Lifestyle

Jaga Daya Tahan Tubuh dengan Pilihan Merek Vitamin C yang Aman Dikonsumsi Ini

04 Jun 2021|Bayu Galih Permana
Dalam memilih merek vitamin C yang tepat, ada baiknya berkonsultasi dengan dokterMerek Vitamin C yang dipilih harus sudah teruji secara klinis agar aman dikonsumsi

Vitamin C adalah salah satu nutrisi yang mempunyai peranan penting dalam tubuh. Vitamin ini berguna untuk menjaga daya tahan tubuh, mempercepat penyembuhan luka, hingga menjaga kesehatan mata. Selain itu, kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya juga membantu mencegah penyakit akibat stres oksidatif seperti kanker.

Asupan vitamin ini umumnya dapat diperoleh dengan mengonsumsi makanan seperti jeruk, kiwi, lemon, leci, brokoli, tomat paprika, hingga kembang kol. Selain dari makanan, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin C harian melalui konsumsi suplemen. 

Beragam merek vitamin C yang sudah teruji secara klinis saat ini ini sudah bisa kamu dapatkan dengan mudah di pasaran. Apabila hendak mengonsumsinya, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter agar jumlahnya tidak melebihi kebutuhan harianmu.

Berapa jumlah vitamin C yang dibutuhkan dalam sehari?

Dalam sehari, orang yang dalam keadaan sehat membutuhkan asupan vitamin C sekitar 90 mg atau setara dengan 2 buah jeruk. Namun, kebutuhan masing-masing orang bisa berbeda sesuai dengan jenis kelamin, usia, dan kondisi kesehatannya.

Berikut ini jumlah dosis kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan:

  1. Pria

 

  • 10-12 tahun: 50 mg
  • 13-15 tahun: 75 mg
  • 16 tahun ke atas: 95 mg

 

 

  1. Wanita

 

  • 10-12 tahun: 50 mg
  • 13-15 tahun: 65 mg
  • 16 tahun ke atas: 75 mg

 

 

  1. Ibu hamil

 

  • Trimester 1: +10 mg dari kebutuhan harian normal
  • Trimester 2: +10 mg dari kebutuhan harian normal
  • Trimester 3: +10 mg dari kebutuhan harian normal

 

 

  1. Ibu menyusui

 

  • 6 bulan pertama:+45mg dari kebutuhan harian normal
  • 6 bulan kedua: +45mg dari kebutuhan harian normal

 

 

Rekomendasi merek vitamin C yang bantu tunjang

1

Prove-C

Merek vitamin C yang amanProve-C (Sumber foto: Kalbe)Cek Sekarang

Prove-C merupakan salah satu merek vitamin C yang bagus untuk daya tahan tubuh. Suplemen ini mengandung pureway C 500 mg (setara dengan vitamin C 450 gram) dan citrus bioflavonoid 50 mg.

Kamu dapat mengonsumsi suplemen ini sebanyak 1 kaplet per hari sesudah makan, atas izin dokter. Prove-C tersedia dalam kemasan strip isi 10 kaplet dan dijual dengan harga mulai dari Rp54.000.

2

Blackmores Vitamin C 500

Merek vitamin C yang amanBlackmores Vitamin C 500 (Sumber foto: Blackmores)Cek Sekarang

Produk ini mengandung vitamin C 500 mg yang dapat membantu menjaga daya tubuh setiap hari. Blackmores Vitamin C 500 aman dikonsumsi karena sudah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Obat dan Makan (BPOM) RI.

Meski begitu, kamu sebaiknya tidak mengonsumsi suplemen vitamin ini apabila berusia kurang dari 12 tahun dan tidak memperoleh izin dokter. Harga Blackmores Vitamin C 500 dijual mulai Rp110.000 untuk kemasan isi 60 tablet.

3

Vitabiotics Ultra Vitamin C

Merek vitamin C yang amanVitabiotics Ultra Vitamin C (Sumber foto: Vita Biotics)Cek Sekarang

Vitabiotics Ultra Vitamin C adalah salah satu merek vitamin C yang aman untuk lambung dan tak mengganggu pencernaan. Suplemen ini bermanfaat untuk meningkatkan penyerapan zat besi, memperkuat daya tahan tubuh, hingga membantu pembentukan kolagen.

Vitabiotics Ultra Vitamin C bisa dikonsumsi 1 tablet per hari atas seizin dokter untuk memenuhi kebutuhan harianmu. Suplemen ini dapat kamu beli dengan harga mulai dari Rp73.000 untuk kemasan isi 30 tablet.

4

Damuvit C-1000

Merek vitamin C yang amanDamuvit C-1000 (Sumber foto: Pyridam Farma)Cek Sekarang

Suplemen ini dapat digunakan untuk mencegah maupun mengobati masalah kesehatan yang terjadi akibat kekurangan vitamin C. Satu kaplet Damuvit C-1000 punya kandungan vitamin C sebesar 1.000 mg.

Dosis yang disarankan untuk mengonsumsi suplemen vitamin C ini adalah sebanyak 1 kaplet per hari, atas seizin dokter. Harga Damuvit C-1000 dijual mulai Rp105.000 untuk botol isi 30 kaplet.

5

Wellness Echinacea + Vitamin C

Merek vitamin C yang amanWellness Echinacea + Vitamin CCek Sekarang

Wellness Echinacea+ Vitamin C merupakan salah satu merk vitamin C yang bagus untuk daya tahan tubuh. Suplemen ini membantu meningkatkan daya tahan tubuh terhadap infeksi bakteri dan virus.

Suplemen ini dapat dikonsumsi tanpa resep dokter, tetapi kamu disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu agar tak mengalami overdosis vitamin C. Wellness Echinacea+ Vitamin C dapat kamu beli dengan harga mulai Rp204.500 per botol.

6

Golden Bear Vitamin C + Quercetin

Merek vitamin C yang amanGolden Bear Vitamin C + QuercetinCek Sekarang

Produk ini adalah salah satu merek vitamin C yang aman untuk lambung. Golden Bear Vitamin C + Quercetin membantu meningkatkan daya tahan tubuh, membentuk kolagen, mempercepat proses penyembuhan, hingga mengatasi infeksi akut dan kronis.

Selain itu, suplemen ini mengandung Quercetin yang dapat berperan sebagai antihistamin dan antiradang. Harga Golden Bear Vitamin C + Quercetin dijual mulai dari Rp144.000.

7

Farmabex C

Merek vitamin C yang amanFarmabex CCek Sekarang

Farmabex C dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C harianmu. Merek vitamin C yang aman untuk ibu hamil ini juga dilengkapi dengan kandungan-kandungan seperti vitamin B1, B2, B6, B12, dan Ca Pantothenate.

Meskipun dapat dibeli tanpa resep dokter, kamu sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Farmabex C biasa dijual dengan harga Rp147.000 untuk kemasan isi 100 tablet.

VitaminVitamin CKekurangan Vitamin C

SehatQ. https://toko.sehatq.com/
Diakses pada 4 Juni 2021

Kementerian Kesehatan RI. http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__28_Th_2019_ttg_Angka_Kecukupan_Gizi_Yang_Dianjurkan_Untuk_Masyarakat_Indonesia.pdf
Diakses pada 4 Juni 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter