Gym & Sport

Tertarik Menggeluti Hobi Sepeda? Ini Merek Sepeda Gunung Terbaik untuk Pemula

23 Apr 2021|Ade Irawan
Merek sepeda gunung terbaik untuk melibas medan sulitRocky Mountain merupakan salah satu merek sepeda gunung terbaik

Hobi bersepeda masih sangat digemari masyarakat luas di masa pandemi ini. Banyak orang pun sudah mulai mengeksplorasi berbagai medan baru, mulai dari jalan raya panjang hingga kawasan pegunungan dengan panorama menawan. Hal ini membuat berbagai merek sepeda gunung terbaik pun mulai banyak dilirik.

Sepeda gunung atau mountain bike (MTB) memiliki karakteristik yang berbeda dengan jenis sepeda lainnya. Sepeda gunung memiliki rangka kokoh yang terbuat dari baja, karbon, atau aluminium. Selain itu, mountain bike memiliki shock breaker yang berfungsi untuk meredam guncangan saat kamu melewati jalan berbatu di wilayah pegunungan.

Namun, bukan berarti kamu hanya bisa menggunakan sepeda jenis ini di kawasan terjal berbatu. Sepeda gunung masih akan terasa nyaman untuk digunakan di jalanan aspal. Untuk lebih jelasnya, simak cara memilih sepeda gunung terbaik yang cocok untukmu di bawah ini!

Cara memilih sepeda gunung terbaik

Sepeda merupakan salah satu benda yang sangat personal. Kamu harus memilih sepeda yang paling cocok. Supaya tidak salah, berikut tips memilih sepeda gunung terbaik:

1. Menyiapkan budget yang sesuai

Hobi sepeda gunung bisa tergolong mahal, bisa juga menjadi relatif murah. Jadi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan budget untuk membeli sebuah sepeda. Pastikan untuk membuat angka yang pasti supaya memudahkan dalam memilih sepeda nantinya.

Namun, bukan sebuah sepeda saja yang harus dipertimbangkan. Dalam menjalani hobi sepeda, kamu juga perlu melengkapi aksesorinya. Setidaknya kamu butuh helm untuk menjaga keselamatan dan botol minum.

2. Membeli merek sepeda gunung terbaik

Kadang, memilih sepeda gunung dengan harga yang relatif mahal malah memberikan banyak keuntungan. Kamu bisa mendapatkan gratis ongkos kirim (ongkir) sampai ke rumah hingga gratis servis berkala. Lebih dari itu, kamu pun akan mendapatkan kenikmatan bersepeda yang lebih nyaman.

3. Memilih jenis MTB yang sesuai

Jenis mountain bike ada bermacam-macam. Kamu bisa memilih all mountain bike (trail bike), endure, downhill, dan cross country. Setiap jenis akan memiliki karakteristik masing-masing. Untuk menentukan jenis mana yang akan dipilih, kamu cukup membayangkan sepeda tersebut akan digunakan untuk keperluan apa.

4. Suspensi yang sesuai

Suspensi juga akan mempengaruhi gaya bersepeda. Untuk itu, pilihlah suspensi yang tepat dengan medan yang ingin dihadapi. Menggunakan suspensi yang lebih lebih keras atau hardtail bagus untuk medan terjal berbatu. Ubah menjadi full suspension untuk menggunakan sepeda gunung di jalanan aspal.

5. Postur tubuh

Seperti yang dikatakan di awal, sepeda adalah barang yang sangat personal. Kamu harus menyesuaikan sepeda yang dipakai dengan postur tubuh. Salah memilih frame sepeda akan membuat kamu cepat lelah saat menggunakannya dan memengaruhi postur tubuh nantinya.

Rekomendasi sepeda gunung terbaik

Produsen sepeda gunung di Indonesia tergolong sangat banyak dan beragam. Berikut rekomendasi merek sepeda gunung terbaik yang bisa dilirik:

1

Sepeda Gunung Polygon

Merek sepeda gunung PolygonSepeda gunung Polygon pilihan produk terbaik

Polygon merupakan merek sepeda yang sudah sangat populer karena memang buatan asli Indonesia. Produsen sepeda yang satu ini juga sudah cukup lama hadir di pasar Indonesia. Hal ini membuatmu tidak perlu khawatir dengan kualitas yang ditawarkan.

Sepeda gunung Polygon pun hadir dalam rentang harga yang sangat luas. Kamu bisa mendapatkan sebuah sepeda gunung dengan harga mulai dari Rp3 jutaan. Sepeda Polygon terbaik yang dijual di Indonesia dijual dengan harga Rp90 jutaan.

2

Sepeda Gunung Wimcycle

Sepeda gunung WimcycleWimcycle punya lini sepeda gunung yang cukup berkualitas

Wimcycle juga merupakan salah satu merek sepeda gunung yang berkualitas yang ada di Indonesia. Merek yang satu ini juga memiliki lini produk yang cukup banyak. Desain sepeda yang ditawarkan juga sangat menarik.

Fitur percepatan yang lembut juga menjadi kelebihan dari lini sepeda Wimcycle. Merek sepeda lokal yang satu ini bisa dijadikan pilihan untuk kamu yang baru mau menggeluti hobi ini. Harga sepeda gunung Wimcycle cukup terjangkau mulai dari Rp2 jutaan.

3

Sepeda Gunung United

Sepeda gunung UnitedUnited memberikan semua lini produk yang bervariasi

Masih dari karya anak bangsa, United termasuk salah satu merek sepeda gunung lokal terbaik yang pantas diperhitungkan. Produk sepeda gunung United menggunakan komponen terbaik dengan menggabungkan berbagai komponen dari merek-merek populer.

Harga yang ditawarkan oleh United pun masih tergolong terjangkau. Sepeda gunung United dibanderol dengan harga mulai dari Rp4 jutaan. United pun menyediakan mountain bike dengan berbagai seri, mulai dari all mountain, cross country, dan trail.

4

Sepeda Gunung Bianchi

Sepeda gunung BianchiBianchi merupakan salah satu merek teratas untuk sepeda gunung

Produsen sepeda asal Italia ini sudah berusia ratusan tahun dan produknya sudah dijual di banyak negara. Sepeda Bianchi pun sudah menjadi langganan di berbagai ajang, termasuk yang melibatkan lini mountain bike mereka.

Pengalaman inilah yang membuat kamu tidak perlu khawatir saat memilih sepeda gunung Bianchi. Merek yang satu ini juga sudah cukup mudah dijumpai di Indonesia dengan harga yang sangat beragam. Sejumlah distributor resmi membanderol sepeda gunung Bianchi dengan harga mulai dari Rp7 jutaan.

5

Sepeda Gunung Pacific

Sepeda gunung PacificPacific punya lini sepeda gunung berkualitas untuk dipilih

Sepeda Pacific sudah hadir di Indonesia sejak 1995 silam dan masih sangat konsisten hingga sekarang. Seluruh produk sepeda Pacific juga sudah bersertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI). Selain itu, merek yang satu ini pun sudah memiliki pabrik di Pulau Jawa dan Sumatera agar bisa menyediakan permintaan yang sangat besar.

Karena produk ini sudah diproduksi di Indonesia, sepeda gunung Pacific juga tentunya punya harga yang terjangkau. Kamu bisa mendapatkan sepeda Pacific dengan harga mulai dari Rp2 jutaan. Jika sudah ingin lebih serius lagi, kamu bisa memilih sepeda bertipe all mountain dengan banderol harga Rp40 jutaan.

6

Sepeda Gunung Rocky Mountain

Sepeda gunung Rocky MountainLebih serius menggeluti hobi sepeda gunung dengan Rocky Mountain

Seperti namanya, sepeda ini dibuat khusus untuk medan pegunungan dan perbukitan terjal lainnya. Sepeda gunung Rocky Mountain juga menjadi andalan di berbagai kejuaraan dunia untuk beberapa kelas. Komponen yang paling banyak digunakan oleh produsen sepeda ini adalah Shimano, mulai dari shifter, brakes, derailleur, cassette, hingga chain.

Sepeda ini pun dirancang khusus untuk kamu yang sudah siap untuk bertualang di kawasan pegunungan dan medan sulit lainnya. Untuk itu, banderol setiap sepeda gunungnya pun terbilang cukup tinggi. Kamu butuh merogoh kocek mulai dari Rp10 juta untuk sebuah sepeda gunung Rocky Mountain.

7

Sepeda Gunung Merida

Sepeda gunung MeridaSepeda gunung Merida mudah didapatkan di toko resmi Indonesia

Merida juga membawa sepeda gunung berkualitas yang bisa dijadikan pilihan. Desain menarik yang dibawa memberikan sentuhan trendi saat kamu berada di kawasan pegunungan. Sepeda gunung Merida menggunakan komponen terbaik yang membuat perpindahan gigi lembut. Dilengkapi juga dengan ban besar yang membuat kamu tidak perlu takut saat medan yang ditemui sedikit terjal.

Harga sepeda gunung Merida dimulai dari kisaran Rp7 jutaan hingga Rp19 jutaan. Namun, beberapa sepeda Merida yang tidak diproduksi di Indonesia dibanderol dengan harga hingga Rp60 jutaan.

8

Sepeda Gunung Santa Cruz

Sepeda Gunung Santa CruzSepeda gunung Santa Cruz berikan komponen sepeda terbaik di kelasnya

Sepeda ini belum terlalu populer di Indonesia, tapi bukan berarti tidak memiliki kualitas yang baik. Sepeda Gunung Santa Cruz berfokus untuk produk MTB sehingga inovasi yang dihasilkan juga dikhususkan untuk para penakluk medan terjal.

Frame sepeda Santa Cruz terbilang sangat kokoh sekaligus tergolong ringan. Sang produsen pun memberikan komponen terbaik dalam full bike. Karena itu juga, sepeda Santa Cruz tergolong cukup mahal dengan kisaran harga mulai Rp15—50 jutaan.

9

Sepeda Gunung Trek

Sepeda Gunung TrekSepeda gunung terbaik untuk diajak bertualang di alam liar

Merek sepeda gunung Trek masuk ke dalam sepeda mewah. Pasalnya, harga sepeda gunung ini sudah mencapai puluhan juta Rupiah. Di sisi lain, kamu akan menemukan banyak kelebihan dalam sepeda ini. Frame berbahan karbon membuat sepeda ini ringan sekaligus kuat melalui medan terjal.

Suspensi yang ada di dalam sepeda ini tersembunyi di dalam frame. Namun, kamu akan cukup mudah untuk melepas dan menggantinya. Selain itu, frame sepedanya pun memberikan dudukan untuk menaruh dua botol minum.

10

Sepeda Gunung Scott

Sepeda gunung ScottKoleksi sepeda gunung terbaik dari Scott yang berfokus pada MTB

Scott juga menjadi salah satu merek sepeda gunung terbaik di kelasnya. Sepeda gunung ini berasal dari Swiss dan sudah ada sejak tahun 1958. Scott juga salah satu merek yang cukup memfokuskan diri pada mountain bike dengan segala jenisnya.

Merek sepeda gunung yang satu ini membanderol seluruh produknya dengan harga yang sangat tinggi. Beberapa produknya malah sudah mencapai ratusan juta Rupiah. Namun, kamu tidak perlu khawatir dengan kualitas karena sudah terjamin dan tidak akan membuat kecewa.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
OlahragaTips BersepedaTips OlahragaTren KesehatanMenjaga Kesehatan
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter