Makan Sehat

Makanan Pokok Indonesia, Ini Merek Beras Putih yang Pulen dan Berkualitas Terbaik

06 Aug 2021|Ade Irawan
Beras putih terbaikCari beras putih terbaik untuk dapatkan santapan lezat setiap hari

Sebagai makanan pokok, sebagian besar masyarakat Indonesia mengonsumsi nasi setiap harinya. Alasan inilah yang membuat banyak wilayah di Indonesia dijadikan tempat menanam beras yang disalurkan ke seluruh negeri. Biarpun sama-sama beras putih, kualitas yang dihasilkan bisa sangat berbeda tergantung lokasi asalnya.

Bukan hanya itu, tekstur dan aroma beras pun bisa menjadi pembeda untuk setiap beras yang dijual di pasaran. Tentunya ini akan berpengaruh besar terhadap harga jual saat kamu membelinya. Supaya tidak penasaran tentang beras putih terbaik, coba simak pilihannya di bawah ini.

Jenis beras yang bisa dijumpai di pasaran

beras putih terbaik
Berbagai jenis beras yang punya kelebihannya masing-masing

Sebelum memilih merek beras terbaik, ada baiknya kamu mengetahui berbagai jenis beras yang ada. Setiap beras memiliki karakteristik dan nutrisi berbeda di dalamnya. Sekarang mari simak jenis-jenis beras yang ada di pasaran:

1. Beras putih

Sebagai jenis beras yang paling populer, beras putih akan paling banyak dan mudah dijumpai di berbagai pasar. Beras putih merupakan padi yang sudah dihilangkan sekam, bekatul, dan benihnya. Kemudian, beras ini dipoles menjadi cerah dan mengilat.

Beras putih berasal dari padi yang sudah dihilangkan sekam, bekatul, dan benihnya. Beras ini kemudian dipoles supaya tampilannya jadi lebih cerah, putih, dan mengilat. Karena melewati proses panjang, beras putih kehilangan banyak nutrisi di dalamnya.

Untuk mengonsumsinya, kamu perlu menambahkan dengan lauk yang bergizi. Di sisi lain, rasa beras putih terbilang paling enak dibandingkan dengan jenis beras lainnya.

2. Beras cokelat

Beras yang satu ini memiliki warna cokelat kusam dan tekstur yang kasar. Sebenarnya, beras cokelat juga dihasilkan dari jenis padi yang sama. Namun, beras ini hanya dihilangkan bagian sekamnya saja.

Kandungan nutrisi beras cokelat masih sangat kaya. Kamu bisa mendapatkan magnesium, fosfor, selenium, thiamine, niasin, vitamin B6, mangan, dan serat setelah mengonsumsinya.

Sayangnya, kamu butuh memasak beras cokelat lebih lama ketimbang beras putih. Kamu pun harus menghabiskannya segera karena jenis beras yang satu ini tidak tahan lama.

3. Beras merah

Kamu mungkin mengenal beras merah sebagai santapan mereka yang sedang ingin menjaga berat badan. Kandungan nutrisi beras merah terbilang sangat kaya untuk melawat radikal bebas, menjaga gula darah, sekaligus menurunkan berat badan.

Warna merah dari beras ini berasal dari kandungan antosianin yang sekaligus sebagai antioksidan. Sayangnya, beras merah merupakan bahan makanan yang cepat basi jika tidak disimpan dengan baik. Ada baiknya kamu langsung menghabiskannya setelah memasaknya.

Selain itu, harga beras merah juga lebih mahal dibandingkan jenis beras lainnya. Pasalnya, makanan ini termasuk ke dalam menu makanan sehat.

4. Beras hitam

beras putih terbaik
Caption

Kandungan antosianin dalam beras hitam sangat tinggi hingga membuat warnanya menjadi hitam pekat. Warna ini akan berubah menjadi ungu setelah ditanak. Hal ini juga menunjukkan bahwa kandungan nutrisi beras hitam sangat tinggi.

Beras hitam memiliki vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Kamu bisa mendapatkan beragam vitamin B, vitamin E, zinc, magnesium, dan fosfor. Tentunya, beras hitam juga sangat tinggi protein untuk membantu tubuh bekerja lebih baik dalam menyebarkan oksigen.

Selain itu, berat hitam juga mengandung serat yang sangat tinggi. Makanan ini bisa membantu menyehatkan sistem pencernaan.

5. Beras ketan

Beras ketan punya tekstur yang lengket setelah dimasak. Hal ini disebabkan kandungan amilopektin yang tinggi di dalam berasnya. Jenis beras ini banyak dijumpai di berbagai negara di Asia Tenggara dan Asia Timur.

Sebagian besar masyarakat menggunakan beras ketan sebagai makanan tradisional. Namun, ada juga yang mengolah beras ketan menjadi santapan utama yang mengenyangkan. 

Ciri dari jenis beras ini adalah warna yang transparan dan lengket saat dimasak. Hal ini disebabkan karena beras ketan punya amilopektin yang tinggi, tapi amilose yang rendah. Beras ketan juga sering jadi campuran untuk membuat sushi supaya lebih lengket.

Beras ketan juga sering dipakai untuk kudapan tradisional dan makanan ringan. Beras ketan juga punya varian beras ketan hitam untuk membuat bubur yang mengenyangkan. Jenis beras ini juga kaya akan nutrisi di dalamnya, seperti protein, vitamin B, zinc, tembaga, dan fosfor.

Rekomendasi merek beras putih terbaik

Karena merupakan makanan pokok, beras putih paling banyak varian mereknya. Berikut merek beras putih terbaik yang bisa kamu dapatkan:

1

Beras Premium Sania

Beras putih terbaikBeras putih yang paling mudah didapatkan di mana-mana

Beras putih yang satu ini paling banyak dijumpai di sentra beras maupun minimarket. Pasalnya, harga beras Sania cukup terjangkau untuk segala jenis kalangan. Untuk ukuran 5 kg, beras Sania hanya dibanderol dengan harga sekitar Rp50-Rp55 ribu saja.

Beras Sania mampu menghasilkan nasi yang sangat pulen untuk makanan sehari-hari. Produsen beras ini menerapkan teknologi paddy to rice yang akan mengolah beras saat ada pesanan. Jadi, beras tidak akan didiamkan terlalu lama di dalam gudang.

2

Beras Pandan Wangi Si Pulen

Beras putih terbaikSi Pulen punya aroma beras yang menggugah selera makan

Si Pulen juga merupakan merek beras yang cukup populer. Kamu bisa menemukan beras ini minimarket dan supermarket di sekitar tempat tinggalmu. Merek beras yang satu ini punya aroma harum untuk menambah selera makan.

Rahasia dari beras Si Pulen adalah lokasi menanam padinya yang berada di tempat sejuk. Hal ini yang membuat berasnya sangat pulen saat ditanak. Beras Si Pulen bisa didapatkan dengan harga sekitar Rp90-Rp100 ribu untuk ukuran 5 kg.

3

Beras Super Rojolele

Beras putih terbaikBeras andalan keluarga dan rumah makan

Varian beras rojolele merupakan pilihan banyak keluarga Indonesia, termasuk sebagian besar rumah makan. Merek Beras Super Rojolele ini memiliki  aroma yang harum dengan bentuk beras sedikit panjang.

Selain itu, beras rojolele juga cukup pulen saat diolah dan punya rasa yang sedikit manis. Beras ini cocok untuk dijadikan bahan utama nasi goreng, ketupat, dan nasi uduk. Harga beras ini sangat terjangkau mulai dari Rp45—Rp50 ribu untuk ukuran 5 kg.

4

Beras BMW Super Pandan Wangi

Beras putih terbaikBeras yang punya aroma dan kepulenan luar biasa

Beras yang satu ini tergolong jenis pandan wangi. Jelas aromanya harumnya bisa membuat perut semakin lapar hanya dengan menghirup saja. Selain itu, jenis beras pandan wangi yang satu ini punya tingkat kepulenan nasi yang sangat tinggi.

Beras BMW termasuk salah satu merek yang paling mudah didapatkan. Bentuk berasnya sedikit bulat dan tidak terlalu putih warnanya. Untuk harganya, beras BMW ini dibanderol sekitar Rp80-Rp85 ribu untuk ukuran 5 kg.

5

Beras Sumo Merah

Beras putih terbaikBeras putih yang cocok dijadikan sushi

Banyak yang mengira bahwa merek ini merupakan beras impor. Faktanya, Beras Sumo adalah beras lokal yang punya tingkat kepulenan sangat tinggi. Beras yang satu ini merupakan gabungan dari beras jenis pandan wangi dan setra ramos.

Untuk varian Beras Sumo Merah, kamu hanya akan mendapatkan patahan beras paling banyak 5% saja setiap kemasannya. Kamu pun tidak perlu mencuci beras ini terlalu banyak karena Beras Sumo sudah melewati pencucian sebelum dikemas. Harga Beras Sumo sekitar Rp60-Rp65 ribu untuk ukuran 5 kg.

Makanan Sehat
Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email