Lifestyle

Mengenal Pranic Healing, Terapi Menenangkan untuk Tubuh Sehat Luar Dalam

17 Mar 2021|Nina Hertiwi Putri
Pranic healing adalah salah satu metode pengobatan menggunakan energi positifPranic healing adalah metode penyembuhan tanpa sentuhan

Pranic healing adalah suatu metode penyembuhan yang menggunakan prana sebagai media untuk menyeimbangkan, menyelaraskan, dan mengubah aliran energi di tubuh. Prana berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti energi kehidupan.

Bagi para pegiat pranic healing, energi tak kasat mata inilah yang akan membuat organ-organ tubuh tetap berkerja dengan baik, sehingga kita bisa tetap sehat.

Tidak hanya pada metode ini, konsep energi baik di tubuh juga digunakan pada metode pengobatan akupuntur dan disebut dengan istilah Chi. Di Jepang, konsep ini disebut sebagai Ki yang merupakan singkatan dari Reiki.

Apa yang akan dilakukan saat Pranic Healing?

Pranic healing adalah metode penyembuhan dengan konsep sederhana. Dalam metode ini, tubuh pada dasarnya dipercaya bisa menyembuhkan diri sendiri. Saat energi positif yang ada di tubuh bisa ditambah dan dikontrol, maka berbagai gangguan di dalamnya pun dapat sembuh.

Penyembuhan menggunakan prana adalah penyembuhan tanpa sentuhan. Sebelum memulai sesi penyembuhan, terapis akan berdiskusi mengenai keluhan atau masalah yang sedang kamu rasakan.

Metode ini juga bisa dilakukan sebagai pendamping perawatan medis lainnya.

Saat penyembuhan berlangsung, kamu akan duduk maupun berbaring terlentang di sebuah ruangan atau area yang tenang. Setelah itu, terapis akan mengalirkan atau mengatur energi positif di tubuh agar bisa muncul.

Terkadang, terapis juga menggunakan kristal untuk memberikan atau mengatur energi yang keluar.

Awal kemunculan Pranic Healing

Pranic healing ditemukan oleh Grand Master Choa Kok Sui yang lahir di Filipina pada tanggal 15 Agustus 1952. Ia menjadi yogi (orang yang mendalami yoga) saat remaja dan selama berpuluh-puluh tahun setelahnya, terus menyebarkan pengetahuannya tentang penyembuhan.

Master Choa menghabiskan 20 tahun hidupnya berkeliling dunia, menyebarkan metode Pranic Healing sampai ke 60 negara di enam benua.

Dengan gayanya yang sederhana dan tidak penuh basa-basi, ia memiliki misi untuk mengurangi penderitaan yang dirasakan banyak umat manusia.

Sebelum meninggal dunia pada tahun 2007, Master Choa telah menulis 25 buku yang sudah diterjemahkan ke dalam 30 bahasa berbeda. Lebih dari 100 tempat Pranic Healing di 90 negara juga sudah berdiri.

Manfaat Pranic Healing

Pranic healing disebutkan bisa memberikan kesembuhan tidak hanya untuk kondisi fisik, tapi juga mental. Berbagai kondisi yang dinyatakan pernah mereda dengan metode ini antara lain:

  • Sakit kepala
  • Flu
  • Sakit punggung
  • Asma
  • Migrain
  • Multiple sclerosis
  • Kanker
  • Stres dan gangguan mental lainnya

Metode ini juga diyakini dapat meningkatkan kadar energi di tubuh dan memperbaiki sistem imun, sehingga kita tidak mudah sakit.

Salah satu metode Pranic healing yang paling sederhana dan bisa diikuti adalah pernapasan prana. Dengan mengikuti pola pernapasan ini, maka energi di tubuh akan meningkat dan membuat tubuh tidak mudah lelah.

Berikut ini teknik pernapasan prana yang bisa kamu coba.

  • Tempatkan lidah di langit-langit mulut. Hal ini akan membantu melancarkan sirkulasi energi di tubuh.
  • Tarik napas perlahan sambil berhitung 6 detik
  • Lalu, tahan napas 3 detik
  • Hembuskan napas selama 6 detik
  • Tahan napas lagi selama 3 detik
  • Selesai menjalani pernapasan 6-3-6-3 ini maka kamu sudah menyelesaikan satu siklus pernapasan.

Pranic healing adalah metode penyembuhan tanpa sentuhan yang berfokus pada meningkatkan energi baik di tubuh sehingga berbagai penyakit bisa sembuh. Pada metode ini, ada sebuah kepercayaan bahwa tubuh bisa menyembuhkan apapun yang ada di dalamnya.

Dengan pranic healing, kemampuan menyembuhkan tersebutlah yang dimunculkan. Sehingga, berbagai penyakit baik mental maupun fisik, bisa teratasi.

YogaHerbal

Pranic Healing. https://pranichealing.com/pranic-breathing
Diakses pada 17 Maret 2021

Olive Tree Cancer Support. https://www.olivetreecancersupport.org.uk/therapies/pranic-healing
Diakses pada 17 Maret 2021

Pranic Healing Research. https://www.pranichealingresearch.com/pranic-healing
Diakses pada 17 Maret 2021

Indonesian Pranic Healing. https://www.indonesiapranichealing.org/
Diakses pada 17 Maret 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email