Beauty & Skincare

7 Merek Tepung Sagu Berkualitas Tinggi dan Daftar Harganya

13 Oct 2021|Dina Rahmawati
Merk tepung sagu banyak beredar di pasaranTepung sagu sering digunakan untuk membuat kue basah

Tepung sagu umumnya dijadikan bahan dalam membuat makanan yang bertekstur lembut, lengket, dan empuk. Misalnya, kue lapis, talam ubi, ongol-ongol, hingga pempek. Nah, ada berbagai merek tepung sagu dengan kualitas tinggi yang bisa kamu pilih.

Sebelum mengetahui rekomendasinya, tidak ada salahnya untuk mengenal lebih jauh seputar tepung ini. Tepung sagu adalah tepung yang berasal dari olahan saripati batang tanaman sagu. Dalam pembuatannya, batang sagu dikupas dan diparut agar menjadi halus. 

Parutan batang sagu lalu dicampurkan dengan larutan sulfit. Campuran tersebut kemudian disaring dan diendapkan selama 12 jam. Setelah itu, saripati batang sagu dikeringkan dan digiling halus hingga menjadi tepung.

Tepung sagu sekilas terlihat mirip dengan tepung tapioka. Namun, bedanya tepung sagu dan tapioka terletak pada warna maupun teksturnya. Tepung sagu berwarna putih susu dengan tekstur agak lembut, sedangkan tepung tapioka berwarna putih susu dengan tekstur yang lebih halus.

Dilihat dari kandungan nutrisinya, 100 gram tepung sagu mengandung 209 kalori, 0,3 gram protein, 51,6 gram karbohidrat, 0,2 gram lemak, 27 mg kalsium, 13 mg fosfor, dan 0,6 mg zat besi. Jika kamu tertarik menggunakannya, berikut adalah rekomendasi merek tepung sagu yang bagus.

Merk tepung sagu terbaik

1

Javara Papua Sago Starch Flour

Rekomendasi merk tepung sagu: Javara Papua Sago Starch FlourJavara Papua Sago Starch Flour diekstraksi dari batang pohon sagu (sumber foto: Javara Indonesia)

Javara Papua Sago Starch Flour merupakan tepung pati sagu yang diekstraksi dari batang pohon sagu. Kandungan pati resisten di dalamnya dapat dijadikan sebagai sumber energi. Merek tepung sagu ini juga bebas gluten, lho!

Selain itu, tepung sagu Javara memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga disinyalir aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kamu bisa menggunakannya untuk membuat berbagai makanan maupun camilan.

Harga tepung sagu Javara Papua Sago Starch Flour 450 gram dibanderol sekitar Rp18.400.

2

Tepung Sagu Tani

Rekomendasi merk tepung sagu: Tepung Sagu TaniTepung Sagu Tani diklaim menghasilkan tekstur dan kekenyalan yang berbeda (sumber foto: sagutani.com)

Tepung Sagu Tani menggunakan bahan baku pilihan dari Bogor. Merek tepung sagu yang satu ini memiliki jaminan mutu dan higienis. Dalam proses pembuatannya, tepung ini melalui dua tahap uji laboratorium dan satu tahap uji masak kemekaran. 

Aroma dan kecerahan warna Tepung Sagu Tani juga memiliki kualitas yang baik. Tekstur, kerenyahan, dan kekenyalan yang dihasilkan oleh tepung ini diklaim berbeda dari produk lain. 

Harga Tepung Sagu Tani cukup ramah di kantong. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp12.000 untuk satu bungkus tepung berisi 500 gram.

3

Healthy Choice Tepung Sagu

Rekomendasi merk tepung sagu: Healthy Choice Tepung SaguHealthy Choice Tepung Sagu dikemas secara higienis sehingga kualitasnya terjaga (sumber foto: healthychoice.id)

Healthy Choice Tepung Sagu terbuat dari pati pohon sagu yang dibudidayakan secara alami. Tepung sagu dipercaya dapat mengurangi risiko kanker usus dan baik dikonsumsi oleh penderita diabetes karena memperlambat peningkatan gula darah.

Kamu bisa menggunakan tepung ini sebagai bahan membuat makanan atau pengental masakan. Tepung sagu Healthy Choice dikemas secara higienis sehingga kualitas dan keamanannya terjaga.

Jika ingin membawa pulang Healthy Choice Tepung Sagu 500 gram, siapkan uang sebesar Rp23.000.

4

Tepung Sagu Aren Kunci Kembar

Rekomendasi merk tepung sagu: Tepung Sagu Aren Kunci KembarTepung Sagu Aren Kunci Kembar memiliki tekstur yang lembut (sumber foto: Primeo Mart)

Tepung Sagu Aren Kunci Kembar merupakan tepung sagu berkualitas yang berasal dari batang pohon sagu Metroxylon. Tepung ini diproduksi dengan teknologi modern sehingga menghasilkan tekstur yang lembut dengan warna sedikit kecokelatan. 

Merek tepung sagu ini sudah terdaftar di BPOM dan halal sehingga kamu tak perlu khawatir jika ingin menggunakannya. Kamu bisa menggunakan tepung untuk membuat aneka makanan lezat, seperti kue atau pasta.

Harga Tepung Sagu Aren Kunci Kembar 500 gram sangat terjangkau, yakni hanya Rp5.700 saja.

5

Organic Center Tepung Sagu

Rekomendasi merk tepung sagu: Organic Center Tepung SaguOrganic Center Tepung Sagu bebas dari pengawet maupun pemutih (sumber foto: Organic Center Official)

Organic Center Tepung Sagu terbuat dari pemrosesan batang rumbia atau pohon sagu. Tepung sagu ini 100 persen alami tanpa campuran bahan pengawet dan pemutih sehingga keaslian warnanya terjaga.

Di dalam tepung juga tidak terkandung gluten maupun kasein. Jadi, cocok dikonsumsi oleh kamu yang intoleransi terhadap bahan tersebut. Mengonsumsi tepung sagu dipercaya baik untuk kesehatan pencernaan.

Untuk mendapatkan satu kilogram Organic Center Tepung Sagu, kamu harus merogoh kocek sekitar Rp30.500.

6

Tepung Sagu Aren Murni Pondok Daun

Rekomendasi merk tepung sagu: Tepung Sagu Aren Murni Pondok DaunTepung Sagu Aren Murni Pondok Daun diproduksi menggunakan teknologi modern (sumber foto: kevin shopin)

Tepung Sagu Aren Murni Pondok Daun berasal dari sagu pohon aren yang diproses dan diolah oleh para ahli berpengalaman. Proses produksi tepung ini menggunakan mesin modern untuk menjaga kualitasnya.

Selanjutnya, tepung sagu ini dikemas secara higienis dan aman. Merek tepung sagu Pondok Daun bisa ditemukan dengan mudah di pasar swalayan. Kamu bisa menggunakannya untuk membuat beraneka kue basah.

Harga Tepung Sagu Aren Murni Pondok Daun 500 gram adalah sekitar Rp8.250.

7

Sapapua Pati Sagu

Rekomendasi merk tepung sagu: Sapapua Pati SaguSapapua Pati Sagu terbuat dari bahan baku yang dipanen dari hutan sagu alami Papua (sumber foto: Sagu Papua)

Sapapua Pati Sagu cocok digunakan sebagai bahan untuk membuat sohun, cendol, ongol-ongol, dan makanan lezat lainnya. Tepung sagu ini terbuat dari bahan baku yang dipanen dari hutan sagu alami Papua.

Tepung Sapapua diproduksi dengan mesin modern secara higienis sehingga menghasilkan produk dengan mutu yang terjaga. Tekstur dari tepung ini juga lembut dengan warna putih susu yang alami.

Jika ingin membawa pulang Sapapua Pati Sagu 500 gram, kamu harus menyiapkan uang sekitar Rp8.000.

Makanan SehatMakanan Diet

Prima Rasa. https://www.primarasa.co.id/bahan-bumbu/maizena-tapioka-dan-sagu-sama-kah-
Diakses pada 29 September 2021

Pertanian. http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/87192/Kandungan-Gizi-Tepung-Sagu/
Diakses pada 29 September 2021

Javara. https://javara.co.id/pati-sagu-papua-tepung-serbaguna-untuk-berbagai-menu-masakan/
Diakses pada 29 September 2021

Sagu Tani. https://www.sagutani.com/
Diakses pada 29 September 2021

Harsindo. https://www.harsindo.co.id/recipes/sagu-aren-kunci-kembar/
Diakses pada 29 September 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter