Makan Sehat

10 Merek Minyak Kelapa Terbaik untuk Kesehatan dan Kecantikan

09 Jun 2021|Nina Hertiwi Putri
Merek minyak kelapa yang bagus baik untuk kesehatan dan kecantikanMerek minyak kelapa yang bagus memiliki aroma khas kelapa yang tidak apek

Minyak kelapa adalah bahan menyehatkan yang tidak hanya bisa dikonsumsi, tapi juga bisa digunakan untuk merawat kulit, rambut, hingga gigi. Beberapa manfaat lain dari minyak kelapa antara lain meningkatkan pembakaran lemak, fungsi jantung, dan kerja otak.

Ada banyak merek minyak kelapa terbaik yang bisa kamu pilih. Sebagian bisa digunakan untuk masak maupun perawatan tubuh, sebagian lagi mempunyai fungsi tersendiri. Jadi sebelum membeli, baca labelnya dengan teliti, ya.

Ragam manfaat minyak kelapa

Saat membeli minyak kelapa, kamu mungkin sudah punya bayangan akan menggunakannya untuk keperluan tertentu. Tapi, tahukah kamu kalau minyak kelapa bisa dipakai untuk hal-hal yang kadang belum banyak orang tahu?

Berikut ini beberapa hal lain yang bisa dilakukan menggunakan minyak kelapa selain untuk memasak dan perawatan kulit.

• Melindungi rambut dari kerusakan

Menggunakan minyak kelapa sebelum atau sesudah keramas bisa menjaga rambut tetap sehat. Soalnya, minyak ini bisa mencegah protein di rambut hilang. Kalau protein hilang, rambut bisa rusak dan mudah rontok.

• Mempercepat penyembuhan luka

Minyak kelapa juga bisa mempercepat penyembuhan luka ringan di kulit. Agar luka bisa sembuh, kulit akan menghasilkan kolagen alami. Nah, minyak kelapa bisa meningkatkan produksi kolagen di kulit, jadi luka pun akan cepat sembuh.

Caranya, cukup oleskan minyak kelapa ke luka lalu tutup dengan plester atau perban. Tapi, cara ini sebaiknya tidak dipakai untuk kondisi luka yang sedang hingga parah, ya.

• Mengusir serangga

Kalau kamu suka menggunakan essential oil, coba deh sesekali kamu campur dengan minyak kelapa. Cara ini dipercaya bisa membantu mengusir serangga seperti nyamuk.

• Menghilangkan noda

Bingung saat karpet, sofa, atau furniture lain ketumpahan noda? Coba singkirkan dengan campuran minyak kelapa dan baking soda. Campur kedua bahan tersebut hingga membentuk konsistensi seperti pasta gigi.

Lalu, oleskan ke permukaan noda dan tunggu lima menit. Setelah itu, lap hingga bersih.

• Menghapus eye make up

Menghapus make up di bagian mata adalah salah satu tantangan yang cukup sulit. Apalagi, mata mudah perih dan iritasi kalau terkena bahan pembersih yang mengandung bahan-bahan kimia.

Sebagai gantinya, kamu bisa pakai minyak kelapa. Teteskan minyak kelapa ke kapas lalu sapukan perlahan ke area sekitar mata dengan lembut hingga make up hilang.

• Menjadi pelembap bibir

Kalau kamu lagi kehabisan pelembap bibir, bisa pakai minyak kelapa sebagai pelembap bibir alami. Oleskan tipis-tipis di bibir dan minyak kelapa akan membantu membuatnya tetap lembap bahkan melindungi dari sinar matahari.

Merek minyak kelapa yang bagus

Berikut ini beberapa merek minyak kelapa yang bagus untuk masak maupun perawatan tubuh.

1

Siola Virgin Coconut Oil

Merek minyak kelapa yang bagus salah satunya Siola Virgin Coconut OilSiola Virgin Coconut OilCek Sekarang

Siola virgin coconut oil (VCO) adalah minyak kelapa alami tanpa tambahan apapun. Kamu bisa menggunakan minyak ini untuk berbagai keperluan, mulai dari diminum langsung, untuk memasak, hingga perawatan kulit dan kecantikan.

Merek minyak kelapa ini juga cocok untuk kamu yang sedang menjalani diet keto yang membutuhkan asupan lemak sehat lebih banyak dari biasanya. Jika digunakan untuk memasak, Siola VCO bisa jadi pengganti mentega yang lebih sehat.

Sementara itu kalau kamu mau pakai untuk perawatan dan kecantikan, bisa langsung dioles ke rambut agar lebih sehat dan kuat, dan menggunakannya sebagai minyak pijat, dan bahkan menghilangkan ruam.

Harga: Rp75.900 (550 ml)

2

Palem Mustika VCO

Merek minyak kelapa yang bagus salah satunya Palem Mustika VCOPalem Mustika VCOCek Sekarang

Palem mustika VCO terbuat dari daging kelapa tua segar yang diproses secara alami tanpa menggunakan pemanas bersuhu tinggi. Jadi, didapatkan minyak kelapa murni yang bersifat antibakteri dan bisa membasmi penyebab penyakit tersebut.

Kalau diminum teratur, minyak kelapa ini juga bisa mengurangi jerawat, kulit kusam, hingga berminyak. Pada ibu menyusui, mengonsumsi minyak kelapa alami juga disebut bisa membantu meningkatkan kualitas ASI.

Harga: Rp37.300 (100 ml)

3

Virjint Super Coconut Oil

Merek minyak kelapa yang bagus salah satunya Virjint Super Coconut OilVirjint Super Coconut OilCek Sekarang

Merek minyak kelapa yang satu ini dinilai bisa membantu menurunkan berat badan, terutama kalau kamu sedang menjalani diet rendah karbohidrat.

Jika diminum teratur, Virjint Super Coconut Oil juga bisa memberikan manfaat lain seperti mengembalikan energi tubuh, menyehatkan fungsi otak, dan mencegah penuaan dini.

Karena diolah secara alami, minyak ini tidak kehilangan sifat aslinya yaitu sebagai antibakteri alami.

Harga: Rp36.500 (80 ml)

4

Lemonilo Organic Extra Virgin Coconut Oil

Merek minyak kelapa yang bagus salah satunya Lemonilo Organic Extra Virgin Coconut OilLemonilo Organic Extra Virgin Coconut Oil (sumber foto: lemonilo.com)

Tidak hanya mie instan sehat, Lemonilo juga memiliki minyak kelapa alami jenis extra virgin coconut oil. Diolah secara alami tanpa penambahan zat kimia dan proses pemanasan apapun.

Minyak ini rasanya gurih, sehingga enak dicampurkan ke olahan makanan. Teksturnya yang lembut juga membuatnya mudah ditelan dan tidak apek.

Harga: Rp25.500 (100 ml)

5

Kara Coconut Oil

Merek minyak kelapa yang bagus salah satunya Kara Coconut OilKara Coconut Oil (sumber foto: kara-indonesia.com)

Satu hal yang membuat minyak goreng biasa tidak sehat adalah karena minyak tersebut mudah rusak ketika melewati suhu panas tertentu.

Sebaliknya, minyak kelapa titik didihnya lebih tinggi dibanding minyak goreng biasa, jadi tidak mudah rusak saat digunakan untuk memasak dalam suhu tinggi.

Kara Coconut Oil adalah salah satu merek minyak kelapa yang cocok untuk digunakan sebagai pengganti minyak goreng biasa yang lebih sehat. Minyak ini mengandung asam laurat yang baik untuk kesehatan dan bisa digunakan berkali-kali.

Harga: mulai dari Rp30.000 (1 liter)

6

Javara Coconut Oil

Merek minyak kelapa yang bagus salah satunya Javara Coconut OilJavara Coconut Oil (sumber foto: javara.co.id)

Javara coconut oil tersedia dalam dua jenis, yaitu yang khusus sebagai minyak masak dan virgin coconut oil. Dua-duanya tentu sama-sama sehat. Perbedaan keduanya terletak pada cara pengolahannya.

Javara Cooking Coconut Oil bisa kamu pakai sebagai alternatif minyak goreng yang lebih sehat saat menumis, menggoreng, atau bahkan memanggang. Minyak ini juga akan tetap bening bahkan setelah enam kali pemakaian.

Sementara itu varian VCO nya bisa digunakan untuk keperluan yang lebih beragam. Selain memasak, kamu juga bisa memakainya sebagai minyak pijat dan perawatan rambut serta kulit.

Harga: tergantung kemasan dan ukuran, mulai dari Rp33.000 untuk cooking oil 250 ml kemasan botol

7

Nutiva Organic Virgin Coconut Oil

Merek minyak kelapa yang bagus salah satunya Nutiva Organic Virgin Coconut OilNutiva Organic Virgin Coconut Oil (sumber foto:nutiva.com)

Nutiva adalah salah satu merek minyak kelapa yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari memasak hingga perawatan tubuh. Minyak ini diolah secara alami dan organik, sehingga kandungan menyehatkan yang ada di dalamnya tidak berubah.

Harga: mulai dari Rp210.000 (414 ml)

8

Vico Bagoes Virgin Coconut Oil

Merek minyak kelapa yang bagus salah satunya Vico Bagoes Virgin Coconut OilVico Bagoes Virgin Coconut Oil (sumber foto: vicobagoes.com)

Vico Bagoes Virgin Coconut Oil merupakan salah satu merek minyak kelapa yang tidak berbau apek dan memiliki rasa khas kelapa yang gurih. Teksturnya yang lembut membuat minyak ini mudah menyerap ke kulit ketika digunakan.

Harga: mulai dari Rp29.500 (60 ml)

9

Jarrow Formulas Extra Virgin Coconut Oil

Merek minyak kelapa yang bagus salah satunya Jarrow Formulas Extra Virgin Coconut OilJarrow Formulas Extra Virgin Coconut Oil (sumber foto: jarrow.com)

Merek minyak kelapa yang satu ini diolah dengan cara cold-press atau tanpa pemanasan, sehingga menjaga segala nutrisi yang ada di dalamnya. Kamu bisa menggunakannya untuk memasak, seperti menggoreng, menumis, atau memanggang.

Harga: mulai dari Rp289.000 (1000 mg)

10

Ecozest Extra Virgin Coconut Oil

Merek minyak kelapa yang bagus salah satunya Extra Virgin Coconut OilEcozest Extra Virgin Coconut Oil (sumber foto: ecozest.co.id)

Ecozest Extra Virgin Coconut Oil adalah minyak kelapa khusus masak yang cocok dijadikan alternatif sehat karena bisa menurunkan kolesterol dan kaya protein serta vitamin E.

Kamu bisa menggunakannya untuk menumis, menggoreng, memanggang, sebagai dressing salad, atau dicampur ke dalam jus sehat.

Harga:Rp99.000 (250 ml)

Makanan SehatMakanan DietBuah Dan Sayuran

Healthline. https://www.healthline.com/nutrition/coconut-oil-uses#TOC_TITLE_HDR_29
Diakses pada 4 Juni 2021 

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email