Makan Sehat

8 Merk Susu Kental Manis untuk Berbagai Hidangan

05 Jul 2021|Dina Rahmawati
Merk susu kental manis dapat dijadikan pelengkap dalam makanan dan minumanSusu kental manis memiliki rasa yang manis dan lezat

Berbagai merk susu kental manis (SKM) bisa ditemukan dengan mudah di toko kelontong, swalayan, ataupun toko-toko daring. Susu kental manis adalah produk susu berbentuk cairan kental yang diproduksi dengan tambahan gula sebagai pengawet alami.

Meski SKM tak dapat menggantikan susu segar untuk menjadi pelengkap gizi, rasanya yang manis dan lezat cocok dijadikan topping atau tambahan dalam makanan maupun minumanmu sehari-hari. 

Kandungan nutrisi susu kental manis

Susu kental manis mengandung gula yang tinggi. Karena berasal dari susu sapi, SKM juga memiliki kandungan protein, lemak, vitamin, dan mineral di dalamnya. Sekitar 2 sdm susu kental manis terkandung nutrisi berikut:

  • 90 kalori
  • 2,4 gram lemak
  • 2,2 gram protein
  • 15,2 gram karbohidrat
  • 10 persen fosfor dari angka kecukupan gizi (AKG) harian
  • 8 persen kalsium dari angka kecukupan gizi (AKG) harian
  • 7 persen riboflavin dari angka kecukupan gizi (AKG) harian
  • 7 persen selenium dari angka kecukupan gizi (AKG) harian
  • 4 persen vitamin B12 dari angka kecukupan gizi (AKG) harian
  • 4 persen kolin dari angka kecukupan gizi (AKG) harian.

Sebelum memilih merk susu kental manis, pastikan kamu membaca komposisi bahan dan informasi nilai gizi yang tertera dalam kemasan. Selain itu, hindari mengonsumsinya secara berlebihan, ya!

Rekomendasi merk susu kental manis

Jika kamu ingin membeli SKM, berikut adalah sejumlah rekomendasi merk susu kental manis yang bisa kamu pilih.

1

Frisian Flag Susu Kental Manis

Rekomendasi merk susu kental manis: Frisian Flag Susu Kental ManisFrisian Flag Susu Kental Manis diproses dengan teknologi modern (sumber foto: frisianflag.com)

Frisian Flag Susu Kental Manis dapat digunakan sebagai pelengkap berbagai bahan makanan, seperti roti, kue, puding, atau buah hingga aneka minuman. Produk yang dikenal sebagai susu kental manis bendera ini terbuat dari susu sapi yang diproses dengan teknologi modern.

Selain rasanya yang manis, susu kental manis Frisian Flag juga mengandung protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Ada pula sejumlah varian rasa yang ditawarkan susu Frisian Flag, yakni cokelat, full cream gold, dan cocopandan

Untuk membawa pulang kental manis ini, siapkan uang sekitar Rp10.200 untuk kemasan kaleng berukuran 370 gram.

2

Indomilk Kental Manis

Rekomendasi merk susu kental manis: Indomilk Kental ManisIndomilk Kental Manis mengandung tambahan gula dan lemak nabati (sumber foto: indomilk.com)

Indomilk Kental Manis berasal dari susu segar yang diolah dengan sistem modern. Kental manis ini mengandung tambahan gula, lemak nabati, dan bahan pangan lainnya. Ada pula kandungan nutrisi bermanfaat, seperti vitamin A, B1, fosfor, dan kalsium, di dalamnya.

Merk susu kental manis yang bagus ini tersedia dalam dua varian rasa, yaitu plain (putih) dan cokelat, serta memiliki daya simpan sekitar 9-12 bulan. 

Soal harga, kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp10.800 untuk membeli Indomilk Kental Manis dalam kemasan kaleng berukuran 370 gram.

3

Indofood Cap Enaak

Rekomendasi merk susu kental manis: Indofood Cap EnaakIndofood Cap Enaak sering dijadikan pelengkap minuman dan makanan (sumber foto: indofood.com)

Susu kental manis Cap Enaak merupakan salah satu merk susu kental manis yang paling populer di Indonesia. SKM yang rasanya manis ini sering kali dijadikan sebagai topping untuk berbagai minuman dan makanan. 

Susu kental manis Indofood Cap Enaak juga mengandung vitamin A, B1, D3, dan kalsium yang baik dalam membantu memelihara kepadatan tulang. Harga merk susu kental manis ini juga relatif murah, yaitu sekitar Rp9.000 untuk kemasan kaleng 370 gram.

4

Nestle Cap Nona

Rekomendasi merk susu kental manis: Nestle Cap NonaNestle Cap Nona memiliki varian rasa plain dan cokelat (sumber foto: nestle.co.id)

Susu kental manis Nestle Cap Nona adalah kental manis yang cocok ditambahkan pada berbagai kue, puding, atau minuman. Merk sus kental manis yang bagus ini berasal dari susu sapi yang mengandung kalsium, fosfor, dan vitamin.

Selain lezat, susu Cap Nona memiliki kekentalan yang pas dan tersedia dalam varian plain (putih) sekaligus cokelat yang bisa kamu pilih. 

Harga merk susu kental manis yang bagus ini cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp10.750 untuk ukuran kaleng 370 gram.

5

Dairy Champ

Rekomendasi merk susu kental manis: Dairy ChampDairy Champ cenderung lebih kental dan manis (sumber foto: Intiboga Official Store)

Merk susu kental manis yang bagus selanjutnya adalah Dairy Champ. Susu kental manis ini cenderung lebih kental dan lebih manis. Kamu bisa menggunakannya untuk tambahan dalam kue, martabak, atau bahan makanan lainnya.

Susu Dairy Champ mengandung vitamin A, B1, dan D3. Jika tertarik mencoba kental manis ini, tak perlu risau karena harganya ramah di kantong. Kamu hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp11.000 untuk ukuran kaleng 500 gram.

6

Indofood Tiga Sapi

Rekomendasi merk susu kental manis: Indofood Tiga SapiIndofood Tiga Sapi dapat meningkatkan cita rasa pada makanan (sumber foto: indofood.com)

Indofood Tiga Sapi merupakan susu kental manis yang sering digunakan untuk meningkatkan cita rasa pada kue, puding, roti, ataupun minuman. Selain menambah kelezatan, merk susu kental manis yang bagus ini juga terkandung kalsium, vitamin A, B1, dan D3.

Susu kental manis ini juga awet karena memiliki daya simpan yang cukup lama. Kamu pun bisa menambahkannya ke dalam makanan dan minuman sesuai selera. 

Soal harga, Indofood Tiga Sapi dalam kemasan kaleng 500 gram dibanderol dengan nominal yang terjangkau, yaitu Rp11.000.

7

Omela Kental Manis

Rekomendasi merk susu kental manis: Omela Kental ManisOmela Kental Manis mengandung zat gizi makro dan mineral (sumber foto: frisianflag.com)

Omela Kental Manis memiliki rasa manis yang khas sehingga cocok digunakan untuk menambah cita rasa pada berbagai hidangan, misalnya roti bakar, martabak, kue, es campur, es buah, dan minuman lainnya.

Menariknya, kental manis ini juga dilengkapi dengan zat gizi makro, tiga vitamin, dan empat mineral yang bergizi. Untuk menikmati kelezatan dari Omela Kental Manis, kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp8.900 untuk ukuran kaleng 370 gram.

8

Nestle Carnation

Rekomendasi susu kental manis: Nestle CarnationNestle Carnation dapat menambah kelezat pada makanan dan minuman (sumber foto: Nestle Official Store)

Merk susu kental manis yang bagus ini diproduksi oleh Nestle. Kental manis Nestle Carnation dapat menambah kelezatan pada berbagai makanan dan minuman, mulai dari roti tawar hingga secangkir kopi atau teh.

Nestle Carnation juga mengandung vitamin dan protein yang diperlukan tubui. Jika ingin membawa pulang susu kental manis Carnation ukuran kaleng 370 gram, kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp10.600.

ProteinMakanan SehatSusu

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/sweetened-condensed-milk
Diakses pada 05 Juli 2021

POM. https://www.pom.go.id/new/view/more/klarifikasi/87/PENJELASAN-BPOM-RI--TENTANG--SUSU-KENTAL-MANIS--SKM-.html
Diakses pada 05 Juli 2021

Frisian Flag. https://www.frisianflag.com/produk/susu-kental-manis/bendera-kental-manis-cokelat
Diakses pada 05 Juli 2021

Frisian Flag. https://www.frisianflag.com/produk/susu-kental-manis/omela
Diakses pada 05 Juli 2021

Nestle. https://www.nestle.co.id/produk/produkkuliner/nestlecapnona
Diakses pada 05 Juli 2021

Indomilk. http://www.indomilk.com/product/Kental-Manis
Diakses pada 05 Juli 2021

Indofood. https://www.indofood.com/product/cap-enak/product
Diakses pada 05 Juli 2021

Indofood. https://www.indofood.com/product/tiga-sapi/product
Diakses pada 05 Juli 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter