluronic acid yang mampu menghidrasi kulit wajahmu secara optimal.

Glycerin dan hyaluronic acid mencegah kulit semakin berminyak dengan cara menarik air dari lingkungan lalu dibawa menuju permukaan kulit.

Selain itu, moisturizer Hada Labo untuk kulit berminyak ini juga mengandung dimethicone yang membuat kulit tampak matte.

Kandungan squalane-nya pun cocok untuk mengurangi kemerahan akibat peradangan pada kulit.

Meski squalane adalah minyak, teksturnya terasa ringan dan bukan merupakan bahan comedogenic.

Moisturizer untuk kulit berminyak ini bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp63.000,00.

6

Emina Aloe Vera Gel

Rekomendasi moisturizer untuk kulit berminyak: Emina Aloe Vera GelEmina Aloe Vera Gel membuat kulit terasa dingin dan nyaman. (Sumber: Official Website Emina)

Pelembab Emina untuk kulit berminyak yang satu ini memiliki tekstur gel dan terasa ringan seperti air.

Emina Aloe Vera Gel ini juga mampu membuat kulit terasa dingin karena mengandung ekstrak lidah buaya, glycerin, dan allantoin yang bersifat menenangkan.

Selain itu, Emina Aloe Vera Gel mengandung ekstrak licorice, Centella asiatica, dan teh untuk membantu mengurangi jerawat serta menenangkan kulit yang iritasi.

Sayangnya, produk ini mengandung parfum yang justru memungkinkan terjadinya iritasi.

Pelembab untuk kulit berminyak bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp28.500,00.

7

Viva Pelembab Green Tea

Rekomendasi moisturizer untuk kulit berminyak: Viva Pelembab Green TeaViva Pelembab Green Tea bantu kontrol minyak dan jerawat. Sumber: Official Website Viva Cosmetics)

Pelembab Viva ini merupakan salah satu moisturizer lokal untuk kulit berminyak dan berjerawat yang dibanderol dengan murah, yakni mulai dari Rp7.850,00.

Pelembap ini mengandung ekstrak teh hijau, meski dalam kadar yang sedikit. Antioksidan polifenol di dalam teh hijau dibuktikan mampu mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.

Antioksidan dalam teh hijau juga bekerja mengurangi peradangan dan mampu melawan bakteri penyebab jerawat.

Namun sangat disayangkan, moisturizer untuk kulit berminyak ini juga mengandung parfum dan alkohol yang justru bisa mengiritasi kulit bagi beberapa orang.

8

Ponds White Beauty Skin Perfecting Cream For Oily Skin

Rekomendasi moisturizer untuk kulit berminyak: Ponds White Beauty Skin Perfecting Cream For Oily SkinPonds White Beauty Skin Perfecting Cream For Oily Skin juga bagus untuk mencerahkan wajah. (Sumber: Official Website Ponds)

Meski memiliki tekstur cream, pelembab untuk kulit berminyak yang satu ini cocok untuk kulit berminyak karena mengandung bahan aktif niacinamide yang bantu kontrol minyak berlebih.

Kandungan silica di dalamnya juga membantu menyerap minyak sehingga kilap di kulit pun berkurang.

Selain itu, pelembab Ponds untuk kulit berminyak ini cocok untuk membuat kulit tampak lebih cerah.

Sebab selain niacinamide, produk ini juga mengandung glutathione dan sodium ascorbyl phosphate atau turunan vitamin C yang bantu memberikan efek cerah dan membuat warna kulit lebih merata.

Sayangnya, moisturizer untuk kulit berminyak ini mengandung stearic acid, isopropyl myristate, dan cetyl alcohol yang bisa menyumbat pori-pori.

Jadi, selalu terapkan double cleanse (pembersih dengan bahan dasar minyak atau milk cleanser dan dilanjutkan sabun cuci muka) agar kulit wajah terhindar dari komedo.

Harga pelembab untuk kulit berminyak berkisar mulai dari Rp52.900,00.

9

Nivea Make Up Starter White Day Serum

Rekomendasi moisturizer untuk kulit berminyak: Nivea Make Up Starter White Day SerumNivea Make Up Starter White Day Serum diperkaya vitamin C untuk kulit cerah dan jerawat. (Sumber: Official Website Nivea)

Moisturizer untuk kulit berminyak yang satu ini sebenarnya juga berguna sebagai sunscreen dengan SPF 33.

Kandungan yang mampu mengontrol minyak di dalamnya adalah turunan vitamin C atau sodium ascorbyl phosphate.

Selain itu, vitamin C yang satu ini juga bekerja untuk mencerahkan kulit sekaligus mengatasi jerawat.

Sayangnya, pelembab Nivea untuk kulit berminyak ini mengandung alkohol denat dan parfum yang bisa mengiritasi kulit.

Produk ini bisa kamu dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp41.480,00.

10

Safi Dermasafe Soothe & Hydrate Day Moisturizer

Rekomendasi moisturizer untuk kulit berminyak: Safi Dermasafe Soothe & Hydrate Day MoisturizerSafi Dermasafe Soothe & Hydrate Day Moisturizer cocok untuk kulit sensitif. (Sumber: Official Website Safi)

Pelembap Safi edisi Dermasafe ini terbukti aman untuk kulit yang sensitif, termasuk pada kulit kemerahan, iritasi, dan gatal karena meradang.

Sebab, Safi Dermasafe Soothe & Hydrate Day Moisturizer mengandung licorice dan ekstrak bunga chamomile.

Kamu juga mungkin cocok menggunakan moisturizer Safi untuk kulit berminyak ini karena berbahan dasar air dan teksturnya yang berupa gel ringan.

Selain itu, pelembap Safi ini juga mengandung niacinamide yang mengontrol produksi sebum dan dimethicone yang bekerja mengurangi kilap akibat minyak di wajah. Efek yang terasa di wajah pun adalah segar, lembap, dan bebas kilau.

Moisturizer Safi untuk kulit berminyak ini bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp129.000,00.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
Kulit BerminyakKulit SehatPerawatan KulitJerawatKesehatan KulitKulit Dan KecantikanMasalah KulitKomedoKomedo Putih

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/sebum-plugs Diakses pada 31 Mei 2021

Healthiack. https://healthiack.com/beauty/are-you-choosing-the-correct-products-for-oily-skin Diakses pada 31 Mei 2021

Acne Clinic NYC. https://acneclinicnyc.com/pore-clogging-ingredients/ Diakses pada 31 Mei 2021

Indian Journal of Dermatology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4885180/ Diakses pada 31 Mei 2021

US News Health. https://health.usnews.com/health-news/articles/2013/02/05/how-to-choose-the-best-moisturizer-for-you Diakses pada 31 Mei 2021

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/dimethicone Diakses pada 31 Mei 2021

Journal of Cosmetic and Laser Therapy. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/16766489/ Diakses pada 31 Mei 2021

Web MD. https://www.webmd.com/beauty/news/20020620/right-way-to-apply-sunscreen Diakses pada 31 Mei 2021

The Skin Cancer Foundation. https://www.skincancer.org/blog/ask-the-expert-does-a-high-spf-protect-my-skin-better/ Diakses pada 31 Mei 2021

Official Website ElsheSkin. https://www.elsheskin.com/products/daily-protection-for-oily-skin#.YLRzpKgzbIU Diakses pada 31 Mei 2021

Molecules. ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC6273829/ Diakses pada 31 Mei 2021

Clinical, Cosmetic, and, Investigational Dermatology. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3047935/ Diakses pada 31 Mei 2021

INCI Decoder. https://incidecoder.com/products/wardah-lightning-day-gel Diakses pada 31 Mei 2021

Official Website Wardah. https://www.wardahbeauty.com/id/product/skincare/wardah-lightening-day-gel?ref=https://www.wardahbeauty.com/id/product/list/skincare/sort/all/moisturizer?page=2 Diakses pada 31 Mei 2021

Skincarisma. https://www.skincarisma.com/products/hada-labo/gokujyun-cream/ingredient_list Diakses pada 31 Mei 2021

Healthline. https://www.healthline.com/health/humectant Diakses pada 31 Mei 2021

Healthline. https://www.healthline.com/health/squalane Diakses pada 31 Mei 2021

Skincarisma. https://www.skincarisma.com/products/emina/aloe-vera-gel-7e20a829-380e-4064-b858-4ceadd91091d/ingredient_list#info-section Diakses pada 31 Mei 2021

Byrdie. https://www.byrdie.com/allantoin-for-skin-4769521 Diakses pada 31 Mei 2021

Official Website Emina. https://www.eminacosmetics.com/emina-aloe-vera-gel-60-ml Diakses pada 31 Mei 2021

Official Website Viva Cosmetics. https://vivacosmetic.com/en/moisturizer/163-pelembab-green-tea-pelembab-oil-control-8992796011839.html Diakses pada 31 Mei 2021

INCI Decoder. https://incidecoder.com/products/viva-cosmetics-pelembab-with-uv-filter-and-green-tea-extract Diakses pada 31 Mei 2021

INCI Decoder. https://incidecoder.com/ingredients/camellia-sinensis-leaf-extract Diakses pada 31 Mei 2021

Healthline. https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/green-tea-for-acne Diakses pada 31 Mei 2021

Dermatology Practical & Conceptual. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5808366/ Diakses pada 31 Mei 2021

Derma Doctor. https://www.dermadoctor.com/blog/what-ingredients-are-best-for-oily-skin/ Diakses pada 31 Mei 2021

Paula's Choice. https://www.paulaschoice.com/ingredient-dictionary/skin-soothing/sodium-ascorbyl-phosphate.html Diakses pada 31 Mei 2021

Official Website Nivea. https://www.nivea.co.id/produk/make-up-starter-white-day-serum-89997770066620048.html Diakses pada 31 Mei 2021

Drug Research. https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/27756097/ Diakses pada 31 Mei 2021

INCI Decoder. https://incidecoder.com/products/nivea-make-up-starter-white-day-serum Diakses pada 31 Mei 2021

Official Website Safi. https://www.safiindonesia.com/product/category/dermasafe Diakses pada 31 Mei 2021

INCI Decoder. https://incidecoder.com/products/safi-dermasafe-soothe-hydrate-day-moisturizer Diakses pada 31 Mei 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter