Gym & Sport

Suka Badminton? Ini Dia 13 Rekomendasi Shuttlecock Terbaik untuk Kamu!

07 May 2021|Rhandy Verizarie
shuttlecock terbaikShuttlecock terbuat dari bulu angsa atau bebek

Badminton alias bulu tangkis adalah salah satu cabang olahraga (cabor) paling populer di dunia. Di Indonesia, badminton sendiri menjadi cabor andalan dalam setiap ajang olahraga internasional, seperti olimpiade.

Ya, Indonesia memang menjadi salah satu negara yang paling ‘ditakuti’ di dunia untuk urusan olahraga ‘tepak bulu’ tersebut. Entah sudah berapa banyak gelar yang diraih atlet-atlet bulutangkis nasional di pentas dunia. 

Bahkan, beberapa legenda badminton dunia berasal dari ibu pertiwi, sebut saja Rudi Hartono, Susi Susanti, dan Taufik Hidayat.

Sederet prestasi itulah yang sedikit banyak turut mendongkrak minat bulu tangkis di dalam negeri. Banyak masyarakat Indonesia yang akhirnya gemar bermain bulu tangkis untuk mengisi waktu luang.

Dalam bermain bulu tangkis, tidak hanya raketnya yang harus bagus, tapi juga shuttlecock atau kok. Tanpa kok yang bagus, permainan bisa tidak optimal.

Nah, buat kamu yang ingin bermain badminton, berikut ini ada rekomendasi merek shuttlecock terbaik yang bisa dibeli. Yuk, simak!

Cara memilih shuttlecock terbaik

Sebelum membahas merek shuttlecock terbaik, hal pertama yang kamu perlu tahu adalah bagaimana cara memilih shuttlecock. Ini bertujuan agar kok yang kamu gunakan nantinya sesuai dengan kebutuhan permainan.

Pasalnya, shuttlecock dibuat dengan berbagai macam karakteristik. Berikut tips memilih ‘kok’ yang bisa kamu terapkan:

1. Pilih jenis shuttlecock sesuai dengan kebutuhan permainan

Apakah kamu ingin bermain badminton hanya sekadar iseng’ Atau, kamu memang serius ingin menggeluti olahraga ini?

Pertanyaan di atas akan menentukan jenis shuttlecock seperti apa yang akan kamu beli dan gunakan nantinya. Jika memang tujuan kamu bermain bulu tangkis hanya untuk sekedar mengisi waktu santai, maka kamu dapat memilih kok standar.

Standar di sini maksudnya tidak harus memenuhi spesifikasi yang disarankan oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia, BWF ataupun PBSI. 

Apabila kamu hendak menjadi atlet badminton profesional, sebaiknya pilihlah kok yang berstandar BWF dan PBSI. 

Perbedaan di antara keduanya terletak di kualitas material. Kok biasa umumnya menggunakan bulu bebek, sedangkan kok standar profesional menggunakan bulu angsa yang lebih kuat.

Sementara itu, kok biasa menggunakan material gabus sintetis, sedangkan shuttlecock untuk kebutuhan profesional menggunakan gabus alami.

2. Teliti kondisi shuttlecock

Tips selanjutnya adalah, pastikan untuk mengamati kondisi shuttlecock, termasuk kemasannya. 

Idealnya, kemasan shuttlecock masih tersegel. Hal ini agar shuttlecock yang ada di dalamnya tetap dalam kondisi baik. 

3. Perhatikan speed number

Setiap shuttlecock didesain untuk memiliki kecepatan tertentu saat dipukul. Biasanya, tertera speed number pada kemasan kok yang berkisar antara 75-79. 

Namun, beberapa merek shuttlecock seperti Yonex perhitungan sendiri terkait speed number dari kok yang mereka produksi, yakni di angka 1-5.

Semakin tinggi angkanya, semakin cepat pula kok melesat saat dipukul. Akan tetapi, kecepatan shuttlecock juga dipengaruhi oleh suhu tempat bermain. Tempat yang dingin cenderung akan membuat kok lebih lambat.

Rekomendasi merek shuttlecock terbaik

Ada banyak merek shuttlecock yang bisa kamu beli. Masing-masing merek tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Berikut ini rekomendasi merek shuttlecock terbaik untuk membantu kamu dalam memilih kok mana yang paling sesuai:

1

Yonex

shuttlecock terbaikShuttlecock Yonex (sumber foto: www.yonex.com)

Kamu tentu sudah tidak asing lagi dengan brand asal Jepang ini, bukan? Selain memproduksi raket dan perlengkapan bulu tangkis lainnya, seperti sepatu dan tas, Yonex juga membuat shuttlecock.

Shuttlecock Yonex terdiri atas berbagai macam tipe, mulai dari yang khusus latihan hingga berstandar BWF untuk pertandingan resmi.

Sebagai merek yang identik dengan cabor bulu tangkis, kualitas produk shuttlecock Yonex tentu sudah tidak perlu diragukan lagi. Kok terbuat dari material yang berkualitas dengan proses pembuatan yang terstruktur.

Ini tidak hanya berlaku untuk kok profesional, bahkan juga kok standar latihan sekalipun. Bobotnya pas dan mampu terbang dengan stabil saat dipukul. Bulunya pun tidak mudah rontok kendati sudah digunakan berkali-kali.

 

Harga shuttlecock Yonex berkisar antara Rp100.000-2.000.000

2

Victor

shuttlecock terbaikShuttlecock Victor (sumber foto: www.victorsport.com)

Merek shuttlecock terbaik selanjutnya adalah Victor. Sama seperti Yonex, kok Victor juga tersedia dalam berbagai tipe, dari yang untuk latihan hingga pertandingan resmi.

Dari mulai tipe Gold, Champion, Silver, hingga Master, Anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan.

Untuk urusan material, Victor ini terbuat dari bulu angsa dan gabus berkualitas tinggi untuk menunjang performanya saat dimainkan.

 

Harga shuttlecock Victor antara Rp150.000–1.200.000

3

Li-Ning

shuttlecock terbaikShuttlecock Li-Ning (sumber foto: www.li-ningfamily.com)

Li-Ning adalah merek shuttlecock asal Tiongkok yang performanya juga sudah diakui oleh para pebulutangkis dunia. 

Kok ini terbuat dari bulu angsa yang tebal, sehingga tidak mudah rontok kendati dimainkan berkali-kali. Selain itu, shuttlecock Li-Ning memiliki desain yang membuatnya lebih stabil saat terbang di udara. 

 

Harga shuttlecock Li-Ning antara Rp150.000–700.000

4

JP Gold

shuttlecock terbaikShuttlecock JP Gold

Shuttlecock JP Gold terbuat dari bulu angsa yang tebal, membuatnya memiliki daya tahan yang cukup lama dan tidak mudah patah kendati dipukul kencang.

Itu sebabnya, shuttlecock terbaik ini cocok untuk kamu yang tengah fokus berlatih pukulan kencang alias smash. 

 

Harga shuttlecock JP Gold berkisar antara Rp60.000–200.000

5

Dakota

shuttlecock terbaikShuttlecock Dakota

Dakota adalah merek shuttlecock buatan Indonesia. Kendati termasuk ke dalam jenis kok murah, kualitasnya tidak bisa dipandang sebelah mata.

Kok Dakota terbuat dari material bulu angsa yang cukup tipis, tapi cukup awet. Bobotnya tidak terlalu ringan ataupun berat, tapi tetap stabil saat terbang di udara.

Kok ini cocok digunakan dalam sesi latihan maupun sparring santai dengan sesama pecinta bulu tangkis.

 

Harga shuttlecock Dakota berkisar antara Rp40.000–250.000

6

Glory

shuttlecock terbaikShuttlecock Glory

Sama seperti Dakota, Glory juga merupakan merek shuttlecock produksi dalam negeri. Kendati diproduksi di Indonesia, kok ini menggunakan bulu angsa impor.

Salah satu shuttlecock terbaik ini juga cocok untuk latihan maupun sparring. 

 

Harga shuttlecock Glory cukup murah, yakni berkisar antara Rp40.000–120.000

7

PUMA

shuttlecock terbaikShuttlecock PUMA

Puma merupakan singkatan dari “Pukulan Maut”. Kok asli Indonesia ini juga memiliki performa yang mumpuni, dan cocok digunakan saat latihan maupun pertandingan resmi.

Materialnya terbuat dari bulu angsa dengan tingkat ketebalan yang cukup tinggi, sehingga stabil ketika melayang di udara.

 

Harga shuttlecock Puma antara Rp60.000–200.000

8

Gadjah Mada

shuttlecock terbaikShuttlecock Gadjah Mada

Shuttlecock terbaik selanjutnya yang bisa kamu gunakan yakni merek Gadjah Mada. Kok ini memiliki rangka yang kuat dan bulu tebal, cocok untuk permainan dengan rally panjang.

Pada awalnya, shuttlecock Gadjah Mada menggunakan bulu ayam sebagai materialnya. Namun, kini brand tersebut menggunakan bulu itik. 

 

Harga shuttlecock Gadjah Mada antara Rp 100.000 – Rp 250.000

9

Garuda Internasional

shuttlecock terbaikShuttlecock Garuda International

Shuttlecock Garuda Internasional memiliki kualitas yang tidak bisa diremehkan. Buktinya, PBSI kerap menggunakan kok ini saat latihan.

Shuttlecock Garuda Internasional terbuat dari bulu angsa tebal. Sementara gabusnya sendiri didatangkan dari luar negeri sehingga tak heran jika performanya memang sangat mumpuni.

 

Harga shuttlecock Garuda Internasional mulai dari Rp100.000–600.000

10

Samurai

shuttlecock terbaikShuttlecock Samurai

Shuttlecock Samurai adalah memiliki karakteristik kepala kok yang lebih runcing ketimbang merek lainnya. Itu sebabnya, kok ini cocok untuk digunakan saat melatih pukulan lambung.

Salah satu shuttlecock terbaik ini terbuat dari bulu itik dan halus. Selain latihan, kamu juga bisa menggunakan kok ini saat melakoni pertandingan resmi.

 

Harga shuttlecock Samurai mulai dari Rp150.000–1.000.000

11

NINE

shuttlecock terbaikShuttlecock NINE

Nine adalah salah satu produsen shuttlecock terbaik yang juga berasal dari Indonesia. Kok ini tersedia dalam berbagai seri, mulai dari Nine Hijau, Nine Hitam, dan seri tertingginya, yakni Nine Silver.

Kok ini terbuat dari material berkualitas premium. Hal ini bisa dilihat dari performa dan tingkat ketahanannya yang cenderung stabil saat digunakan berkali-kali di lapangan.

 

Harga shuttlecock Nine antara Rp60.000–120.000

12

Euro

shuttlecock terbaikShuttlecock Euro

Namanya memang Euro, tapi kok yang satu ini sebenarnya juga merupakan produk lokal, lho! Ya, Euro shuttlecock diproduksi di Malang, Jawa Timur. 

Material bulu dan gabusnya yang dirancang agar tetap stabil dan tahan lama saat digunakan, baik untuk berlatih maupun bertanding. 

 

Harga shuttlecock Euro antara Rp60.000–140.000

13

Adidas

shuttlecock terbaikShuttlecock Adidas (sumber foto: adidas.co.id)

Kamu mungkin lebih mengenal merek asal Jerman ini sebagai produsen sepatu, bola sepak, hingga baju olahraga. Siapa sangka, Adidas ternyata juga memiliki produk shuttlecock-nya sendiri!

Shuttlecock Adidas terdiri dari beberapa seri, salah satunya Fleiger FS1. Kok ini terbuat dari bahan nilon yang dipadukan dengan bulu angsa maupun bebek.

Tingkat kestabilan kok Adidas cukup baik, dan sangat mumpuni untuk digunakan saat berlatih bulu tangkis. 

 

Harga shuttlecock Adidas mulai dari Rp99.000

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
OlahragaLatihan FisikMenjaga Kesehatan
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter