Beauty & Skincare

7 Masker Penghilang Komedo yang Ampuh agar Pori-Pori Kulit Bersih

Masker penghilang komedo bisa mengangkat komedo sekaligus membersihkan pori-pori secara mendalamMasker penghilang komedo bekerja dengan membersihkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori

Kemunculan komedo tentu sangat menjengkelkan. Selain menurunkan rasa percaya diri, komedo dapat mengganggu penampilan dan membuat tekstur kulit menjadi terasa kasar.

Penyebab komedo bisa muncul akibat produksi minyak alami atau sebum berlebih, kotoran, dan sel kulit mati yang menumpuk. Jika komedo sudah terbentuk, membersihkan wajah saja tidak cukup.

Untuk mengatasinya, kamu mungkin membutuhkan masker penghilang komedo untuk mengangkat komedo sekaligus membersihkan pori-pori secara mendalam. 

Jenis masker untuk menghilangkan komedo

Ada banyak jenis masker untuk menghilangkan komedo yang hadir di pasaran, setidaknya terdapat dua jenis kandungan bahan aktif dalam masker penghilang komedo yang umum digunakan, yaitu:

1. Masker tanah liat

Masker tanah liat merupakan masker untuk menghilangkan komedo yang direkomendasikan untuk pemilik kulit berminyak.

Masker wajah penghilang komedo ini bekerja dengan membersihkan kotoran, minyak, dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Salah satu kandungan dalam masker tanah liat yang umum digunakan untuk mengusir komedo adalah sulfur. Ia berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati penyebab komedo.

2. Masker charcoal

Masker charcoal (activated carbon) disebut-sebut dapat menyerap produksi minyak berlebih yang menjadi penyebab munculnya komedo.

Activated carbon (activated charcoal) adalah produk olahan yang dibuat dengan memanaskan arang yang terbuat dari kayu, batubara, kulit kelapa, maupun petroleum menggunakan gas.

Proses pemanasan ini akan menimbulkan banyak ‘pori-pori’ pada arang. Nah, pori-pori inilah yang diklaim dalam menyerap racun.

Pada produk kecantikan, activated charcoal sering diklaim dapat meredakan luka maupun peradangan yang terjadi pada kulit.

Selain itu, kandungan arang aktif dalam masker charcoal yang sudah berupa partikel kecil, diklaim lebih mudah terserap dan mengangkat kotoran di wajah.

Rekomendasi merek masker penghilang komedo

Bingung cari merek masker penghilang komedo yang bagus? Berikut SehatQ berikan rangkuman produk masker penghilang komedo sebagai pilihan.

1

Mineral Botanica Acne Care Masque New Formula + Charcoal Activated

Masker penghilang komedo dari Mineral Botanica Acne Care Masque New Formula + Charcoal ActivatedMineral Botanica Acne Care Masque New Formula + Charcoal Activated cocok untuk kulit berjerawatCek Sekarang

Salah satu produk masker penghilang komedo pilihan SehatQ jatuh pada Mineral Botanica Acne Care Masque New Formula + Charcoal Activated.

Kandungan arang aktif di dalamnya mampu mengangkat sel kulit mati, komedo, dan kotoran, sekaligus membersihkan pori-pori wajah.

Di samping itu, kandungan bahan lainnya dapat mengurangi produksi minyak berlebih dan mengeringkan jerawat.

Kamu bisa menggunakannya setelah mencuci muka dengan cara mengoleskannya pada permukaan wajah. Menariknya, tekstur masker peel off ini mudah dikelupas saat kering.

Meski mampu mengurangi produksi minyak berlebih, beberapa pengguna mengaku efek untuk menghilangkan jerawat belum terasa maksimal.

Kamu bisa mendapatkan Mineral Botanica Acne Care Masque New Formula + Charcoal Activated dengan harga mulai dari Rp64.900 (60 gram).

2

Freeman Feeling Beautiful Clearing Sweet Tea & Lemon Peel-Off Clay Mask

Freeman Feeling Beautiful Clearing Sweet Tea & Lemon Peel-Off Clay Mask juga menjadi produk masker penghilang komedoFreeman Feeling Beautiful Clearing Sweet Tea & Lemon Peel-Off Clay Mask punya wangi aroma jerumCek Sekarang

Freeman Feeling Beautiful Clearing Sweet Tea & Lemon Peel-Off Clay Mask juga menjadi produk masker penghilang komedo.

Jenis masker peel off ini diklaim berfungsi untuk menghilangkan tumpukan kotoran dan minyak sekaligus membersihkan wajah.

Untuk menggunakannya, kamu cukup mengoleskannya tipis-tipis pada permukaan wajah bersih dan kering, tetapi hindari area mata, alis mata, dan bibir. Wangi aroma jeruknya cukup tercium saat kamu mengoleskannya.

Diamkan selama 10-15 menit atau hingga mengering. Lepaskan masker peel off dari tepi luar dengan lembut. Lalu, bilas wajah dengan air hangat.

Sayangnya, penggunaan produk masker untuk menghilangkan komedo dari Freeman ini cukup lama untuk memberikan hasil yang maksimal. Ini artinya, kamu harus menggunakannya secara rutin.

Beberapa pengguna mengulas bahwa masker peel off ini sulit untuk dilepas, walaupun tidak menimbulkan rasa sakit saat dikelupas.

Efek dalam membersihkan wajahnya bisa terasa sesaat setelah memakainya, tetapi tidak demikian untuk menghilangkan komedo.

Jika kamu tertarik menggunakannya, dapatkan Freeman Feeling Beautiful Clearing Sweet Tea & Lemon Peel-Off Clay Mask dengan harga mulai dari Rp96.800 (175 ml).

3

Nature Republic Bamboo Charcoal Mud Pack

Nature Republic Bamboo Charcoal Mud Pack adalah masker penghilang komedo dari Korea SelatanNature Republic Bamboo Charcoal Mud Pack bisa mengangkat komedo dan buat wajah kencang

Nature Republic Bamboo Charcoal Mud Pack mengandung arang bambu yang efektif mengangkat sel kulit mati dan komedo sehingga wajah akan tampak bersih dan kencang.

Cara menggunakannya, kamu bisa mengoleskan masker secara merata pada wajah yang sudah dibersihkan, tetapi hindari area kulit di sekitar mata dan mulut.

Diamkan selama 10 menit sampai masker mengering. Lalu, bersihkan dengan air hangat.

Ulasan pengguna mengatakan bahwa produk masker untuk menghilangkan komedo ini cukup ampuh. Meski demikian, kamu harus menggunakannya secara rutin agar mendapat hasil yang diinginkan.

Bagi Anda yang berniat mencari masker penghilang komedo pemula, produk dari Nature Republic ini bisa dijadikan pilihan. Harganya pun cukup terjangkau untuk hasil yang didapat, yakni mulai dari Rp139.000.

4

The Face Shop Jeju Volcanic Lava Peel Off Clay Nose Mask

The Face Shop Jeju Volcanic Lava Peel Off Clay Nose Mask mungkin jadi jenis produk masker penghilang komedo yang banyak digunakanThe Face Shop Jeju Volcanic Lava Peel Off Clay Nose Mask adalah produk masker penghilang komedo dan sel kulit mati

The Face Shop Jeju Volcanic Lava Peel Off Clay Nose Mask mungkin jadi jenis produk masker penghilang komedo yang banyak digunakan.

Kelebihan:

  • Masker dengan jenis peel off asal Korea Selatan ini diklaim ampuh mengangkat komedo serta sel-sel kulit mati yang membandel.
  • Mengandung bahan aktif yang baik, seperti cocoa extract hingga kandungan debu vulkanik yang mampu membantu proses detoksifikasi, mengangkat kotoran, hingga mengontrol minyak yang berlebihan.
  • Harga masker penghilang komedo di hidung cukup terjangkau, yakni Rp80.000.

Kekurangan:

  • Tekstur masker cukup lengket
  • Aroma alkohol dan bahan kimia yang cukup tajam
  • Hasil komedo, baik whitehead dan blackhead, tidak terangkat sempurna,
5

Bioaqua Remove Blackhead Mask with Activated Charcoal

Bioaqua Remove Blackhead Mask with Activated Charcoal mampu mengangkat produksi minyak berlebihBioaqua Remove Blackhead Mask with Activated Charcoal cocok untuk kulit berminyak

Bicara soal masker penghilang komedo, jangan lupakan produk dari Bioaqua Remove Blackhead Mask with Activated Charcoal.

Punya jenis peel off, membuat masker yang satu ini sangat cocok digunakan oleh pemilik kulit berminyak karena mampu mengangkat produksi minyak berlebih di kulit.

Kelebihan:

  • Cocok digunakan oleh pemilik kulit berminyak.
  • Mengandung vitamin E yang kaya antioksidan dan bisa menangkal radikal bebas, serta niacinamide yang mampu mengontrol produksi minyak berlebih di kulit. Sedangkan, hyaluronic acid dapat membantu melembapkan kulit.

Kekurangan:

  • Aroma maskernya cukup menyengat.
  • Proses peel off maskernya terasa sedikit menyakitkan.
  • Beberapa pengguna mengatakan komedo yang terangkat kurang maksimal.
6

Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2x

Salah satu rekomendasi masker penghilang komedo berikutnya adalah Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2x.Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2x bisa mengangkat produksi minyak berlebih

Salah satu rekomendasi masker penghilang komedo berikutnya adalah Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2x.

Masker yang satu ini diklaim ampuh membersihkan kotoran, sel-sel kulit mati, dan komedo di wajah.

Selain komedo dapat terangkat dengan lebih sempurna, masker ini juga dapat mengecilkan pori-pori serta mengurangi kandungan minyak.

Kandungan utama dalam masker ini adalah Jeju Volcanic Clusters, yakni lava vulkanik keras yang dihaluskan untuk membantu menyerap sebum berlebih.

Kandungan lainnya adalah asam laktat yang dapat membantu pengelupasan sel kulit mati dan meminimalkan munculnya pori-pori.

Beberapa ulasan pengguna mengatakan bahwa Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2x bahwa produk masker penghilang komedo ini cukup ampuh digunakan. Bahkan, kulit jadi terasa lebih halus dan bersih setelah pemakaian.

Kamu bisa memperoleh Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask 2x di gerai kecantikannya secara langsung atau melalui toko online terpercaya dengan harga Rp190.000.

7

Skinfood Egg White Pore Mask

Skinfood Egg White Pore Mask merupakan masker penghilang komedo dan pembersih pori dengan ekstrak putih telurSkinfood Egg White Pore Mask bisa mengendalikan produksi minyak berlebih dan menghilangkan komedo

Bahan alami, seperti telur, sering kali dijadikan sebagai masker alami menghilangkan komedo.

Nah, agar tidak ribet, sekarang kamu bisa menggunakan produk mengandung putih telur yang instan dari Skinfood Egg White Pore Mask.

Skinfood Egg White Pore Mask merupakan masker penghilang komedo dan pembersih pori dengan ekstrak putih telur yang bisa membersihkan minyak penyumbat pori dan memunculkan komedo.

Diformulasikan dengan putih telur, masker langsung bilas ini kaya akan asam amino dan vitamin B3 dan vitamin B2 yang dapat mengeksfoliasi kulit dan menghaluskan pori-pori.

Di samping itu, Skinfood Egg White Pore Mask juga berperan mengontrol minyak berlebih dan memiliki efek antipenuaan.

Skinfood Egg White Pore Mask punya tekstur masker yang lembut dan aromanya tidak terlalu menyengat.

Beberapa pengguna ada yang merasa wajahnya terasa lebih halus dan cerah setelah 1-3 bulan penggunaan.

Meski demikian hasil penggunaan masker penghilang komedo ini bisa berbeda-beda pada tiap orang.

Jika di beberapa pengguna, wajah terasa lebih halus dan cerah, mungkin sebagian pengguna lainnya merasa penggunaan produk ini kurang maksimal mengangkat komedo.

Artikel review merupakan opini penulis, dan tidak bisa digunakan sebagai pengganti saran medis. Sebelum mencoba rekomendasi tersebut, pembaca dihimbau untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
JerawatPengobatan JerawatKomedoKomedo PutihMasker Wajah

Innisfree. https://www.innisfree.com/id/id/product/productView.do?prdSeq=26236
Diakses pada 6 Mei 2021

Skin Food. https://theskinfood.us/products/egg-white-pore-mask
Diakses pada 6 Mei 2021

Bio Aqua. https://thebioaqua.com/products/bioaqua-bqy0610-6947790780610-review-suction-black-mask-deep-cleansing-nose-blackhead-remover-facial-mask-black-head-acne-black-mud-face-mask-beauty-skincare-bioaqua
Diakses pada 6 Mei 2021

Nature Republic. https://naturerepublic.id/product/bamboo-charcoal-mud-pack/
Diakses pada 6 Mei 2021

Bagikan
Share Facebook
SHare Twitter
Share whatsapp
Share Email
Klik disini untuk konsultasi langsung dengan dokter